Bukan Hanya Raffi Ahmad, Ahok Ikut Disemprot Istana Karena Kepergok Lakukan Ini di Pesta Ultah Ricardo Gelael

Jumat, 15 Januari 2021 | 07:30
Instagram/@btpnd

Ahok menyanyi di pesta ulang tahun Ricardo Gelael melepas maskernya.

Fotokita.net - Bukan hanya Raffi Ahmad, Ahok ikut disemprot Istana Negara karena kepergok lakukan ini di pesta ultah Ricardo Gelael.

Foto Raffi Ahmad bersama sejumlah artis tanpa mengenakan masker menjadi perbincangan hangat hingga menuai kritikan.

Pasalnya, Raffi Ahmad baru saja menjadi salah satu orang pertama di Indonesia yang mendapat vaksin Covid-19 Sinovac, Rabu (13/1/2021).

Foto yang beredar itu diketahui dari IG Stories Anya Geraldine.

Baca Juga: Disindir Telak Ridwan Kamil, Giliran Sosok Ini Sentil Raffi Ahmad Karena Pesta Tanpa Prokes Usai Divaksin Bareng Jokowi

Anya mengunggah foto bersama Raffi, Nagita Slavina, Gading Marten, dan Sean Gelael tanpa menggunakan masker di di sebuah tempat.

Mereka diketahui sedang menghadiri pesta ulang tahun seorang pengusaha di kawasan Prapanca Dalam, Kecamatan Kemang, Jakarta Selatan.

Kapolsek Mampang, Kompol Sujarwo mengungkapkan, digelarnya pesta yang dihadiri puluhan orang itu tidak terdeteksi pihaknya lantaran digelar di komplek perumahan.

Baca Juga: Selain Raffi Ahmad, Ternyata Syekh Ali Jaber Banjiri Anak Buah Jokowi Hadiah Berlimpah Hingga Sebut Keinginan yang Belum Terwujud

"Kami lakukan proses penyelidikan terhadap informasi yang viral itu. Yang itu kan lokasinya di perumahan, di pemukiman. Yang pasti dari pihak kepolisian tidak ada menerima pemberitahuan, tidak mengeluarkan izin. Memang hambatannya sulit utk mendeteksi karena dipemukiman itu ya," ujar Kompol Sujarwo, Kamis (14/1/2021).

Kompol Sujarwo menyebut pihaknya sudah mendatangi lokasi dan meminta keterangan terhadap enam orang saksi.

Baca Juga: Dulu Bikin Terawan Panas Dingin, Kini Ribka Tjiptaning Tuding Ada Skenario Bisnis di Balik Vaksinasi: Jokowi Ini Pembisiknya Siapa?

Dari hasil penggalian informasi, diketahui jumlah orang yang datang ke pesta itu sekitar 30 orang.

Kapolsek juga membenarkan ada sosok Ahok yang turut hadir dalam pesta itu.

"Ya beliau sebagai salah satu undangan," ungkapnya.

Baca Juga: Hapus Semua Foto Billy Syahputra, Terawangan Mbak You Soal Rahasia Hubungan Amanda Manoppo Bak Terbukti: Tak Sesuai Ekspetasi

Diberitakan sebelumnya, foto Raffi Ahmad bersama sejumlah artis tanpa mengenakan masker menjadi perbincangan warganet

Pasalnya, Raffi Ahmad baru saja menjadi salah satu orang pertama di Indonesia yang mendapat vaksin Covid-19 Sinovac, Rabu (13/1/2021).

Foto yang beredar itu diketahui dari IG Stories Anya Geraldine.

Anya mengunggah foto bersama Raffi, Nagita Slavina, Gading Marten, dan Sean Gelael tanpa menggunakan masker di tempat umum.

Foto itu telah dihapus dari akun @anyageraldine.

Namun, sejumlah warganet telah menangkap layar dan mengunggah ulang postingan tersebut di media sosial.

Selain Raffi, ternyata ada Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok diduga ikut serta dalam pesta yang juga dihadiri oleh Raffi Ahmad pada Rabu (13/1) malam. Hal itu terlihat dalam unggahan Instagram (IG) Aurelie Moeremans.

Baca Juga: Baru Jadi Menteri Sudah Bikin Gempar, Denny Darko Singgung Sosok Wanita yang Muncul Bersama Ratu Adil di Tahun Ini

Namun, tak berselang lama IG story Aurelie yang memperlihatkan hal tersebut dihapus.

Nama Raffi Ahmad dan Ahok pun menjadi perbincangan warganet.Bahkan, keduanya menjadi trending topik Twitter Indonesia.

Sebagian warganet mendesak agar polisi memeriksa artis-artis yang terlibat dalam kerumunan itu.

Baca Juga: Ingat Pemulung Viral Karena Ngaji di Emperan Toko Hingga Jadi Anak Angkat Syekh Ali Jaber? Begini Nasibnya Sekarang Usai Ditinggal Pergi Sang Ulama

Instagram

Foto dari story Anya Geraldine yang menunjukkan Raffi Ahmad tak mematuhi protokol kesehatan usai diberi Vaksin Covid-19

Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok bersama istrinya, Puput Nastiti Devi ikut menghadiri pesta ulang tahun sahabatnya, Ricardo Gelael pada Rabu, 13 Januari 2021.

Di pesta itu kemudian menjadi sorotan netizen, lantaran Raffi Ahmad, pesohor yang terpilih mendapatkan vaksinasi Covid-19 bersama Presiden Jokowi di Istana Merdeka pada paginya, juga hadir tanpa mengenakan masker.

Baca Juga: Proses Vaksinasi Covid-19 Dimulai, Ridwan Kamil Ungkap Efek Samping yang Dirasakannya Usai 2 Kali Disuntik Vaksin Sinovac

Pesta ulang tahun pembalap dan pengusaha itu digelar amat meriah. Banyak para pesohor yang datang.

Foto dan kemeriahan pesta itu dibagikan para pesohor itu sendiri di media sosial mereka, seperti Ahok dan Puput, Gading Marten, Anya Geraldine, Aurelie Moremans, dan putra Ricardo Gelael, pembalap Sean Gelael.

"Cantik..Bukan kuingin mengganggumu..." suara Sean saat unjuk kebolehan menyanyi lagu Kahitna yang berjudul Cantik.

Ahok menjadi segelintir tamu yang datang mengenakan masker. Hampir semua tamu, termasuk si pemilik hajatan tidak mengenakan masker dan melakukan jaga jarak kendati pesta itu digelar di ruangan yang amat luas.

Baca Juga: Umat Beragama Diminta Tak Ragu Ikuti Vaksinasi Covid-19, Wali Kota Depok Malah Batal Jadi Orang Pertama Penerima Vaksin Corona, Ada Apa?

Dari foto dan video yang dibagikan mereka sendiri, tak terlihat keseriusan mereka menaati protokol kesehatan di tengah wabah Covid-19 yang masih tinggi.

Meski mengenakan masker, saat didaulat menyanyi, Ahok melepas maskernya. Ia memang sempat mengenakan masker saat menyanyi tapi kemudian dilepas.

Mungkin merasa pengap dan suara tertahan masker. Tapi pada lagu kedua, Ahok melepasnya.

Baca Juga: Rela Lakukan Ini di Depan Kamera Hingga Beri Uang Belanja Rp 1 Miliar, Pekerjaan Mentereng Suami Nindy Ayunda Terungkap Usai Diciduk Polisi Karena Narkoba

Istri Ahok, Puput Nastiti Devi juga membagi fotonya bersama Nagita Slavina dan Renata Kusumo, menantu tiri Ricardo Gelael.

Ketiganya berfoto tanpa mengenakan masker. "Happy birthday," tulis Puput pada unggahan foto ini.

Yang paling viral dari foto-foto itu adalah unggahan dari Anya Geraldine yang kemudian dihapusnya.

Baca Juga: Beredar Video Detik-detik Suasana Kabin Sriwijaya Air SJ 182 Sebelum Jatuh, Ternyata Begini Fakta Sebenarnya yang Terjadi

Instagram/@btpnd

Puput Nastiti Devi bersama Nagita Slavina dan Renata Kusumo di pesta ulang tahun Ricardo Gelael tanpa kenakan masker.

Ia mengunggah foto berlima terdiri dari Raffi Ahmad, Nagita Slavina, dirinya sendiri, Sean Gelael, dan Gading Marten.

Tak ada satupun dari kelima orang ini yang mengenakan masker. Mereka berfoto dalam posisi rapat.

Di bawahnya ada tulisan, "Bener-bener @raffinagita1717 abis dikasih vaksin langsung nongkrong ga ada protokol kesehatan. Buang-buang jatah baksin aja beb."

Tidak jelas apakah Anya sendiri yang menulis kalimat itu atau foto itu diunggah ulang kemudian ditambahkan tulisan itu.

Unggahan itu sendiri sudah dihapus Anya setelah menuai reaksi keras dari netizen.

Baca Juga: Uang Rekening Petinggi FPI Dipakai Buat Keperluan Ini, Kini Habib Rizieq Jadi Tersangka dalam 3 Kasus Berbeda

Dari para tamu yang hadir di pesta ulang tahun Ricardo Gelael itu, memang Raffi Ahmad yang paling mendapat sorotan.

Ia dipilih menerima vaksin pertama untuk mempengaruhi anak muda agar mau mengikuti vaksinasi Covid-19. Seharusnya, meski sudah menerima vaksin, protokol kesehatan tetap harus diterapkan.

Baca Juga: Akui Dilabrak Artis Karena Ramalannya Terbukti, Ternyata Nikita Mirzani Pernah Memaki Mbak You Hingga Bicara Ini: Dia Minta Maaf

Penyanyi Sherina pun ikut geram dengan apa yang Raffi lakukan.

Ia melalui akun Twitternya mengingatkan Raffi agar sebaiknya memberikan contoh baik kepada masyarakat.

"Halo Raffi Ahmad, setelah divaksin bukan berarti keluyuran rame2 dong. Anda dipilih jatah awal2 vaksin karena followers banyak. Dengan alasan yang sama, tolong berikutnya konsisten beri contoh yang baik. Please you can do better than this. Your followers are counting on you," tulis Sherina Munaf di akun Twitternya, dikutip Wartakotalive.com, Kamis (14/1/2021).

Baca Juga: Usia Boeing 737-500 SJ 182 Disorot, Media Asing Sebut 2 Faktor Ini Jadi Penyebab Pesawat Sering Jatuh di Indonesia

Selain Sherina, banyak masyarakat lain yang turut berkomentar miring tentang apa yang Raffi Ahmad lakukan.

"Kebayang gak dampaknya kalau si raffi ahmad (amit-amit) kena korona setelah divaksin kayak gimana? Makin ogah lah orang vaksin dan keluar lah berbagai teori konspirasi lagi. Vaksin bukan free card bisa sembarangan keluyuran apalagi baru shot pertama," tulis selebtwit Alexander Thian.

"Oohh ini yang lagi trending twitter gara gara Raffi Ahmad abis di vaksin, malah party party ya. Ntar kalo doi kena coronces orang kaga ada yang mau lah divaksin," tulis @echadyhhe.

Baca Juga: Usai Disemprot Posting Foto Melly Goeslaw Tanpa Izin, Dokter Tirta Dilabrak Sahabat Sang BIduan Hingga Buru-buru Beri Penjelasan

Raffi Ahmad minta maaf

Tidak dipungkiri, banyak sahabat yang kecewa hingga marah pada Raffi Ahmad yang tidak bisa memberi contoh baik ke masyarakat.

Raffi Ahmad menjadi omongan di media sosial setelah fotonya bersama Nagita Slavina, Anya Geraldine hingga Seal Gelael dan Gading Marten berpose tanpa masker, Rabu (13/1/2021) malam.

Raffi Ahmad bahkan terkesan sengaja berada diantara kerumunan setelah menerima pertama vaksin Covid-19 bersama Presiden Joko Widodo, Rabu pagi.

Baca Juga: Cuma Tahan 10 Bulan di Kabinet Jokowi, Jusuf Kalla Buka-bukaan Alasan Rizal Ramli Dicopot, Cara Mantan Wapres Timbun Harta Langsung Dibongkar

Raffi Ahmad meminta maaf terkait peristiwa Rabu malam yang tanpa masker dan berkerumun hingga dianggap tidak memberi contoh baik ke masyarakat.

"Terkait peristiwa tadi malam, dimana saya terlihat berkumpul dengan teman-teman tanpa masker dan tanpa jaga jarak, saya minta maaf," kata Raffi Ahmad di akun Instagram, Kamis (14/1/2021) siang.

Permintaan maaf Raffi Ahmad itu terutama ditujukan untuk Presiden Joko Widodo, Sekretariat Presiden, KPCPEN dan masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Akui Minum Soju, Tabiat Asli Ayu Intan Sholekha Dibongkar Sosok Ini Usai Mantan Perwira Kopassus Dicopot dari Jabatan Menterengnya di TNI

"Jujur bahwa kejadian tadi malam adalah murni karena keteledoran saya, karena kesalahan saya," kata Raffi Ahmad.

Raffi Ahmad berjanji akan lebih mentaati protokol kesehatan 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan).

Tidak lupa, Raffi Ahmad juga berharap supaya siapapun tetap menjalankan protokol kesehatan meski vaksinasi sedang dijalankan pemerintah.

Baca Juga: Jumlah Rekening Penerima BLT BPJS Berkurang Karena Alasan Ini, Cepat Cek Nama dan Status Penerima Subsidi Gaji di sso.bpjsketenagakerjaan.go.id

"Vaksin dan protokol kesehatan adalah satu kesatuan," kata Raffi Ahmad.

"Terima kasih banyak untuk teman-teman yang sudah mengingatkan dan saya harap kita terus saling koreksi demi kesehatan kita, orang yang kita sayangi, dan buat Indonesia," lanjut Raffi Ahmad.

Baca Juga: Jadi Pengacara Bertarif Rp 167 Miliar, Hotman Paris Langsung Bongkar Keanehan dalam Kasus Uang Hilang Atlet E-Sport Winda Earl di Maybank

Istana akhirnya komentari pesta yang melibatkan sejumlah selebriti termasuk Ahok di tengah upaya mencegah kerumunan massa karena pandemi corona.

Acara pesta ulang tahun pembalap sekaligus pengusaha Ricardo Gelael itu menjadi perbincangan publik.

Bahkan ada yang mengaitkan dengan kerumunan massa Habib Rizieq yang kini mendekam dipenjara.

Selain Raffi Ahmad, Komisaris Utama PT Pertamina Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) juga menghadiri sebuah pesta pada Rabu (13/1/2021) malam.

Baca Juga: Bikin Mantan Perwira Kopassus Dicopot dari Jabatan Menterengnya di TNI, Kini Ayu Intan Sholekha yang Tak Terima Disebut Wanita Penghibur Takut Lakukan Ini

Jika Raffi dikritik karena tidak menerapkan protokol kesehatan usai disuntik vaksin Covid-19, Ahok diperbincangkan karena sempat melepas masker saat bernyanyi dalam acara pesta ulang tahun pembalap sekaligus pengusaha Ricardo Gelael.

Selain Ahok dan Raffi Ahmad, hadir pula sejumlah artis dan influencer seperti Anya Geraldine, Gading Marten dan Nagita Slavina.

Baca Juga: Tak Pintar Tutupi Bangkai, Sosok Ini Mendadak Bongkar Masalah Calon Istri Sule, Terawangan Mbak You Kembali Terbukti?

Kehadiran mereka menjadi viral karena unggahan di akun instagram milik Anya dan Raffi.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan, tokoh publik seharusnya menjadi contoh bagi masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan.

Baca Juga: Blak-blakan Hina Iklan Billboard Podcast Deddy Corbuzier, Ivan Gunawan Curiga Sang Mentalist Sudah Lakukan Ini Pada Kekasihnya

Terlebih, saat ini kondisi pandemi Covid-19 belum menunjukkan tanda-tanda membaik.

"Selama pandami Covid-19 yang meningkat, maka sebaiknya kurangi aktivitas di luar rumah yang tidak perlu, kecuali ke kantor," ujar Heru ketika dikonfirmasi, Kamis (14/1/2021).

Baca Juga: Bak Jatuh Tertimpa Tangga, Menteri Jokowi Salah Kalkulasi Jumlah Pengikut Habib Rizieq Shihab, Anggota TNI Ini Teriak Begini Sampai Kapendam Jaya Bikin Klarifikasi

"Dan (tokoh publik) harus menjadi contoh yang baik bagi masyarakat," tegasnya.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya