Jadi Wakil Erick Thohir di Komite Penanganan Covid-19, Jenderal Andika Perkasa Perintahkan Kawal Ketat Istri Prajurit TNI Ini

Selasa, 11 Agustus 2020 | 11:41
Instagram/ @tni_angkatan_darat

Jendral TNI Andika Perkasa buka suara soal masker Hetty Andika Perkasa yang sempat viral

Fotokita.net - Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah menunjuk Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa untuk menjadi wakil Wakil Ketua Komite Pelaksana Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

Dengan demikian,Kepala Staf Angkatan Darat ( KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa secara resmi mendampingi Menteri BUMN Erick Thohir dalamKomite Pelaksana Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

Presiden Jokowi yang menganggap bahwa penanganan virus corona di Indonesia membutuhkan kehadiran TNI.

Hal itu disampaikan langsung oleh Menteri BUMN Erick Thohir.

"KSAD jadi Wakil Ketua Komite Pelaksana," kata Erick usai pertemuan dengan Andika di Mabes TNI AD, Jalan Medan Merdeka Utara, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (7/8/2020).

Baca Juga: Begini Cara Mudah Daftar Kartu Prakerja Gelombang 4 Secara Offline, Resmi Dibuka Mulai Sabtu 8 Agustus 2020

Kepala Staf Angkatan Darat ( KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa akan membantu Erick Thohir, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang juga Ketua Komite Pelaksana Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, dalam melakukan penanganan Covid-19.

"KSAD jadi Wakil Ketua Komite Pelaksana," kata Erick usai pertemuan dengan Andika di Mabes TNI AD, Jalan Medan Merdeka Utara, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (7/8/2020).

Baca Juga: Sebut Pihak Istana Buta Demokrasi, Akademisi Rocky Gerung: Hari Raya Idul Adha Anak Dikorban Ayah Atas Perintah Tuhan, Tapi Kalau Gibran Dikorbankan Karena Ambisi Jokowi

Menurut Erick, penunjukan Andika merupakan keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Presiden berpandangan, penanganan Covid-19 membutuhkan kehadiran TNI.

Secara detail, Erick mengatakan, kehadiran TNI adalah untuk memastikan kedisiplinan masyarakat menerapkan protokol kesehatan.

Hal itu merupakan jangka pendek yang harus dilakukan.

Baca Juga: Resmi Dibuka Hari Ini, Begini Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 4

"Kedisiplinan, diharapkan mengamankan masyarakat. Bukan berarti melakukan kewenangan menghukum, tapi mendisiplinkan, adalah langkah utama yang harus kita lakukan," ujar dia.

"Tugas TNI memaksimalkan tingkat disiplin protokol Covid-19 di masyarakat terjaga di 83.000 kelurahan dan desa serta proses imunisasi vaksin di tahun depan bisa berjalan baik bersama Kemenkes, Kemendikbud, PMI, dan tentu Polri," tambah Erick.

Dok. BUMN

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa akan mendampingi Erick Thohir mulai saat ini

Setelah resmi penunjukan itu, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasameminta jajarannya untuk mengawal istri prajurit TNI Praka M Arifin, Intan Sari, yang dinyatakan positifCovid-19.

Andika juga meminta Kakesdam VI Mulawarman Kolonel Ckm Puguh Santoso untuk melaporkan perkembangan kondisi Intan kepadanya.

"Dengan kondisi tidak memungkinkan untuk transportable (dipindahkan), mungkin perlu dikomunikasikan selain plasma convalescent adalah obat-obatan yang diberikan. Saya minta dikawal, termasuk Kakesdam kawal. Karena apa, saya ingin tahu perkembangannya," kata Andika dalam tayangan TNI AD 60 Detik yang diunggah di akun Instagram resmi TNI AD, @tni_angkatan_darat, yang diunggah pada Senin (10/8/2020).

Baca Juga: Ditunjuk Jadi Wakil Erick Thohir di Komite Penanganan Covid-19, Begini Sepak Terjang KSAD Jenderal Andika Perkasa, Pernah Tempur di Timor Timur

Puguh menjelaskan awalnya Intan dilarikan ke Rumah Sakit Tingkat IV Guntung Payung dengan keluhan demam, diare, mual, nyeri perut, tanda vital masih normal.

Kemudian Intan diuji swab dan specimennya dikirim ke RSPAD Gatot Soebroto.

"Hasilnya pun positif, Lalu dirujuk ke RSUD Ulin dan dirawat di ruang ICU. Pagi tadi mendapat kabar dari beliau bahwa kondisi sudah agak lumayan dibanding kemarin,” kata Puguh.

Kepala Bagian Instalasi Anastesi RSPAD⁣⁣⁣ Gatot Soebroto dr Hasyim mengatakan awalnya Intan hendak dibawa ke RSPAD Gatot Soebroto untuk ditangani tim dokter di sana.

Namun, setelah dilakukan pengecekan lebih jauh kondisi dari Intan tidak mumpuni untuk dilakukan evakuasi karena fungsi dari parunya sudah tidak dalam kondisi baik.

"Saturasinya memang rendah, karena fungsi dari parunya sudah sangat jelek. Apabila dievakuasi tidak memungkinkan. Saran kami dirawat di sana, kita akan support segala kebutuhan obat-obatan seperti Plasma Convalescent,” kata Hasyim.

Baca Juga: Sebut Pihak Istana Buta Demokrasi, Akademisi Rocky Gerung: Hari Raya Idul Adha Anak Dikorban Ayah Atas Perintah Tuhan, Tapi Kalau Gibran Dikorbankan Karena Ambisi Jokowi

tniad.mil.id

Kompleks Secapa AD Bandung

Cara Mencegah Penularan Virus Corona

Penularanvirus coronadapat dilakukan tindakan pencegahan agar tidak tertular sebagai berikut:

  1. Menjaga kesehatan dan kebugaran agar sistem imunitas tubuh meningkat.
  2. Mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, atau menggunakan alkohol 70-80% handrub, sesuai langkah-langkah mencuci tangan yang benar.
  3. Ketika batuk dan bersin, upayakan menjaga agar lingkungan sekitar tidak tertular.
  4. Tutup hidung dan mulut dengan tisu atau dengan lipatan siku tangan bagian dalam, dan gunakan masker.
  5. Hindari kontak dengan orang lain atau bepergian ke tempat umum.
  6. Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut, karena tangan menyentuh banyak hal yang dapat terkontaminasi virus.
  7. Gunakan masker penutup mulut dan hidung ketika sakit atau saat berada di tempat umum.
  8. Buang tisu dan masker yang sudah digunakan ke tempat sampah dengan benar, lalu cuci tangan.
  9. Menunda perjalanan ke daerah atau negara yang terjangkitvirus corona.
  10. Hindari bepergian ke luar rumah saat merasa kurang sehat, terutama jika merasa demam, batuk, dan sulit bernapas.
  11. Segera hubungi petugas kesehatan terdekat, dan mintalah bantuan mereka.
  12. Ikuti arahan dari petugas kesehatan setempat.
  13. Selalu pantau perkembangan penyakit COVID-19 dari sumber resmi dan akurat.
Cara Menggunakan, Melepas, dan Membuang Masker

  1. Sebelum menyentuh masker, cuci tanganmenggunakan sabun dan air mengalir atau cairan pembersih berbahan alkohol minimal 60 persen.
  2. Ambil masker dan periksa apakah ada sobekan atau lubang.
  3. Pastikan arah masker sudah benar (pita logam terletak di sisi atas).
  4. Pastikan sisi depan masker (sisi yang berwarna) menghadap depan.
  5. Letakkan masker di wajah. Tekan pita logam atau sisi masker yang kaku sampai menempel sempurna ke hidung.
  6. Tarik sisi bawah masker sampai menutupi mulut dan dagu.
  7. Setelah digunakan, lepas masker, lepas tali elastis dari daun telinga sambil tetap menjauhkan masker dari wajah dan pakaian, untuk menghindari permukaan masker yang mungkin terkontaminasi.
  8. Segera buang masker di tempat sampah tertutup setelah digunakan.
  9. Bersihkan tangan setelah menyentuh atau membuang masker, dengan cuci tangan pakai sabun dan air mengalir atau cairan pembersih berbahan alkohol minimal 60 persen.
  10. Masker sebaiknya hanya digunakan tenaga kesehatan, orang yang merawat orang sakit, dan orang-orang yang memiliki gejala-gejala pernapasan, seperti demam dan batuk.
Baca Juga: Mau Terima Bansos Rp 600 Ribu Tiap Bulan? Ternyata Karyawan Swasta Harus Terdaftar di Sini

Via Grid

Mendagri Tito Karnavian Bagi-Bagi 1 Juta Masker

Artikel ini telah tayang diTribunnews.comdengan judulKSAD Minta Jajarannya Kawal Penanganan Istri Prajurit yang Positif Covid-19

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma