Brad Binder Samai Rekor Marc Marquez di MotoGP, Tapi Jorge Lorenzo Malah Berikan Selamat Buat Dani Pedrosa, Begini Alasannya

Senin, 10 Agustus 2020 | 07:13
www.redbullmediahouse.com

Pebalap rookie Brad Binder yang samai rekor Marc Marquez di MotoGP

Fotokita.net - Pebalap rookie asal Afrika Selatan Brad Binder yang memulai balapan dari posisi ketujuh sukses menjuarai MotoGP Ceko 2020 dengan catatan waktu 41 menit 38,764 detik. Ini merupakan kemenangan perdana Brad Binder di MotoGP.

Musim lalu, pebalap berusia 24 tahun itu masih berlaga di ajang Moto2.

Pada Moto2 2019, Binder tampil sebagai runner-up di bawah sang juara dunia, Alex Marquez, yang saat ini membela Repsol Honda bersama sang kakak, Marc Marquez.

Baca Juga: Menang di Atas Aspal yang Jadi Keluhan Valentino Rossi, Begini Sosok Pebalap Rookie Brad Binder yang Samai Rekor Marc Marquez

Seusai tampil bagus di Moto2, Binder pun naik kelas ke MotoGP dengan memperkuat tim pabrikan KTM.

Baca Juga: Siapa Brad Binder? Inilah Sosok dan Foto Kemenangan Pertama Pebalap Afrika Selatan di Sirkuit Spesial Valentino Rossi

Pada dua balapan awal musim yang digelar di Sirkuit Jerez, Spanyol, Binder sejatinya tidak meraih hasil memuaskan.

MotoGP.com

Pemenang MotoGP Sirkuit Brno Ceko 2020, Brad Binder

Ia hanya mampu finis di urutan ke-13 GP Spanyol kemudian gagal finis di GP Andalusia.

Namun, dua hasil buruk di Jerez itu berhasil ia bayar lunas pada MotoGP Ceko 2020.

Baca Juga: Baru Kelar Urusan Galwan dengan China, India Kembali Siap-siap Kokang Senjata, Dipicu Negara Tetangga yang Rilis Peta Baru Wilayah Kashmir

MOTOGP.COM
MOTOGP.COM

Dari kiri ke kanan, Johann Zarco (Reali Avintia), Brad Binder (KTM), Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) berpose setelah meraih posisi podium MotoGP Republik Ceska 2020 di Sirkuit Brno, Minggu (9/8/2020).

Rider asal Afrika Selatan itu menjadi rookie pertama yang mampu menjuarai balapan kelas premier setelah kali terakhir Marc Marquez (Repsol Honda) melakukannya pada MotoGP Americas 2013 di Austin.

Pemuda kelahiran Potchefstroom itu pun tercatat sebagai pebalap Afrika Selatan pertama yang mampu memenangi balapan MotoGP.

Kemenangan Brad Binder di GP Ceko juga membuat lagu kebangsaan Afrika Selatan berkumandang untuk kali pertama di akhir balapan MotoGP.

Tak hanya itu, Brad Binder juga menorehkan sejarah lainnya bersama KTM.

Kemenangan di MotoGP Ceko 2020 merupakan yang pertama bagi pabrikan asal Austria tersebut.

Baca Juga: Senyum Berseri di Depan Kamera, Inilah Cerita Pengantin yang Kebahagiaannya Seketika Hancur Gegara Ledakan Beirut Lebanon: Apakah Saya Akan Mati?

Selain itu, kemenangan di Brno juga menjadi podium perdana KTM di balapan kering alias dry race.

MOTOGP.COM
MOTOGP.COM

Pembalap Red Bull KTM, Brad Binder, berpose di podium juara MotoGP Republik Ceska di Sirkuit Brno, Minggu (9/8/2020).

Pada MotoGP Valencia 2018 lalu, KTM sejatinya sukses merebut podium ketiga melalui Pol Espargaro, tetapi saat itu balapan dilangsungkan saat hujan.

Namun kali ini, berbeda dengan Binder yang tampil sebagai juara, Pol Espargaro justru mengalami nasib apes pada MotoGP Ceko 2002.

Espargaro terjatuh di Tikungan 1 lap ke-10 seusai bersenggolan dengan Johann Zarco.

Baca Juga: Ingin Dapatkan Gaji Tambahan Rp 600 Ribu Tiap Bulan dari Pemerintah? Begini Syarat dan Ketentuannya

Twitter.com/AutoBildSpain

Brad Binder menang di MotoGP Ceko 2020

Adapun Brad Binder menjadi juara MotoGP Ceko 2020 setelah mengalahkan Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) yang finis di urutan kedua dan Johann Zarco (Reale Avintia Racing) yang berada di posisi ketiga.

Brad Binder unggul 5,266 detik atas Morbidelli di urutan kedua, serta berselisih 6,470 detik atas Zarco yang menempati posisi ketiga.

Baca Juga: Alhamdulillah Kabar Gembira Buat ASN Jadi Nyata, Hari Ini Gaji Ke-13 PNS Cair, Berikut Rincian Besaran yang Diterima

Jorge Lorenzo memberikan selamat kepada Dani Pedrosaatas kemenangan yang diraih KTM pada MotoGP Republik Ceska 2020.

Hasil mengejutkan terjadi pada balapan seri ketiga MotoGP Republik Ceska 2020 yang digelar Automotodrom Brno, Minggu (9/8/2020).

Pembalap debutan dari tim Red Bull KTM, Brad Binder, berhasil mencetak kemenangan secara menyakinkan pada balapan MotoGP Republik Ceska.

Brad Binder sukses mengangkangi Franco Morbielli dan Johan Zarco yang berada di posisi kedua dan ketiga.

Sedangkan Fabio Quartararo harus puas finish di posisi ke-7.

Valentino Rossi yang kesulitan di awal start mengakhiri balapan di posisi ke-5.

Dua pembalap Repsol Honda, Alex Marquez dan juga Stefan Bradl gagal memberikan perlawanan berarti.

Baca Juga: Calon Ayah Mertuanya Disebut-sebut Gila Harta, Rizky Billar Langsung Pamer Mobil Ratusan Juta Saat Ngapel ke Rumah Lesty Kejora

Kemenangan Brad Binder mencetak sejarah bagi tim dan sang pembalap itu sendiri.

Brno menjadi saksi kemenangan pertama Brad Binder di kelas utama MotoGP.

Selain itu, kemenangan yang diraih Binder menjadi kemenangan pertama KTM sejak memutuskan untuk terjun secara penuh di MotoGP pada 2017.

MotoGP.com

Meski masih berusia muda, Dani Pedrosa optimis dengan duet Miguel Oliveira dan Brad Binder di Red Bull KTM pada MotoGP 2021

Kesuksesan Binder dan KTM mendapat pujian dari mantan pembalap MotoGP, Jorge Lorenzo.

Tak hanya mengapresiasi pencapaian pembalap asal Afrika Selatan itu saja, pria asal Spanyol tersebut juga memberikan selamat kepada koleganya, Dani Pedrosa.

Jika Jorge Lorenzomenjadi pembalap penguji Yamaha selepas pensiun, Dani Pedrosabertanggung jawab dalam pengembangan motor KTM di MotoGP.

"Selamat untuk @BradBinder_41 untuk penampilan yang menakjubkan dan solid pada balapan yang sulit ini," tulis Jorge Lorenzomelalui akun twitter pribadi miliknya.

"Selamat juga untuk @KTM_Racing dan @26_DaniPedrosa untuk pekerjaan bagus dengan motor itu," imbuh rider berjuluk X-Fuera tersebut.

Baca Juga: Anaknya Dipuji Setinggi Langit Sang Mertua, Ayah Puput Nastiti Devi Mendadak Bongkar Hubungannya dengan Keluarga Ahok, Ada Apa?

Facebook.com/Dani Pedrosa

Pembalap penguji, Dani Pedrosa menutup sesi tes private KTM di sirkuit Red Bull Ring, Austria, yang berlangsung selama dua hari.

Dani Pedrosa juga bahagia melihat kerja kerasnya akhirnya membuahkan hasil.

"Saya merasa gembira dan senang untuk kemenangan pertama bagi KTM dan Brad Binder di kelas MotoGP! Selamat! P1!!" tulis Dani Pedrosadi Twitter.

Baca Juga: Hentikan Kebiasaan Minum Air Isi Ulang Setiap Hari Bila Tak Ingin Efek Fatal dan Mengerikan Ini Terjadi Pada Tubuh Kita

Kemenangan yang diriah oleh Brad Binder ini mampu membawanya berada di peringkat kelima klasemen sementara pembalap MotoGP 2020dengan torehan 28 poin.

Sementara bagi KTM, hasil positif dari MotoGP Republik Ceska 2020 mengantarkan mereka menduduki posisi kedua pada klasemen konstruktor MotoGP 2020.

(Kompas.com/Tribunnews.com)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma