Namanya Muncul dalam Foto Surat Rekomendasi yang Bocor, Inilah Sosok Cucu Soekarno Disebut Jadi Andalan PDIP di Pilkada Surabaya 2020

Rabu, 02 September 2020 | 11:06
Instagram

Puti Guntur Soekarno

Fotokita.net - Puti Guntur Soekarno,menjadi sorotan setelah tersebar kabar namanya mendapat rekomendasi sebagai calon wali kota Surabaya.

Seperti yang diberitakan, beredear foto surat di WhatsApp Senin (31/8/2020) sore bahwa nama Puti Guntur Soekarno direkomendasikanKetua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputi maju Pilkada Surabaya.

Padahal, PDIP akan menggelar pengumuman resmi untuk calon wali dan wakil wali kota Surabaya di Pilkada SurabayapadaRabu(2/9/2020).

Diberitakan Kompas.com, beredar gambar surat rekomendasi PDI-P kepada keponakan Ketum PDI-P Megawai Soekarnoputri, Puti Guntur Soekarno menjelang keputusan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengenai rekomendassi dalam Pilkada Kota Surabaya,

Dalam Foto surat tersebut disebutkan PDIP merekomendasikan, Puti Guntur Soekarnountuk maju menjadi bakal calon wali kota Surabaya pada Pilkada Surabaya2020.

Foto surat itu beredar di grup-grup WhatsApp, Senin (31/8/2020) sore.

Baca Juga: Jangan Dulu Gembira, Ternyata Tak Semua Pelanggan PLN Bisa Nikmati Tarif Listrik Turun, Berikut Daftarnya

Surat berkop resmi PDI-P model B.1-KWK itu ditandatangani oleh Megawati dan Sekjen PDI-P Hasto Kristiyanto, lengkap dengan materai dan stampel logo banteng berwarna merah tertanggal 31 Agustus 2020.

Selain Puti, di surat tersebut juga berisi rekomendasi untuk Lilik Arijanto maju sebagai sebagai bakal calon wakil wali kota Surabaya.

Lilik merupakan salah satu pejabat di Pemkot Surabaya.

Baca Juga: Banpres Rp 2,4 Juta Bisa Ditarik Pemerintah, Jokowi Malah Sebut Kalau UMKM Merasa Kurang Bisa Minta Tambah, Begini Caranya

Sekretaris DPD PDI-P Jawa Timur, Sri Untari Bisowarno saat dikonfirmasi memastikan bahwa surat yang beredar adalah palsu.

"PDI-P adalah partai yang tertib, tidak mungkin surat penting sampai beredar luas seperti itu. Surat palsu itu," kata Sri saat dikonfirmasi, Selasa (1/9/2020) pagi.

Surat rekomendasi untuk pasangan yang diusung PDI-P, kata Sri, akan diumumkan langsung oleh DPP PDI-P.

Namun dia mengaku tidak tahu kapan DPP memilih waktu untuk mengumumkannya. Dihubungi terpisah, Ketua DPC PDI-P Adi Sutarwijono enggan berkomentar banyak soal beredarnya foto surat tersebut.

"Yang pasti kami saat ini menunggu pengumuman resmi dari DPP PDI-P," ujarnya.

Ketua DPP PDI-P Bidang Ideologi dan Kaderisasi Djarot Saiful Hidayat sebelumnya pernah menjelaskan bahwa pengumuman rekomendasi untuk Pilkada Kota Surabaya dan beberapa daerah lainnya akan dilakukan sebelum 4 September atau sebelum KPU membuka pendaftaran.

Baca Juga: Ditanya Fotografer Kondang Bayaran Youtube RANS Entertainment Sebulan, Respon Berbeda Raffi Ahmad dan Nagita Slavina Jadi Sorotan: Waduh

Ada 19 nama yang mendaftar ke PDI-P Jawa Timur sebagai bakal calon wali kota dan wakil wali kota Surabaya.

Ke-19 nama pendaftar tersebut yakni, Dyah Katarina (anggota DPRD Surabaya), Armuji (anggota DPRD Jatim), Anugerah Ariyadi (mantan anggota DPRD Surabaya), Mega Djadja Agustjandra (pengusaha), Sutjipto Joe Angga (pengusaha), dan Chrisman Hadi (seniman).

(KOMPAS.com/ABBA GABRILLIN)
(KOMPAS.com/ABBA GABRILLIN)

Fuad Bernardi dan Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristianto di Jalan Teuku Umar, Jakarta, Sabtu (14/10/2017).

Selanjutnya, Sri Setyo Pertiwi (pengusaha), Laksda TNI (Purn) Untung Suropati, Fandi Utomo (mantan anggota DPR RI), Warsito (mantan anggota DPRD Surabaya), Gunawan (pengusaha), Dwi Astutik (Muslimat NU), Haries Purwoko (pengusaha), dan Lia Istifhama (fatayat NU).

Ada juga nama Achmad Wahyuddin (pengusaha), Whisnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Ony Setiawan (aktivis), Edy Tarmidy (politisi PDI-P), dan Ahmad Nawardi (anggota DPD).

Sementara itu, delapan partai, yakni PKS, PKB, PPP, Partai Nasdem, Partai Golkar, Partai Demokrat, PAN, dan Partai Gerindra sudah memastikan mendukung mantan Kapolda Jatim Machfud Arifin di Pilkada Surabaya 3020.

Baca Juga: Jejaknya Dirahasiakan Selama Puluhan Tahun, Berikut Kisah Pasukan Hantu Amerika yang Sukses Kelabui Militer Nazi dengan Cara Tak Terduga Ini

Pengumuman DPP PDIP

DPP PDI Perjuangan (PDIP) akan mengumumkan nama bakal calon wali kota dan wakil wali kota yang akan diusung dalam Pilkada Surabaya2020, Rabu (2/9/2020).

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, puncak pengumuman tersebut akan dilakukan dalam rapat DPP PDI Perjuangan yang digelar secara daring.

"Puncak pengumuman calon akan dilakukan dalam Rapat DPP PDI Perjuangan yang dinyatakan terbuka untuk umum, dan dilakukan secara daring pada tanggal 2 September 2020 pada pukul 14:00 WIB," kata Hasto melalui keterangannya, Selasa (1/9/2020).

PDI Perjuangan, kata Hasto, menempatkan Kota Surabaya sebagai panggung politik utama setelah Jakarta.

Alasannya, Surabaya bukan saja menjadi kota terbesar kedua Indonesia, melainkan juga telah menjadi best practices kota sederet prestasi.

“Surabaya sangat layak ditempatkan sebagai puncak pengumuman calon kepala daerah dan wakil kepala daerah PDI Perjuangan. Di kota inilah semangat nasionalisme dan patriotisme tumbuh subur. Di kota inilah semangat hubbul wathon minal iman berkumandang menghalau bala tentara Sekutu," ujar Hasto.

Atas dasar semangat perjuangan itu, PDI Perjuangan meyakini masyarakat Surabaya memiliki kesadaran dan semangat juang untuk menjaga Surabaya agar tidak jatuh ke tangan yang salah.

Yakni mereka yang ingin merombak tata keindahan kota, hanya karena daya gerak kekuatan modal.

"Bagaikan Pasukan Sekutu yang mencoba merampas kedaulatan NKRI dengan NICA dibelakangnya, kini pun ada kekuatan tersembunyi yang mencoba hadir dengan ‘meriam kapitalnya’ untuk merebut Surabaya. Pertimbangan mereka murni kekuasaan dan kapital," ucap Hasto.

Baca Juga: Bantuan Rp 600 Ribu Tahap 2 Cair, Inilah Jadwal Transfer Buat Karyawan Pakai Bank Swasta BCA Hingga CIMB Niaga

Bagi PDI Perjuangan, lanjut Hasto, kekuasaan itu membangun peradaban. Terlebih untuk Kota Surabaya yang telah hadir sebagai laboratorium politik dimana Pancasila begitu membumi.

Hasto mengatakan, kepemimpinan Tri Rismaharini bersama seluruh jajaran birokrasi dirasakan betul kehadirannya oleh masyarakat Surabaya. Kesemuanya membentuk modal sosial sebagai benteng pertahanan rakyat agar Surabaya tidak jatuh ke tangan yang salah.

Lalu siapakah sosok Puti Guntur Soekarnoputri?

Profil Puti Guntur Soekarno

Mengutip dariTribunnewsWiki.com, Puti Guntur Soekarnolahir di Jakarta, pada 26 Juni 1971.

Sebenarnya, ia memiliki nama lengkap Puti Pramathana Puspa Seruni Paundrianagari Guntur Soekarno Putri.

Sesuai nama belakangnya,Puti Guntur Soekarnomerupakan cucu dari Presiden Pertama Indonesia, Soekarno.

Puti Guntur Soekarno merupakan anak dari putra pertama Presiden Soekarno, Guntur Soekarnoputra dengan Henny Emilia Hendayani.

Baca Juga: Adly Fairuz Ngaku-ngaku Cucu Ma'ruf Amin Buat Ikut Pilkada Karawang, Ternyata Sosok Ini Bongkar Hubungan Sebenarnya Sang Aktor dengan Wapres

KiniPuti Guntur Soekarnoaktif sebagai seorang politisi.

Ia merupakan anggota DPR RI periode 2009-2014 dan 2014-2019.

Puti Guntur Soekarnokembali terpilih untuk menjadi anggota dewan hingga 2024.

Puti Guntur Soekarno menikah dengan Johansyah Jaya Kameron atau Joy Kameron.

Instagram.com/puti_soekarno

Puti Guntur Soekarno dan Syandria Kameron

Dari pernikahan tersebut, ia dikaruniai anak yang bernama Rakyan Ratri Syandriasari Kameron dan Rakyan Danu Syahandra Kameron.

Pendidikan

Puti Guntur Soekarno mengawli pendidikannya di SD Perguruan Cikini.

Setelah menamatkan pendidikan tersebut, ia melanjutkan ke SMP Perguruan Cikini.

SelanjutnyaPuti Guntur Soekarnomenempuh pendidikan di SMAN Budi Utomo.

Tak berhenti di pendidikan menengah,Puti Guntur Soekarnomemasuki pendidikan tinggi.

Baca Juga: Putuskan Jadi Transgender, Oscar Lawalata Punya Nama Baru Asha Smara Darra, Inilah Artinya

Ia memutuskan untuk kuliah di Administrasi Negara, FISIP Universitas Indonesia.

Puti Guntur Soekarno diundang rutin sebagai dosen tamu di Universitas Kokushikan, Setagaya, Tokyo.

Di sana ia memberikan kuliah tentang Soekarno.

Selain itu,Puti Guntur Soekarnojuga didaulat sebagai profesor tamu di Soekarno Research Centre kampus tersebut.

Perjalanan Karier

Puti Guntur Soekarno terjun ke dunia politik dengan masuk Partai PDI Perjuangan, yang diketuai oleh Megawati Soekarnoputri.

Ia mengikuti Pemilu 2019 dengan mencalonkan diri sebagai anggota DPRI RI.

Dan benar saja, ia sukses terpilih mewakili Daerah Pemilihan Jawa Barat X, meliputi Ciamis, Kuningan, dan Kota Banjar.

Baca Juga: Siap-siap Ongkos Jalan Tambah Mahal, Pertamina Segera Hapus Premium dan Pertalite, Inilah Penyebabnya

Kala ituPuti Guntur Soekarnomasih berusia 38 tahun.

Puti Guntur Soekarno mengemban tugas di Komisi X DPR RI yang membidangi pendidikan dan kebudayaan, serta pemuda dan olah raga, pariwisata, ekonomi kreatif serta perpustakaan.

Ia kembali tepilih untuk duduk di kursi DPR RI pada Pemilu 2014.

Pilkada Jawa Timur

Puti Guntur Soekarno memutuskan untuk maju dalam Pilkada Jawa Timur 2018.

Ia maju sebagai Calon Wakil Gubernur Jawa Timur, mendampingi Saifullah Yusuf atau yang akrab disapa Gus Ipul.

Namun pasangan tersebut gagal terpilih sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur.

Gus Ipul-Puti meraih 46,45% suara.

Sementara itu, pasangan terpilih Khofifah Indar Parawansa - Emil Dardak berhasil meraih 53,55% suara.

Gagal di Pilkada Jatim,Puti Guntur Soekarnokembali maju sebagai calon anggota legislatif dari Partai PDI Perjuangan.

Namun, pencalonan tersebut berbeda dari sebelumnya.

Puti Guntur Soekarno tidak maju mewakili Daerah Pemilihan Jawa Barat lagi, melainkan Dapil Jawa Timur 1 meliputi Kota Surabaya dan Kabupaten Sidoarjo.

Baca Juga: Mengaku Ditipu Ratusan Juta, Inilah Sosok Ummi Afif yang Bongkar Ayah Atta Halilintar Punya 3 Istri

Puti Guntur Soekarno berhasil melenggang kembali ke Senayan setelah mengantongi 139.794 suara.

Riwayat Jabatan

Anggota DPR RI Terpilih 2019-2024 Anggota DPR RI 2014-2019 Wakil Ketua Yayasan Fatmawati Ketua Yayasan Wildan Anggota DPR RI FPDIP Komisi X (2009-2014) Anggota Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Ketua Panitia Pelaksana mengenang 85 Thn Ibu Fatmawati Juru bicara kampanye Pilpres 2009 tim Mega-Prabowo wilayah Jawa Barat dan Bengkulu

Sementara dikutip dari Grid.ID, Puti memiliki fakta lain dari kehidupannya, antara lain:

Punya darah seni

Sejak SMP,Puti Guntur Soekarnoaktif mengikuti kegiatan kesenian dan budaya termasuk mementaskan tari-tarian.

Ia juga seringkali mengiringi paduan suara di SMA 1 Budi Utomo Jakarta dengan memainkan piano.

Melukis juga merupakan kegiatan yang disukainya.

Baca Juga: Geger KTP WNI Tertangkap Kamera di Markas ISIS Yaman, Inilah Fakta Alamat Rumahnya di Mojokerto

Sejak SMP, Puti Guntur Soekarnoaktif mengikuti kegiatan kesenian dan budaya termasuk mementaskan tari-tarian.

Masa kecil dekat dengan neneknya

Masa kecil Puti Guntur Soekarnocukup dekat dengan Fatmawati Soekarno yang selalu mengajarinya mengaji dan agar jangan meninggalkan sholat fardhu sebagai seorang muslimah.

Dari sang nenek, Puti Guntur Soekarnodiajarkan hidup sederhana dan pintar mensyukuri nikmat agar hidup senantiasa bahagia.

Neneknya berangkat dari keluarga besar Muhammadiyah di Bengkulu, bahkan konon diberikan kehormatan sebagai Anggota Kehormatan KOHATI (Korps HMI-Wati seumur hidup).

Baca Juga: Bercucuran Air Mata di Depan Kamera, Inilah Deretan Bisnis Umi Pipik Hingga Sanggup Hidupi Ke-4 Anaknya Tanpa Bantuan Orang Lain

Anggota Komisi X DPR RI

Puti Guntur Soekarno saat ini sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia dari Daerah Pemilihan Jawa Barat X yang meliputi (Kabupaten Kuningan, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Pangandaran dan Kota Banjar) dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.

(Tribunnews.com/ Chrysnha,Chaerul Umam)(Kompas.com/Achmad Faizal)(TribunnewsWiki.com/Ahmad Nur Rosikin)(Grid.ID/Alfa Pratama)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma