Ditetapkan Sebagai Dasar Negara, Inilah Arti dan Makna Penting Lambang Pancasila yang Menjadi Pandangan Hidup Warga Indonesia

Kamis, 24 September 2020 | 06:58
Extramarks

Gapura Replika Garuda Pancasila buatan Extramarks

Fotokita.net - Ditetapkan sebagai dasar negara, inilah arti dan makna penting lambang Pancasila yang menjadi pandangan hidup warga Indonesia.

Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sangat memegang teguh Pancasila sebagai dasar dan pedoman yang kuat untuk mencapai tujuan kenegaraan. Pun demikian bagi masyarakatnya, memaknai Pancasila memiliki arti penting yang sangat luas dalam sendi-sendi kehidupan.

Arti penting Pancasila dalam kehidupan merupakan dasar filsafat atau dasar falsafah negara.

Artinya, Pancasila merupakan suatu dasar nilai, serta norma untuk mengatur pemerintahan sebagai penyelenggara negara.

Maka Pancasila merupakan sumber dari segala sumber hukum, pancasila merupakan sumber kaidah hukum negara yang secara konstitusional mengatur negara Republik Indonesia berserta seluruh unsur-unsurnya yaitu rakyat, wilayah, serta pemerintahan negara.

Baca Juga: Arti dan Makna 5 Simbol dari Lambang Pancasila Sebagai Dasar Negara

Sebagai sumber dari segala sumber hukum atau sebagai sumber tertib hukum Indonesia maka Pancasila tercantum dalam ketentuan tertinggi yaitu Pembukaan Uud 1945, kemudian dijelmakan atau dijabarkan lebih lanjut dalam pokok-pokok pikiran, yang meliputi suasana kebatinan dari UUD 1945, yang pada akhirnya dikongkritisasikan atau di jabarkan dalam pasal-pasal UUD 1945, serta hukum positif lainnya.

Pandangan tersebut melukiskan Pancasila secara integral (utuh dan menyeluruh) sehingga merupakan penopang yang kokoh terhadap negara yang didirikan di atasnya, dipertahankan dan dikembangkan dengan tujuan untuk melindungi dan mengembangkan martabat dan hak-hak azasi semua warga bangsa Indonesia.

Baca Juga: Inilah Manfaat Gerakan Lokomotor dan Non Lokomotor Bagi Tubuh Kita serta Manipulatif dalam Olahraga Bulu Tangkis

Memaknai Pancasila

Besarnya arti penting Pancasila sebagai pondasi negara memberikan makna yang sangat dalam bagi segenap rakyat Indonesia.

Sebagaimana tertuang dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 alinea ke 4 secara jelas mengungkapkan makna Pancasila sebagai dasar negara:

“Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu Pemerintah Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, maka disusunlah Kemerdekaan Kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar Negara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan Negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar kepada Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan beradab, Persatuan Indonesia dan Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, serta dengan mewujudkan suatu Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.”

Itulah alasan mengapa Pancasila harus dipandang sebagai satu kesatuan yang bulat dan utuh ialah karena setiap sila yang terkandung dalam Pancasila tidak dapat diantitesiskan satu sama lain.

Baca Juga: Contoh-contoh Gerakan Lokomotor dan Non Lokomotor serta Manipulatif dalam Olahraga Sepak Bola

Arti Penting Pancasila

Arti penting pancasila sebagai dasar negara adalah Pancasila menjadi pedoman bagi masyarakat Indonesia.

Nilai-nilai dalam pancasila adalah nilai yang mendasar untuk di jadikan pedoman peraturan dan dasar dari norma-norma hukum yang berlaku di Indonesia

Pun demikian dalam pandangan hidup, Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa sudah tertuang di setiap sila pancasila.

Semua sila pancasila memiliki keterkaitan antar sila atau pancasila adalah satu kesatuan yang tidak boleh di pisahkan.

Jika salah satu dari sila tersebut hilang maka pancasila tidak berfungsi.

Baca Juga: Contoh-contoh Gerak Lokomotor dan Non Lokomotor serta Manipulatif dalam Permainan Kasti

Para pendiri negara telah sepakat, dasar negara adalah Pancasila.

Karena pandangan hidup bangsa harus sesuai ciri khas bangsa Indonesia dan diambil dari kepribadian tertinggi bangsa.

Pancasila dijadikan dasar untuk mencapai tujuan negara sebagaimana tercantum dalam Pembukaan Undang-undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945 (UUD 1945).

Baca Juga: Jadi Dasar Negara Indonesia, Inilah Arti dan Makna 5 Lambang Pancasila yang Wajib Kita Ketahui

Dikutip dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, bagi bangsa Indonesia, Pancasila dijadikan sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa untuk mengatur penyelenggaraan negara.

Tahukah kamu apa maksudnya?

Baca Juga: Digodok Sembilan Tokoh Bangsa Hingga Pidato Soekarno, Begini Sejarah Kelahiran Pancasila dan Makna Sila di Dalamnya

Wikimedia Commons
Gunawan Kartapranata/Wikimedia Commons

Lima sila dalam Pancasila dilambangkan dengan benda yang berbeda

Pancasila sebagai dasar negara

Pancasila sebagai dasar negara, berarti Pancasila dijadikan pedoman dalam bertingkah laku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Pembukaan UUD 1945 alinea ke-4 menegaskan, bangsa Indonesia memiliki dasar dan pedoman dalam berbangsa dan bernegara yaitu Pancasila.

Pancasila sebagai dasar negara mendasari pasal-pasal dalam UUD 1945.

Serta menjadi cita-cita hukum yang dituangkan dalam peraturan perundang-undangan.

Baca Juga: Jawaban Organ Gerak Pada Hewan dan Manusia Belajar dari Rumah SD Kelas 4-6 Selasa 21 Juli 2020, Inilah Contoh Hewan Vertebrata dan Invertebrata

Pancasila sebagai pandangan hidup

Pancasila dianggap memiliki nilai-nilai kehidupan paling baik.

Pancasila dijadikan dasar dan motivasi dalam sikap, tingkah laku dan perbuatan dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Baca Juga: Sebutkan 5 Contoh Hewan Vertebrata dan Invertebrata, Jawaban Soal Organ Gerak Pada Hewan dan Manusia untuk SD Kelas 4-6

KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO
KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO

Arti dan Makna 5 Lambang Pancasila yang Wajib Diketahui Masyarakat Indonesia

Semua sila dari Pancasila tidak dapat dilaksanakan secara terpisah-pisah karena Pancasila merupakan satu kesatuan yang utuh dan saling berkaitan.

Sila Ketuhanan Yang Maha Esa adalah sila pertama dan utama yang mendasari keempat sila lainnya.

Dalam Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara (2012) karya Jimly Asshiddiqie, dorongan keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa menentukan kualitas dan derajat kemanusiaan seseorang di antara sesama manusia.

Sehingga perikehidupan bermasyarakat dan bernegara dapat tumbuh sehat dalam struktur kehidupan yang adil.

Baca Juga: Contoh-contoh Gerakan Lokomotor dan Non Lokomotor serta Manipulatif dalam Olahraga Sepak Bola

Dengan demikian, kualitas peradaban bangsa dapat berkembang secara terhormat di antara bangsa-bangsa.

Semangat Pancasila sila pertama hendaknya meyakinkan bangsa Indonesia bersatu-padu di bawah nilai Ketuhanan Yang Maha Esa.

Perbedaan-perbedaan di antara sesama warga negara Indonesia tidak perlu diseragamkan.

Melainkan dihayati sebagai kekayaan bersama yang wajib disyukuri. Keragaman di nusantara harus dipersatukan dalam wadah negara Indonesia yang berdasarkan Pancasila.

Maka dalam kerangka kewarganegaraan, tidak perlu dipersoalkan mengenai etnis, agama, warna kulit bahkan status sosial seseorang.

Semua orang memiliki kedudukan yang sama sebagai warga negara. Setiap warga negara adalah rakyat.

Rakyat itulah yang berdaulat dalam negara Indonesia.

Baca Juga: Inilah Manfaat Gerakan Lokomotor dan Non Lokomotor Bagi Tubuh Kita serta Manipulatif dalam Olahraga Bulu Tangkis

Arti penting pancasila sebagai dasar negara adalah Pancasila menjadi pedoman bagi masyarakat Indonesia.

Nilai-nilai dalam pancasila adalah nilai yang mendasar untuk di jadikan pedoman peraturan dan dasar dari norma-norma hukum yang berlaku di Indonesia.

Shutterstock

Ilustrasi pancasila

Pun demikian dalam pandangan hidup, Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa sudah tertuang di setiap sila pancasila.

Semua sila pancasila memiliki keterkaitan antar sila atau pancasila adalah satu kesatuan yang tidak boleh di pisahkan.

Jika salah satu dari sila tersebut hilang maka pancasila tidak berfungsi.

Baca Juga: Makna 5 Lambang dalam Pancasila, Inilah Arti Pohon Beringin yang Menjadi Dasar Sila Ketiga: Persatuan Indonesia

Apa itu Makna Pancasila?

Makna pancasila merupakan esensi nilai-nilai pancasila yang berfungsi sebagai inspirasi, pedoman dan panduan tingkah laku segenap masyarakat Indonesia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Di sini kita bisa pahami bahwa makna pancasila meliputi arti nilai yang menjadi pedoman hidup dan kehidupan, khususnya kehidupan berbangsa dan bernegara.

Pemaparan singkat di atas sudah menjelaskan bahwa pancasila bukan sekadar simbol dan lambang.

creative commons/Badjra bagaskara

Lambang kepala banteng dijadikan sebagai dasar pada sila ke empat Pancasila berbunyi Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmah Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan.

Pancasila adalah nilai, lebih dari itu, esensi nilai yang memiliki makna. Sebagai sebuah entitas yang menjadi dasar negara, pancasila berperan penting bagi bangsa Indonesia. Peranannya tak sekadar simbolik, melainkan esensial.

Makna Sila Pertama ‘Ketuhanan Yang Maha Esa’

1. Pengakuan eksistensi Tuhan Yang Maha Esa

2. Negara mengakui keberadaan agama yang berketuhanan dan membebaskan penduduk untuk memilih agamanya.

3. Negara menjamin penduduk untuk beribadah sesuai agamanya masing-masing.

4. Kehidupan sosial berlangsung dengan terjaganya kehidupan beragama.

5. Toleransi antara pemeluk agama terjaga

6. Negara hadir ketika timbul konflik antar agama.

Baca Juga: Digodok Sembilan Tokoh Bangsa Hingga Pidato Soekarno, Begini Sejarah Kelahiran Pancasila dan Makna Sila di Dalamnya

Makna Sila Kedua ‘Kemanusiaan yang Adil dan Beradab’

1. Setiap manusia Indonesia mengakui dan menghormati adanya martabat manusia lain.

2. Memanusiakan manusia dan melihat manusia lain sebagai makhluk Tuhan.

3. Menjunjung tinggi prinsip keadilan dalam berhubungan dengan manusia lain.

4. Menerapkan perilaku yang beradab.

5. Menjaga adab dan sopan santun dalam berhubungan sosial.

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 SD Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 6 Perayaan Cap Go Meh Halaman 79-82

Makna Sila Ketiga ‘Persatuan Indonesia’

1. Setiap manusia indonesia cinta tanah airnya.

2. Memiliki jiwa nasionalisme dan patriotisme.

3. Bersikap dan bertindak dengan tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

4. Antirasis dan antidiskriminasi.

5. Menjunjung tinggi rasa persaudaraan se-tanah air.

6. Kemanapun kaki melangkah, dimanapun tubuh berada, jiwanya tetap merah-putih.

Baca Juga: Pertanyaan Tentang Burung Cendrawasih, Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 SD Tema 3 Subtema 2 Halaman 47-53

Makna Sila Keempat ‘Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan’

1. Bersikap pro-dialog, pro-musyawarah, pro-demokrasi.

2. Antikekerasan dalam menyelesaikan masalah atau konflik.

3. Mengambil keputusan dengan musaywarah mufakat.

4. Selalu mengambil kebijaksanaan di atas persengketaan atau perbedaan pendapat.

5. Musyawarah dilandasi dengan kejujuran bersama.

Makna Sila Kelima ‘Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia’

1. Pemerataan kemakmuran bagi seluruh rakyat Indonesia.

2. Kebijakan berorientasi pada pengurangan kesenjangan masyarakat.

3. Redistribusi kekayaan secara adil kepada masyarakat banyak.

4. Negara berpihak pada mayoritas rakyat jelata yang lemah.

5. Negara melindungi setiap warga negara untuk mendapat penghidupan yang layak.

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 SD Tema 3 Makanan Sehat Subtema 2 Pembelajaran 5 Halaman 74 75 76

Dari kelima makna pancasila yang dipaparkan di atas, kita bisa melihat kekuatan positif yang ditopang oleh pancasila sebagai landasan hidup kita dalam konteks berbangsa dan bernegara.

Makna yang sudah dipaparkan pancasila tersebut menunjukkan peran penting pancasila bagi kehidupan sosial masyarakat Indonesia.

Sampai di sini, kita sudah memahami peran penting makna pancasila sebagai dasar negara.

Apakah kehidupan sosial yang terjadi senyatanya mencerminkan makna pancasila sebagaimana disampaikan di atas selalu jadi perdebatan.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma