Tak Cuma Orangtuanya yang Berusaha Sembunyikan Ferdian Paleka, Ternyata Orang Dekat YouTuber Sembako Isi Sampah Itu Ikut Dibekuk Polisi Setelah Sempat Kabur ke Palembang

Jumat, 08 Mei 2020 | 10:42
Instagram @lambe_turah

Ferdian Paleka tertunduk lesu di kantor polisi

Fotokita.net - Sebelum ditangkap polisipada Jumat (8/5/2020) dini hari, YouTuber prank sembako isi sampah Ferdian Paleka dinyatakan masukdaftar pencarian orang (DPO) Polrestabes Bandung.

Lewat penyelidikan awal, polisi memerika keluarga dan orang dekat Ferdian Paleka. Salah satunya, orangtua pelaku.

Ternyata, F yang merupakan bapak kandung Ferdian si YouTuber prank sembako isi sampah, yang diduga ikut menyembunyikan keberadaan Ferdian Paleka.

Hal ini bagian dari langkah pencarian setelah satu orang pelaku yang merupakan teman dari Ferdian Paleka telah ditahan dan ditetapkan sebagai tersangka.

Baca Juga: Sehabis Buron 4 Hari, YouTuber Sembako Isi Sampah Ferdian Paleka Akhirnya Dicokok Polisi di Daerah Ini. Begini Nasibnya Sekarang di Kantor Penegak Hukum: Jangankan Manusia, Hantu Pun Kita Kejar

Instagram/garizluis37

Ferdian paleka ditangkap polisi

Mengutip dari Kompas.com, polisi menduga orangtua Ferdian Paleka ikut membantu pelarian sang anak tersebut.

Hal tersebut terungkap dari pengejaran yang dilakukan tim Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Bandung.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Bandung, AKBP Galih Indragiri mengatakan, pelarian Ferdian sendiri diketahui warga yang melihat mobil pelaku berada di daerah Cileungsi, Bogor.

Mendapatkan informasi itu, tim Satreskrim langsung melakukan pengejaran dan membuntuti mobil tersebut.

Baca Juga: Ancam Tembak di Tempat, Polisi Berhasil Lacak Tempat Persembunyian YouTuber Ferdian Paleka Setelah Kabur dari Merak: Tunggu Tanggal Mainnya!

Namun saat akan ditangkap, ternyata yang mengendarai mobil itu bukanlah Ferdian.

"Jadi tim kita yang sudah membuntuti dan melakukan penangkapan yang kami kira yang bersangkutan (pelaku F), namun demikian ternyata orangtua (bapak kandung) dari saudara F," ujar Galih di Mapolrestabes Bandung, Rabu (6/5/2020).

Namun orangtua Ferdian sendiri seakan enggan menjelaskan secara spesifik keberadaan anaknya tersebut.

"Menurut keterangan dari yang bersangkutan dia tidak menyampaikan secara spesifik. Intinya orangtuanya tetap melindungi anaknya, jadi tidak memberitahukan keberadaan anaknya," ujar Galih.

Baca Juga: Selalu Dicap Jelek Sebagai Perusak Rumah Tangga Orang, Istri Ahmad Dhani Bongkar Perjalanannya Berhijrah Lantaran Dipicu Kejadian Tak Biasa Ini: Aku Itu Sombong Banget Selama Ini

Instagram/garizluis37
Instagram/garizluis37

Beredar Foto dan Video Penangkapan Ferdian Paleka di Tol Tangerang-Merak.

Polisi pun akhirnya memeriksa lebih lanjut orangtua Ferdian terkait keberadaan anaknya itu.

Galih menilai, orangtua Ferdian ini tak kooperatif lantaran seakan menyembunyikan anaknya yang tengah dalam pencarian kepolisian.

"Sementara masih saksi kita periksa secara intensif terkait apa yang dia ketahui terkait apa yang anaknya lakukan," kata Galih.

"Ya, sudah pasti (tak kooperatif) kalau kita melihat dari kronologi dari awal kita amankan yang pertama, kemudian kita amankan mobilnya, di mana mobil tersebut milik saudara F yang dibeli dari dia (bapak kandung) sendiri, itu dikuasai oleh orangtuanya," sambungnya.

Baca Juga: Terawang Banyak Publik Figur yang Tertangkap Karena Narkoba, Roy Kiyohi Seperti Termakan Hasil Penglihatan Mata Batinnya: Dicokok Polisi Gara-gara Barang Haram

Kolase Instagram/@lame_turah & @garizluis37

Ferdian Paleka resmi ditangkap

YouTuber Ferdian Paleka yang masuk daftar pencarian orang (DPO) Polrestabes Bandung akhirnya ditangkap pada Jumat (8/5/2020) dini hari.

Ferdian ditangkap bersama teman dan pamannya. Penangkapan ini dibenarkan Kabid Humas Polda Jabar Kombes Saptono Erlangga saat dikonfirmasi, Jumat.

"Benar, Pelaku FP, A, dan J (paman dari FP) telah diamankan di Tol Jakarta-Merak (daerah Tangerang)," ucap Erlangga.

Baca Juga: Video Bagi-bagi Mi Instan dan Uang Buat Warga di Jalan Viral, Crazy Rich Surabaya Ini Sengaja Kirim Pesan Menohok Buat YouTuber Ferdian Paleka yang Masih Sembunyi: Itu Orang Gila!

Erlangga menjelaskan, polisi menangkap Ferdian Paleka pada dini hari setelah keluar dari Pelabuhan Merak, Banten.

"(Ditangkap) setelah keluar Pelabuhan Merak pada Jumat, sekira jam 01.00 WIB," lanjut Erlangga.

Video penangkapan Ferdian Paleka sebelumnya juga diunggah seorang polisi Brigadir Satu Muhammad Gariz Luis melalui akun Instagram-nya, @garizluis37.

"Main-main sama Polda Jabar @divisihumaspolri," tulis @garizluis37 dalam keterangan video.

Dia juga mengunggah foto Ferdian Paleka yang tengah diborgol. Adapun video aksi YouTuber Paleka Present viral di media sosial setelah melakukan prank terhadap waria atau transpuan di Bandung.

Baca Juga: Disebut Bukan Jadi Orang yang Populerkan Kembali Didi Kempot, YouTuber Gofar Hilman Ternyata Punya Cerita Tak Biasa Tentang The Godfather of Broken Heart: Mas Artis Ibu Kota, Saya Penyanyi Udik

Paleka Present yang terdiri dari Ferdian Paleka dan Tubagus itu membagikan bingkisan berisi sampah dan batu kepada waria yang mereka temui di jalan.

Aksi yang diunggah di YouTube itu pun menuai kecaman dari bebagai pihak. Ferdian dilaporkan atas dugaan pencemaran nama baik dan terancam UU ITE.

Pihak kepolisian telah mendatangi kediaman Ferdian Paleka, tetapi hasilnya nihil lantaran yang bersangkutan sudah tidak berada di rumah.

Pada kesempatan yang sama, orangtua dari Ferdian juga berjanji akan menyerahkan anaknya kepada pihak kepolisian.

Kehadiran Ferdian nantinya akan dimintai keterangan terkait aksi prank yang dibuatnya.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya