Bagaimana Pendapatmu Tentang Permainan Anak Zaman Dahulu dan Permainan Anak Zaman Milenial, Jawaban Soal Belajar dari Rumah untuk SD Kelas 4-6 Kamis 23 Juli 2020

Rabu, 22 Juli 2020 | 22:56
GridKids

Permainan tradisional.

Fotokita.net - Bagaimana pendapatmu tentang permainan anak zaman dahulu dan permainan anak zaman milenial dengan teknologi yang jauh lebih canggih?

Itulah soal nomor satu yang ditanyakan pada Kamis (23/7/2020) untuk siswa-siswi SD kelas 4 – 6.

Berdasarkan siaran resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, materi pelajaran hari ini adalah Permainan Tradisionalyang tayang di TVRI Nasional pada pukul 09.00 – 09.30 WIB.

Berikut adalah soal dan jawaban Belajar dari rumah program TVRI untuk siswa kelas 4-6 SD, Kamis 23 Juli 2020.

Baca Juga: Mengapa Pertumbuhan Vegetatif Buatan dengan Cara Menempel Dapat Menghasilkan Tanaman yang Lebih Baik? Inilah Jawabannya

Peserta Belajar dari Rumah diminta untuk menjawab soal-soal pertanyaan yang diberikan.

Kemendikbud telah merancang penyederhanaan kurikulum yang sesuai dengan konteks Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) agar berjalan lebih efektif di tahun ajaran baru 2020/2021.

Baca Juga: Bagaimana Proses Pertumbuhan Pada Tanaman Paku yang Berkembang Biak Menggunakan Spora, Inilah Jawaban Soal Belajar dari Rumah TVRI 14 Juli 2020

Warta Kota

Permainan Tradisional

Sejak Senin 13 Juli 2020 siswa kembali dalam kegiatan belajar, baik secara tatap muka di sekolah zona hijau maupun secara daring dan luring di zona merah, oranye dan kuning karena pandemi Covid-19.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah menyiapkan episode lanjutan untuk penayangan program Belajar dari Rumah (BDR) di Tahun Ajaran Baru di TVRI sebagai alternatif kegiatan pembelajaran selama masa pandemi Covid-19.

Baca Juga: Jawaban Luas Permukaan Balok Kubus Matematika Mantul Volume dan Luas Balok, Prisma, dan Limas TVRI Selasa 12 Mei 2020

Sehingga, tayangan dalam program Belajar dari Rumah tidak mengejar ketuntasan kurikulum, tetapi lebih menekankan pada kompetensi literasi, numerasi dan karakter.

"Jadi ada satu tim khusus, di bagian tim Balitbang yang sedang merumuskan bagaimana kita melakukan berbagai macam perubahan kurikulum dan asesmen selama masa PJJ agar kemungkinan pembelajaran yang efektif lebih tinggi," papar Mendikbud Nadiem Makarim dalam rapat kerja Komisi X DPR RI dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Kamis (2/7/2020), yang disiarkan melalui kanal Youtube DPR RI.

Baca Juga: Setujukah Kamu dengan Pernyataan Rendi? Berikan Alasanmu! Jawaban Soal Matematika Mantul Volume dan Luas Balok, Prisma, dan Limas TVRi Selasa 12 Mei 2020

Selain untuk memperkuat kompetensi literasi dan numerasi, tujuan lain program BDR adalah untuk membangun kelekatan dan ikatan emosional dalam keluarga, khususnya antara orangtua dengan anak, melalui kegiatan-kegiatan yang menyenangkan serta menumbuhkan karakter positif.

Baca Juga: Cara Menyadarkan Masyarakat Agar Menerapkan Teknik Bertani Tanpa Pembakaran, Jawaban Soal Menjaga Hutan Indonesia TVRI 5 Juni 2020

Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbud Hilmar Farid menjelaskan, jadwal di hari Senin hingga Jumat digunakan untuk pembelajaran dengan total durasi tiga jam per hari untuk semua tayangan.

"Jadi masing-masing ada setengah jam. Setengah jam untuk PAUD, setengah jam untuk kelas 1 sampai kelas 3 SD, setengah jam untuk kelas 4 sampai kelas 6 SD, dan setengah jam masing-masing untuk SMP, SMA, dan parenting," tutur Hilmar.

Dengan begitu, usai menemani anak belajar melalui TVRI, orangtua juga bisa ikut belajar seputar dunia parenting yang "kekinian".

Baca Juga: Paling Seru Motret Pakai HP, Tapi Gara-gara Hobi Begadang Sambil Main Ponsel Nasib Anak Muda Ini Berujung Pada Penyakit Mematikan!

freepik
rawpixel.com

Ilustrasi jawaban soal pecahan dan desimal belajar dari rumah TVRI.

Berikut adalah soal dan jawaban Belajar dari rumah program TVRI untuk siswa kelas 4-6 SD, Kamis 23 Juli 2020.

Berdasarkan siaran resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, materi pelajaran hari ini adalah Permainan Tradisonal

Materi program kelas 4 - 6 SD ditayangkan pada pukul 09.30-10.00.

Peserta Belajar dari Rumah diminta untuk menjawab soal-soal pertanyaan yang diberikan.

Jawablah dengan mempelajari materi yang telah disampaikan dalam tayangan.

Baca Juga: Perubahan Besar Harus Dimulai dan Alam Akan Memberi, Jawaban Soal Menjaga Hutan Indonesia TVRI 5 Juni 2020

Dilansir dari Tribunnews, ada beberapa pertanyaan yang diberikan dalam program Belajar dari Rumah yang tayang di TVRI.

Pada kesempatan kali ini Fotokita.net telah merangkum materi soal dan jawaban TVRI 23 Juli 2020 ini, silakan disimak.

Pertanyaan:

1. Bagaimana pendapatmu tentang permainan anak zaman dahulu dan permainan anak zaman milenial dengan teknologi yang jauh lebih canggih?

2. Permainan tradisional apa saja yang pernah kamu mainkan bersama teman-temanmu? Jelaskan seperti apa permainan tradisional tersebut!

Jawaban:

Baca Juga: Apakah Perilaku yang Ditunjukkan oleh Mila Sudah Mencerminkan Nilai-nilai Pancasila? Kunci Jawaban Belajar dari Rumah TVRI untuk SD Kelas 4-6

1. Permainan anak zaman dahulu lebih banyak melibatkan aktivitas fisik yang baik untuk melatih otot dan memiliki interaksi sosial yang lebih baik dibanding permainan anak zaman milenial.

Permainan anak zaman dahulu lebih banyak melibatkan aktivitas fisik.Permainan tradisional memiliki manfaat yang baik untuk melatih otot.Selain itu permainan tradisional memberikan manfaat interaksi sosial yang lebih baik dibanding permainan anak zaman milenial.

Karena permainan tradisional cenderung dimainkan bersama-sama di suatu tempat dan terkadang menggunakan alat sederhana seadanya.

Ryana Aryadita Umasugi/Kompas.com

Permainan engklek yang bisa dimainkan segala usia.

2. Aku biasanya bermain permainan Engklek bersama teman-teman.

Cara bermain Engklek :

a. Lompatlah menggunakan satu kaki di setiap petak-petak yang telah digambar

b. Siapkanlah gacuk (pecahan genting) sebelum bermain

c. Lemparlah gacuk ke salah satu petak

Baca Juga: Jelaskan Apa Saja yang Dapat Kita Lakukan untuk Menjaga Warisan Budaya Agar Tak Lekang Ditelan Zaman, Jawaban Soal Makna Pancasila TVRI Rabu 22 Juli 2020

d. Petak yang ada gacuk-nya tidak boleh diinjak/ ditempati oleh setiap pemain

e. Lompatlah ke petak berikutnya dengan satu kaku mengelilingi petak-petak yang ada

f. Pilihlah sebuah petak yang dijadikan sawah setelah menyelesaikan satu putaran

g. Petak itu boleh diinjak dengan dua kaki. Pemain lain tidak boleh menginjak petak itu selama permainan berlangsung.

2. Aku biasanya bermain permainan 'Gobak Sodor' bersama teman-teman.

Cara bermainGobak Sodor:

- Jumlah pemain dalam gobak sodor harus berjumlah genap antara 6-10 orang.

- Kemudian pemain dibagi dalam dua tim, yaitu tim jaga dan tim serang.

- Permainan ini dimainkan di tanah lapang berukurang kurang lebih 9 x 4 m.

- Kemudian area bermain tersebut dibagi menjadi 6 bagian.

- Lalu garis batas dari setiap bagian biasanya diberi tanda dengan kapur.

- Lalu grup jaga membuat pernjagaan berlapis dengan cara berbaris ke belakang, lalu sambil merentangkan tangan agar musuh tidak dapat melaluinya.

- Satu orang penjaga bertugas di garis tengah yang bergerak tegak lurus dari penjaga lainnya.

- Selama permainan, salah satu kaki penjaga harus tetap berada di atas garis jaga.

Baca Juga: Makna 5 Sila Pancasila dan Contoh Perilaku Sehari-hari yang Mencerminkan Perwujudan Sila Tersebut, Kunci Jawaban Belajar dari Rumah TVRI Rabu 22 Juli 2020

- Jika musuh menyentuh garis tersebut, maka pemain gugur.

- Permainan akan dimenangkan jika semua musuh dapat berhasil digugurkan.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma