Belum Lagi Sertijab Menkes, Dokter Terawan Malah Unggah Foto Ini Saat Menteri Baru Pimpin Rapat Vaksin Covid-19

Kamis, 24 Desember 2020 | 10:07
KOMPAS.com/Ihsanuddin

Presiden Joko Widodo bersama Terawan Agus Putranto di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (2/3/2020).

Fotokita.net - Belum lagi sertijab Menkes, Dokter Terawan malah unggah foto ini saat menteri baru pimpin rapat vaksin Covid-19.

Usai dilantik oleh Presiden Joko Widodo, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono langsung memimpin Rapat Koordinasi Pimpinan (Rakorpim) dengan pejabat eselon I dan II di lingkungan Kementerian Kesehatan pada Rabu (23/12/2020).

Rapat digelar di Kantor Kemenkes, Kuningan, Jakarta Selatan. Budi mengatakan, tugas pertama yang harus segera dilaksanakan adalah mempersiapkan program vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat.

“Target jangka pendek, untuk segera dilakukan vaksinasi Covid-19," ujar Budi dikutip dari siaran pers Kementerian Kesehatan, Rabu.

Baca Juga: Resmi Dicopot Jokowi, Ini 5 Blunder Mantan Menkes Terawan Saat Pandemi Covid-19 Hingga Disindir Najwa Shihab

Meski akan dilakukan dalam waktu dekat, Budi menekankan bahwa rencana vaksinasi harus dilakukan dengan mengedepankan prinsip kehati-hatiaan serta persiapan matang.

Menurut dia, paling tidak ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian bersama diantaranya ketersediaan vaksin, kesiapan sarana prasarana, SDM yang bertugas, strategi distribusi, serta proses vaksinasi. “Saya ingin memastikan semua alatnya siap,” ucapnya.

Baca Juga: Tanpa Gelar Dokter, Ini Alasan Budi Gunadi Sadikin Dipilih Sebagai Menteri Kesehatan

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menjanjikan layanan kesehatan prima yang tak akan kewalahan menghadapi pandemi apapun di masa ia menjabat.

Hal itu disampaikan Budi usai ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo sbagai Menteri Kesehatan di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (22/12/2020).

“Saya percaya kalau kita bersatu bersama dengan asosiasi, dengan pemerintah daerah, dengan seluruh komponen bangsa yang ada, kita bisa membangun sistem layanan kesehatan publik yang kuat dan siap mengatasi masalah SARS-Cov-2 ini,” kata Budi yang kini menggantiksan Terawan Agus Putranto.

Baca Juga: Sosok Budi Gunadi Sadikin Dipilih Jadi Menkes Hingga Bikin Terkejut, Sosok Ini Malah Kebanjiran Telepon dari Para Dokter

"Dan kita juga bisa mempersiapkan sistem layanan kesehatan publik yang siap, kuat, mumpuni, agar generasi sesudah kita bisa menghadapi SARS-Cov-3 atau SARS-Cov lainnya yang kita tidak tahu kapan datangnya,” tutur Budi Gunadi.

Ia mengatakan saat ini fokus utamanya sebagai Menteri Kesehatan ialah menangani pandemi Covid-19.

Ia berjanji akan sekuat tenaga bekerja menangani wabah virus corona sehingga perekonomian bisa kembali berjalan secara normal.

Baca Juga: Copot 2 Jenderal TNI AD di Kabinet, Ini Makna Jaket Biru Enam Menteri Baru Jokowi

KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERA

Budi Gunadi Sadikin

Untuk itu, ia mengatakan akan bekerja sama dengan semua pihak terkait untuk segera menangani wabah Covid-19.

“Agar semua anak-anak kita bisa segera kembali ke sekolah, belajar, bertemu dengan guru-gurunya.

Agar semua pengusaha, UMKM, bisa membuka toko-tokonya dan kembali berdagang seperti biasa,” ujar Budi.

“Dan agar semua pekerja bisa datang kembali ke kantornya dan memulai hidup yang normal. Dan agar semua keluarga kita bisa kembali bersilaturahim dengan sesama teman dan keluarga mereka,” ujar Budi.

Baca Juga: Usai Dilantik Jadi Menparekraf, Sandiaga Uno Sudah Bikin Kesalahan di Depan Publik: Ini Tidak Marahnya Sekarang, Nanti di Rumah

Sementara itu, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) belum menjadwalkan kegiatan serah terima jabatan (sertijab) Menteri Kesehatan dan Wakil Menteri Kesehatan hingga Rabu (23/12/2020) malam.

Padahal, Menteri Kesehatan yang baru beserta Wakil Menteri Kesehatan sudah dilantik secara resmi oleh Presiden Joko Widodo pada Rabu pagi. Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes Widyawati mengatakan, sertijab Menkes dan Wakil Menkes akan diinformasikan lebih lanjut.

"Sertijab belum. Nanti jadwalnya diinformasikan, " ujarnya saat dikonfirmasi Kompas.com, Rabu malam.

Baca Juga: Ikuti Perintah Megawati, Begini Nasib Bansos Covid-19 Usai Risma Ditunjuk Jadi Menteri Sosial

Di mana Terawan?

Kompas.com juga sempat meminta konfirmasi kepada Kemenkes perihal kegiatan terakhir yang dilakukan mantan Menkes Terawan Agus Putranto.

Namun, hingga berita ini ditulis, Kemenkes belum memberikan informasi. Berdasarkan pantauan dari unggahan di akun Instagram-nya, @terawanagusputranto, Terawan sempat mengunggah foto dirinya yang berpose menelungkupkan kedua tangan.

Baca Juga: Siap-siap Bonus Pensiunan PNS Cair Awal Januari 2021, Gaji PNS Malah Dipotong Mulai Tahun Depan, Buat Apa?

Seolah berpamitan, Terawan menuliskan caption "Tetap semangat dan salam sehat".

Berdasarkan penelusuran dari arsip pemberitaan dan publikasi Kemenkes, kegiatan terakhir yang dilakukan Terawan sebagai Menkes adalah memimpin kegiatan Hari Natal 2020 di Kantor Kemenkes pada Selasa (22/12/2020) siang.

Baca Juga: Nilai Korupsi Bansos Covid-19 Diduga Jauh Lebih Besar, Nama Anak Jokowi Ikut Disebut dalam Laporan Ini, Ada Jatah Buat Anak Pak Lurah?

(Kompas.com)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya