Disebut Blunder Karena Ikut Hadir dalam Pesta, Ternyata Orang yang Undang Ahok dan Raffi Ahmad Bukan Sosok Sembarangan

Jumat, 15 Januari 2021 | 09:50
kolase Instagram

Ahok juga hadiri pesta ultah Ricardo Gelael, ayah dari Sean Gelael. Pesta ini jadi sorotan usai Raffi Ahmad hadir tanpa prokes usai divaksin Covid-19.

Fotokita.net - Disebut blunder karena ikut hadir dalam pesta, ternyata orang yang undang Ahok dan Raffi Ahmad bukan sosok sembarangan.

Artis sekaligus influencer, Raffi Ahmad ramai diperbincangkan warganet pada Rabu (13/1/2021) dan Kamis (14/1/2021).

Pada Rabu pagi, Raffi dibicarakan karena menjadi wakil anak muda yang mendapat kesempatan suntik vaksin Covid-19 perdana bersama Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan.

Namun, pada Rabu malam, warganet menyoroti tindakan Raffi yang datang ke pesta dan tampak tidak mematuhi protokol kesehatan.

Baca Juga: Bukan Hanya Raffi Ahmad, Ahok Ikut Disemprot Istana Karena Kepergok Lakukan Ini di Pesta Ultah Ricardo Gelael

Raffi dikritik karena terlihat berkerumun dan tidak memakai masker setelah disuntik vaksin Covid-19.

Hal itu tampak dari unggahan instagram selebgram Anya Geraldine dan instagram Raffi sendiri @raffinagita1717.

Unggahan tersebut memancing sejumlah komentar termasuk dari aktris sekaligus penyanyi, Sherina Munaf.

Baca Juga: Termasuk Anies Baswedan, Ini Daftar Orang yang Tak Bisa Divaksin Covid-19, Apa Alasannya?

Sherina yang sebelumnya sempat mengunggah kisah suaminya yang harus mengisolasi diri karena kontak erat dengan penderita Covid-19 menyayangkan tindakan Raffi tersebut.

Ia mengatakan bahwa Raffi Ahmad sebagai penerima vaksin Covid-19 pertama harusnya dapat menjadi contoh baik penerapan protokol kesehatan.

Baca Juga: Disindir Telak Ridwan Kamil, Giliran Sosok Ini Sentil Raffi Ahmad Karena Pesta Tanpa Prokes Usai Divaksin Bareng Jokowi

Ditegur Istana

Pihak Istana Kepresidenan mengaku telah menegur artis Raffi Ahmad lantaran tak menerapkan protokol kesehatan beberapa jam setelah menerima vaksinasi perdana bersama Presiden Joko Widodo dan sejumlah tokoh lainnya.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan, pihaknya telah meminta Raffi untuk tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan virus.

"Sudah dinasihati, diingatkan kembali oleh tim komunikasi Covid-19 agar menaati protokol kesehatan," kata Heru saat dihubungi, Kamis (14/1/2021).

Heru pun berterima kasih atas informasi yang disampaikan masyarakat terkait kejadian ini.

Baca Juga: Dikenal Sosok yang Rendah Hati, Syekh Ali Jaber Beri Raffi Ahmad Barang Langka Ini, Nagita Slavina: Ya Allah Merinding

Raffi sampaikan permintaan maaf

Pada Kamis, Raffi menyampaikan permintaan maaf atas tindakannya menghadiri pesta dan tidak mematuhi protokol kesehatan pada Rabu malam.

Permintaan maaf itu ditujukan kepada Presiden Jokowi, Sekretariat Presiden, Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN) dan masyarakat Indonesia.

"Permohonan maaf dan klarifikasi Terkait peristiwa tadi malam. Di mana saya terlihat berkumpul dengan teman-teman tanpa memakai masker dan tanpa jaga jarak," ujar Raffi dalam unggahan Instagram resminya @raffinagita.

"Pertama saya minta maaf yang sebesar-besarnya kepada Presiden Republik Indonesia Bapak Jokowi, Sekretariat Presiden, KPC PEN, dan juga kepada seluruh masyarakat Indonesia atas peristiwa tersebut," tutur dia.

Baca Juga: Selain Raffi Ahmad, Ternyata Syekh Ali Jaber Banjiri Anak Buah Jokowi Hadiah Berlimpah Hingga Sebut Keinginan yang Belum Terwujud

Raffi jujur mengakui bahwa peristiwa datang ke pesta dan tidak menjaga jarak pada Rabu malam merupakan murni keteledorannya.

Dia pun mengaku salah atas tindakannya itu. Ke depannya, Raffi berjanji akan lebih menaati protokol kesehatan, terutama menjalankan 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan).

Baca Juga: Baru Jadi Menteri Sudah Bikin Gempar, Denny Darko Singgung Sosok Wanita yang Muncul Bersama Ratu Adil di Tahun Ini

"Saya juga berharap teman-teman dan seluruh masyarakat Indonesia agar terus menjalankan protokol kesehatan, meskipun vaksinasi sedang berjalan. Vaksin dan protokol kesehatan adalah satu kesatuan," kata Raffi.

Ayah satu anak ini pun menyampaikan terima kasih untuk warganet dan masyarakat yang sudah mengingatkan kekeliruannya.

"Saya harap kita terus saling koreksi demi kesehatan kita, orang-orang yang kita sayangi dan buat Indonesia," ucap dia.

Baca Juga: Dulu Bikin Terawan Panas Dingin, Kini Ribka Tjiptaning Tuding Ada Skenario Bisnis di Balik Vaksinasi: Jokowi Ini Pembisiknya Siapa?

Sementara itu, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 sudah meminta Raffi memperbaiki perilaku dan lebih disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

"Setelah kejadian tentunya kami berkomunikasi dengan tim komunikasi Covid-19. Prof Wiku dan kawan-kawan sudah menegur Raffi untuk memperbaiki," ujar Heru di Kompleks Istana, Jakarta, Kamis (14/1/2021).

"Tadi saya sampaikan harus lebih ditingkatkan lagi disiplin protokol kesehatan bagi yang sudah disuntik (vaksin). Mas Raffi ya harus lebih disiplin lagi," kata Heru.

Baca Juga: Ingat Pemulung Viral Karena Ngaji di Emperan Toko Hingga Jadi Anak Angkat Syekh Ali Jaber? Begini Nasibnya Sekarang Usai Ditinggal Pergi Sang Ulama

Dengan demikian, menurut Heru, Raffi dapat menyosialisasikan kepada masyarakat terkait pentingnya penggunaan masker dan menjaga jarak meski sudah disuntik vaksin. "Itu tujuan Istana," ucap dia.

Terkait kejadian tersebut, Raffi telah menyampaikan permintaan maaf. Menurut Heru, permintaan maaf disampaikan Raffi kepada Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito.

Nasihat Kemenkes

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi ikut menanggapi beredarnya foto-foto Raffi Ahmad menghadiri pesta usai disuntik vaksin Covid-19.

Baca Juga: Proses Vaksinasi Covid-19 Dimulai, Ridwan Kamil Ungkap Efek Samping yang Dirasakannya Usai 2 Kali Disuntik Vaksin Sinovac

Menurut Nadia, Raffi sebaiknya tetap mematuhi protokol kesehatan. "Seharusnya tetap menjalankan protokol kesehatan. Sebab walau sudah divaksinasi, itu tidak cukup melindungi kita," ujar Nadia saat dikonfirmasi Kompas.com, Kamis (14/1/2021).

Nadia pun mengingatkan, apabila sudah disuntik vaksin, tubuh masih memerlukan waktu untuk dapat membuat antibodi sehingga harus tetap menjalankan protokol kesehatan.

Nadia pun menjelaskan alasan penunjukkan Raffi Ahmad sebagai salah satu individu yang mendapat suntikan vaksin pertama.

Baca Juga: Umat Beragama Diminta Tak Ragu Ikuti Vaksinasi Covid-19, Wali Kota Depok Malah Batal Jadi Orang Pertama Penerima Vaksin Corona, Ada Apa?

Menurut Nadia, Raffi terpilih untuk mewakili anak muda dan sebagai influencer."Ini bukan hanya keutusan Kemenkes tapi bersama KPC-PEN ya," kata dia.

Ahok juga disorot warganet

Selain Raffi Ahmad, Komisaris Utama PT Pertamina Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) juga menjadi perbincangan warganet karena menghadiri pesta yang sama.

Jika Raffi dikritik karena tidak menerapkan protokol kesehatan usai disuntik vaksin Covid-19, Ahok juga diperbincangkan karena sempat tampak melepas masker saat bernyanyi dalam acara pesta ulang tahun pembalap sekaligus pengusaha Ricardo Gelael itu.

Baca Juga: Beredar Video Detik-detik Suasana Kabin Sriwijaya Air SJ 182 Sebelum Jatuh, Ternyata Begini Fakta Sebenarnya yang Terjadi

Menanggapi hadirnya Ahok yang merupakan Komisaris BUMN dan tokoh publik, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan, tokoh publik sebaiknya menjadi contoh bagi masyarakat.

Terlebih, saat ini kondisi pandemi Covid-19 belum menunjukkan tanda membaik.

"Selama pandami Covid-19 yang meningkat, maka sebaiknya kurangi aktivitas di luar rumah yang tidak perlu kecuali ke kantor," ujar Heru ketika dikonfirmasi, Kamis (14/1/2021).

"Dan (tokoh publik) harus menjadi contoh yang baik bagi masyarakat," kata dia.

Baca Juga: Rela Lakukan Ini di Depan Kamera Hingga Beri Uang Belanja Rp 1 Miliar, Pekerjaan Mentereng Suami Nindy Ayunda Terungkap Usai Diciduk Polisi Karena Narkoba

Instagram/@btpnd

Ahok menyanyi di pesta ulang tahun Ricardo Gelael melepas maskernya.

Sebagaimana diketahui, kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia belum menunjukkan tanda membaik.

Pada Kamis, Indonesia kembali mencatatkan kasus harian Covid-19 tertinggi sejak virus corona terdeteksi masuk di Tanah Air pada 2 Maret 2020.

Berdasarkan laporan harian Satuan Tugas Penanganan Covid-19, pada Kamis, Indonesia melaporkan 11.557 kasus baru infeksi Covid-19 yang terkonfirmasi positif.

Jumlah ini kembali melampaui rekor tertinggi kasus baru harian Covid-19 di Indonesia yang sebelumnya pernah tercatat, yakni sebanyak 11.278 kasus pada Rabu (13/1/2021).

Baca Juga: Uang Rekening Petinggi FPI Dipakai Buat Keperluan Ini, Kini Habib Rizieq Jadi Tersangka dalam 3 Kasus Berbeda

Aparat kepolisian dari Polsek Mampang Prapatan langsung menelusuri lokasi pesta yang diduga dihadiri Raffi Ahmad dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Rabu malam (13/1/2021).

Polisi bilang lokasinya merupakan sebuah rumah milik Ricardo Gelael. Raffi diduga hadir bersama artis dan pejabat untuk merayakan ulang tahun ayah Sean Gelael itu.

Selama ini, Ricardo lebih dikenal sebagai pemilik perusahaan besar di Indonesia, yakni PT Fast Food Indonesia Tbk, PT Finindo Foods Indonesia, PT Gelael Supermarket dan PT Aneka Satwitra Sari Food.

Baca Juga: Akui Dilabrak Artis Karena Ramalannya Terbukti, Ternyata Nikita Mirzani Pernah Memaki Mbak You Hingga Bicara Ini: Dia Minta Maaf

Instagram/@btpnd

Puput Nastiti Devi bersama Nagita Slavina dan Renata Kusumo di pesta ulang tahun Ricardo Gelael tanpa kenakan masker.

Bagi yang belum tahu, PT Fast Food Indonesia Tbk ialah perusahaan yang menaungi waralaba KFC di Indonesia.

Kapolsek Mampang Prapatan Kompol Sujarwo saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (14/1/2021) membenarkan lokasi pesta itu di sebuah rumah pribadi bukan di kafe.

“Yang punya acara itu anaknya (Sean) atau bapaknya,” kata Sujarwo.

Menurut Sujarwo, pihaknya pun telah menemui pemilik rumah untuk mengklarifikasi terkait acara tersebut. Selain itu, juga mengklarifikasi terhadap beberapa orang sekitar lokasi.

Baca Juga: Usai Disemprot Posting Foto Melly Goeslaw Tanpa Izin, Dokter Tirta Dilabrak Sahabat Sang BIduan Hingga Buru-buru Beri Penjelasan

Adapun, berdasar keterangan warga sekitar mengaku hanya sedikit tamu yang terlihat hadir. “Yang pasti dari pihak kepolisian tidak ada menerima pemberitahuan dan tidak mengeluarkan izin,” ujarnya.

Sebelumnya, foto Raffi Ahmad viral saat hadir di sebuah pesta bersama artis lain pada Rabu (13/1/2021) malam. Selain Raffi dan Ahok, ada Nagita Slavina, Uus, Anya Geraldine, Once hingga Gading Martin.

Khusus Raffi Ahmad, apa yang dilakukannya itu menuai sorotan. Terlebih dirinya baru saja menjalani vaksinasi Covid-19 bersama presiden.

Baca Juga: Cuma Tahan 10 Bulan di Kabinet Jokowi, Jusuf Kalla Buka-bukaan Alasan Rizal Ramli Dicopot, Cara Mantan Wapres Timbun Harta Langsung Dibongkar

Dokter sekaligus influencer Tirta Mandiri Hudhi menyayangkan perkumpulan yang dihadiri Raffi Ahmad tanpa protokol kesehatan Covid-19.

Apalagi, dalam foto yang beredar terdapat Komisaris Utama PT Pertamina Basuki Tjahja Purnama (Ahok).

Menurut Tirta, kasus Raffi menjadi serius karena ada beberapa tokoh di sana, salah satunya Ahok, yang juga kader PDI Perjuangan.

Baca Juga: Jumlah Rekening Penerima BLT BPJS Berkurang Karena Alasan Ini, Cepat Cek Nama dan Status Penerima Subsidi Gaji di sso.bpjsketenagakerjaan.go.id

Dia pun mendengar bahwa pihak Istana sedang menggelar rapat untuk memberikan sanksi kepada mereka.

"Saya jujur ga ngira ada pak Ahok di acara itu. Kenapa? Kita tau, ketika ada pak Ahok, pasti narasinya akan geser ke 'politik'. Sudah mulai di youtube dkk, keadilan agar pelaku kerumunan dijadikan trsngka sama dengan pak habib rizieq," tulis akun resmi dr Tirta @tirta_hudhi yang dikutip Kamis (14/1/2021).

Baca Juga: Akui Minum Soju, Tabiat Asli Ayu Intan Sholekha Dibongkar Sosok Ini Usai Mantan Perwira Kopassus Dicopot dari Jabatan Menterengnya di TNI

Hal lain yang membuat Istana menganggap kasus Raffi serius karena pesta itu dilakukan ketika Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Kemudian, Raffi baru saja mendapatkan vaksin bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan.

Sebenarnya, kata Tirta, edukasi vaksin sudah bagus akhir-akhir ini. Dia menilai Raffi sangat blunder besar dan akan berbuntut panjang.

Dia meminta kepada teman-temannya untuk berhati-hati saat update status di media sosial dan memanfaatkan fitur closed friend, apalagi bila berkumpul dengan tokoh penting.

"Ya beginilah, raffi adalah entertainer harusnya tau, mengundang dia itu pasti ada resiko dia begini. Harusnya aa raffi d briefing dulu, kalo abis vaksin, do and donts nya. Terlihat Juru bicara istana, ga siap dengan kondisi ini. Kita liat saja kelanjutan kasus ini," sambungnya.

Baca Juga: Blak-blakan Hina Iklan Billboard Podcast Deddy Corbuzier, Ivan Gunawan Curiga Sang Mentalist Sudah Lakukan Ini Pada Kekasihnya

Diketahui sebelumnya, beredar luas aktivitas sejumlah pejabat dan selebritis menghadiri pesta ulang tahun pengusaha Ricardo Gelael.

Banyak sejumlah orang yang hadir tak mematuhi protokol kesehatan, seperti tak menjaga jarak hingga tak menggunakan masker.

Hal itu terlihat dari sejumlah postingan instastory yang dibagikan sejumlah akun instagram, seperti Rafi Ahmad, Fachri Albar, Anya Geraldine, Uus, Gading Marten, Once Merkel, pesepakbola Arthur Irawan, hingga Komisaris Pertamina Basuki Tjahaja Purnama.

Baca Juga: Muncul Tanda Bahaya Buat Boeing 737-500, Pakar Ungkap Penyebab Sriwijaya Air SJ 182 Hilang Kontak Hingga Terjun Bebas ke Laut

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya