Dulu Poligami Jadi Alasan Perceraian Pertama, Anak Aa Gym Buru-buru Hapus Postingan yang Bikin Netizen Dukung Teh Ninih, Ada Apa?

Senin, 04 Januari 2021 | 20:15
m.tribunnews.com

Teh rini istri muda aa gym cemburu aa gym kembali bersama Teh Ninih

Fotokita.net - Dulu poligami jadi alasan perceraian pertama, anak Aa Gym buru-buru hapus postingan yang bikin netizen dukung Teh Ninih, ada apa?

Nama KH Abdullah Gymnastiar menjadi sorotan publik dalam beberapa hari terakhir.

Pria yang akrab disapa Aa Gym mengumumkan bahwa dirinya terjangkit virus Covid-19.

Tak lama berselang, ia kembali jadi buah bibir masyarakat Indonesia.

Sayangnya, bukan karena kesembuhannya dari terpapar virus corona.

Melainkan kabar rumah tangga Aa Gym bersama teh Ninih.

Beredar kabar Aa Gym telah menjatuhkan talak tiga kepada Ninih Muthmainnah atau yang akrab disapa Teh Ninih.

Baca Juga: Aa Gym Positif Corona Usai Alami 2 Tanda Ini, Berikut Gejala Baru Covid-19 Selain Batuk dan Demam

Dia anak pertama dari empat bersaudara.

Sejak kecil, Aa Gym sudah terbiasa dengan didikan militer oleh ayahnya yang seorang perwira Angkatan Darat berpangkat letnan kolonel.

Ia tak hanya diajarkan soal waktu atau urusan duniawi, tapi juga terbiasa untuk disiplin dalam hal ibadah.

Baca Juga: Disentil Agar Bersikap Hormat Pada Presiden, Aa Gym Akui Positif Covid-19 Hingga Alami 2 Gejala Ini: Semoga Kita Bisa Berkumpul di Surga

Aa Gym sendiri bersekolah di Sekolah Dasar Sukarasa III Bandung.

Setelah itu, ia mengemban pendidikan di Sekolah Menengah Pertama 12 Bandung.Setelah lulus SMP, dia bersekolah di Sekolah Menengah Atas 5 Bandung.

Aa Gym kemudian menempuh pendidikan perguruan tinggi di dua tempat yakni Pendidikan Ahli Administrasi Perusahaan (PAAP) Unpad Bandung dan Akademi Teknik Jenderal Ahmad Yani (kini Universitas Ahmad Yani – Unjani).

Baca Juga: Cuma 19 Hari Cerai dari Istri Kedua Karena Alasan Ini, Din Syamsuddin Nikahi Wanita Lulusan Mesir, Jabatannya Bukan Sembarangan

Aa Gym menikah dengan Ninih Muthmainnah Muhsin atau yang dikenal dengan nama Teh Nini di tahun 1988.Keduanya kemudian dikaruniai enam orang anak.

Lalu, pada tahun 2006 Aa Gym berpoligami dan menikah lagi dengan Alfarini Eridani, seorang janda dengan 3 anak sekaligus berprofesi sebagai mantan model.

Pada tahun 2010, Ninih Muthmainnah Muhsin menggugat cerai Aa Gym di pengadilan agama.Keduanya resmi bercerai pada Juni 2011.

Pada Maret 2012, Aa Gym dan Teh Nini rujuk kembali dan menikah lagi dengan mahar Rp 5 juta.

Baca Juga: Dikira Orang Malaysia Usil, Begini Motif Anak SMP Cianjur Nekat Rekam Parodi Lagu Indonesia Raya Hingga Bawa-bawa Nama ASEAN

Google.com

Aa Gym dan Teh Ninih

Poligami menjadi salah satu penyebab perceraian antara KH Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym dengan istri pertamanya Ninih Mutmainah atau Teh Ninih.

"Pemohon (Aa Gym) pernah mengeluhkan pada saksi bahwa termohon (Teh Ninih) dalam mendidik anak tidak dengan hati. Serta adanya kekecewaan dari termohon setelah pemohon melakukan poligami," kata Hakim Ketua Acep Saefuddin, saat membacakan putusan cerai talak yang diajukan oleh Aa Gym terhadap Teh Ninih, di Ruang Sidang Utama Pengadilan Agama Bandung, Senin.

Baca Juga: Hore Langsung Cair Mulai Besok Sampai April 2021, Ini Cara Cek Penerima Bansos Rp 300.000, Ada Jatah Buat 10 Juta Warga

Acep menjelaskan, fakta bahwa Teh Ninih kecewa dengan keputusan poligami Aa Gym tersebut didapatkan dari keterangan saksi yang juga adik kandung Teh Ninih yakni Dudung Abdul Gani.

Dalam penuturan Majelis Hakim di persidangan tersebut juga terungkap beberapa fakta seputar alasan Aa Gym menceraikan istri pertamanya tersebut seperti perbedaan prinsip dakwah dan perbedaan cara mendidik ke tujuh anaknya.

"Pemohon dan termohon memulai rumah tangga sejak 5 November 1987. Namun pada November 2008 mulai timbul perselisihan di dalam rumah tangga pemohon dengan termohon. Puncak perselisihan dalam rumah tangganya terjadi pada tahun Februari 2009," kata Acep.

Baca Juga: Sifat Aslinya Dibongkar Mantan Asisten, Tangis Gisel Pecah Saat Dengar Ucapan Gempi Ini: Hancur Sekali Hati Aku

Sementara itu, Kuasa Hukum Aa Gym yakni Jenal SH MH membantah bahwa masalah poligami menjadi penyebab Aa Gym mengajukan gugatan cerai kepada Teh Ninih.

"Oh ngak, itu kan keterangan saksi dari pihak Teh Ninih bukan dari Aa Gym," kata Jenal usai persidangan.

Dikutip TribunMataram.com, Aa Gym dan Ninih Muthmainnah alias Teh Ninih menikah pada 1988 dan memperoleh 7 orang anak.

Baca Juga: Vaksinasi Covid-19 di Indonesia Butuh Waktu 3,5 Tahun, Rakyat Amerika Malah Rasakan Efek Samping Ini Usai Disuntik Penangkal Virus Corona

Mereka bertempat tinggal di Kompleks Perumahan Angkatan Darat, di Jl. Gegerkalong Girang 38, Bandung, Jawa Barat.

Perempuan yang lahir di Ciamis, Jawa Barat, 28 Januari 1967 ini menghabiskan masa kecilnya hingga SMA di Ciamis, Jawa Barat.

Lalu menginjak bangku kuliah, Teh Ninih mengambil pendidikan S-1 pada jurusan matematika, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Bandung yang kini jadi Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) di Bandung, Jawa Barat.

Baca Juga: Surat Keputusan Pembubaran Dianggap Kotoran Peradaban, Kapolri Ancam Penyebar Konten FPI di Medsos, Ini Sanksinya

Sosok Teh Ninih merupakan ustazah yang cukup aktif membagikan konten dakwah lewat Instagramnya.

Melalui akun Instagramnya @ninih,muthmainnah yang sudah bercentang biru itu pula, diketahui Teh Ninih cukup sering menjadi pengisi dalam kajian untuk muslimah.

Selama masa pandemi ini, Teh Ninih banyak mengisi kajian muslimah yang digelar secara virtual.

Baca Juga: Berbeda dengan Habib Rizieq yang Punya 3 Mobil Mewah, Ulama Keturunan Rasul Ini Cuma Pakai Sepeda Hingga Pemakamannya Dihadiri Ratusan Ribu Warga

Postingan Ninih Muthmainah atau dikenal Teh Ninih di Instagram menuai sorotan usai isu ditalak tiga oleh Aa Gym. Bagaimana tidak, dia membagikan soal renungan akhir tahun.

"Renungan Akhir Tahun oleh Teh Ninih Muthmainnah," tulisnya mengawali sebagai caption.

Selanjutnya, Teh Ninih berharap keinginan semua orang bisa terkabul di tahun 2021.

"Semoga aneka hajat kita pada tahun 2021 bisa menjadi kenyataan. Yang belum menikah, segera mendapatkan pasangan terbaik. Yang belum dikarunia anak, segera mendapatkan momongan," kata Teh Ninih.

Baca Juga: Bikin Murka Indonesia, Ternyata Wanita Bule yang Main Slonong Boy ke Markas FPI Anggota Intelijen Jerman, Ini Sosoknya

"Yang belum punya rumah, segera dikaruniai rumah yang berkah. Yang dililit utang, segera bisa melunasi semua utangnya tepat waktu, dan lainnya. Maka, marilah kita aminkan," sambungnya lagi.

Tak cuma itu, Teh Ninih juga menyelipkan doa agar dosa-dosanya bisa diampuni oleh Tuhan.

"Ya Allah, janganlah Engkau sisakan sekecil apapun dosa (bagiku) kecuali Engkau ampuni. Janganlah Engkau tinggalkan sebersit pun kesedihan (bagiku) kecuali Engkau hilangkan. Janganlah Engkau tinggalkan sepeser pun utang (bagiku) kecuali Engkau lunasi," tutur Teh Ninih.

Baca Juga: Disebut Buang Uang Rp 1 Miliar Tiap Bulan, Begini Respon Nagita Slavina Usai Disindir Telak Raffi Ahmad: Iya Aja Deh

"Dan, janganlah Engkau abaikan semua hajatku, baik urusan dunia maupun akhirat, kecuali Engkau mengabulkan, wahai Zat Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang," imbuhnya lagi.

Unggahan itu diiringi dengan video berisi tausiah dari Teh Ninih. Setidaknya dalam video berdurasi sekitar 15.15 menit itu Teh Ninih meminta agar tidak menyia-nyiakan kebersamaan bareng orang tersayang.

Tidak menunggu lama, unggahan itu langsung menuai beragam komentar dari para netizen.

Baca Juga: Diramal Pernikahannya Berujung Cerai, Foto Mantan Nagita Slavina Disorot: Bukan Sosok Sembarangan

"Amiin ya Allah,, sabar ya Teh Ninih," ujar @nandaelangphalosa di kolom komentar.

"Bikin nangis. MasyaAllah tabarakallah Umi bahagia dunia akhirat umi Ninih," timpal @jejemoms.

Sebelumnya kabar Teh Ninih ditalak tiga Aa Gym sendiri diungkap oleh putra mereka, Muhammad Ghaza Al Ghazali di laman Facebook. Meskipun sudah dihapus, dia menyebut bahwa postingannya itu benar adanya.

"Postingan barusan betul saya yang mengupload. Berita tersebut benar," tulisnya.

Alasan dihapusnya salah satu postingan itu lantaran mengikuti saran dari gurunya.

Baca Juga: Dilarang Rangkap Jabatan Karena Undang-undang, Mensos Risma Malah Minta Staf Barunya Lakukan Ini: Nggak Usah Sungkan Sama Saya

"Berdasarkan saran dan nasihat para guru. Mohon maaf saya hapus postingannya," kata Ghaza.

Meski tidak menjelaskan soal postingan tersebut, namun warganet yang berkomentar tampaknya memahami maksud Ghaza. Ini berkaitan dengan keretakan rumah tangga yang Aa Gym dan Teh Ninih.

Sementara itu, pihak pengadilan Agama Kota Bandung belum menerima gugatan cerai oleh pendakwah berdarah Sunda itu.

Baca Juga: Terus-terusan Dicecar Keponakan Sendiri, Mahfud MD Akhirnya Balas Pertanyaan Menohok: Siapa Ulama yang Dikriminalisasi Sekarang Ini?

"Sampai sejauh ini mah belum daftar," ujar Subai, Humas Pengadilan Agama Kota Bandung via ponselnya, Jumat (1/1/2021), seperti dilaporkan TribunJabar.com.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya