Apa Penyebab Orang Cegukan? Begini Cara Mengatasinya, Kunci Jawaban Soal Belajar dari Rumah TVRI untuk SD Kelas 4-6

Senin, 03 Agustus 2020 | 23:04
kompas.com

ilustrasi saat cegukan

Fotokita.net - Menurutmu, apa yang menyebabkan seseorang cegukandan bagaimana caramengatasinya?

Itulah soal nomor satu dari materi belajar dari rumah program TVRI untuk siswa kelas SD 4-6, Selasa 4 Agustus 2020.

Berdasarkan siaran resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, materi pelajaran hari ini adalah Mengenal Sistem Pernapasan Manusia yang tayang di TVRI Nasional pada pukul 09.30 – 10.00 WIB.

Baca Juga: Mengapa Pertumbuhan Vegetatif Buatan dengan Cara Menempel Dapat Menghasilkan Tanaman yang Lebih Baik? Inilah Jawabannya

Peserta Belajar dari Rumah diminta untuk menjawab soal-soal pertanyaan yang diberikan.

Kemendikbud telah merancang penyederhanaan kurikulum yang sesuai dengan konteks Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) agar berjalan lebih efektif di tahun ajaran baru 2020/2021.

Baca Juga: Bagaimana Proses Pertumbuhan Pada Tanaman Paku yang Berkembang Biak Menggunakan Spora, Inilah Jawaban Soal Belajar dari Rumah TVRI 14 Juli 2020

Berikut adalah soal dan jawaban Belajar dari rumah program TVRI untuk siswa kelas 4-6 SD, Selasa 4 Agustus 2020.

Berdasarkan siaran resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, materi pelajaran hari ini adalah Mengenal Sistem Pernapasan Manusia.

Materi program kelas 4 - 6 SD ditayangkan pada pukul 09.30-10.00.

Peserta Belajar dari Rumah diminta untuk menjawab soal-soal pertanyaan yang diberikan.

Jawablah dengan mempelajari materi yang telah disampaikan dalam tayangan.

Baca Juga: Perubahan Besar Harus Dimulai dan Alam Akan Memberi, Jawaban Soal Menjaga Hutan Indonesia TVRI 5 Juni 2020

Dilansir dari Tribunnews, ada beberapa pertanyaan yang diberikan dalam program Belajar dari Rumah yang tayang di TVRI.

Pada kesempatan kali ini Fotokita.net telah merangkum materi soal dan jawaban TVRI Kamis 30 Juli 2020 ini, silakan disimak.

Daily Mail

Cara Ampuh Hilangkan Cegukan yang Mengganggu, Cobain Deh!

Pertanyaan

Soal nomor 1. Menurutmu, apa yang menyebabkan seseorang cegukandan bagaimana caramengatasinya?

Cegukan terjadi ketika otot yang diafragma berkontraksi tanpa disengaja.

Dalam keadaan normal, otot diafragma akan turun (kontraksi) ketika kita sedang menarik napas.

Ketika napas dihembuskan, otot diafragma akan naik kembali (relaksasi).

Ketika cegukan, otot diafragma berkontraksi tiba-tiba.

Pada umumnya, pemicu cegukan berkaitan dengan pola makan, seperti makan terlalu banyak, menelan udara sambil mengunyah permen karet, dan mengonsumsi minuman bersoda secara berlebihan.

Baca Juga: Jika Leni Bermain Sebanyak 8 Kali, Pada Urutan ke Berapa Leni Bermain Lagi? Kunci Jawaban Soal TVRI untuk SD Kelas 4-6 Kamis 30 Juli 2020

freepik.com/diana-grytsku
freepik.com/diana-grytsku

Cara mudah untuk mengatasi cegukan

Cegukan juga bisa disebabkan oleh perubahan cuaca yang tiba-tiba, stres, ataupun terlalu bersemangat.

Namun, cegukan terus-menerus yang berlangsung lebih dari dua hari, harus segera dicari penyebabnya.

Seringkali penyebab cegukan terus-menerus tidak diketahui dengan jelas. Namun, terdapat beberapa kondisi yang diketahui menjadi kemungkinan penyebabnya, seperti iritasi pada gendang telinga akibat benda asing, radang tenggorokan, pembesaran kelenjar tiroid, tumor atau kista pada tenggorokan, kehamilan, hernia hiatus, gangguan elektrolit, serta naiknya asam lambung ke kerongkongan(gastroesophageal reflux disease/GERD).

Kondisi penyakit kronis seperti diabetes, penyakit Parkinson, gagal ginjal, kanker dan efek samping kemoterapijuga dapat menjadi faktor pemicu terjadinya cegukan terus-menerus.

Selain itu, cegukan semacam ini dapat disebabkan oleh gangguan sistem saraf pusat, sehingga menyebabkan tubuh tidak mampu mengendalikan cegukan.

Beberapa jenis tindakan medis juga bisa mengakibatkan cegukan terus-menerus, seperti penggunaan kateter pada otot jantung, prosedur bronkoskopipada paru, dan prosedur trakeostomipada leher.

Bahkan, gaya hidup tidak sehat termasuk konsumsi minuman beralkohol berlebihan dan merokokjuga dapat memicu cegukan terus-menerus.

Baca Juga: Pasangan Bilangan Prima Manakah Itu? Kunci Jawaban Soal Belajar dari Rumah TVRI untuk SD Kelas 4-6 Kamis 30 Juli 2020

Cara Mengatasi Cegukan

Umumnya, cegukan dapat diatasi di rumah dengan cara sederhana seperti menahan napas beberapa saat, meminum air dengan cepat, berkumur, ataupun mengisap lemon.

Selain itu, ada pula cara menghentikan cegukan sederhana yang biasa dilakukan, contohnya bernapas dalam kantung kertas, menyicipi cuka, hingga menarik lutut ke arah dada dan menunduk hingga dada terasa tertekan.

Segera konsultasi ke dokter apabila cegukan terus-menerus terjadi melebihi tiga jam. Ada beberapa pilihan penanganan yang dapat dilakukan.

Freepik.com
Freepik.com

Cara hilangkan cegukan

Misalnya untuk penderita penyakit asam lambung yang mengalami cegukan terus-menerus, dokter dapat memberikan obat untuk mengurangi produksi asam lambung.

Selain itu, ada pula kondisi cegukan yang cukup parah dan bersifat kronis, dokter akan memberikan obat seperti chlorpromazine, haloperidol, obat antikejang asam valproat, fenitoin, dan carbamazepine, atau obat antimuntah metoclopramide.

Jika pengobatan tersebut tidak berhasil, maka dokter akan merekomendasikan suntikan obat bius lokal pada saraf yang ada di antara leher dan dada.

Baca Juga: Berapa Formasi Tarian yang Dapat Dibentuk oleh Tim Tari Tersebut? Kunci Jawaban Soal Belajar dari Rumah TVRI untuk SD Kelas 4-6 Kamis 30 Juli 2020

Pilihan pengobatan selanjutnya adalah penempatan alat implan untuk memberikan stimulasi elektrik ringan pada saraf agar dapat menghentikan cegukan terus-menerus.

Cegukan merupakan reaksi tubuh yang pada umumnya tidak berbahaya dan dapat hilang dengan sendirinya. Namun, cegukan terus-menerus harus segera mendapat perhatian. Segerakonsultasikan ke dokterjika hal itu terjadi berlarut-larut.

Soal nomor 2. Mengapa virus Corona dapat menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan?Lalu apa yang harus kita lakukan agar terhindar dari penyakit tersebut?

Virus corona bisa menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan.

Hal itu ternyata bisa terjadi karena cara kerja virus ini yang menyerang sistem pernapasan.

Organ-organ yang diserang oleh virus Sars-CoV-2 ini merupakan kelompok organ dan jaringan yang memungkinkan manusia untuk bernapas.

Oleh karena itu, mereka yang sistem pernapasannya telah terinfeksi virus ini akan mengalami kesulitan bernafas.

Baca Juga: Kumpulan Soal dan Kunci Jawaban Belajar dari Rumah TVRI untuk SD Kelas 4-6 Kamis 30 Juli 2020

Untuk menghindari tertularnya virus ini, kita bisa menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

Protokol yang dimaksud antara lain menggunakan masker, mencuci tangan, tidak berkumpul dengan massa dalam jumlah besar, dan lain-lain.

Soal nomor 3. Mengapa pada saat terbang burung tidak menggunakanparu-paru untuk bernapas, melainkan dengan kantongudara? Jelaskan!

Ketika terbang, burung harus mengepakkan sayapnya.

Saat sayap dikepakkan, gerakan otot sayap menekan paru-paru.

Hal ini menghambat masuknya udara.

Karenanya, burung tidak bisa bernapas dengan baik.

Baca Juga: Apa Saja yang Dapat Kita Lakukan untuk Memperbaharui Sumber Daya Alam? Kunci Jawaban Soal TVRI untuk SD Kelas 4-6 Rabu 29 Juli 2020

Oleh karena itu pernapasan burung dibantu dengan kantong-kantong udara.

Semakin tinggi burung terbang, mereka harus mengapakkan sayapnya semakin cepat.

Hal itu bertujuan untuk memperoleh lebih banyak oksigen.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma