Kalah Pamor dari Kaesang Pangarep, Begini Sosok Teguh Prakosa Mantan Guru Olahraga yang Dampingi Gibran Rakabuming dalam Pilkada Solo

Sabtu, 18 Juli 2020 | 09:11
instagram @gibran_rakabuming

Gibran Rakabuming bersama Jan Ethes

Fotokita.net - Gibran Rakabuming Raka bersama pasangannya calon Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa resmi mendapat rekomendasi dari DPP PDI Perjuangan atau PDIP maju Pilkada Solo 2020.

Rekomendasi itu diumumkan oleh Ketua DPP PDIP Puan Maharani di kantor DPP PDIP Jakarta yang disiarkan langsung secara virtual di Panti Marhaen Semarang pada Jumat (17/7/2020).

Dalam kesempatan itu, penyerahan surat rekomendasi penetapan calon juga diserahkan kepada pasangan calon dalam Pilkada Solo 2020.

Hadir pula Ketua DPC PDIP Solo FX Hadi Rudyatmo, Sekretaris Teguh Prakosa, Bendahara Johni Sofyan Erwandi, dan Wakil Ketua DPC PDIP Solo Bidang Pemenangan Pemilu, Putut Gunawan.

Baca Juga: Gibran Rakabuming Resmi Diusung PDI Perjuangan dalam Pilwalkot Solo 2020, Jokowi Janji Tak Akan Lakukan Hal Ini Saat Anak Sulungnya Mulai Berkampanye Nanti

Dalam pengumuman rekomendasi itu, selain Gibran dan Teguh, ada empat pasangan lain dari PDI-P Jawa Tengah antara lain Kabupaten Sukoharjo yakni paslon Etik Suryani dan Agus Santosa, Kabupaten Pekalongan yakni Fadia Arafiq dan Riswadi, Kabupaten Purworejo yakni Agustinus Susanto dan Rahmad Kabuli Jarwinto dan Kabupaten Wonosobo yakni Afif Nurhidayat dan Muhammad Albar.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Kembali Melonjak, Jokowi Malah Bersyukur Tak Lakukan Kebijakan yang Banyak Didesak Warga: Saya Tak Bisa Bayangin Kalau Dulu Kita Lockdown

Setelah pengumuman itu, Gibran Rakabuming Raka bakal segera bertemu dengan Achmad Purnomo yang sebelumnya ditugaskan DPC PDI-P Solo sebagai calon Wali Kota Solo berpasangan dengan Teguh Prakosa.

Putra sulung Presiden Jokowi ini bersama Ketua DPC PDI-P Solo FX. Hadi Rudyatmo bakal silaturahmi untuk memohon doa restu terkait pencalonannya sebagai Wali Kota Solo dari PDIP.

"Ya ini berencana untuk sowan ke Pak Purnomo," jelasnya kepada wartawan di Panti Marhaen Semarang, Jumat (17/7/2020).

Baca Juga: Tangan Kanan Jokowi Bocorkan 3 Lembaga yang Akan Ikut Dibubarkan, Refly Harun Malah Soroti Badan Pemerintah di Lingkaran Istana: Ya, Harus Dimulai dari Diri Sendiri

Usai Gibran mendapat rekomendasi resmi dari Ketua DPP PDI-P Puan Maharani sebagai calon Wali Kota Solo, Rudy bakal mengantarnya bertemu langsung dengan Purnomo.

"Habis ini mau saya antar ke Pak Purnomo untuk mohon doa restu dan dukungannya karena beliau komitmen bahwa yang dapat rekomendasi siapa pun wajib membantu dan memenangkan," kata Rudy.

Dok Humas Pemkot Solo via Tribun Solo
Dok Humas Pemkot Solo via Tribun Solo

Wali Kota Solo FX Rudyatmo (kiri)

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akhirnya memberikan rekomendasi kepada Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa untuk maju sebagai calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo dalam Pemilihan Kepala Daerah 2020.

Sebelum dipasangkan dengan Gibran, nama Teguh Prakosa sudah ditunjuk oleh DPC PDI-P Solo sebagai calon wakil wali kota mendampingi Achmad Purnomo yang menjadi calon wali kota.

Lewat perjalanan panjang, akhirnya bukan Purnomo, yang sekarang menjabat sebagai Wakil Wali Kota Solo yang diberi rekomendasi oleh DPP PDI-P, melainkan Gibran.

Baca Juga: Menteri Agama Sebut PNS yang Terpapar Radikalisme Seperti Musuh dalam Selimut, Kini Budiman Sudjatmiko Malah Soroti Seragam Korpri ASN Ini Hingga Terlanjur Jadi Viral

Namun, siapa pun calon wali kota yang diusung PDI-P, tampaknya Teguh Prakosa tetap dipercaya mendampingi.

Dalam survei yang dilakukan Laboratorium Kebijakan Publik Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta, Juli 2019, nama Teguh Prakosa menduduki urutan keempat dalam indikator popularitas dengan 49 persen.

ANTARA FOTO/MOHAMMAD AYUDHA

Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa resmi mendapat rekomendasi PDI Perjuangan untuk maju sebagai bakal calon wali kota dan wakil wali kota Solo pada Pilkada serentak Desember 2020.

Teguh masih kalah populer dibandingkan dengan Gibran, Achmad Purnomo, dan Kaesang Pangarep, adik Gibran.

Sementara itu, dari indikator akseptabilitas, Achmad Purnomo menempati peringkat tertinggi dengan persentase 83 persen, diikuti Gibran 61 persen, dan Teguh 49 persen.

Dari segi elektabilitas, Achmad Purnomo masih menempati urutan pertama dengan angka 38 persen, urutan kedua Gibran dengan 13 persen, dan Teguh Prakosa dengan angka 11 persen.

Baca Juga: Sepatu Sneakers Kotor Usai Hunting Foto, Tak Perlu Repot Cuci ke Laundry, Begini Trik Mudah Bersihkan Alas Kaki Hingga Kinclong Lagi Cuma dengan Baking Soda

Bagi kader PDI Perjuangan Surakarta, nama Teguh Prakosa tidak asing. Ia adalah Wakil Bendahara DPC PDI-P Surakarta periode 2000-2005 dan Sekretaris DPC PDIP Surakarta dari 2005 hingga sekarang.

TRIBUNSOLO.COM/ADI SURYA SAMODRA
TRIBUNSOLO.COM/ADI SURYA SAMODRA

Achmad Purnomo menghadiri 'Deklarasi Dukung Purnomo-Teguh Keluarga Besar Bolo Juang & B_TP Laweyan' di Suronalan RT 06 RW 08, Kelurahan Pajang, Kecamatan Laweyan, Solo, Rabu (8/1/2020).

Karier politik pria kelahiran Surakarta 10 November 1958 ini dimulai saat ia menjadi anggota DPRD Surakarta dari Fraksi PDI Perjuangan pada periode 2009-2014.

Ia lalu menjabat sebagai Ketua DPRD Surakarta periode 2014-2019. Ia kembali terpilih sebagai anggota DPRD Surakarta pada 2019 lalu.

Sebelum terjun ke dunia politik, Teguh adalah guru olahraga di SMK Bhinneka Karya Solo pada 1986-2009.

Ia menikah dengan Serlly Yusnita pada 29 November 2015 lalu.

Saat menikah, usia Teguh dan Serlly terpaut 26 tahun. Teguh berusia hampir 57 tahun sementara Serlly berusia 31 tahun.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya