Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 SD Tema 2 Halaman 42-48 Subtema 1, Sumber Energi

Senin, 24 Agustus 2020 | 06:30
Sonora/Gerard Mampuk

Siswa SD Kotamobagu Kesulitan Belajar Karena Tak Punya Gawai

Fotokita.net - Inilahkunci jawaban BukuTematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 untuk kelas 4 SD Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 6.

Buku Tematik Terpadu kelas 4 Tema 2 ini berkaitan tentang Selalu Berhemat Energi.

Sementara Subtema 1 berkaitan dengan materi Sumber Energi.

Dalam artikel, terdapat kunci jawaban halaman 42, 43, 44, 45, 47, dan 48 untuk Pembelajaran 6.

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 SD Tema 1 Halaman 17-32 Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku

Pembahasan Buku Tematik Tema 2 Kelas 4 ini hanya sebagai panduan bagi orang tua dalam membimbing anak belajar.

Inilah Kunci JawabanBukuTematikTema 2 Kelas 4Subtema1 Pembelajaran 6Halaman 42, 43, 44, 45, 47, dan 48:

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 2 Kelas 4 SD/MI Halaman 51-57 Subtema 2 Pembelajaran 1, Sumber Energi

Kunci JawabanBukuTematikHalaman 42

  1. Apa yang diceritakan gambar di atas?
Jawab:

Gambar tersebut menunjukan aktivitas yang dilakukan manusia sehari-hari, di mana ada seorang perempuan menjemur pakaian.

Kemudian, seorang pria berolahraga di alam terbuka.

  1. Sebutkan gambar-gambar yang mendukung alasanmu terkait penggunaan sumber energi minyak bumi?
Jawab:

Manfaat bahan bakar minyak dalam kehidupan sehari-hari, di antaranya ibu rumah tangga yang menjemur pakaian.

Ia menggunakan mesin cuci listrik untuk mencuci.

Sementara Pembangkit listrik membutuhkan minyak bumi

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 6 Subtema 1 Pembelajaran 2 Buku Tematik Halaman 9-16, Rukun dalam Perbedaan

(KOMPAS.com/Sakina Rakhma Diah S)
(KOMPAS.com/Sakina Rakhma Diah S)

ilustrasi pembangkit listrik

Kunci JawabanBukuTematikHalaman 43

Buatlah tulisan dengan menggunakan jawaban-jawaban di atas.

Jawab:

Minyak bumi merupakan istilah yang meluas dalam kehidupan sehari-hari.

Sebelumnya, orang menggunakan istilah minyak tanah atau minyak yang dihasilkan dari dalam tanah Namun, istilah yang dipakai sekarang adalah miyak bumi.

Sementara kata ‘minyak tanah’ lazim digunakan untuk menyebut bahan bakar kompor minyak atau bahasa Inggrisnya kerosene.

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 SD Halaman 83 85 86 87 88 89 Buku Tematik Subtema 2 Sumber Energi

Secara harfiah, minyak bumi berarti minyak di dalam perut bumi.

Istilah minyak bumi lebih tepat karena minyak ini terdapat di dalam perut bumi bukan di dalam tanah.

Sekarang buatlah gambar yang menceritakan ajakan untuk menghemat penggunaan bahan bakar minyak.

Tukarkan gambar yang kamu buat dengan teman yang duduk di sebelah. Mintalah teman menceritakan tentang isi gambar yang kamu buat.

Yunaidi Joepoet

Seorang pekerja melakukan pengecekan pompa angguk yang digunakan untuk mengeksploitasi minyak bumi d

Kunci JawabanBukuTematikHalaman 44-45

Jawablah pertanyaan di bawah ini berdasarkan bacaan di atas.

  1. Kita sebagai warga negara mempunyak hak untuk memanfaatkan minyak bumi dalam mendukung kegiatan sehari-hari. Apa maksud dari pernyataan tersebut? Berikan beberapa contoh.
Jawab:

Kita memang memiliki hak itu, tetapi sebagai manusia harus dapat mengolahnya dengan baik.

Dikarenakan, apabila minyak tersebut, digunakan secara berlebihan maka lama kelamaan akan habis.

  1. Apa yang terjadi jika warga negara tidak mendapatkan haknya?
Jawab:

Ketimpangan hak dan kewajiban yang terjadi akan menimbulkan gejolak dalam kehidupan masyarakat.

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 2 Kelas 4 SD Halaman 2 3 4 5 6 7 8: Subtema 1 Pembelajaran 1, Selalu Berhemat Energi

Smart Banjarmasin/Jumahudin

Seorang siswa belajar daring menggunakan fasilitas WIFI Mesjid Al Muhajirin

Gejolak tersebut, merupakan bentuk ketidakpuasan atas tidak berjalannya hak dan kewajiban secara seimbang.

Nah, untuk menghindari adanya gejolak pada masyarakat mengenai ketimpangan akan hak dan kewajiban tersebut, maka diperlukan kesadaran secara mendasar.

Setiap ndividu harus menyadari akan kewajiban yang dipenuhi guna mendapatkan hak yang pantas dan sesuai.

  1. Kita sebagai warga negara berkewajiban untuk menghemat penggunaan minyak bumi. Apa maksud dari pernyataan tersebut? Berikan contohnya.
Jawab:

Ketersediaan sumber daya alam minyak bumi sangat terbatas, kewajiban sebagai warga adalah menghemat penggunaan minyak bumi.

Kita harus berhemat gas, bensin dan sebagainya.

  1. Apa yang terjadi jika kita tidak menjalankan kewajiban kita dengan baik? Jelaskan.
Jawab:

Kewajiban merupakan sesuatu yang harus dikerjakan.

Baca Juga: Contoh Cara Tumbuhan Berkembang Biak dengan Tunas, Ternyata Ada Tunas yang Bisa Dimakan Manusia!

ANTARA FOTO
ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN

Foto dirilis Senin (12/8/2019), menunjukkan pekerja menarik selang untuk bongkar muat BBM di Beo, Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara. Meski hadir dengan perjuangan tak mudah, keberadaan BBM Satu Harga di Talaud membawa angin segar untuk perubahan dan menciptakan asa untuk memutar roda ekonomi wilayah

Apabila kita melakukan kewajiban, maka kita akan menerima hak.

Jadi ketika tidak melaksanakan kewajiban dengan baik maka tidak dapat menerima hak kita.

  1. Berikan saranmu cara memanfaatkan minyak bumi secara bijak!
Jawab:

Caranya, menggunakan semua poduk hasil turunannya dengan bijak.

Misalnya, menghemat penggunaan bbm dengan menggunakan transportasi umum.

Baca Juga: Begini Pengaruh Letak Astronomis Indonesia Buat Kehidupan yang Ada di Dalamnya, Mulai dari Iklim Sampai Zona Waktu

Kemudian, mengurangi pemakaian kantong plastik karena plastik juga salah satu turunan minyak bumi.

Selain itu, menggunakan sumber energi alternatif yang lebih ramah lingkungan.

Seperti matahari, air, atau angin.

Pixabay

Manfaat energi matahari bagi manusia, salah satunya sebagai pembangkit listrik tenaga surya

Jika belum tersedia di tempat tinggal kita, bisa dimulai dengan hal sederhana seperti menghemat pemakaian listrik dan air.

Minyak Bumi merupakan sumber energi yang memegang peranan penting dalam kehidupan sehari-hari.

Manusia dapat melakukan berbagai aktivitas dan rutinitas karena dukungan dari minyak bumi.

Ayo Berlatih

Hari ini kamu akan kembali bermain lempar dan tangkap bola.

Baca Juga: Jawaban Soal Mengapa Semua Unsur Pada Peta Memiliki Arti, Belajar dari Rumah TVRI untuk SD Kelas 4-6

Kamu akan bermain dengan variasi yang berbeda. Permainan lebih ditekankan kepada teknik melempar lurus.

Perhatikan arahan dan contoh dari gurumu. Sebelum bermain, lakukan pemanasan terlebih dahulu.

Ayo, Tangkap Bola

Perlengkapan: Bola besar

Aturan bermain:

(Lihat gambar di buku)

Bacalah aturan permainan berikut.

  1. Kelas dibagi atas dua kelompok, kelompok A dan B.
  2. Setiap kelompok membentuk lingkaran.
  3. Siswa dalam setiap kelompok berdiri di dalam gambar lingkaran yang telah dibuat oleh guru.
  4. Kelompok A dan B bermain secara bersamaan.
  5. Setiap siswa berdiri menggunakan satu kaki (seperti terlihat pada gambar). Kaki kiri dan kanan dapat digunakan secara bergantian.
  6. Setiap kelompok mendapatkan satu bola besar.
  7. Setiap anggota kelompok akan mengoper bola kepada anggota kelompok lain yang berdiri berseberangan (tidak diperkenankan mengoper bola ke anggota kelompok yang berdiri di sebelah kanan atau kiri).
  8. Ketika bola ditangkap seluruh peserta berpindah ke lingkaran di sebelah kiri mereka searah jarum jam.
  9. Apabila bola jatuh ke tanah atau anggota kelompok tidak berdiri dengan satu kaki, maka dianggap sebagai pelanggaran.
  10. Kelompok yang melakukan pelanggaran paling sedikit akan menjadi pemenang.
Kunci JawabanBukuTematikHalaman 47

Kamu sudah melakukan permainan melempar dan menangkap bola dengan guru temanmu. Diskusikan teknik gerakan dengan gurumu.

Baca Juga: Jawaban Soal Mengapa Peta Indonesia Diperbaharui, Belajar dari Rumah TVRI untuk SD Kelas 4-6

Setelah melakukan kegiatan, diskusikan hal berikut dengan teman dalam kelompokmu.

- Apakah kamu sudah dapat melempar dan menangkap bola dengan baik dalam permainan ini? Jelaskan.

Jawab:

Saya dapat melakukan teknik melempar dan menangkap bola dengan kedua tangan dengan baik.

Hal ini karena saya mengikuti intruksi yang sudah dicontohkan melalui Video Online oleh pembimbing olahraga.

Selanjutnya saya mempraktikannya semaksimal mungkin.

Kunci JawabanBukuTematikHalaman 48

Bagaimana dengan siswa lain dalam kelompokmu? Apakah mereka sudah dapat melempar dan menangkap bola dengan baik? Jelaskan.

Baca Juga: Kumpulan Kunci Jawaban Soal Peta Baru Indonesia untuk SD Kelas 4-6 TVRI Rabu 12 Agustus 2020

Jawab:

Teman yang lain dalam satu kelompok dapat melempar dan menangkap bola dengan baik.

Mereka mengikuti intruksi yang sudah dicontohkan melalui Video Online oleh pembimbing olahraga kami.

- Apa saja yang perlu kamu perhatikan ketika melempar bola? Jelaskan.

Jawab:

Lihat ke depan, lihat kea rah tujuan, bola ditarik ke belakang kepala, dan pandangan mengarah kepada sasaran yang dituju.

- Apa saja yang perlu kamu perhatikan ketika menangkap bola? Jelaskan.

Jawab:

Arah datangnya bola, menahan tekanan bola, dan menentukan jarak menangkap bola.

- Apabila kamu diberi kesempatan untuk mengulangi kegiatan, perbaikan apa yang harus dilakukan?

Baca Juga: Survei Sebut 92 Persen Siswa Alami Masalah Saat Belajar Online, Menteri Nadiem Makarim Ambil Tindakan yang Bikin Guru dan Orangtua Murid Lega

Jawab:

Berusaha semaksimal mungkin dan lebih fokus.

Kamu sudah melakukan permainan melempar dan menangkap bola secara berkelompok. Baca lagi cara bermainnya dan diskusikan teknik gerakan dengan gurumu.

Selanjutnya, diskusikan hal berikut dengan teman dalam kelompokmu.- Apakah kelompokmu berhasil menjadi pemenang? Mengapa?

- Sikap apa yang harus ditunjukkan oleh anggota kelompok agar menjadi pemenang?

- Bagaimana perasaanmu saat mengalami kekalahan?

- Apa yang harus kamu lakukan ketika mengalami kekalahan?

- Bagaimana sikap yang harus kamu tunjukkan kepada tim yang kalah?

- Bagaimana sikap yang harus kamu tunjukkan kepada tim yang menang?

Sampaikan hasil diskusimu kepada kelompok lain. Apakah hasil diskusi mereka memiliki persamaan dengan hasil diskusi kelompokmu?

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Tema 1 Buku Tematik Subtema 3 Pembelajaran 4 Halaman 141-145 Kelas 6 SD, Ayo Selamatkan Hewan dan Tumbuhan

Kerja Sama dengan Orang Tua

Sampaikan hasil refleksi belajar selama satu minggu ini kepada orang tuamu.

Bagaimana sampaikan perasaanmu saat belajar, apa yang sudah dipelajari, dan kegiatan apa saja yang sangat bermanfaat dan menarik.

Sampaikan hasilnya kepada Gurumu.

*) Artikel ini hanya digunakan oleh orang tua sebagai panduan ketika proses belajar bersama anak.

(Tribunnews.com/Suci Bangun DS)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma