Begini Contoh-contoh Gerakan Lokomotor, Non Lokomotor dan Manipulatif dalam Olahraga Bola Basket

Jumat, 02 Oktober 2020 | 05:15
instagram.com/hangtuah.basketball

Ilustrasi - Pemain Amartha Hangtuah, Abraham Wenas, kala melakukan tembakan bebas dalam laga semifinal Piala Presiden Bola Basket 2019 di GOR Sritex Arena, Solo, Sabtu (23/11/2019)

Fotokita.net - Begini contoh-contoh gerakan lokomotor, non lokomotor dan manipulatif dalam olahraga bola basket.

Dalam permainan bola basket, seorang pemain harus menguasai beberapa gerakan dasar, baik itu gerak lokomotor, nonlokomotor maupun manipulatif. Nah pada kesempatan kali ini, akan dijelaskan pengertian dan bentuk gerak dasar lokomotor!

Pada permainan bola basket, terdapat gerak lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif.

Baca Juga: Contoh-contoh Gerak Lokomotor dan Non Lokomotor serta Manipulatif dalam Olahraga Bulu Tangkis

Gerak lokomotor dalam permainan bola basket meliputi kegiatan berjalan dan berlari.

Gerak nonlokomotor dalam permainan bola basket, misalnya menekuk lutut sebelum mengoper bola dan menekuk siku sebelum menangkap bola.

Gerak manipulatif dalam permainan bola basket, misalnya menangkap bola, memantulkan bola, dan mengoper bola.

Baca Juga: Contoh-contoh Gerak Lokomotor dan Non Lokomotor serta Manipulatif dalam Permainan Kasti

Apa sajakah variasi gerak dasar lokomotor pada permainan bola basket? Ingatlah kembali tayangan video pertandingan bola basket yang sudah kamu tonton. Bentuk variasi gerakan dasar lokomotor permainan bola basketsebagai berikut:

  1. Berjalan dan Berlari
Saat bermain bola basket, kamu harus berjalan dan berlari. Kamu dapat berjalan dan berlari maju dan mundur atau menyamping. Gerakan ini dapat meningkatkan kelincahan dan ketangkasan saat berjalan dan berlari.

Baca Juga: Inilah Contoh-contoh Gerakan Lokomotor, Non Lokomotor dan Manipulatif dalam Permainan Bulu Tangkis

dok.

Contoh gerakan lokomotor dalam bola basket

Amatilah gerak berjalan dan berlari seperti gambar diatas. Peragakan variasi gerak dasar tersebut bersama temanmu. Jika masih kesulitan, mintalah bimbingan kepada gurumu secara santun.

  1. Berlari dan Melompat
Bagaimana cara melakukan gerak berlari dan melompat dalam permainan bola basket? Gerakan ini biasanya dilakukan dalam lay up shoot. Kamu dapat melakukannya dari sisi kiri atau kanan ring basket. Awalnya, berlari, kemudian lakukan dua langkah mendekati ring, lalu melompat.

Baca Juga: Contoh-contoh Gerakan Lokomotor dan Non Lokomotor serta Manipulatif dalam Permainan Bola Voli

  1. Berjalan dan Meloncat
Saat bermain bola basket, kamu akan melakukan gerak berjalan dan meloncat. Bagaimana caranya? Diskusikan dengan temanmu, kemudian jelaskan hasil diskusi kepada guru secara santun. Bandingkan hasil pembahasanmu dengan materi berikut.

Caranya, berjalan diikuti gerakan meloncat. Variasi gerak dasar ini sebagai persiapan menembak bola ke ring basket. Posisi akhir, berdiri dan telapak tangan menghadap bawah. Lakukan variasi gerak ini dengan semangat dan percaya diri.

Bersama temanmu, lakukan variasi gerak lokomotor dalam permainan bola basket. Lakukan variasi gerak berikut.

Baca Juga: Inilah Jawaban Soal Bentuk Tabel 5 Gerak Dasar Lokomotor dan 5 Gerak Dasar Non Lokomotor

Berjalan dan berlari tanpa bola.

Berlari dan melompat menuju ring basket .

Berjalan dan meloncat di dekat ring basket.

Lakukan variasi gerak tersebut secara semangat dan percaya diri. Amatilah gerakan temanmu dan bandingkan dengan gerakanmu.

Baca Juga: Contoh-contoh Gerak Lokomotor dan Non Lokomotor serta Manipulatif dalam Permainan Bola Basket

DOK. AMARTHA HANGTUAH
DOK. AMARTHA HANGTUAH

Ilustrasi - Pemain Amartha Hangtuah, Riggs Parieri Ronsumbre, mendribel bola dalam pertandingan melawan Satya Wacana pada babak semifinal Piala Presiden Bola Basket 2019 di GOR Sritex, Solo, 23 November 2019.

Apa sajakah bentuk variasi gerak nonlokomotor pada permainan bola basket? Pada permainan bola basket, ada beberapa variasi gerak nonlokomotor. Mari, ikuti pembelajaran materi berikut dengan sungguh-sungguh.

  1. Menekuk Kaki dan Membungkuk
Gerakan memantulkan bola dapat dilakukan di tempat. Bagaimana bentuk pembelajarannya? Pembelajaran ini dilakukan tanpa bola. Awalnya, posisi dalam sikap berdiri dan kedua kaki dibuka selebar bahu.

Baca Juga: Contoh-contoh Gerakan Lokomotor dan Non Lokomotor serta Manipulatif dalam Olahraga Sepak Bola

Kemudian, menekuk kaki dan badan agak membungkuk. Salah satu lengan (kanan misalnya) melakukan gerakan seolah-olah memantulkan bola. Lengan satunya (kiri) diangkat untuk menjaga keseimbangan tubuh.

  1. Berdiri dan Mengayunkan Lengan
Amatilah gerak berdiri dan mengayunkan lengan seperti Gambar diatas. Praktikkan gerak tersebut bersama temanmu. Diskusikan cara melakukan gerak berdiri dan mengayunkan lengan. Kemudian, jelaskan hasil diskusi kepada guru secara santun. Bandingkan hasil pembahasanmu dengan materi berikut.

Baca Juga: Inilah Manfaat Gerakan Lokomotor dan Non Lokomotor Bagi Tubuh Kita serta Manipulatif dalam Olahraga Bulu Tangkis

dok.

Contoh gerakan non lokomotor dalam bola basket

Posisi awal berdiri, kedua kaki dibuka selebar bahu. Kedua tangan seolah-olah memegang bola di depan dada. Ayunkan lengan dengan mendorong ke depan. Luruskan kedua lengan setinggi dada. Lakukan aktivitas ini bersama temanmu dengan disiplin dan tanggung jawab.

  1. Menarik dan Mengayunkan Lengan
Bagaimana variasi gerak menarik dan mengayunkan lengan? Variasi gerak dasar nonlokomotor ini dilakukan dengan kedua tangan. Posisi awal berdiri, kedua kaki dibuka selebar bahu.

Baca Juga: Arti dan Makna 5 Simbol dari Lambang Pancasila Sebagai Dasar Negara

Kedua tangan diluruskan ke depan. Kemudian, lakukan gerakan mengayunkan lengan ke badan. Tarik lengan mendekat badan dengan menekuk siku. Lakukan gerakan ini dengan disiplin dan tanggung jawab.

Bersama temanmu, lakukan variasi gerak nonlokomotor dalam permainan bola basket. Lakukan gerak berdiri dan mengayunkan lengan. Lakukan pula gerak menarik dan mengayunkan lengan.

Gerak DasarManipulatif dalam Olahraga Bola Basket

Selain itu, olahraga basket juga memiliki gerak manipulatif yang melibatkan obyek, yaitu bola.

Contoh gerak manipulatif dalam bola basket misalnya:

- menggiring dan mengoper bola

- menangkap dan melempar bola

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 SD Tema 3 Subtema 2 Penemuan dan Manfaatnya Pembelajaran 1 Halaman 62-69

Freepik
Designed by brgfx / Freepik

Apa saja gerakan lokomotor, non lokomotor, dan manipulatif dalam olahraga bola basket?

- menggiring dan menembak bola

- mengoper dan menembak bola

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma