Punya Foto KTP Tertawa Ngakak, Gadis Ini Cerita Kronologi Sebenarnya Saat Pemotretan Hingga Dimarahi Petugas

Rabu, 16 Desember 2020 | 07:32
KOMPAS.COM/IRWAN NUGRAHA

Nadila Suhendar (19) pemilik KTP asal Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, berfoto gadis cantik tertawa lepas saat ditemui di rumahnya Jalan RE Martadinata Kota Tasikmalaya, Selasa (15/12/2020).

Fotokita.net - Punya foto KTP tertawa ngakak, gadis ini cerita kronologi sebenarnya saat pemotretan hingga dimarahi petugas.

Sebuah foto yang memperlihatkan seorang gadis tertawa lepas di Kartu Tanda Penduduk (KTP) viral di media sosial.

Foto tersebut sempat mendapat 2 juta like di Twitter. Diketahui, gadis itu bernama Nadila Suhendar (19), warga Jalan RE Martadinata, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat.

KTP itu dibuat Nadila saat dirinya masih duduk dibangku Sekolah Menengah Atas (SMA). Nadila mengaku sempat malu karena memiliki KTP tersebut.

Baca Juga: Dibilang Lebih Keren dari Raffi Ahmad di Depan Kamera, Dimas Ramadhan Bikin Syok Asisten Nagita Slavina: Nggak Ngambil Punya Rafathar Kan?

Namun, semenjak foto KTP-nya viral di media sosial, ia mengaku tak malu lagi.

Nadila mengatakan, KTP itu dibuatnya saat ia masih duduk dibangku Sekolah Menengah Atas (SMA).

Diceritakan Nadila, foto KTP-nya viral saat ada kontes foto KTP terlucu di Twitter dan oleh rekannya foto itu dikirimkannya.

Baca Juga: Alasan 4 Pengawal Habib Rizieq yang Ditembak Mati Tak Diborgol Diungkap, Ini Pesan Imam Besar FPI dari Dalam Sel Rutan Polda Metro

"Di sana, banyak komentar dan like dari para netizen tentang keasliannya karena merasa aneh kok bisa foto di KTP tertawa seperti itu, bukan senyum," kata Nadila kepada Kompas.com saat ditemui di rumahnya, Selasa (15/12/2020).

Kata Nadila, ia memiliki KTP dengan foto tertawa hampir dua tahun. Kata Nadila, foto tertawa di KTP itu berawal saat ia ditemani kakaknya mendatangi Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, untuk perekaman KTP.

Namun, saat pengambilan foto, sang kakak menggoda hingga membuatnya tertawa. Tak sadar, petugas sudah memotret kejadian itu.

Setelah itu, Nadila sempat difoto ulang oleh petugas dengan posisi serius. Namun, ternyata foto yang dipakai malah dengan pose tertawa lepas.

"Waktu itu pernah difoto ulang dengan foto yang serius. Eh, pas KTP sudah jadi yang terpasang malah foto tertawa lepas itu," ujarnya.

Baca Juga: Siap-siap, Iuran BPJS Kesehatan Naik Mulai 1 Januari 2021, Ini Besaran Denda Jika Kita Telat Bayar

Menurut gadis yang tinggal di Jalan RE Martadinata tersebut, KTP itu dibuat saat dirinya duduk di bangku sekolah SMA.

Saat pengambilan foto di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, sang kakak menggoda Nadila hingga tertawa.

Tak sadar, petugas sudah memotret kejadian itu. Setelah itu, Nadila sempat difoto ulang oleh petugas dengan posisi serius.

Baca Juga: Sama-sama Jadi Musuh Amerika, Diktator Irak Saddam Hussein Dihukum Gantung, Osama Bin Laden Meregang Nyawa di Ujung Senjata

Namun, ternyata foto yang dipakai malah dengan pose tertawa lepas. "Waktu itu pernah difoto ulang dengan foto yang serius. Eh, pas KTP sudah jadi yang terpasang malah foto tertawa lepas itu," tambahnya.

Nadila mengaku baru mengetahui jika foto KTP-nya menjadi viral di media sosial setelah beberapa temannya memberi tahu.

"Awalnya katanya viral saat ada kontes foto KTP terlucu di Twitter dan oleh teman saya dikirimkan.

Baca Juga: Singgung Video 3 Tahun Lalu yang Sudah Dihapus Muncul Lagi, Hotman Paris Mendadak Unggah Foto Gisel Sambil Umbar Kata Mesra

Di sana, banyak komentar dan like dari para netizen tentang keasliannya karena merasa aneh kok bisa foto di KTP tertawa seperti itu, bukan senyum," jelas Nadila kepada Kompas.com saat ditemui di rumahnya, Selasa.

Foto tersebut sempat mendapat 2 juta like di Twitter. Dirinya pun berharap foto tersebut bisa menjadi berkah bagi dirinya.

Baca Juga: Jalani Pemeriksaan dari Pagi Hingga Tengah Malam, Habib Rizieq Kepergok Lakukan Ini di Kantor Polisi, Fotonya Tersebar di Jagat Maya

KTP ketawa ngakak jadi viral medsos.

Banyak orang pun ingin tahu bagaimana kejadian sebenarnya sampai bisa pose ketawa ngakak yang dipasang.

Diketahui, pemilik foto KTP ini bernama Nadila Suhendar.

Perempuan berumur 19 tahun ini berdomisili Tasikmalaya, Jawa Barat.

Baca Juga: Tanpa Bermaksud Dahului Tuhan, Mbak You Minta Warga Jakarta Waspada di Tahun 2021, Singgung Pergantian Presiden Hingga Politik Makin Panas

Kepada Tribunnews.com, Nadila Suhendar menceritakan awal mulanya ia bisa memakai foto dengan ekspresi ketawa di KTP-nya, Senin (14/12/2020).

"Jadi, waktu itu aku bikin KTP ditemenin sama kakakku, terus pas aku lagi difoto, kakak aku ngajak bercanda."

"Enggak sengaja kefoto saat lagi ketawa," cerita Nadila Suhendar.

Karena ekspresinya itu, Nadila Suhendar mengaku dirinya sudah meminta untuk mengulang foto KTP-nya.

"Padahal aku udah minta ulang satu kali, buat ganti foto yang lagi ketawa itu."

Baca Juga: Cerita Ahmad Bikin Gempar Usai Foto 'Jenazah Laskar FPI Tersenyum' Tersebar, Ini Sosok Sebenarnya

"Tapi kenapa yang dipakai malah jadinya ketawa, padahal ada foto resminya," kata Nadila Suhendar.

KOMPAS.COM/IRWAN NUGRAHA

Nadila Suhendar (19), pemilik KTP berfoto tertawa akhirnya memiliki KTP baru dengan foto serius saat ditemui di rumahnya Jalan RE Martadinata, Kota Tasikmalaya, Selasa (15/12/2020).

Nadila Suhendar menjelaskan dirinya menyesal karena bercanda di saat sesi foto KTP.

"Kaget ngelihat foto KTP sendiri, lebih ke nyesel aja, waktu itu bisa-bisanya bercanda saat di foto."

"Padahal udah datang ke Disduk-nya buat ngulangi sesi foto KTP, tapi enggak bisa," jelas Nadila Suhendar.

Baca Juga: Ibunda Nagita Slavina Histeris, Penikahan Kedua Raffi Ahmad Sukses Dibongkar Artis Ini, Izin Menikah Langsung Disinggung

Perempuan berdomisili Tasikmalaya ini membeberkan bagaimana foto KTP-nya ini bisa viral di Twitter.

Teman Nadila Suhendar yang pertama kali mengirim foto KTP-nya itu di media sosial Twitter.

"Jadi, di Twitter ada yang ngepost foto KTP cewek cantik gitu."

Baca Juga: Foto Surat Buat Keluarga Habib Rizieq Tersebar Luas, Anak Buah Prabowo Siap Jadi Jaminan Penangguhan Penahanan Imam Besar FPI

KOMPAS.COM/IRWAN NUGRAHA

Nadila Suhendar (19), pemilik KTP berfoto tertawa akhirnya memiliki KTP baru dengan foto serius saat ditemui di rumahnya Jalan RE Martadinata, Kota Tasikmalaya, Selasa (15/12/2020).

"Terus teman aku komen sambil ngirim foto KTP-ku yang ketawa itu dan captionnya, teman aku ngakak seumur hidup, ini asli temen aku," ucap Nadila Suhendar.

Ternyata, seminggu kemudian fotonya ini viral salah satu akun Twitter.

Namun unggahan fotonya ini sudah Nadila Suhendar minta untuk di-take down.

"Satu minggu kemudian, foto KTP aku muncul di Twitter ( @sosmedanu ), kalau engga salah, udah banyak yang ngelike sama komentarnya."

Baca Juga: Foto Sprindik Erick Thohir Tersebar Sampai Bikin Ketua KPK Turun Tangan, Ternyata Kakak Sang Menteri BUMN Kini Masuk dalam Daftar 15 Orang Terkaya Indonesia

"Kaget, malu banget terus aku minta ke akun yang ngeviralin takedown foto KTP aku, akhirnya dihapus," kata Nadila Suhendar.

Setelah itu, foto KTP ekspresi ketawanya ini muncul di media sosial Instagram juga.

"Udah di DM, dan minta di-take down," ucapnya.

Baca Juga: Pasang Wajah Bahagia Saat Resepsi, 2 Anak Sule Dituding Bikin Nathalie Holscher Pisah Ranjang dengan Sang Komedian, Cuma Pura-pura?

Namun, keesokan harinya, foto KTP Nadila Suhendar ini makin tersebar lagi di media sosial.

Nadila Suhendar menceritakan dirinya sempat merasa risih tahu foto KTP ekspresi ketawanya ini viral di media sosial.

"Awalnya sih kaget dan sedikit agak risih, tapi yaudahlah, udah kesebar juga."

Baca Juga: Cuma Diminta Jaga Ketertiban Hingga Mau Ditangkap Polisi, Begini Respon Presiden Jokowi Usai Habib Rizieq Makin Semangat Gelar Acara: Skenario Berubah

"Udah minta take down sana sini, tapi masih ada yang repost."

"Yaudahlah, namanya socmed ya gimana lagi," ujar Nadila Suhendar.

Diketahui, Nadila Suhendar juga membuat video pada akun TikToknya, @gatau_mqles.

Video TikTok nya ini sudah ditonton sebanyak 2.3 Juta kali.

Baca Juga: Disebut Kampungan Hingga Gagal Total Jadi Artis, Mantan Anggota Brimob Ini Mendadak Pamer Isi Chat, Dinobatkan Sebagai Orang Tercerdas di Dunia

(Tribunnews.com/Kompas.com)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya