Bikin Petugas Patroli Terkejut, Ini Penyebab Ibu Ajak 2 Anaknya Jalan Kaki di Tol Saat Hujan Deras

Senin, 28 Desember 2020 | 08:19
KOMPAS.com/TRI PURNA JAYA

Ibu dan dua anak kecil saat terlihat berjalan di bahu jalan tol Lampung.

Fotokita.net - Bikin petugas patroli terkejut, ini penyebab ibu ajak 2 anaknya jalan kaki di tol saat hujan deras.

Evakuasi satu keluarga yang berjalan di bahu jalan tol Lampung sambil menangis berlangsung saat cuaca turun hujan deras.

Direktur Ditlantas Polda Lampung, Kombes Donny Damanik mengatakan, pengevakuasian satu keluarga itu bermula ketika anggotanya berpatroli di Jalan Tol ruas Bakauheni - Terbanggi Besar (Bakter) pada Sabtu (26/12/2020).

Baca Juga: Dilarang Rangkap Jabatan Karena Undang-undang, Mensos Risma Malah Minta Staf Barunya Lakukan Ini: Nggak Usah Sungkan Sama Saya

"Anggota Blue Light PJR Polda Lampung berpatroli lantaran hujan turun sangat deras dan jarak pandang terbatas.

Patroli ini untuk mengingatkan pengendara untuk waspada," kata Donny saat dihubungi, Minggu (27/12/2020).

Baca Juga: Terus-terusan Dicecar Keponakan Sendiri, Mahfud MD Akhirnya Balas Pertanyaan Menohok: Siapa Ulama yang Dikriminalisasi Sekarang Ini?

Patroli yang menggunakan mobil sedan itu terdiri dari Aipda Ardiansyah, Ipda Gobel, dan Bripda Suhendra Tirta. Sekitar pukul 16.00 WIB, patroli berjalan perlahan di jalur B yang merupakan arah menuju Bakauheni, Lampung Selatan.

Memasuki KM 114, patroli melihat tiga orang berjalan di bahu jalan tol dalam kondisi pakaian basah kuyup dan kehujanan.

"Karena bisa membahayakan bagi pejalan kaki dan juga pengendara, anggota lalu menepi, hendak meminta agar pejalan kaki itu keluar dari jalan tol," kata Donny.

Saat menepi, kata Donny, petugas patroli melihat ketiga orang itu terdiri dari satu orang perempuan dewasa dan dua anak-anak.

Baca Juga: Diramal Pernikahannya Berujung Cerai, Foto Mantan Nagita Slavina Disorot: Bukan Sosok Sembarangan

Perempuan dewasa tersebut terlihat sedang menangis sambil berjalan dan kedinginan di belakang kedua anak kecil itu.

"Ternyata, ketiganya adalah satu keluarga, ibu dan dua anaknya," kata Donny.

Baca Juga: Disebut Panik Karena Akun IG Mendadak Hilang, Nikita Mirzani Balas Komentar Menohok Sang Mantan: Bukan Waktunya Ladenin Benalu

Lantaran jarak pandang yang sangat terbatas di tengah hujan deras, ketiganya pun dievakuasi menggunakan kendaraan patroli itu.

Di dalam mobil, sang perempuan yang belakangan mengaku bernama Marpuah Sari (31) menjelaskan dia dan dua anaknya itu, RS (11) dan SR (9) hendak pulang ke Kemayoran, Jakarta.

Seorang ibu dan dua anaknya ditemukan sedang berjalan kaki di tepi jalan tol Lampung ruas Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter), Sabtu (26/12/2020).

Polisi menemukan mereka dalam kondisi menangis dan basah kuyup karena situasi saat itu sedang hujan lebat.

Ternyata mereka turun dari kendaraan karena cekcok di jalan.

Baca Juga: Pamer Pengalaman Hubungan Badan Sesama Jenis Hingga Bikin Gempar, Pasien Covid-19 Bikin Perawat RS Wisma Atlet Menderita

Dalam perjalanan dengan suami

Kepada polisi, ibu bernama Marpuah Sari (31) itu sebelumnya melakukan perjalanan bersama suami YN (27) dan dua anak mereka, RS (11) dan SR (9).

Mapuah mengaku, dia dan dua anaknya baru saja tiba di Lampung dari Jambi setelah diajak oleh suaminya.

"Suami ibu ini adalah sopir truk, pergi ke Jambi membawa keluarganya, lalu hendak kembali ke Jakarta," kata Dirlantas Polda Lampung, Kombes Donny Damanik, saat dihubungi, Minggu (27/12/2020).

Baca Juga: Berawal Masalah Sepele di Jalanan, Ini Kronologi Polisi Tabrak 3 Pemotor Hingga Kasusnya Diambil Alih Polda Metro

Namun sampai di Lampung, suami istri tersebut terlibat pertengkaran. "Kepada petugas, ibu itu mengaku habis bertengkar dengan suaminya dan diturunkan di tengah jalan," kata dia.

Nekat kabur jalan kaki

Mereka sempat singgah di rest area KM 116 ketika melintasi tol Lampung. Kemudian Marpuah nekat mengajak dua anaknya kabur kembali ke Jakarta.

Meski hujan lebat, Marpuah tetap nekat berjalan kaki menyusuri tol bersama dua anaknya.

Beruntung kepolisian mengetahui keberadaan mereka di tengah hujan dan mengevakuasinya.

Baca Juga: Nama Anak Jokowi Disebut dalam Laporan Korupsi Bansos, Ini Strategi Baru Risma untuk Salurkan Bantuan Tahun 2021

"Saat ditemukan anggota, ketiganya baru berjalan dari rest area KM 116, meninggalkan ayah dan suaminya itu," kata Donny.

Ditemukan menangis

Saat itu, anggota Blue Light PJR Polda Lampung tengah berpatroli di jalan tol karena hujan lebat hingga menyebabkan jarak pandang terbatas.

Di KM 114 petugas melihat seorang perempuan dan dua anak-anak berjalan kaki di bahu jalan tol.

Baca Juga: Sudah Akhir Desember BLT UMKM Rp 2,4 Juta Belum Juga Cair, Ini Solusi Jitunya

"Karena bisa membahayakan bagi pejalan kaki dan juga pengendara, anggota lalu menepi, hendak meminta agar pejalan kaki itu keluar dari jalan tol," kata Donny.

Perempuan bernama Marpuah itu dievakuasi dalam keadaan basah kuyup dan menangis. Mereka lalu dibawa ke Polsek Tegineneng.

Baca Juga: Nyaris Jadi Mantu Presiden, Artis Cantik Ini Banting Tulang Urus 5 Anaknya Meski Dinikahi Pengusaha Tambang: Rasanya Badan Mau Rontok

Dijemput suami

Usai menceritakan kejadian yang menimpanya, Marpuah dipertemukan dengan suaminya.

Polisi menghubungi suami Marpuah dan memintanya datang ke polsek.

Baca Juga: Jadi Model Video Klip Dewa 19 Hingga Teman Pesta Maia, Ternyata Istri Mendag Muhammad Lutfi Bukan Sosok Sembarangan, Intip Fotonya

Namun Marpuah tidak mau ikut dengan suaminya. Dia lalu dipulangkan ke Jakarta menggunakan bus pada Minggu (27/12/2020) pagi.

(Sumber: Kompas.com/Tri Purna Jaya)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya