Dapat Warisan Kakek, Ternyata Wakil Ridwan Kamil Sering Diusir dari Parkir VIP Karena Nekat Pakai Mobil Jadul Ini

Selasa, 05 Januari 2021 | 17:04
Instagram @ruzhanul

Wakil Gubernur Jawa Barat bersama Toyota Kijang Doyok miliknya

Fotokita.net - Dapat warisan kakek, ternyata Wakil Ridwan Kamil sering diusir dari parkir VIP karena nekat pakai mobil ini.

Berbeda dari pejabat lain yang identik dengan mobil dinas yang mewah, Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum justru memilih Toyota Kijang KF20 alias Kijang Doyok tahun 1983 sebagai mobil favoritnya untuk melakukan kunjungan kerja.

Mobil yang diproduksi pabrikan Jepang atau yang kerap dikenal dengan sebutan Kijang Doyok atau Kijang Kotak itu diakui Uu memiliki kenangan tersendiri.

Baca Juga: Terlanjur Senang Dapat Kabar Bikin dan Perpanjangan SIM Gratis, Korlantas Polri Buru-buru Beri Penjelasan Begini

Melalui laman Instagram pribadinya, Uu membagikan kisah tersebut.

Mobil Kijang itu merupakan mobil pertama milik almarhum kakeknya yang sekaligus menjadi warisan untuknya.

Pria kelahiran Tasikmalaya itu mengaku lebih sering menggunakan mobil Kijang Kotak pribadinya dibanding mobil dinas, bahkan sejak dirinya masih menjadi Bupati Tasikmalaya.

Baca Juga: Kabar Gembira Mulai Cair 4 Januari 2021, Ini Besaran 3 Bansos Pemerintah, Buruan Cek Nama di dtks.kemensos.go.id

Meski diakui Kijang lawas itu sering mogok, mobil tersebut dinilai nyaman ketika digunakan untuk blusukan.

Bahkan, tidak jarang Wagub Jabar ini diusir petugas saat menggunakan mobil itu lantaran tidak boleh parkir di area VIP.

Pria berusia 51 tahun ini juga mengaku sering merasa jenuh jika bepergian menggunakan mobil dinas.

Baca Juga: Maklumat Kapolri Soal Konten FPI Dikritik Mantan Ketua MK, Kompolnas Buka Suara: Dasar Aturannya Ada dan Sah

Maka dari itu, dirinya suka menggunakan mobil Kijang ini sebagai bentuk hobi dan agar tidak merasa bosan saat di jalan karena merasa senang mengendarainya.

Sejarah Kijang Kotak

Mobil Kijang Kotak pertama kali diperkenalkan PT Toyota Astra Motor pada tahun pada era '70-an.

Baca Juga: Jadi Idola Usai Menangkan Jokowi di Pilpres 2014, Mantan Ketua MK Sebut FPI Bukan Organisasi Terlarang Seperti PKI Hingga Maklumat Kapolri Dinilai Salah

Kemudian, dikembangkan dengan meluncurkan generasi kedua yang populer disebut dengan Kijang Doyok pada tahun 1981 yang memiliki kode KF20.

Berbeda dari model '70-an, mobil ini sudah mengusung pintu kaca, knop pintu mobil, dan memiliki kunci.

Model bodi mobil ini juga sudah semakin mirip dengan mobil sungguhan walau bentuknya masih tetap kotak.

Barulah memasuki tahun 1983, keluar model facelift mobil ini yang menggunakan lampu berbentuk kotak.

Baca Juga: Bak Habis Manis Sepah Dibuang, Dulu Kompak Serang Jokowi, Kini Prabowo Diam Seribu Bahasa Saat FPI Disebut Organisasi Terlarang

TribunCirebon.com/Ahmad Ripai

Toyota Kijang Doyok jadi mobil andalan Wakil Gubernur Jawa Barat, sering dipakai kunjungan kerja lho

Mobil ini dibekali dengan mesin 4K 1300cc OHV yang sama dengan mesin Toyota Corolla DX.

Kemudian, untuk tahun 1983 (facelift), mesin yang digunakan di-upgrade oleh Toyota dengan mesin 5K 1500cc, sama seperti yang digunakan pada Kijang Super.

Selain upgrade mesin, Kijang Doyok facelift ini juga sudah mengadopsi booster rem, perubahan bentuk lampu, perbedaan grill, perubahan rasio differential transmisi, dan perpindahan letak lampu sein yang berada di sisi lampu.

Baca Juga: Kabar Gembira, Token Listrik Gratis PLN Diperpanjang Sampai Maret 2021, Ini Cara Dapatnya Lewat WA

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya