Alasan Ceraikan Istri yang Setia Dampingi Tetap Jadi Misteri, Ustaz Abdul Somad Malah Terpancing Pertanyaan Hotman Paris Soal Buaya Cinta: Gara-gara Dilarang Poligami?

Selasa, 16 Juni 2020 | 15:38
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal via KOMPAS.com

Ustaz Abdul Somad

Fotokita.net – Saat ini siapa yang tak kenal dengan kiprah pendakwah kondang yang satu ini. Ya,Ustaz Abdul Somad atau yang akrab disapa UAS adalah salah satu penceramah yang punya banyak penggemar di Tanah Air.

Gaya berceramah yang berapi-api dan penuh keberanian menjadi ciri khas Ustaz Abdul Somad kala menyampaikan ilmu agama di hadapan publik.

Sayangnya, rumah tangga Ustaz Abdul Somad yang telah berjalan 8 tahun justru digoyang perceraian usai UAS memutuskan bercerai dari Mellya Juniarti.

Baca Juga: Ibadah Haji Tahun 2020 Dibatalkan, Siapa Sangka Jemaah Indonesia Bernasib Mujur Bisa Saksikan Mukjizat di Padang Arafah Pada Musim Haji Lalu, Ada Pertanda Apa dari Sang Khalik?

Melansir dari Nova.id, sontak kabar perceraian sang ustaz kondang dan istrinya Mellya Juniarti menjadi perhatian publik.

Menyayat hati, Mellya beberapa waktu lalu justru menjadi sorotan usai mengunggah potret lawasnya saat mencium tangan UAS.

Baca Juga: Bak Jilat Ludahnya Sendiri Selama Ini Koar-koar Ajak Warga Tinggal di Rumah Aja Saat Wabah Corona , Selebgram Kondang Ini Malah Terciduk Nongkrong di Kafe

Padahal hari itu bertepatan dengan terkabulnya permohonan cerai UAS terhadap sang istri di Pengadilan Agama Bangkinang, Riau.

Foto tersebut diunggah oleh Mellya melalui akun Instagramnya @mizyanhadziq pada 3 Desember 2019 lalu.

Setidaknya sebanyak tiga foto diunggahnya kala itu.

Baca Juga: Konflik Keluarga Krisdayanti Seperti Tiada Berujung, Rupanya Mbak You Sudah Terawang Kejanggalan dalam Setiap Foto Bareng Aurel dan Azriel dengan Raul Lemos: Tapi Tabiat Asli Anang Malah Jadi Kartu As

Instagram @mizyanhadziq

Kebahagian Ustaz Abdul Somad (UAS) dan sang mantan istri kala masih bersama

Pada slide pertama, Mellya Juniarti membagikan foto saat dirinya menikah dengan Ustaz Abdul Somad.

Mellya mengenakan dress lengkap dangan veil putih.

Sementara Ustaz Abdul Somad memakai baju putih lengan panjang serta peci di kepalanya.

Baca Juga: Warga Dunia Kembali Dapat Ujian, Firasat Perempuan Indigo Sebut 4 Negara Termasuk Indonesia Akan Dihantam Gempa Dahsyat 9 SR Pada Bulan Ini

Instagram @mizyanhadziq

Foto pernikahan Ustaz Abdul Somad (UAS) dan Mellya Juniarti

UAS juga mengenakan sarung khas adat Riau.

Dalam foto tersebut, Mellya mencium tangan Ustaz Abdul Somad.

UAS yang berdiri di hadapan Mellya tampak tersenyum.

Baca Juga: Tragis! Sehabis Gelar Konser Musiknya yang Meriah, Penyanyi Jebolan Ajang Pencarian Bakat Ini Mendadak Meregang Nyawa di Depan Kamera: Ditembak Mati Laki-laki Misterius

Sementara di slide kedua, Mellya Juniarti membagikan foto dirinya bersama UAS di depan cermin.

Kamera yang dipegang Mellya dihadapkan pada cermin hingga bisa menangkap gambar dirinya bersama Ustaz Abdul Somad.

Pada slide terakhir, Mellya membagikan foto dirinya bersama UAS dan anak laki-lakinya.

Ketiganya tampak berada di sebuah restauran, sementaraMellya Juniarti duduk di antara sang anak dan UAS.

Mellya Juniarti juga tampak mencurahkan isi hatinya lewat unggahan foto tersebut, tepat di hari perceraiannya.

Baca Juga: Artis Cantik Ini Gemar Pamer Kemewahan, Fans Merasa Tertipu Sehabis Lihat Foto-foto Isi Apartemennya: Bermula dari Tunggakan Uang Sewa

Instagram @mizyanhadziq

Ustaz Abdul Somad (UAS), sang mantan istri, dan anak semata wayang keduanya.

Ibu anak satu tersebut menulis kalimat soal kehidupan yang tidak kekal.

Selain itu, Mellya Juniarti juga menyinggung pertanggungjawaban terhadap kepada Tuhan nantinya.

"Bismillah. Masyaallah Tabarakallah. Tak ada yang abadi kita pun akan mati, semua akan dimintai pertanggung jawaban Illahi Robbi. 03 Desember 2019,” demikian bunyi unggahannya.

Baca Juga: Bersumpah Tak Bakal Marah Bila Kedua Anak Tirinya Lakukan Hal Ini Pada Krisdayanti, Siapa Sangka Raul Lemos Punya Pilihan Makanan yang Sama dengan Suami Ashanty, Semuanya Terbongkar Karena Kelakuan Aurel

Putusan Pengadilan Agama Bangkinan membuat Mellya Juniarti cukup kaget lantaran pengadilan langsung memutuskan perkara padahal dirinya maupun UAS tidak hadir.

Terkait langkah banding, Mellya Juniarti menyerahkan sepenuhnya kepada sang pengacara.

Mellya Juniarti juga mengaku dirinya tak pernah melakukan kesalahan yang melampaui syariat.

Kali ini Hotman Paris Hutapea melakukan bincang live dengan Ustaz Abdul Somad (UAS), Sabtu (14/6/2020) malam.

Dalam perbincangan yang dilansir YouTube Hotman Paris Official pada Minggu (14/6/2020) itu, banyak hal diperbincangkan keduanya.

Baca Juga: Umur 19 Tahun Sudah Ikut Pembunuhan Berencana Pada Kekasihnya Sendiri, Kini Pesinetron Cantik Ini Sudah Berganti Nama Sehabis Jalani Hukuman Penjara, Kembali Pindah ke Keyakinannya yang Dulu?

Salah satu hal yang dipertanyakan oleh Hotman adalah soal buaya darat.

Hal itu bermula saat UAS menyinggung salah satu video ceramahnya yang diunggah di akun Instagram Hotman @hotmanparisofficial.

"Ada satu video lagi abang posting terkait tentang buaya darat," kata UAS.

Baca Juga: Bagaikan Bumi dan Langit, Krisdayanti Nyaman Tinggal di Rumah Seharga Rp 10 Miliar, Kehidupan Mantan Istri Raul Lemos Jauh dari Kesan Glamor: Ada Kursi Kondangan di Ruang Makannya

Mendengar perkataan UAS, Hotman pun langsung menyahut.

"Nah itu yang mau saya tanya," kata Hotman.

Hotman kemudian menjelaskan, menurutnya ada 4 jenis buaya.

Buaya yang pertama adalah buaya dalam artian sebenarnya.

Kedua adalah buaya cinta.

Baca Juga: Viral Bulu Kuduk Penyanyi Bandung Berdiri Tegak Sehabis Baca Cerita Driver Ojol Antarkan Penumpang Gaib, Netizen Langsung Balas Begini: 'Teteh, Almarhumah Ini Juga Pernah Dateng ke Ospek Jurusan Aku Deh'

Menurut Hotman, buaya cinta adalah orang yang sudah punya istri tetapi punya pacar di luar, tetapi pria itu tetap tanggung jawab memberi penghidupan terhadap anak dan istrinya.

Ketiga, lanjut Hotman, adalah buaya darat.

Yakni lelaki yang sudah punya istri tetapi juga punya banyak pacar dengan tetap bertanggung jawab terhadap anak dan istrinya.

Terakhir, kata Hotman, adalah buaya jahanam.

Baca Juga: Senang Foto Pose yang Bikin Gairah Laki-Laki Mendidih, Artis Cantik Ini Ceplas-ceplos Bilang Kuat Main di Atas Ranjang 8 Kali Semalam: 'Kalau Sama Bule Gak Sakit'

Tangkap Layar YouTube/Ustadz Abdul Somad Official

Hotman Paris curhat soal bunuh diri pada Ustaz Abdul Somad

Yakni lelaki yang punya istri tetapi kemudian menikah lagi dan anak istrinya dibuang.

Hotman kemudian bertanya apakah buaya cinta yakni lelaki yang memiliki istri tetapi memiliki pacar di luar dan masih memperhatikan anak istrinya, masih bisa dibenarkan baik secara moral maupun agama.

"Menurut pak ustaz, buaya cinta masih bisa dibenarkan nggak? Baik secara agama maupun secara moral," tanya Hotman.

Baca Juga: Konflik Keluarga Krisdayanti Seperti Tiada Berujung, Rupanya Mbak You Sudah Terawang Kejanggalan dalam Setiap Foto Bareng Aurel dan Azriel dengan Raul Lemos: Tapi Tabiat Asli Anang Malah Jadi Kartu As

Menjawab pertanyaan Hotman, UAS pun memberi penjelasan menurut ajaran agama Islam.

UAS mengatakan ada batasan yang itu contohkan seperti pintu darurat saat naik pesawat.

Ketika naik pesawat, pramugari menjelaskan ada pintu darurat yang bisa dibuka saat terjadi kondisi darurat seperti pesawat akan mengalami kecelakaan.

Baca Juga: Bikin Merinding! Koma Selama 2 Bulan dengan Fungsi Paru-paru Tinggal 10 Persen, Pasien Covid-19 Ini Berhasil Lolos dari Kematian: Berangsur Pulih dan Detak Jantungnya Kembali Normal

UAS menyebut pintu darurat itu sebagai poligami.

"Kalau dalam Islam bang Hotman, dia ada batasan, ada emergency door."

"Semacam kita naik pesawat itu, ada pramugari ladies and gentlemen ini ada pintu keluar pintu masuk, satu ini saja."

"Tapi kalau pesawat ini meletus masuk jurang, pintu ini bisa kau buka kata dia. Itulah dia poligami," jelas UAS.

Lebih lanjut, UAS mengungkapkan, sepanjang pernikahan dilakukan secara resmi dan mengikuti aturan negara serta mendapatkan izin istri pertama, tidak menjadi soal ketika seorang lelaki menikah lagi.

"Jadi selama dia pernikahan resmi kemudian sekarang diikat oleh aturan negara, ada izin istri pertama yang disahkan ke pengadilan itu sudah banyak yang saya ajarkan, tapi saya belum mengamalkannya."

"Jadi masih dibenarkan. Dia diakui secara hukum agama dan negara," jelas UAS.

Baca Juga: Umur 19 Tahun Sudah Ikut Pembunuhan Berencana Pada Kekasihnya Sendiri, Kini Pesinetron Cantik Ini Sudah Berganti Nama Sehabis Jalani Hukuman Penjara, Kembali Pindah ke Keyakinannya yang Dulu?

Masih belum puas dengan jawaban UAS, Hotman kemudian menyinggung apakah adil jika istri kedua adalah wanita berusia 21 tahun yang lebih cantik.

Menurut Hotman, pria itu pastinya akan lebih sering datang ke tempat istri kedua dibanding ke tempat istri pertama.

"Tapi apakah itu bisa disebut adil kalau istri kedua wanita artis berusia 21 tahun yang sangat mulus."

"Pasti pemikiran suami akan pengen ke sana melulu dibanding istri pertama. Gimana itu pak Ustaz mengatasinya?" tanya Hotman.

Baca Juga: Eko Patrio Pasrah Dibilang Jadi Saksi Nikah Siri Raffi Ahmad dan Ayu Ting Ting, Adik Nagita Slavina Malah Kabarnya Berani Ambil Tindakan Ini Waktu Terima Berita Liburan Bareng Sang Biduan Dangdut dengan Iparnya

UAS kemudian memberi jawaban mengejutkan karena menurutnya poligami tetap membutuhkan adanya izin istri pertama.

"Makanya diikat dia bang, harus ada izin istri pertama. Selama tidak ada izin istri pertama tidak akan bisa. Macam mana dia, bisa ditangkap polisi dia," ujar dia.

Artikel ini telah tayang di GridPop dengan judul Ditanya Hotman Paris Soal Selingkuhan hingga Artis Mulus, UAS Beri Jawaban Tak Terduga: Makanya Diikat

Artikel ini telah tayang di GridStar dengan judul Masih Tak Terima Sebab Ditalak Cerai oleh sang Ustaz, Mellya Juniarti Sengaja Pajang Foto Cium Tangan UAS saat Dinikahi dengan Kata-Kata Menusuk: Tak Ada yang Abadi

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya