Bagian-bagian Jantung dan Fungsinya, Berikut Gambar Organ Manusia yang Memompa Darah

Senin, 12 Oktober 2020 | 05:10
dok. Kompas.com

Bagian-bagian jantung dan fungsinya

Fotokita.net - Bagian-bagian jantung dan fungsinya, berikut gambar organ manusia yang memompa darah.

Sebagai salah satu organ vital dalam tubuh, jantungmemiliki tugas yang cukup berat, yaitu memompa darah ke seluruh tubuh tanpa henti.

Jantung memiliki ukuran yang hanya lebih besar sedikit dari kepalan tangan pemiliknya, tetapi terdiri atas beberapa bagian yang masing-masing memiliki peran penting

Jantung adalah sebuah rongga organberotot yang mampu memompa darah melewati pembuluh darah oleh kontraksi berirama yang berulang-ulang.

Baca Juga: Macam-macam Jaringan Fotosintesis yang Ada di Daun, Ketahui Penjelasan Lengkapnya

Tubuh manusia sangat membutuhkan suplai oksigen dan nutrisi melalui darah. Darah ini dipompa melalui jantung yang juga bertugas menghilangkan sisa metabolisme.

Jantung menjadi salah satuorgan manusiayang memiliki peran pada sistem peredaran darah. Letak jantung manusia berada di rongga dada, dan sedikit ke sebelah kiri.

Baca Juga: Simak Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 SD Tema 4 Subtema 1 Globalisasi di Sekitarku Halaman 38-42

Ukuran jantung manusia sekitar kepalan tangan, dan terbagi menjadi empat bagian yaitu

1. Serambi kanan

2. Serambi kiri

3. Bilik kanan

4. Bilik kiri

Tiap ruangan jantung dipisahkan oleh lapisan dinding septum.

Fungsi Jantung berdasarkan bagian-bagiannya

Setiap bagian di dalam jantung mempunyai fungsinya masing-masing. Berikut penjelasan detailnya:

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 SD Tema 3 Tokoh dan Penemuan Subtema 2 Penemu dan Manfaatnya Halaman 80-89

Serambi kanan

Serambi kanan berfungsi untuk menerima darah yang kaya akan karbon dioksida dari seluruh tubuh.

Darah yang kaya karbon dioksida ini dikategorikan ke dalam darah kotor. Darah tersebut memasuki serambi kanan melalui vena cava superior dan inferior. Lalu dari serambi kanan, darah dipompa menuju bilik kanan. Pada jantung janin, ada lubang di serambi kanan untuk darah mengalir secara langsung ke serambi kiri.

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 SD Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 5, Batik Seni Tradisional Indonesia yang Mendunia

Saintif.com

Gambar bagian-bagian jantung dan fungsinya.

Bilik kanan

Bilik kanan berfungsi untuk memompa darah yang kaya akan karbon dioksida ke paru-paru.

Darah kotor tersebut dipompa ke paru-paru agar karbon dioksida bisa ditukar dengan oksigen melalui proses pernapasan. Letak bilik kanan berada di bawah serambi kanan dan di samping bilik kiri.

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 SD Tema 3 Subtema 2 Penemuan Komputer Halaman 99-100

Serambi kiri

Serambi kiri berfungsi menerima darah yang kaya oksigen dari paru-paru.

Darah yang kaya akan oksigen ini dikategorikan ke dalam darah bersih. Darah bersih tersebut masuk ke serambi kiri melalui pembuluh balik atau vena pulmonalis. Kemudian darah tersebut dipompakan ke bilik kiri melalui katup mitral.

Bilik kiri

Bilik kiri berfungsi untuk memompa darah yang kaya akan oksigen ke seluruh tubuh

Letak bilik kiri jantung berada di bawah serambi kiri dan dipisahkan dengan katup mitral. Bilik kiri merupakan bagian jantung yang paling tebal dan memiliki tugas memompa darah bersih ke seluruh tubuh. Pada kondisi tekanan darah tinggi, otot bilik kiri dapat membesar dan mengeras.

Baca Juga: Inilah Jawaban Soal Bentuk Tabel 5 Gerak Dasar Lokomotor dan 5 Gerak Dasar Non Lokomotor

Katup Jantung

Pada prosen mengalirnya darahdari satu bagian ke bagaian yang lain, ada katup-katup yang mampu membuka dan menutup. Semua katup tersebut bertugas menjaga darah mengalir ke arah yang benar. Terdapat empat katup pada jantung yaitu:

Katup mitral, berada di antara serambi kiri dan bilik kiri. Katup mitral normalnya mempunyai dua daun katup, maka disebut juga katup bikuspid.

Katup aorta, berada di antara bilik kiri dan aorta atau batang nadi.

Baca Juga: Apa Itu Komponen-komponen Peta? Yuk Kita Simak Penjelasan Lengkapnya

Katup trikuspid, berada di antara serambi kanan dan bilik kanan, dan mempunyai tiga daun katup.

Katup pulmonalis, berada di antara bilik kanan dan arteri pulmonalis

Cara kerja jantung

Tugas utama jantung adalah memompa dan menyuplai darah ke seluruh tubuh. Proses ini tidaklah sederhana, berikut penjelasannya dalam bentuk gambar:

Ketika jantung berdenyut, ruang jantung mengendur dan terisi oleh darah (disebut diastol). Kemudian jantung berkontraksi dan memompa darah keluar dari ruang jantung (disebut sistol). Kedua serambi dan bilik mengendur serta berkontraksi secara bersamaan. Darah kotor dari tubuh mengalir melalui dua vena besar menuju ke dalam atrium kanan.

Baca Juga: Ringkasan Cerita Sukses Jadi Pengusaha Tempe, Jawaban Soal Belajar dari Rumah Kelas 4-6 SD Rabu 16 September 2020

Atrium kanan mendorong darah ke dalam ventrikel kanan melalui katup trikuspidalis.

Darah dari ventrikel kanan dipompa melalui katup pulmoner ke dalam arteri pulmonalis ke paru-paru.

Darah mengalir melalui pembuluh kapiler yang mengelilingi kantong udara di paru-paru, menyerap oksigen, melepaskan karbon dioksida dan kemudian dialirkan kembali ke jantung.

Baca Juga: Contoh-contoh Gerak Lokomotor dan Non Lokomotor serta Manipulatif dalam Permainan Bola Basket

Darah yang kaya akan oksigen mengalir dalam vena pulmonalis menuju ke atrium sinistra.

Darah dalam atrium sinistra didorong ke ventrikel sinistra melewati katup mitral, lalu memompa darah bersih melewati katup aorta masuk ke dalam arteri terbesar dalam tubuh.

Darah yang kaya akan oksigen inilah yang disirkulasikan ke seluruh tubuh, kecuali paru-paru. dan sebagainya.

Baca Juga: Inilah Manfaat Gerakan Lokomotor dan Non Lokomotor Bagi Tubuh Kita serta Manipulatif dalam Olahraga Bulu Tangkis

Penyakit pada jantung

Penyakit jantung adalah sebuah kondisi khusus yang menyebabkan Jantung tidak mampu melaksanakan tugas dengan baik. Hal ini meliputi:

Otot jantung yang lemah.

Ini merupakan kelainan bawaan sejak lahir. Penderita otot jantung lemah tidak akan mampu melakukan aktivitas secara berlebihan, karena jika dia memaksakan kerja jantung secara berlebihan bisa menimbulkan rasa sakit di bagian dada, dan seringkali mampu menyebabkan tubuh menjadi tampak kebiru-biruan.

Penderita otot jantung lemah mudah sekali pingsan.

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 SD Tema 1 Subtema 3, Ayo Selamatkan Hewan dan Tumbuhan Halaman 141-145

Adanya celah antara serambi kanan dan serambi kiri, disebabkan tidak sempurnanya pembentukan lapisan yang memisahkan antara kedua serambi ketika penderita masih dalam kandungan.

Hal ini menjadi sebab darah bersih dan darah kotor tercampur.

Penyakit ini juga membuat penderita tak mampu melakukan aktivitas yang berat, aktivitas yang berat hampir bisa dipastikan membuat tubuh penderita menjadi biru dan sesak napas, walaupun tidak menyebabkan rasa sakit di dada.

Ada pula variasi dari penyakit ini, yakni penderitanya benar-benar hanya mempunyai satu buah serambi.

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Soal Tema 2 Kelas 6 Halaman 18 21 24 25 Buku Tematik Subtema 1 Rukun dalam Perbedaan

Serangan jantung

Serangan jantung adalah sebuah kondisi yang menyebabkan jantung sama sekali tidak bisa berfungsi.

Kondisi ini biasanya terjadinya mendadak, dan sering disebut dengan gagal jantung.

Penyebab dari gagal jantung bervariasi, tapi penyebab utama biasanya adalah terhambatnya suplai darah ke otot-otot jantung, sebab pembuluh-pembuluh darah yang biasanya mengalirkan darah ke otot-otot jantung tersebut tersumbat atau mengeras karena adanya lemak, kolesterol, atau zat-zat kimia seperti penggunaan obat yang berlebihan yang mengandungPhenol Propano Alanin(ppa) yang banyak dijumpai dalam obat-obat seperti decolgen, dan nikotin.

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 SD Tema 3 Subtema 2 Penemuan Komputer Halaman 99-100

Akhir-akhir ini gagal jantung mendadak juga sering ditemukan ketika seseorang sedang beraktivitas, seperti yang menyerang beberapa atlet sepak bola ternama di dunia di tengah lapangan sepak bola.

Biasanya hal tersebut disebabkan oleh pemaksaan aktivitas jantung yang melebihi ambang batas dari suplai darah ke jantung, karena telah terjadi penyempitan arteri akibat plak dan penyakit ini disebut dengan iskemia koroner.

Demikian pembahasan gambar jantung beserta penjelasan fungsi, cara kerja, dan penyakit jantung, semoga bermanfaat.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma