Dipecat Usai Kepergok Selingkuh dengan Orangtua Siswa, Guru SD Merasa Tak Diperlakukan Secara Adil

Senin, 10 Agustus 2020 | 10:01
Mamamia.com

Ilustrasi selingkuh

Fotokita.net - Menanggapi beberapa warganet yang heboh dengan drama Korea The World of the Married, psikolog dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Laelatus Syifa mengatakan, ketertarikan isu perselingkuhan disebabkan karena topik dan judul drama Korea tersebut sedang digandrungi sejumlah orang.

"Kalau menurut saya, orang-orang cenderung tertarik dengan isu perselingkuhan bukan karena hobi tentang tema perselingkuhan."

"Tetapi memang sedang hits, sehingga banyak diperbincangkan," ujar Latus saat dihubungi, Sabtu (2/5/2020).

Menurutnya, isu atau kepopuleran tersebut nantinya akan surut dan tergeser dengan isu lain.

Baca Juga: Tak Peduli Calon Ayah Mertuanya Dituding Cari Mantu Kaya, Rizky Billar Malah Puji Setinggi Langit Lesty Kejora Gegara Lakukan Hal Ini

"Isu di masyarakat itu kan timbul tenggelam, jika ada yang menarik, maka akan dibahas terus-menerus, sampai tergantikan dengan isu yang baru," lanjut dia.

Di sisi lain, akibat sejumlah warganet yang kerap geram dengan tokoh antagonis atau pihak ketiga dalam hubungan rumah tangga, mereka pun membubuhkan komentar buruk terhadap akun aktris Han So Hee.

Baca Juga: Hore Hari Ini Gaji Ke-13 PNS Cair, Berikut Rincian Besaran yang Diterima

Dalam serial drama The World of the Married, Han So Hee berperan sebagai Yeo Da-kyung.

Peran ini juga membuat dirinya menjadi orang ketiga dalam drama tersebut.

Banyak warganet Indonesia yang akhirnya terbawa suasana ke kehidupan nyata sampai membenci karakter "orang ketiga" dalam drama yang tengah naik daun tersebut.

Baca Juga: Alhamdulillah Kabar Gembira Buat ASN Jadi Nyata, Hari Ini Gaji Ke-13 PNS Cair, Berikut Rincian Besaran yang Diterima

Terkait hal ini, Latus mengungkapkan, aktor atau aktris yang dibenci karena memainkan peran antagonis banyak terjadi.

Hal itu menandakan bahwa akting pemeran tersebut berhasil.

"Tentang warganet Indonesia yang berkomentar negatif, itu adalah bentuk peluapan emosi yang salah tempat, bisa jadi karena marah."

"Tetapi tidak bisa melampiaskan pada orang yang sesungguhnya," kata Latus.

netflix
netflix

The World of The Married

"Bisa jadi karena saking bencinya dengan isu perselingkuhan, atau ada pengalaman yang dialami atau ada cerita nyata yang dekat dengan kehidupannya terkait dengan perselingkugan," lanjut dia.

Oleh karena itu, artis tersebut lah yang menjadi sasaran peluapan emosi yang dirasa tidak akan membahayakan netizen secara pribadi.

Latus menambahkan, makin banyak netizen yang berkomentar negatif, individu akan merasa bahwa perilakunya dibenarkan dan disetujui oleh banyak orang.

"Ibarat kayak jadi aksi pengeroyokan massa, rasa bersalah jadi berkurang karena dilakukan bareng-bareng," ujar dia.

Baca Juga: Calon Ayah Mertuanya Disebut-sebut Gila Harta, Rizky Billar Langsung Pamer Mobil Ratusan Juta Saat Ngapel ke Rumah Lesty Kejora

Tindakan kurang terpuji itu menjadi sebuah kebiasaan apalagi diungkapkan di media sosial.

Sejumlah "badmouting" dilakukan oleh akun-akun alter yang membuat individu menjadi anonim dan merasa semakin bebas berkomentar.

dok. JTBC via HanCinema

ilustrasi drama The World of The Married

Sementara itu, seorang guru Sekolah Dasar di Inggris bernama Ann Brenen yang ketahuan selingkuh dan berhubungan seks dengan orangtua murid, dipecat dari sekolahnya.

Dewan sekolah diberitahu oleh rekan kerja Brenen, yang khawatir karena guru wanita tersebut menjalin hubungan "yang tidak pantas" dengan beberapa ayah murid antara tahun 2016 dan 2017.

Keputusan pengadilan menyatakan, "Dalam buktinya ke pengadilan, (Nyonya Brenen) mengatakan dia memulai hubungan seksual dengan ayah dari murid F, seorang murid di sekolahnya."

Baca Juga: Dituding Israel Menimbun Amonium Nitrat Buat Jalankan Rencana Besar, Tapi Hezbollah Tak Bisa Berkelit dari Bukti-bukti Ini

"Penggugat tidak mengungkap hubungan itu ke kepala sekolah. Dia (Brenen) mengaku tidak melakukannya karena hanya berlangsung singkat."

"Tindakannya adalah kesalahan besar," ucap keterangan pengadilan yang dikutip The SunRabu(5/8/2020).

Ilustrasi selingkuh

Brenen kemudian mengajukan klaim lain atas pemecatan yang tidak adil dan diskriminasi disabilitas, dengan alasan dia mengalami depresi.

Ia sempat memohon ke sekolah untuk mempekerjakannya lagi, tapi permintaanya ditolak.

Pengadilan juga mendapat informasi bahwa Brenen kerap meminta guru lain menilai pekerjaan rumah muridnya.

Baca Juga: Unggah Foto Berbikini Super Seksi, Penampakan Berani Nia Ramadhani Liburan di Pantai Tuai Sorotan

Menurut Brenen, itu hal biasa di antara para guru. Ia kemudian berpisah dengan suaminya, tapi usai kasus yang menimpanya pada 2018 itu Brenen kini telah rujuk.

Ann Brenen rujuk dengan suaminya, Paul, dua tahun setelah perselingkuhan dan skandal seks yang membuatnya dipecat dari sekolah Westoe Crown di North Shields, Inggris.

Ibu tiga anak itu dipecat atas alasan tidak memberi contoh yang baik ke anak-anak.

Brenen pindah dari rumah keluarga pada 2016, tapi sekarang diyakini telah rujuk dengan suaminya karena pasutri itu mengunggah foto mereka berdua di media sosial dalam beberapa pekan terakhir, lapor Daily Mail.

Baca Juga: Sebut Pihak Istana Buta Demokrasi, Akademisi Rocky Gerung: Hari Raya Idul Adha Anak Dikorban Ayah Atas Perintah Tuhan, Tapi Kalau Gibran Dikorbankan Karena Ambisi Jokowi

Paul yang merupakan veteran militer dulunya bertugas di Light Infantry.

"Saya pria berkeluarga yang bahagia dengan dua putri dan saya menginginkan yang terbaik yang dapat kita raih untuk masyarakat dan kota," ucapnya dikutip dari The Sun Rabu (5/8/2020).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judulSelingkuh, Guru SD Kepergok Berhubungan Seks dengan Orangtua Murid

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma