Selain Ashanty, Artis Cantik Ini Juga Tertular Covid-19 Saat Idap Autoimun, Begini Kondisinya Sekarang

Senin, 15 Februari 2021 | 16:05
Instagram

Keluarga Anang Hermansyah dan Ashanty.

Fotokita.net - Selain Ashanty, artis cantik ini juga tertular Covid-19 saat idap autoimun, begini kondisi sekarang.

Siapa saja bisa tertular virus Corona. Kini, kabar mengejutkan datang dari keluarga Anang Hermansyah.

Istri dan anak-anaknya, yakni Ashanty, Aurel, Azriel, serta Arsy, dinyatakan positif Covid-19.

Hal tersebut terungkap lewat Instastory Ashanty yang dituliskan oleh asistennya, Vyndika.

Baca Juga: Dulu Manjakan Bocah Penjual Cilok, Ashanty Sebut Alasan Ini Usai Cabut Uang Sekolah Anak Angkatnya, Ternyata Istri Anang Pernah Dibuat Kecewa

Ia juga mengungkap gejala awal yang dirasakan oleh Ashanty.

"Semalam meriang, flu, batuk dan panas tinggi, sesak napas, tadi malam juga di PCR dan subuh tadi hasilnya positif," tulis Vyndika dalam Instastory akun Instagram@ashanty_ashdikutip, Senin (15/2/2021).

Dengan begitu, semua anggota keluarga yang ada di rumah Ashanty diharuskan melakukan tes PCR.

Baca Juga: Sang Istri Dituding Telantarkan Anak Angkat, Tabiat Asli Anang Hermansyah Terbongkar Tega Berbuat Ini Saat Berjumpa Bocah Penjual Cilok

Hasilnya, Aurel, Azriel, dan Arsy juga dinyatakan positif Covid-19. “Akhirnya semua di rumah dicek juga dan yang positif adalah kakak Loly, Jiel dan Arsy," tutur Vyndika.

Dalam unggahan itu, Vyndika meminta doa untuk kesembuhan keluarga Ashanty. "Tolong doanya ya teman-teman semuanya," ucap Vyndika. Dalam Instagram Stories, Ashanty melalui manajernya, Vyndika, mengabarkan berita ini.

Baca Juga: Hubungan Asmara Aurel Putus Sambung, Anang Akhirnya Cabut Restu Buat Atta Halilintar, Respon Ashanty Langsung Disorot: Bunda Pucet!

Ashanty sempat merasa tidak enak badan hingga sesak napas dan demam sebelum tes swab PCR.

Vyndika juga menjelaskan bahwa Ashanty rutin melakukan tes PCR setiap minggu.

Sebelum dinyatakan terpapar COVID-19, Ashanty sempat mendapatkan hasil negatif dari pemeriksaan antigen.

Baca Juga: Enak-enak Tinggal Di Bali Hingga Habiskan Rp 1 Miliar, Ashanty Buka Suara Usai Dituding Tendang Bocah Penjual Cilok

tangkap layar IG @lambe_turah

Aurel Hermansyah dan Ashanty positif Covid-19

"Setiap minggu bunda pasti PCR karena ada sakit bawaan. Terakhir swab tgl 8 Februari negaitif. Sabtu kemarin antigen negatif dan semalem tiba-tiba meriang, flu, batuk-batuk, panas tinggi, sesak napas. Tadi malam juga di PCR dan subuh tadi hasilnya positif COVID," demikian isi unggahan tersebut, dikutip dari Instagram, Senin (15/2/2020).

Setelah Ashanty dinyatakan positif COVID-19, semua keluarganya langsung menjalani tes PCR. Hasilnya ternyata Aurel, Azriel, dan Arsy dinyatakan positif, Bunda.

"Akhirnya semua di rumah dicek juga, dan yang positif juga kaka loly, arsy, dan jiel.. Tolong doanya yaa teman2 semuaaa," tulis Vyndika.

Baca Juga: Krisdayanti Kawin Lagi, Ashanty Bongkar Penampilan Aurel yang Tampak Lusuh di Depan Kamera, Azriel Blak-blakan Ungkap Kelakuan Ibu Sambungnya Saat Mereka Tinggal di Ruko

Tak lama setelah unggahan ini, Aurel Hermansyah membagikan foto kebersamaannya dengan sang adik, Arsy Hermansyah di Instagram Stories. Keduanya terlihat mengenakan masker.

"Hai guys, yang pernah ketemu kita atau apa pun, please check ya!! kita rajin banget pcr, dll dan selalu negative, semalem kita check kita positive covid. Stay safe guys, i love you all," tulis Aurel.

Baca Juga: Blak-blakan Sebut Tak Pernah Rasakan Ini dari Gisel, Respon Gading Marten Bikin Terkejut Saat Disinggung Kasus Ibunda Gempi: Ayok Kita Bantuin!

Kabar ini cukup mengejutkan publik. Seperti diketahui, keluarga Anang Hermansyah termasuk sangat ketat dalam menjalani protokol kesehatan.

Ashanty bahkan dikenal tegas pada anak-anaknya dan siapa pun yang berkunjung ke rumah. Pelantun lagu Luar Biasa ini bahkan menetapkan aturan ketat di rumahnya.

Sebelum terpapar Corona, Ashanty sebelumnya pernah menceritakan dirinya didiagnosis dengan penyakit autoimun.

Baca Juga: Bukan Cuma Mau Bantu Kasus Gisel, Gading Marten Rela Ikut Masuk Bui Demi Sosok Ini: Mendingan Gue Ikut Masuk Aja Sama Lu

Beberapa waktu lalu aktris sekaligus influencer Andrea Dian diketahui positif terinfeksi virus corona tersebut. Ini diungkapkan Andrea lewat akun media sosialnya pada 22 Maret lalu.

Istri dari aktor Ganindra Bimo tersebut menuturkan, awalnya pada 13 Maret ia terdiagnosis demam berdarah dengue akibat demam tinggi.

Dua hari kemudian, kondisinya pulih. Namun, karena kekhawatiran, Andrea diminta untuk melakukan cek toraks dan influenza. Hasilnya pun bagus.

Ketika pemeran Nina dalam film Selamanya (2007) ini melakukan scan paru, hasil menunjukkan ada flek di kedua paru-parunya.

Baca Juga: Ngotot Minta Satu Frame Kamera dengan Amanda Manopo, Barbie Kumalasari Malah Sukses Pancing Kekasih Billy Syahputra Curhat Usai Tenar Karena Ikatan Cinta

Instagram @andreadianbimo

Ganindra Bimo dan Andrea Dian

Dari situ, ia pun melakukan tes swab untuk cek virus corona pada tanggal 16 Maret dan ditemukan positif.

Andrea mau tak mau harus ikut dirawat dan diisolasi bersama pasien lainnya di salah satu rumah sakit rujukan COVID-19.

Selain terkena virus SARS-CoV-2, Andrea juga mengungkapkan bahwa dirinya punya kondisi autoimun, yang mana itu membuatnya harus menjaga kesehatan dengan (ekstra) baik agar sistem imunnya tetap bekerja dengan semestiny

Penyakit autoimun merupakan kondisi sistem kekebalan tubuh seseorang—yang seharusnya melindungi tubuh dari infeksi virus dan bakteri—justru menyerang antibodinya sendiri karena dianggap sebagai benda asing.

Baca Juga: Diledek Usai Menangis di Dalam Bui, Ternyata Ustaz Maaher At-Tuwailibi Punya Doa Khusus Buat Nikita Mirzani Sebelum Meninggal Dunia

Belum diketahui dengan pasti apa penyebab seseorang memiliki penyakit autoimun. Namun, memang ada beberapa orang yang berisiko lebih tinggi.

Dalam dunia medis, terdapat lebih dari 100 jenis penyakit autoimun. Jadi, gejala penyakit autoimun itu sendiri sebetulnya tidak ada spesifikasi.

Baca Juga: Diem-dieman Usai Batalkan Pernikahan, Ini Kenangan Terindah Ayu Ting Ting Saat Jalin Hubungan dengan Sang Mantan Selama 5 Bulan

instagram/andreadianbimo

Andrea Dian memamerkan foto mesranya dengan Ganindra Bimo di atas ranjang.

“Gejalanya beragam dan ini sesuai dengan diagnosis penyakitnya itu sendiri. Jadi, kalau ditanya seperti apa gejalanya, maka jawabannya ada banyak dan sesuai dengan jenis penyakit yang dialami pasien,” kata dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter.

Meski tidak ada gejala spesifik, tapi ada beberapa gejala umum yang mungkin bisa menjadi tanda-tanda kondisi autoimun, yaitu seperti berikut ini.

- Sering merasa lelah.

- Otot sering terasa pegal.

- Rambut mengalami kerontokan tidak wajar.

Baca Juga: Sang Ibunda Sakiti Dirinya Sendiri, Noah Sinclair Rela Lakukan Ini Buat BCL Demi Gantikan Ashraf, Bikin Meleleh

- Mudah stres.

- Sulit untuk berkonsentrasi.

- Tangan bergetar.

- Mudah pusing.

- Gangguan berkemih atau saat buang air besar.

Akan tetapi, menurut dr. Astrid, gejala-gejala di atas tidak melulu selalu menjadi tanda kondisi autoimun. Pemeriksaan dokter sangat dibutuhkan untuk menegakkan diagnosis.

Baca Juga: Bergelimang Harta Usai Sukses di Ikatan Cinta, Ayya Renita Blak-blakan Bongkar Profesi Rahasia Sang Ayah: Saatnya Aku Manjakan Mereka

Kembali ke cerita Andrea yang tengah berjuang melawan penyakit COVID-19 dengan kondisi autoimun yang dimilikinya. Sebetulnya, adakah kaitan antara keduanya?

Dokter Chaerunisa Utami menjelaskan, orang yang memiliki kondisi autoimun memang lebih rentan terkena coronavirus ketimbang orang lain yang tidak memiliki kondisi tersebut.

“Orang yang memiliki autoimun, kan, sistem imunnya rendah. Bahkan, sistem imunnya menyerang sel-sel dalam tubuh yang sebenarnya baik. Jadi, bukan tidak mungkin kondisi tersebut akan memburuk ketika ada virus corona dalam tubuh pasien, ” ujar dr. Chaerunisa seperti dikutip dari KlikDokter.

Baca Juga: Bagian Dadanya Jadi Spot Favorit Sang Suami, Jennifer Jill Blak-blakan Minta Ajun Perwira Berhubungan Badan dengan Artis Ini, Ada Apa?

Namun, dr. Chaerunisa juga menegaskan, buruk atau tidaknya kondisi autoimun ini hanya bisa dipastikan lewat sejumlah tes yang dilakukan di rumah sakit.

Jika pasien tetap mengikuti prosedur perawatan yang ditentukan dan tetap mengonsumsi makanan, minuman, dan vitamin secara teratur, maka kondisi autoimun tidak akan makin buruk.

Langkah awal yang paling dianjurkan adalah dengan mengikuti semua pengobatan yang dianjurkan oleh dokter di rumah sakit. Obat yang disediakan pun juga harus diminum hingga tuntas dan pastikan makan makanan bergizi secara teratur.

Baca Juga: Tak Peduli Sang Mantan Pepet Aktor Tampan Ini, Reino Barack Blak-blakan Akui Masih Layani Luna Maya Meski Hubungan Mereka Kandas: Saya Sudah Menolaknya Berpuluh-puluh Kali

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya