Disindir Telak Ridwan Kamil, Giliran Sosok Ini Sentil Raffi Ahmad Karena Pesta Tanpa Prokes Usai Divaksin Bareng Jokowi

Kamis, 14 Januari 2021 | 09:41
YouTube Sekertariat Negara

Raffi Ahmad disuntik vaksin covid-19 perdana

Fotokita.net - Disindir telak Ridwan Kamil, giliran sosok ini sentil Raffi Ahmad karena nongkrong tanpa prokes usai divaksin bareng Jokowi.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, menyindir Raffi Ahmad yang baru saja disuntik vaksin covid-19.

Ya, Raffi Ahmad disuntik vaksin sinovac berbarengan dengan Presiden Jokowi di Istana Presiden.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil justru menyindir Raffi Ahmad.

Baca Juga: Dulu Bikin Terawan Panas Dingin, Kini Ribka Tjiptaning Tuding Ada Skenario Bisnis di Balik Vaksinasi: Jokowi Ini Pembisiknya Siapa?

Ridwan Kamil memang sudah lebih dulu divaksin covid-19 sejak 3 bulan lalu sebagai relawan.

Menurut Kang Emil, setelah 3 bulan divaksin, darahnya kini mengandung 99 persen antibodi.

"Jadi dalam tubuh saya sekarang sudah berlimpah antibodi untuk melawan Covid," kata Kang Emil.

Baca Juga: Blak-blakan Akui Sebagai Anak PKI, Anggota DPR Ini Tolak Divaksin Covid-19, Berikut Sepak Terjangnya

"Jadi Raffi Ahmad jangan euforia dulu karena pertama baru disuntik sekali, nanti 14 hari kemudian yang kedua. Kemudian setelah disuntik yang kedua, baru 3 bulan kemudian si antibodi itu muncul maksimal," ujar Ridwan Kamil.

Menyangkut efek yang dirasakan, Ridwan mengatakan bahwa dirinya tidak mengalami demam, tidak mengalami bengkak, apalagi berubah warna jadi hijau atau jadi spiderman. saya tidak demam, saya tidak ada bengkak, atau berubah jadi warna hijau atau jadi spiderman.

Baca Juga: Bikin Gemetar Dokter Saat Suntik Jokowi Vaksin Covid-19, WHO Ungkap Fakta Mengejutkan Soal Vaksin Sinovac Buatan China

"Efeknya persis seperti Raffi Ahmad. satu pegel aja, kemudian ngantuk-ngantuk selama 3 hari setelahnya," kata Ridwan Kamil.

"Kalau ada orang bilang nanti jadi lumpuh jadi gimana, ya lihat saya saja sehat bugar, dan penuh dengan 99 persen antibodi covid," kata Ridwan Kamil.

Baca Juga: Gugup Suntik Jokowi Karena Alasan Ini, Ternyata Dokter Abdul Muthalib Bukan Sosok Sembarangan

Sementara itu, penyanyi Sherina Munaf tegur Raffi Ahmad yang sudah menjalani vaksin Covid-19 namun tidak memperhatikan protokol kesehatan dan 3M.

Lalu apakah dengan vaksinasi menjamin tidak tertular lagi dengan virus Covid-19 ?

instagram/putripatricia888

Putri Patricia menunjukkan Raffi Ahmad sedang memamerkan momen kebahagiaan tanpa menggunakan masker, serta tidak menjaga jarak.

Penyanyi Sherina Munaf menyampaikan pesan penting kepada Raffi Ahmad yang baru menjalani vaksin covid-19 di Istana Kepresidenan, Jakarta pada Rabu (13/1/2021).

Raffi Ahmad diharapkan bisa meyakinkan masyarakat agar tak takut divaksin dan turut menyukseskan program vaksinasi di Indonesia.

Baca Juga: Umat Beragama Diminta Tak Ragu Ikuti Vaksinasi Covid-19, Wali Kota Depok Malah Batal Jadi Orang Pertama Penerima Vaksin Corona, Ada Apa?

Belum 24 jam berselang divaksin, Raffi sudah mendapat teguran dari Sherina Munaf.

Teguran itu disampaikan melalui media sosial.

Sherina mengingatkan Raffi Ahmad untuk tidak keluyuran setelah diberi vaksin.

"Halo Raffi Ahmad, setelah divaksin bukan berarti keluyuran rame-rame dong," tulis Sherina Munaf melalui akun miliknya yang telah terverifikasi di Twitter, Kamis (14/1/2021).

Baca Juga: Proses Vaksinasi Covid-19 Dimulai, Ridwan Kamil Ungkap Efek Samping yang Dirasakannya Usai 2 Kali Disuntik Vaksin Sinovac

Sherina Munaf menilai Raffi Ahmad seharusnya tak pergi ke acara yang ramai orang setelah divaksin. Sebab, Raffi sudah selayaknya memberi contoh yang baik.

"Anda dipilih jatah awal-awal vaksin karena followers banyak. Dengan alasan yang sama, tolong berikutnya konsisten beri contoh yang baik," sambung anak Triawan Munaf itu.

Di salah satu unggahan Instagram Story @raffinagita1717, tampak Raffi Ahmad berada di sebuah acara bersama Gading Marten dan pembalap Sean Gelael.

Baca Juga: Akui Dilabrak Artis Karena Ramalannya Terbukti, Ternyata Nikita Mirzani Pernah Memaki Mbak You Hingga Bicara Ini: Dia Minta Maaf

Ketiganya tengah menyanyi tanpa menjaga jarak dan tak mengenakan masker. Namun, unggahan itu kini sudah dihapus.

IG @anyageraldine
IG @anyageraldine

Raffi Ahmad berpesta dan tak mematuhi protokol kesehatan

Apakah masih bisa tertular?

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) resmi mengeluarkan izin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) untuk vaksin Sinovac, CoronaVac, Senin (11/1/2021).

Berdasarkan hasil analisis Badan POM, vaksin Covid-19 yang diproduksi oleh Sinovac Biotech Ltd bekerja sama dengan PT Bio Farma yang telah dilakukan uji klinik fase 3 di Bandung ini menunjukkan efikasi vaksin sebesar 65,3 persen.

Baca Juga: Baru Jadi Menteri Sudah Bikin Gempar, Denny Darko Singgung Sosok Wanita yang Muncul Bersama Ratu Adil di Tahun Ini

Dengan begitu, seperti disampaikan sebelumnya oleh Kepala Badan POM, Dr Penny K Lukito, pelaksanaan pemberian vaksin perdana bisa saja menyesuaikan jadwal rencana Presiden Jokowi yaitu pada Rabu (13/1/2021).

Namun, dengan adanya vaksin Sinovac ini masyarakat juga masih meragukan dan bertanya, mungkinkah setelah vaksinasi masih bisa terinfeksi Covid-19?

Menjawab persoalan tersebut, Ketua Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI), Prof. DR Sri Rezeki S Hadinegoro dr SpA(K) angkat bicara "Apakah (vaksin Covid-19) menjamin 100 persen (tidak akan terinfeksi)? Saya rasa di dunia ini tidak ada yang menjamin 100 persen," kata Prof Sri dalam keterangan pers Persetujuan Penggunaan Darurat (EUA) CoronaVac, Senin (11/1/2021).

Baca Juga: Ditangkap Karena Kasus Narkoba, Suami Nindy Ayunda Kepergok Lakukan Ini Demi Sang Istri Hingga Buru-buru Klarifikasi

Namun, ditegaskan Prof Sri bahwa pemberian vaksin Covid-19 ini dimaksudkan agar jika pun nanti partisipan tetap tidak bisa menghindari dari terinfeksi virus SARS-CoV-2, setidaknya pasien tidak akan mengalami kesakitan yang parah dan meminimalisir risiko kematian.

Ada hal lain yang perlu diingat oleh masyarakat bahwa penyuntikan vaksin CoronaVac ini akan dilakukan dua kali secara bertahap.

Baca Juga: Usia Boeing 737-500 SJ 182 Disorot, Media Asing Sebut 2 Faktor Ini Jadi Penyebab Pesawat Sering Jatuh di Indonesia

Jika Anda nanti menjadi partisipan penerima vaksin, ingatlah setelah mendapatkan suntikkan vaksin Covid-19 yang pertama, maka itu tidak langsung akan membuat antibodi tubuh Anda muncul dan meningkat drastis.

"Paling tidak setelah 2 kali suntik, paling tidak 14 hari sampai 1 bulan itu baru maksimal antibodinya," kata dia.

"Makanya di antara rentang itu, orang ini masih rentan, maka masker tidak boleh lepas, apalagi belum seluruhnya (menerima vaksin), ada yang menolak segala, itu yang kemudian jadi tidak aman begitu, maka di sini harus bersama-sama kita imunisasi," imbuh Prof Sri.

Tetap jaga 3M setelah divaksin

Senada dengan itu, Ketua Perhimpunan Alergi Imunologi Indonesia, Prof Dr dr Iris Rengganis juga mengatakan bahwa vaksinasi butuh dua kali penyuntikkan dosis vaksin dan juga jeda waktu minimal 14 hari untuk membuat antibodi utuh di dalam tubuh dari vaksin tersebut.

"Jadi waktu pembentukan antibodi pertama dari vaksin virus mati ini adalah membutuhkan dua kali suntik, supaya antibodinya terbentuk," ujar dia.

Baca Juga: Pantas Jadi Calon Tunggal Kapolri, Ternyata Komjen Listyo Sigit Sudah Dekat dengan Presiden Jokowi Sejak dari Sini

Dalam periode rentang pembentukan antibodi tubuh oleh vaksin Covid-19 Sinovac yang disuntikkan itu, masyarakat tetap haruslah menjaga diri dengan disiplin protokol kesehatan.

"Makanya penyuluhan ini penting, jangan sampai orang sekali vaksin, terus dia berpikir ini aman, lantas 3M nya tidak dia lakukan lagi, jadi sebelum vaksin kedua dia sudah tertular (terinfeksi Covid-19)," tegasnya.

Namun, diakui dr Iris, bisa jadi dan mungkin nanti banyak yang mengira gara-gara disuntk vaksin mereka jatuh sakit Covid-19.

Baca Juga: Uang Rekening Petinggi FPI Dipakai Buat Keperluan Ini, Kini Habib Rizieq Jadi Tersangka dalam 3 Kasus Berbeda

Padahal, bisa saja mereka mengabaikan protokol kesehatan 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan rutin, dan menjaga jarak aman minim 1,5 meter hanya karena sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19, yakni suntikan vaksin Sinovac dosis pertama.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya