Jagoan Megawati dan PDIP Menang dalam Hitungan Sementara, Wali Kota Risma Nurut Diminta Pose Begini di Depan Kamera: Saranghae Surabaya!

Kamis, 10 Desember 2020 | 07:23
surya.co.id/ahmad zaimul haq

Tri Rismaharini, Ketua DPP PDIP Bidang Kebudayaan hadir di DPC PDIP Surabaya untuk memberi selamat kepada Eri Cahyadi-Armuji yang unggul dalam hitung cepat pada Pilwali Surabaya 2020, Rabu (9/12/2020).

Fotokita.net - Jagoan Megawati dan PDIP menang dalam hitungan sementara, Wali Kota Risma nurut diminta pose begini di depan kamera: saranghae Surabaya!

Berikut update hasil Pilkada Surabaya 2020 sementara yang dilansir dari www.pilkada2020.kpu.go.id hari ini, Kamis (10/12/2020).

Menurut data terbaru dari laman resmi KPU tersebut, pasangan Eri Cahyadi dan Armuji masih unggul 57,7 persen dengan 131373 suara.

Sedangkan pasangan Machfud Arifin dan Mujiaman meraih persentase suara 42,3 persen atau 96426 suara.

Baca Juga: Disebut Gagal Jadi Pemenang, Jagoan Risma Malah Menang Telak di Kandang Lawan, Ini Hasil Hitung Cepat Pilkada Surabaya 2020

Hasil tersebut didapat dari penghitungan suara di 1146 TPS di Kota Surabaya.

Sedangkap total TPS di Kota Surabaya adalah 5184 TPS, sehingga progresnya baru 22,11 persen.

Tim pemenangan Paslon Machfud Arifin-Mujiaman (MAJU) dari unsur partai menghargai hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei.

Pihaknya baru akan melakukan langkah dan evaluasi menyeluruh setelah hasil resmi rekapitulasi KPU.

Baca Juga: Menantu Jokowi Ungguli Petahana di Pilwakot Medan, Ini Link dan Cara Tahu Hasil Hitung Cepat Pilkada 2020

"Sekali lagi, kami menghargai hasil Quick count. Saat ini kami masih menunggu rekapitulasi resmi KPU. Mohon waktu," kata Arif Fathoni mewakili Tim Pemenangan MAJU dari unsur partai.

Saat ditanya terkait klaim hasil hitung cepat sebagai gambaran hasil Pilwali, Fathoni menolak memberi komentar. Termasuk jika ada Paslon lain yang mengklaim sebagai pemenang.

"Tidak dalam kapasitas saya lah mengomentari calon lain. Tapi sebaiknya menunggu hasil resmi KPU. Seluruh saksi kami hingga saat ini masih bekerja untuk merekap C1," kata Thoni.

Baca Juga: Selalu Tampil Sederhana di Depan Kamera, Selvi Ananda Buka Suara Usai Anak Jokowi Diprediksi Menang Telak di Pilkada Solo 2020

Fathoni juga tidak mau berandai-andai atas hasil Pilwali nanti. Yang jelas akan ada penyikapan khusus. Langkah apa yang akan diambil setelah ada hasil resmi KPU.

Sebagai partai pendukung, Fathoni sempat mencatat tahapan pencalonan dan tingginya antusiasme warga pendukung saat kampanye. Dia sempat optimistis atas hasil terbaik.

"Langkah apa selanjutnya, Kita tunggu riil count seratus persen KPU ya," kata Fathoni mewakili partai pendukung.

Baca Juga: Cuma Didukung 2 Partai Politik, Petahana Pilkada Medan Disebut Sukses Bikin Menantu Jokowi Pulang ke Solo, Ini Hitungannya

Sementara itu, Ketua DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri tak bisa menyembunyikan kegembiraannya.

Ia mengaku senang Eri Cahyadi dan Armuji menang di Pilkada Surabaya versi hitung cepat sejumlah lembaga survei, Rabu (9/12/2020).

Risma yang juga Wali Kota Surabaya ini pun hadir langsung di Kantor DPP PDI Perjuangan, Rabu sore.

Di tempat ini, juga telah hadir: Eri Cahyadi, Armuji, dan Ketua DPC PDI Perjuangan Surabaya, Adi Sutarwijono.

Baca Juga: Dibenci Seluruh Anggota DPRD Hingga Dimakzulkan, Bupati Jember Malah Disebut Bakal Sukses di Pilkada 2020 Karena Keputusan Terbaru Mahkamah Agung

Berbagai ekspresi pun diperlihatkan Risma kala tiba di Kantor DPC. Raut muka gembira tak bisa disembunyikan dari wajahnya yang tertutup masker.

Saat menyapa relawan Eri, Risma pun menjadi buruan untuk diajak foto bersama.

Di saat inilah, mayoritas relawan mengacungkan telunjuk merujuk pada angka 1, nomor urut pencalonan ErJi.

Risma tak buru meniru. "Iki sakjane ngene lo, V: Victoy," kata Risma sambil mengacungkan dua jarinya: telunjuk dan ibu jari, seakan membuat simbol V yang lantas disambut sorakan para relawan.

Baca Juga: Cuma Didukung 2 Partai Politik, Petahana Pilkada Medan Disebut Sukses Bikin Menantu Jokowi Pulang ke Solo, Ini Hitungannya

Para relawan mengusulkan Risma berpose lain: menggosok jari telunjuk dan ibu jari.

"Saranghae. Saranghae warga Surabaya," kata Wali Kota Surabaya dua periode ini sambil berseloroh.

Memberikan sambutan di atas podium, Risma berkali-kali menyampaikan terimakasih kepada warga Surabaya.

Baca Juga: Banyak Luka Tak Wajar di 6 Jenazah Pengawalnya, Habib Rizieq Muncul ke Publik: Tanpa Mereka Mungkin Kami Digiring ke Medan Pembantaian

Kepercayaan warga Surabaya yang diberikan kepada Eri menjamin keberlanjutan programnya.

"Kami berterimakasih kepada seluruh warga Surabaya yang telah memberikan kepercayaan ini. Kita harus bersama-sama membangun Kota Surabaya," kata Risma.

Selesai pilkada, Risma mengajak seluruh warga Surabaya kembali bersatu.

"Tanpa perbedaan, perpecahan, atau permusuhan," katanya.

Baca Juga: Enak Hingga Kerap Disantap Jadi Lauk, Makanan Ini Bisa Jadi Pemicu Penyakit Jantung yang Renggut Nyawa Melisha Sidabutar, Peserta Indonesian Idol

surya.co.id/ahmad zaimul haq

Pasangan calon Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan Armuji hadir di DPC PDIP Surabaya.

Ia juga mengajak seluruh partai, untuk bersinergi. Membangun Surabaya harus dilakukan dengan kerjasama antara pemerintah dan legislatif.

Kepada Eri Cahyadi, Risma berpesan agar segera memetakan janji politik selama kampanye untuk segera direalisasikan setelah nantinya resmi dilantik.

"Janji itu adalah hutang, Mas Eri," kata Risma yang hadir dengan didampingi Eri tersebut.

Baca Juga: Hasil Otopsi 6 Jenazah Pengawal Habib Rizieq Ditemukan Luka Tak Wajar, FPI Berharap Bantuan Lembaga Ini Usai Bentrokan Berdarah di Jalan Tol

www.pilkada2020.kpu.go.id

Update Hasil Pilkada Surabaya 2020 sementara edisi Kamis (10/12/2020), Eri-Armuji Sementara Unggul

"Jadi, harus bisa direalisasikan. Kami masih punya mimpi: Surabaya harus jauh lebih maju dengan dipimpin tokoh muda dengan kerja yang lebih cepat dan inovatif," lanjutnya.

Selesai berorasi, Risma ikut menyumbangkan lagu. Tak tanggung-tanggung, dua lagu dinyanyikan: Terimakasih dan lagu bertema Surabaya.

Baca Juga: Jadi Primadona di Indonesia, Ternyata Ini Alasan Orang Amerika Jarang Pakai WhatsApp

(Bobby Constantine/Nuraini Faiq/Putra Dewangga/pilkada2020.kpu.go.id/ Surya.co.id)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya