Contoh-contoh Gejala Listrik Statis dan Dinamis, Kunci Jawaban Soal Buku Tematik Kelas 4 SD Tema Halaman 55 dan 56

Rabu, 10 Februari 2021 | 05:55
Pexels

Ilustrasi penggaris dan kertas untuk percobaan listrik statis

Fotokita.net - Contoh-contoh gejala listrik statis dan dinamis, kunci jawaban soal buku tematik kelas 4 SD tema 7 halaman 55 dan 56.

Kali ini, kita menggunakan kunci jawaban pada buku tematik Tema 7 kelas 4 SD Subtema 2 Pembelajaran 1.

Pembahasan utamanya tentang listrik statis berdasarkan soal yang ada di buku tematik halaman 55 dan 56.

Pembahasannya terdapat pada pembelajaran 1 Tema 7 Kelas 4 SD / MI Subtema 2 Buku tematik terpadu kurikulum 2013 edisi revisi 2016 di halaman 49 hingga 56.

Baca Juga: Indahnya Keberagaman di Negeriku, Ini Kunci Jawaban Soal Buku Tematik Kelas 4 SD Tema 7 Halaman 20-28

Buku tematik Tema 7 kelas 4 ini memiliki judul Indahnya Keragaman di Negeriku Subtema 2 berjudul Indahnya Keragaman Budaya Negeriku.

Sebelum ke kunci jawaban siapkan buku paket siswa baca dan pahamilah seluruh isi bacaan agar dapat menjawal seluruh soal sendiri.

Terutama pada pembahasan listrik statis dan dinamis yang dicontohkan pada sebuah penggaris yang bisa menarik potongan kertas dan terjadi petir.

Baca Juga: Bagian Lagu Apuse yang Dinyanyikan dengan Nada Tinggi, Ini Kunci Jawaban Soal Buku Tematik Kelas 4 SD Halaman 13-19

Secara garis besar, energi listrik dibedakan menjadi dua, yaitu listrik statis dan listrik dinamis. Tahukah kamu apa perbedaan listrik statis dan listrik dinamis?

Perbedaan listrik statis dan listrik dinamis

Merangkum dari Kemdikbud RI, perbedaan listrik statis dan listrik dinamis adalah:

- Listrik statis adalah listrik yang tidak mengalir (diam) dan perpindahan arusnya terbatas.

- Sedangkan listrik dinamis adalah listrik yang bergerak atau mengalir.

- Listrik statis dihasilkan dari gesekan benda.

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 SD Tema 3 Halaman 47 48 49 50 52, Peduli Terhadap Makhluk Hidup

- Sedangkan listrik dinamis dihasilkan dari sumber listrik atau pembangkit listrik.

- Listrik statis tidak bisa dialirkan dalam suatu rangkaian.

- Sedangkan listrik dinamis bisa mengalir dalam suatu rangkaian listrik.

Berikut ini penjelasan tentang listrik statis dan listrik dinamis beserta contohnya:

Listrik statis

Listrik statis adalah listrik yang diam untuk sementara pada suatu benda. Listrik statis terjadi karena gesekan atau gosokan dua benda.

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 SD Tema 2 Sumber Energi Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 29-35, Pemanfaatan Energi Listrik

Contoh listrik statis sering terlihat dalam kehidupan sehari-hari. Saat kain wool disetrika dan didekatkan ke badan kita, maka muncul listrik statis yang menarik rambut-rambut di badan kita.

Gosokkan balon ke rambut lalu tempelkan di dinding, maka balon akan menempel di dinding. Dalam skala besar, fenomena listrik statis terlihat dari timbulnya petir akibat loncatan muatan listrik statis.

Penggaris mika bila digosok-gosokkan ke rambut lalu didekatkan ke sobekan kertas, maka kertas akan menempel ke penggaris.

Jika dua benda bermuatan didekatkan akan terjadi dua kemungkinan, yaitu tarik menarik atau tolak menolak.

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 SD Tema 2 Subtema 2 Manfaat Energi Pembelajaran 6 Halaman 91-95

Pertama, jika benda bermuatan senama (+ dan +) atau (- dan -) maka akan saling tolak menolak.

Kedua, jika benda bermuatan tersebut tidak senama (+ dan -) akan tarik menarik.

Listrik dinamis

Listrik dinamis adalah listrik yang bisa bergerak. Listrik dinamis terjadi karena ada arus listrik searah dan arus listrik bolak-balik.

Arus listrik hanya bisa menyala pada rangkaian listrik tertutup. Contoh listrik dinamis adalah pada baterai dan lampu.

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 SD Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 7-15

Pexels
Photo by Ann H from Pexels

Cari Jawaban Soal Kelas 4 Tema 7 Subtema 2: Apa yang Dimaksud dengan Listrik Dinamis dan Listrik Statis? Ini Contohnya

Baterai punya kutub positif dan kutub negatif. Kutub positif adalah ujung baterai dengan tonjolan kecil.

Kutub negatif adalah ujung baterai yang rata (biasanya mengilap). Jika kedua kutub dihubungkan kabel, elektron mengalir dari kutub positif menuju kutub negatif.

Saat arus listrik melewati lampu, arus listrik menyebabkan lampu menyala. Saat salah satu ujung kabel dilepas dari kutub baterai, lampu akan mati karena elektron tidak bisa mengalir.

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 SD Tema 2 Sumber Energi Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 29-35, Pemanfaatan Energi Listrik

Gejala listrik terbukti dengan adanya nyala lampu. Lampu bisa menyala karena ada elektron.

Elektron mengalir berarti elektron terus bergerak (dinamis). Oleh sebab itu, gejala listrik yang timbul disebut listrik dinamis.

Berikut kunci jawaban tema 7 kelas 4 sd / mi subtema 2 pembelajaran 1 dikutip dari buku guru dan siswa serta sumber lain.

=== Kunci Jawaban Halaman 55 ===

Ayo Mencoba

Lakukan kegiatan ini bersama teman sebangkumu.

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 2 Kelas 4 SD Halaman 2 3 4 5 6 7 8: Subtema 1 Pembelajaran 1, Selalu Berhemat Energi

ist

Praktikkan kegiatan buku tema 7 kelas 4 halaman 49 - 56

1.Siapkan penggaris pelastik.

2. Potonglah kertas kecil-kecil, lalu letakkan pada permukaan meja. Bacalah teks berikut!

Listrik Statis dan Listrik Dinamis

Muatan listrik yang terkandung pada penggaris plastik setelah digosok pada rambut kering tidak mengalir, sehingga disebut listrik diam atau listrik statis. Gaya listrik statis pada penggaris plastik itu hanya berlangsung sementara.

Selama potongan kertas menempel pada penggaris plastik, terjadi perpindahan muatan listrik. Setelah muatan listrik pada potongan kertas dan penggaris plastik sama, kedua benda itu akan saling menolak atau melepaskan diri. Akibatnya, potongan-potongan kertas akan terlepas dari penggaris plastik.

Baca Juga: Tulislah Kegiatan Sehari-hari yang Memanfaatkan Sifat-sifat Cahaya, Kunci Jawaban Belajar dari Rumah TVRI Kelas 4-6 SD 8 September 2020

Jika ada listrik statis, ada pula listrik dinamis. Pada listrik dinamis terjadi aliran muatan listrik. Listrik dinamis dapat diamati dari kegiatan mematikan atau menyalakan lampu dengan menekan sakelar.

Saat sakelar ditekan dan lampu menyala, artinya pada saat itu terjadi aliran listrik. Sebaliknya, saat sakelar ditekan dan lampu mati, artinya tidak terjadi aliran listrik.

Tugas

  1. Kamu telah membaca teks “Listrik Statis dan Listrik Dinamis”. Pengetahuan apa yang kamu dapat dari teks tersebut? Tuliskan dengan bahasamu sendiri.
Listrik statis adalah:

Listrik dinamis adalah:

Jawab :

Baca Juga: Jawaban Soal Mengapa Semua Unsur Pada Peta Memiliki Arti, Belajar dari Rumah TVRI untuk SD Kelas 4-6

Listrik statis: Listrik yang muatannya tidak mengalir. contoh: sepotong kertas kecil digosokkan ke penggaris.

Listrik dinamis: Listrik yang muatannya mengalir. Contoh: rangkaian listrik seri dan listrik pararel.

  1. Carilah contoh lain yang menunjukkan gejala listrik statis
Contoh Gejala Listrik Statis

Jawab :

Contoh Gejala Listrik Statis

  1. Penggaris bisa menarik potongan kertas
Penggaris plastik yang digosok-gosokan ke rambut yang kering, kemudian didekatkan pada potongan-potongan kertas, maka potongan-potongan kertas akan tertarik ke penggaris. beberapa saat kemudian potongan-potongan kertas tersebut terlepas.

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 SD Tema 2 Sumber Energi Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 29-35, Pemanfaatan Energi Listrik

Peristiwa ini terjadi karena penggaris yang digosok-gosokan ke rambut yang kering menjadi bermuatan listrik, muatan listrik inilah yang menyebabkan potongan-potongan kertas bisa tertarik oleh penggaris. Penggaris plastik yang digosok-gosokkan pada rambut kering menjadi bermuatan listrik karena elektron dari rambut berpindah ke penggaris plastik, sehingga penggaris plastik menjadi kelebihan elektron. Akhirnya penggaris plastik tersebut menjadi bermuatan negatif.

  1. Terjadinya petir
Cahaya kilat yang tampak ketika terjadi petir merupakan loncatan muatan dari awan ke permukaan bumi. Hal ini terjadi karena awan banyak mengandung muatan listrik.

Baca Juga: Buatlah Peta Konsep yang Menarik dan Kreatif Tentang Materi Sifat-sifat Cahaya! Kunci Jawaban Belajar dari Rumah TVRI Kelas 4-6 SD

Proses terjadinya muatan pada awan karena awan selalu bergerak terus menerus, dan selama pergerakannya inilah awan akan bergesekkan dengan dengan awan lainnya sehingga muatan negatif akan berkumpul pada salah satu bagian awan (atas atau bawah), sedangkan muatan positif berkumpul pada bagian yang lain (sebaliknya). Jika beda potensial antara awan dan bumi cukup besar, maka akan terjadi loncatan muatan negatif (elektron) dari awan ke bumi atau sebaliknya sampai terjadi pengosongan muatan/netral. Pada proses ini, media yang dilalui muatan adalah udara. Ketika muatan mampu menembus ambang batas isolasi udara inilah kemudian terdengar ledakan suara.

=== Kunci Jawaban Halaman 56 ===

Ayo Renungkan

Apa yang kamu pelajari pada hari ini?

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 2 Kelas 4 SD Halaman 2 3 4 5 6 7 8: Subtema 1 Pembelajaran 1, Selalu Berhemat Energi

Jawab :

  1. Pelajaran yang saya dapat hari ini adalah tentang berbagai hal yang dapat membantu saya untuk maju kedepannya
  2. Tahu bagaimana caranya agar badan saya selalu sehat dan tentunya menyenangkan.
  3. Sikap jujur, sportif dan tidak kasar serta tidak memaki.
  4. Melalui doa senantiasa dapat menjaga tumbuhan serta merawatnya sebagai bukti bahwa saya telah bersyukur.
Mengapa budaya satu suku bangsa dapat berbeda dari suku bangsa lain?

Jawab : Sebab setiap suku, memiliki adat istiadat, kepercayaan (agama), lingkungan (kebiasaan) yang berbeda, yang menyebabkan satu suku bangsa dapat berbeda dari suku bangsa yang lain.

Apa yang dimaksud dengan gaya listrik?

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 SD Tema 3 Subtema 1 Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku Halaman 2-6

Jawab :

Gaya listrik adalah suatu gaya yang dialami oleh objek bermuatan yang berada dalam medan listrik .

Kerja Sama dengan Orang Tua

Tanyakan kepada ayah dan ibumu, budaya khas dari suku bangsa mereka masing-masing.

Suku bangsa ayahku:

Budaya khas suku bangsa ________________________ :

Baca Juga: Apakah yang Dimaksud dengan Tanggung Jawab? Ini Kunci Jawaban Soal Buku Tematik Kelas 6 SD Tema 6 Halaman 84-90

Bahasa daerah asal ayahku:

Lagu dari daerah asal ayahku:

Suku bangsa ibuku:

Budaya khas suku bangsa ________________________ :

Bahasa daerah asal ibuku:

Lagu dari daerah asal ibuku:

Baca Juga: Siapakah Pendusta Agama Menurut Surat Al-Maun? Ini Jawaban Soal Agama Islam Kelas 5 SD Halaman 56 dan 57

Jawab :

contoh :

Suku bangsa ayahku: jawa

Budaya khas suku bangsa : musik tradisional dan paiakaian tradisional

Bahasa daerah asal ayahku: jawa

Lagu dari daerah asal ayahku: sue ora jamu

Suku bangsa ibuku: melayu

Baca Juga: Indahnya Keberagaman di Negeriku, Ini Kunci Jawaban Soal Buku Tematik Kelas 4 SD Tema 7 Halaman 20-28

Budaya khas suku bangsa : tarian khas melayu

Bahasa daerah asal ibuku: melayu

Lagu dari daerah asal ibuku: Lancang Kuning

*Disclaimer : Artikel ini hanya sebagai panduan belajar siswa dan orang tau dalam mengoreksi hasil belajar anak

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya