Tetangga Kanan Kiri Hidup Melarat, Laki-laki Ini Malah Ketahuan Simpan Uang Dolar Bertumpuk-tumpuk, Dikira Lakukan Bisnis Haram Ternyata Sumber Duitnya dari Sini

Minggu, 12 Juli 2020 | 19:24
24h

Petugas kemudian menyita uang milik Andrew dalam bentuk dollar dan Poundsterling.

Fotokita.net- Afrika seringkali disebut benua hitam yang dianggap tertinggal dibandingkan wilayah lainnya.

Banyak negara-negara kesulitan berkembang, karena minimnya sumber daya yang mereka miliki.

Seperti kita ketahui Afrika merupakan sebuah wilayah dengan tingkat kemiskinan yang cukup tinggi.

Baca Juga: Ironis, Digadang-gadang Jokowi Sebagai Penanda Hidup Bersama Covid-19, Pemerintah Akhirnya Putuskan Hapus Istilah Ini Setelah Sulit Dipahami Masyarakat

Sementara itu, banyak kasus-kasus penggelapan, dan skandal korupsi besar-besaran yang dilakukan oleh segelintir pejabat.

Sehingga jangan kaget ketika kita akan banyak menemukan kesejangan sosial yang cukup tinggi di Afrika antara si kaya dan si miskin.

Baca Juga: Jasad ABK Indonesia Ditemukan di Dalam Freezer Kapal China, Begini Kesaksian Pekerja Migran yang Setiap Hari Disiksa Mandor Kapal, Penyebabnya Bikin Geram Rakyat Setanah Air

Menurut 24h pada Minggu (12/7/2020), sebuah kasus mencengangkan pernah terjadi pada tahun 2017 silam.

Untuk pertama kalinya, seorang pemilik uang dalam jumlah besar di Afrika berbicara tentang sumber uangnya yang mengejutkan banyak orang.

Tahun 2017, pihak berwenang di Afrika terheran-heran menemukan "gunung uang" di rumah seorang mantan pejabat.

Hal ini sangat mengejutkan, karena pada saat yang sama Nigeria merupakan negara miskin yang di mana masyarakatnya hidup terbelakang.

Baca Juga: Malaysia Punya Utang Rp 3.500 Triliun, Sementara Pinjaman Indonesia Capai Rp 5.200 Triliun, Lantas Kenapa Negara Tetangga Kita Itu Justru Terancam Bangkrut?

24h
24h

Foto Andrew Yakubu dan Tumpukan uang miliknya.

Namun, mantan pejabat ini memiliki gunung uang sebanyak 9,7 juta dollar Amerika (Rp139 miliar) dan 74 ribu poundsterling (Rp1.3 miliar).

Uang itu dalam jumlah tunai ditumpuk di sebuah brankas rahasia oleh Mr Andrew Yakubu, Mantan CEO Grup Minyak dan Gas Nasional Nigeria (NNPC).

Sementara itu, dengan uang yang fantastis bagi orang Nigeria itu membuat pihak berwenang curiga.

Baca Juga: Kerap Bagi-bagi Uang Hingga Dapat Sorotan dari Ustaz Abdul Somad, Baim Wong Malah Dituduh Pelit Gegara Tak Mau Bayar Ganti Rugi Rp 1 Miliar: 'Itu Sudah Terbukti Sejak Awal'

Sementara itu berdasarkan penyelidikan, Andrew Yakubu didakwa melakukan pelanggaran pencucian uang.

Ini adalah salah satu dari enam tuntutan yang dibuat pada 16 Maret 2017.

Dalam sidang pengadilan, yang diadakan beberapa hari yang lalu Andrew mengatakan 98% dari jumlah gunung uang yang ditemukan adalah hadiah.

24h
24h

Andrew menyembunyikan gunung uang di dalam rumahnya.

Uang itu kemudian disita di Kaduna, Nigeria dari Andrew Yakubu.

Sementara itu, 2% uang tersebut adalah uang yang dihemat saat bepergian ke luar negeri saat masih bekerja di kantor.

Dia mengkonfirmasi uang itu adalah miliknya dan diterima setelah meninggalkan kantor, pada acara seperti ulang tahun, peringatan dan pernikahan anaknya.

Baca Juga: Sesumbar Punya Uang Lebih Banyak Dibanding Tuhan, Sisa Hidup Laki-laki Congkak Ini Seperti Kena Azab, Terus-terusan Dapat Bencana Hingga Berujung Tragis

Dia mengungkapkan jumlah sumbangan dalam berbagai cicilan, dan mengungkapkan fakta bahwa dia menyimpan uang tersebut untuk rencana bisnisnya.

Lahir tahun 1955, Andrew menekuni karir dalam bisnis perminyakan di Nigeria.

Andrew sendiri dikenal sebagai seorang dermawan yang menyumbangkan banyak uang untuk amal di seluruh negara.

Baca Juga: Ngebet Ingin Nikah Muda, Laki-laki Ini Kaget Setengah Mati Saat Temukan Rahasia Besar Soal Istrinya yang Tersembunyi di Dalam Lemari Pakaian, Kisahnya Berujung Tragis

Dia mengambil jurusan teknik Kimia dan lulusa tahun 1979, dan mengambil alih perang kilang minyak di Nigeria, dan menjadi konglomerat di Nigeria.

Pada Tahun 2006 ia bekerja untuk Grup Minyak dan Gas Nasional Nigeria sebagai CEO, kemudian diberhentikan karena bertengkar dengan Menteri Perminyakan Nigeria.

Baca Juga: Dibayar Rp 600 Juta Buat Puaskan Hasrat Pengusaha Ini, Luna Maya Langsung Balas dengan Respon Menohok: 'Gue Cekik Lo!'

Sementara itu, gunung uang yang dimiliki oleh Andrew Yakubu ternyata bukanlah dari bisnis haram menurut penuturannya.

(Afif Khoirul M/Intisari-Online.com)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya