Jadwal Lengkap dan Soal Materi Belajar dari Rumah di TVRI untuk SD SMP SMA Selasa 5 Mei 2020

Senin, 04 Mei 2020 | 14:25
kompas.com

Jadwal lengkap dan pertanyaan materi soal Belajar dari Rumah di TVRI untuk SD SMP dan SMA

Fotokita.net -Pada Selasa 5 Mei 2020,programBelajar dari Rumah yang tayang di TVRIuntuk siswa-siswi SD, SMP, dan SMA sederajat terus berlanjut. Berikut ini jadwal lengkap dan materi pertanyaan yang muncul dalam program Belajar dari Rumah.

Bertepatan dengan ibadah puasa hari kedua belas, pada Selasa 5 Mei 2020program Belajar dari Rumah yang tayang di TVRI untuk siswa-siswi SD, SMP, dan SMA sederajat membahas sejumlah topik. Agar tak ketinggalan, lebih dicatat jadwal lengkapnya.

Televisi Republik Indonesia (TVRI) bekerja sama denganKementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI menayangkan program Belajar dari Rumah untuk memfasilitasi siswa/siswi segala tingkatan, yang tengah menjalani pembatasan aktivitas sosial akibat pandemi Covid-19.

Tayangan ini diberi nama Program Belajar dari Rumah. Programyang ditayangkan TVRI Nasional ini merupakan upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dalam membantu terselenggaranya pendidikan bagi semua kalangan kini dihadirkan melalui Program Belajar dari Rumah.

Baca Juga: Inilah yang Menjadi Bukti Berdirinya Kerajaan Tarumanegara, Jawaban Soal Materi di TVRI SD Kelas 4 5 6 Kamis 30 April 2020

Tribunnews

Belajar dari Rumah TVRI.

Kebijakan siaran belajar dari rumah yang ditayangkan di stasiun TVRI Nasional telah diterapkan sejak Senin, 13 April 2020 dan akan berlangsung hingga 3 bulan mendatang pada jadwal yang telah ditentukan.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) melalui TVRI meluncurkan program " Belajar dari Rumah" sebagai alternatif belajar di tengah pandemi Coronavirus Disease (Covid-19).

Baca Juga: Sejarah dan Bukti Berdirinya Kerajaan Tarumanegara, Materi Belajar dari Rumah di TVRI SD Kelas 4 5 6 Kamis 30 April 2020

"Program ini direncanakan akan dimulai pada Senin, 13 April 2020 dan akan berjalan selama tiga bulan hingga Juli 2020," jelas Mendikbud Nadiem Makarim pada telekonferensi Peluncuran Program Belajar dari Rumah di Jakarta, pada Kamis (9/4/2020).

Dalam kesempatan sama, Direktur Jenderal Kebudayaan (Dirjenbud) Hilmar Farid menjelaskan program Belajar dari Rumah di Televisi Republik Indonesia (TVRI).

Baca Juga: Inilah Jawaban Soal Hari Apa Rania Akan Kembali ke Rumah, Materi Belajar dari Rumah TVRI SD Kelas 1 2 3 Kamis 30 April 2020

Setiap hari dari Senin hingga Jumat ada siaran pembelajaran untuk seluruh jenjang dari PAUD sampai SMA/SMK dan program untuk orang tua (parenting).

"Tiap jenjang ada waktu setengah jam. Materi siaran berasal dari berbagai sumber, seperti TV Edukasi yang diproduksi Kemdikbud maupun pihak di luar Kemdikbud," terangnya.

Baca Juga: Inilah Rangkuman Jawaban Soal Materi Khan Academy: Hari Bulan dan Jam di TVRI untuk SD Kelas 1 2 3 Kamis 30 April 2020

Tribunnews

Program belajar dari Rumah TVRI untuk pendidikan SD hingga SMA setiap hari.

Jadwal Belajar dari Rumah di TVRI untuk SD SMP SMA Senin 4 Mei 2020 adalah sebagai berikut:

Selasa, 5 Mei 2020

1. 08.00-08.30: Jalan Sesama: Grrrr, Meong, Citcit (PAUD dan sederajat)

Baca Juga: Contoh Puisi Bertemakan Keluarga Belajar dari Rumah TVRI SD Kelas 4-6 28 April 2020

2. 08.30-09.00: Matematika : Mengukur Berat Benda (SD Kelas 1-3 dan sederajat)

3. 09.00-09.30: X-Sains : Gaya dan Sifat-sifatnya (SD Kelas 4-6 dan sederajat)

4. 09.30-10.00: Mat. Mantul : Persamaan dan Pertidaksamaan Linear (SMP dan sederajat )

5. 10.00-10.30: Matematika : Sketsa Grafik Fungsi Kuadrat (SMA/SMK dan sederajat)

6. 10.30-11.00: Anak Berkebutuhan Khusus (Orangtua/Guru)

Baca Juga: Soal dan Jawaban Matematika Belajar dari Rumah TVRI SD Kelas 1-3 Sederajat Selasa 28 April 2020: Meloncat dan Mengurut Bilangan

7. 21.20-23.30: Film Nasional:Meraih Mimpi

Baca Juga: Inilah Cerita Singkat Tentang Ciri Khas Daerah Jakarta dan Jawa Barat, Materi Lagu dan Pakaian Adat di TVRI SD Kelas 1 2 3 Rabu 29 April 2020

Jadwal Belajar dari Rumah di TVRI ini dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan penyiaran TVRI dan Kemendikbud. Perubahan jadwal akan diinformasikan lebih lanjut.

iStockphoto
Rawpixel

ilustrasi belajar dari rumah

Selain itu, berikut kami rangkum beberapa alternatifnya dari Panduan Belajar dari Rumah Kemendikbud:

Soal SD Kelas 1-3

Pelajar SD kelas 1-3 akan disajikan dengan tayangan Matematika : Mengukur Berat Benda.

Baca Juga: Inilah Alasan Teman-teman Wayan Anggap Wayan Tetap Juara Sejati. Materi Soal Sahabat Pelangi di TVRI untuk SD Kelas 1 2 3 Senin 4 Mei 2020

Berikut beberapa pertanyaannya:

1. Buktikan bahwa berat 2 piring yang sama bahannya, namun berbeda ukuran, akan berbeda beratnya!

2. Ukurlah berat 3 alat dapur di rumahmu, lalu urutkan dari yang paling berat! Caranya, siapkan gantungan baju dan kantong plastik di masing-masing ujungnya.

Masukkan 1 alat dapur ke salah satu kantong plastik dan benda lain, sebagai alat ukur, ke kantong plastik lainnya. Lakukan bergantian untuk ketiga alat dapur yang kamu pilih sehingga kamu bisa mengurutkan beratnya.

Baca Juga: Wayan Sudah Sungguh-sungguh dalam Persiapan Hadapi Lomba, Begini Pendapat Kita dalam Materi Sahabat Pelangi di TVRI untuk SD Kelas 1 2 3 Senin 4 Mei 2020

3. Berat sebuah mangga sama dengan berat dua buah apel yang sama besar. Jika berat mangga 30 ons, berapa ons berat sebuah apel?

Nah, untuk menjawab pertanyaan ini, kita bisa menyimak tayangan Belajar dari Rumah TVRIedisi Selasa (05/05/2020).

Pelajar SD kelas 4-6 akan disajikan dengan tayangan X-Sains : Gaya dan Sifat-sifatnya.

Nah, sesuai judulnya, materi di edisi kali ini akan membahas hal-hal menarik seputar gaya dan sifat-sfatnya.

Baca Juga: Cara Menjawab Soal Materi Gemar Matematika Operasi Hitung Bilangan di TVRI untuk SD Kelas 4 5 6 Senin 4 Mei 2020

Berikut beberapa soal yang mungkin dijadikan pertanyaan dikutip dari sumber yang sama:

  1. Jelaskan 3 contoh aktivitas kalian yang menggunakan sifat gaya ketika membantu ibu di rumah!
  2. Lakukan percobaan! Jatuhkan dua buah batu dengan ukuran berbeda secara bersamaan dari ketinggian yang sama. Apa yang akan terjadi ? Tuliskan hasil percobaanmu!
  3. Tuliskan pengamatanmu dalam bentuk laporan sederhana terhadap percobaan Menara Mur Hexagonal!
  4. Mengapa kita dapat mendengar gaung dan gema? Jelaskan perbedaan keduanya melalui ilustrasi berupa perbedaan dimensi ruangnya!
Soal SMP

Sedangkan untuk pelajar SMP,akan disajikan materi seputar Mat. Mantul : Persamaan dan Pertidaksamaan Linear. Berikut beberapa pertanyaan yang mungkin bisa dijadikan soal di program Belajar dari Rumah TVRI edisi Selasa (05/05/2020), dikutip dari sumber yang sama:

Baca Juga: Inilah Luas Minimal Plat Seng yang Diperlukan, Jawaban Soal Matematika Bangun Ruang Sisi Lengkung di TVRI untuk SMP

  1. Suatu perlombaan sepeda santai diikuti oleh 9.000 orang. Panitia akan menyediakan 125 hadiah yang terdiri dari sepatu olahraga seharga Rp 500.000,00 per pasang dan jaket seharga Rp 200.000,00 per jaket. Panitia menyediakan dana sebesar Rp 37.000.000,00 untuk membeli semua hadiah.Ketua panitia mengatakah bahwa jika panitia hanya membeli 40 pasang sepatu olahraga, maka panitia hanya bisa membeli kurang dari 80 jaket sebagai hadiah. Apakah kamu setuju dengan pernyataan ketua panitia tersebut? Jelaskan alasanmu!
  1. Sebuah mobil boks memiliki kapasitas total angkut 1.930 kg. Berat supir 70 kg dan berat kernetnya 60 kg. Supir mengatakan bahwa mobil dapat mengangkut lebih dari 45 kotak barang yang berat tiap kotaknya 40 kg untuk sekali pengangkutan. Apakah kamu setuju dengan pernyataan supir tersebut?
  1. Lima tahun yang lalu umur Dedi 7 kali umur Andi, sedangkan 20 tahun yang akan datang umur Dedi 2 kali umur Andi. Benarkah sekarang umur Dedi lebih tua 30 tahun dari umur Andi? Tunjukkan perhitunganmu!

Baca Juga: Kunci Jawaban Soal Matematika Persamaan dan Fungsi Kuadrat di TVRI untuk SMA/SMK Sederajat Kamis 30 April 2020

Soal SMA

Sedangkan untuk pelajar SMA,akan disajikan materi seputar Matematika : Sketsa Grafik Fungsi Kuadrat

Berikut ini soalnya:

  1. Diketahui fungsiy = x2 – 4x + 3
Tentukan:

  • a. Titik potong kurva fungsi dengan sumbu-sumbu koordinat.
  • b. Koordinat titik balik minimum.
Baca Juga: Apakah Filosofi Batik di Luar Jawa Sama dengan Batik yang Berasal dari Jawa? Inilah Jawaban Materi Belajar dari Rumah di TVRI untuk SMP Senin 4 Mei 2020

  1. Gambar sketsa grafik fungsi berikut:y = -(x-3)2+ 1

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya