Hutan Tropis Kalimantan Memiliki Keragaman Hayati Yang Besar. Setujukah Kamu? Inilah Jawaban Soal Belajar dari Rumah TVRI Jumat 8 Mei 2020

Jumat, 08 Mei 2020 | 04:51
Zika Zakiya

Hutan tropis di hutan Kalimantan.

Fotokita.net -Hutan Tropis Kalimantan Memiliki Keragaman Hayati Yang Besar. Setujukah Kamu? Berikan Pendapatmu!

Itulah soal pertama dalam program Belajar dari rumah TVRI untuk siswa-siswa SMP menyuguhkan tayangan tentang Taman Nasional Betung Kerihun pada Jumat 8 Mei 2020

Program Belajar dari Rumah TVRI Jumat 8 Mei 2020 untuk SMP dimulai pada pukul 09.30 Wib sampai dengan pukul 10.00 Wib.

Sekilas Mengenai Taman Nasional Betung Kerihun. Dilansir dari Wikipedia.org, Taman Nasional Betung Kerihun atau sebelumnya dikenal dengan nama Gunung Bentuang merupakan taman nasional yang berada di Provinsi Kalimantan Barat. Taman Nasional Betung Kerihun memiliki luas 8.000 km2 yang telah berdiri sejak 1992.

Taman Nasional Betung Kerihun ini 65% nya terdiri dari hutan, yaitu hutan lindung, hutan konservasi, serta hutan produksi. Oleh karena itulah Taman Nasional Betung Kerihun ini merupakan salah satu hutan Indonesia yang menjadi paru-paru dunia.

Baca Juga: Benarkah Sekarang Umur Dedi Lebih Tua 30 Tahun dari Umur Andi? Inilah Perhitungan Soal Matematika SMP di TVRI 5 Mei 2020

Taman Nasional Betung Kerihun

Sekilas mengenai Taman Nasional Betung Kerihun adalah merupakan kawasan konservasi seluas 8.000 km2 yang terletak di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

Taman Nasional Betung Kerihun memiliki topografi bentangan pegunungan Muller yang menghubungkan Gunung Betung dan Gunung Kerihun sebagai penghalang antara wilayah Indonesia dan Malaysia.

Di dalam area Taman Nasional Betung Kerihun ini memiliki ratusan jaringan sungai kecil dan besar di DAS ( daerah aliran sungai ) Kapuas yang luas.

Taman Nasional Betung Kerihun adalah merupakan kawasan lindung di Kecamatan Embaloh Hulu, Kecamatan Embaloh Hilir dan Kecamatan Putussibau di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Taman Nasional Betung Kerihun memiliki tata letak bentuk yang panjang dan berbatasan dengan Sarawak di Malaysia di utara.

Baca Juga: Apakah Para Guru Akan Piket Bersaa Kembali di Bulan April 2020? Inilah Penjelasan Jawaban Matematika di TVRI SD Kelas 4-6 Jumat 8 Mei 2020

Warga di dan sekitar kawasan hutan Taman Nasional Betung Kerihun umumnya adalah orang Dayak. Di bagian barat Taman Nasional Betung Kerihun kebanyakan dihuni oleh Dayak Iban dan Dayak Tamambaloh, sedangkan di pusat Taman Nasional Betung Kerihun sebagian besar ditempati dan dihuni oleh Dayak Bukat, sedangkan di bagian timur Taman Nasional Betung Kerihun dihuni dan ditempati oleh orang Dayak Punan. Mereka membangun Homestay dan menyediakan porter, longboat, dan menjual kain tenun Borneo, anyaman dan ukiran kayu.

Tangkapan Layar Youtube/ CegumTv
Tangkapan Layar Youtube/ CegumTv

Tangkapan layar Taman Nasional Betung Kerihun TVRI.

Teman-teman, tahukah kamu bahwa hutan Indonesia dijuluki sebagai paru-paru dunia? Hutan-hutan tropis seperti hutan Amazon di Brasil, hutan diKongo, dan di Indonesia merupakan penghasil oksigen terbesar di dunia dan menyimpan karbon dioksida.

Hutan tropis kita perlu sekali dilestarikan. Bayangkan, tanpa hutan-hutan ini, kita akan kesulitan bernafas! Hutan ini juga sangat indah. Kita lihat yuk seperti apa!

Wah indah sekali yah Taman Nasional Betung Kerihun. Ingin tahu lebih lanjut? Yuk kita dengarkan penjelasannya berikut ini! “Magnificent Betung Kerihun National Park”

Baca Juga: Rangkuman Jawaban dan Soal Matematika Persamaan dan Pertidaksamaan Linear di TVRI untuk SMP Selasa 5 Mei 2020

Hutan Tropis Kalimantan Memiliki Keragaman Hayati Yang Besar. Setujukah Kamu? Berikan Pendapatmu!

Dari tayangan program belajar dirumah TVRI 8 Mei 2020 SMP kelas 7 8 9 diatas, silahkan disimak Soal Jawaban TVRI SMP 8 Mei 2020 dibawah ini, untuk pertanyaan tayangan program belajar TVRI hari ini Jumat 8 Mei 2020 untuk tingkat SMP kelas 7 8 9 :

Pertanyaan :Hutan tropis Kalimantan memiliki keragaman hayati yang besar. Setujukah kamu? Berikan pendapatmu!

Jawaban :Ya Setuju, Hutan Kalimantan sangat terkenal akan keberagaman Flora dan Fauna yang semuanya masih terawat dan terjaga sampai saat ini. Bahkan diantara Flora dan Fauna tersebut ada yang sangat langka dan unik serta masuk dalam kategori dilindungi.

Hutan Tropis Kalimatan juga memiliki keberagaman hayati dan menjadi salah satu paru-paru dunia yang memberikan Oksigen keseluruh dunia, hal ini karena pohon-pohon yang mendiami hutan ini cenderung besar dan tinggi.

Baca Juga: Apakah Kamu Setuju dengan Pernyataan Ketua Panitia Lomba Sepeda Santai? Inilah Jawaban Soal Matematika SMP di TVRI Selasa 5 Mei 2020

Gloria Samantha

Sungai Haloi, salah satu dari sungai di dalam kawasan Taman Nasional Betung Kerihun.

Jika Pepohonan Dengan Diameter Besar Habis Ditebang Atau Terbakar, Apa Yang Akan Terjadi Dengan Ekosistem Di Sekelilingnya?

Pertanyaan :Jika pepohonan dengan diameter besar habis ditebang atau terbakar, apa yang akan terjadi dengan ekosistem di sekelilingnya?

Jawaban :Jika pepohonan dengan diameter besar ditebang dan dibakar maka hutan akan kehilangan kemampuannya untuk menyimpan air hujan.

Air hujan yang turun tidak akan bisa diserap dan ditahan oleh akar pepohonan sehingga air hujan tersebut langsung mengalir ke sungai bahkan bisa menyebabkan terjadinya banjir bandang.

Dengan tidak adanya pohon dan hutan yang menjadi gundul dan gersang, otomatis hewan juga kehilangan tempat tinggal dan tempat mereka mencari makanan, dan akhirnya Ekosistem yang ada akan menjadi rusak.

Baca Juga: Apakah Kamu Setuju dengan Pernyataan Supir Mobil Boks Itu? Inilah Jawaban Soal Matematika Persamaan dan Pertidaksamaan Linear di TVRI 5 Mei 2020

Mengapa Penduduk Banyak Yang Tinggal Di Bantaran Sungai?

Pertanyaan :Mengapa penduduk banyak yang tinggal di bantaran sungai?

Jawaban :Banyak penduduk yang tinggal di bantaran sungai karena pada jaman dahulu sungai merupakan sumber kehidupan dan sumber mencari makanan.

Sungai pada jaman dahulu juga dimanfaatkan sebagai sarana transportasi yang memudahkan orang untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya.

Baca Juga: Mengapa Kita Dapat Mendengar Gaung dan Gema? Yuk Catat Jawaban Perbedaan Keduanya dalam X-Sains di TVRI Selasa 5 Mei 2020

Sedangkan saat ini Bantaran sungai banyak dijadikan sebagai tempat pemukiman karena harganya yang jauh lebih murah dan lebih cepat untuk membangun pemukiman dibantaran sungai tersebut, sehingga hal inilah yang pada akhirnya saat ini banyak mencemari sungai dengan limbah rumah tangga.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya