Sempat Hilang dari Kamera, Mantan Menkes Terawan Beri Pesan Ini Pada Penggantinya: Itu Merupakan Anugerah

Rabu, 30 Desember 2020 | 07:28
tribunnews.com

Mantan Menkes Terawan Agus Putranto saat tiba di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Sabtu (15/2/2020).

Fotokita.net - Sempat hilang dari kamera, mantan Menkes Terawan beri pesan ini pada penggantinya: itu merupakan anugerah.

Mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto melakukan serah terima jabatan menteri kesehatan kepada Budi Gunadi Sadikin, Selasa (29/12/2020).

Dilansir dari Tribunnews.com, sejumlah mantan menteri kesehatan era sebelumnya turut hadir secara virtual dalam proses sertijab tersebut.

Baca Juga: Belum Lagi Sertijab Menkes, Dokter Terawan Malah Unggah Foto Ini Saat Menteri Baru Pimpin Rapat Vaksin Covid-19

Mereka yang hadir di antaranya Nila Farid Moeloek, Nafsiah Mboi, Siti Fadilah Supari dan mantan Wamenkes Ali Ghufron Mukti.

Adapun Terawan terlihat mengenakan baju batik warna hijau muda hitam. Sedangkan Budi Gunadi mengenakan baju batik berwarna biru.

Dalam sertijab tersebut, Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono juga turut hadir.

Baca Juga: Sosok Budi Gunadi Sadikin Dipilih Jadi Menkes Hingga Bikin Terkejut, Sosok Ini Malah Kebanjiran Telepon dari Para Dokter

Mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto melakukan serah terima jabatan kepada Menteri Kesehatan baru, Budi Gunadi Sadikin, Selasa (29/12/2020).

Terawan mengaku sangat bersyukur dapat mengakhir jabatannya.

Meski tidak menyelesaikan jabatan itu hingga akhir periode, namun, ia mengatakan, amanah yang diberikan Presiden Joko Widodo sebagai menkes merupakan sebuah anugerah.

Baca Juga: Resmi Dicopot Jokowi, Ini 5 Blunder Mantan Menkes Terawan Saat Pandemi Covid-19 Hingga Disindir Najwa Shihab

“Saya merasa sangat bersyukur boleh mengakhir masa jabatan saya, meskipun belum lengkap. Tapi itu merupakan anugerah yang Tuhan berikan,” kata Terawan di Kantor Kemenkes, Jakarta, seperti dilansir dari Tribunnews.com.

Ia berharap, dirinya tetap mampu memberikan sumbangsih kepada negara meski tak lagi menjabat sebagai Menkes.

Selain itu, ia berharap, agar Tuhan dapat memberikan bimbingan kepada seluruh jajaran Kemenkes dalam menjalankan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Baca Juga: Tanpa Gelar Dokter, Ini Alasan Budi Gunadi Sadikin Dipilih Sebagai Menteri Kesehatan

“Semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu memberikan bimbingan, petunjuk, pada kita semua dalam menjalankan tugas negara serta menyelenggarakan kesehatan yang merata untuk seluruh rakyat Indonesia,” ucapnya.

Untuk diketahui, sertijab Menkes dari Terawan kepada Budi Gunadi dilangsungkan Selasa.

Acara ini dihadiri oleh Budi Gunadi dan Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono.

Baca Juga: Copot 2 Jenderal TNI AD di Kabinet, Ini Makna Jaket Biru Enam Menteri Baru Jokowi

Hadir pula sejumlah mantan Menteri Kesehatan yakni Nila Farid Moeloek, Nafsiah Mboi, Siti Fadilah Supari, dan mantan Wamenkes Ali Ghufron Mukti.

Para mantan Menkes dan Wamenkes ini tiba secara virtual. Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Budi Gunadi bersama lima menteri dan lima wakil menteri Kabinet Indonesia Maju (KIM) di Istana Negara, Rabu, (23/12/2020).

Pelantikan tersebut sebagai bagian dari perombakan atau reshuffle kabinet. Budi Gunadi Sadikin memiliki latar belakang bukan dari dokter. Ia lulusan sarjana fisika yang berkarir di dunia perbankan.

Baca Juga: Minta Komnas HAM Otopsi Ulang Jenazah, Keluarga 6 Laskar Pengawal Habib Rizieq Mundur Jadi Saksi Kasus Cikampek, Ini Alasannya

Mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan, dirinya mengawali karirnya sebagai Menkes dengan pensiun.

Hal yang sama juga terjadi pada saat dirinya mengakhiri jabatannya sebagai Menkes.

“Saya mengawalinya dengan pensiun, sekarang saya mengakhirinya dengan pensiun,” kata Terawan saat serah terima jabatan Menkes kepada Budi Gunadi Sadikin di Kemenkes, Selasa (29/12/2020), seperti dilansir dari Tribunnews.com.

Baca Juga: Kerap Blak-blakan Serang Pemerintah, Ternyata Ini Alasan Ustaz Abdul Somad dan Rocky Gerung Tak Ditangkap

Ia mengungkapkan, ketika ditunjuk sebagai Menkes oleh Presiden Joko Widodo, saat itu dirinya pensiun dari TNI.

Ketika itu, dirinya memanggul pangkat jenderal bintang tiga. Setelah itu, dirinya mengakhiri tugas di Kemenkes dengan pensiun sebagai Menkes.

“Saya mengawali jabatan Menteri Kesehatan dengan pensiun sebagai Letnan Jenderal TNI. Jadi saya sekarang mengakhirinya sebagai Menteri Kesehatan Republik Indonesia,” kata Terawan.

Baca Juga: Bikin Murka Indonesia, Ternyata Wanita Bule yang Main Slonong Boy ke Markas FPI Anggota Intelijen Jerman, Ini Sosoknya

Pergantian jabatan, menurut dia, merupakan hal yang biasa di dalam setiap penugasan.

Ia pun mengaku siap atas keputusan yang diberikan kepadanya. “Sebenarnya masa pensiun saya sebagai TNI masih cukup lama, tetapi saya harus konsekuen terhadap apa yang harus saya jalani. Saya beserta istri sangat bersyukur,” kata Terawan.

Baca Juga: Nama Anak Jokowi Disebut dalam Laporan Korupsi Bansos, Ini Strategi Baru Risma untuk Salurkan Bantuan Tahun 2021

Sebelumnya, Presiden Jokowi telah melantik Budi Gunadi Sadikin sebagai Menkes pada 23 Desember lalu.

Selain Budi Gunadi ada lima orang lain yang juga dilantik sebagai menteri. Selain itu, ada lima orang yang turut dilantik sebagai wakil menteri.

Baca Juga: Hore! Bukan Lagi Sembako, Bansos Tunai Rp 300 Ribu Cair Mulai Januari 2021, Ini Alasannya

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya