Andy Ayunir Meninggal Dunia: Kibordis yang Memoles Melly Goeslaw Itu Pergi dari Blantika Musik Indonesia untuk Selamanya.

Kamis, 23 April 2020 | 15:55
Rude Billy

Andy Ayunir saat tampil bersama The Upstairs.

Fotokita.net - Siapa yang tak kenal dengan Andy Ayunir. Dialah kibordis andal yang ada di blantika musik Indonesia.

Pada Kamis (23/04/2020), Andy Ayunir meninggal dunia lantaran sakit. Berikut ini sekelumit kisah tentang kiprah Andy Ayunir.

Andy Ayunir, lahir di Tanjung Pinang 29 Nopember 1966. Dari kanak-kanak, ia memiliki bakat besar dalam musik.

Baca Juga: Sehabis Bendahara Negara Bilang Tak Ada THR Buat Pejabat Tinggi, Anak Buah Jokowi yang Satu Ini Berlakukan Hal yang Sama Bagi Direksi dan Komisaris BUMN

Setelah menyelesaikan pendidikan musik di Berklee College of Music, Boston AS, pada 1989, namanya semakin berkibar dan dikenal sebagai salah satu keyboardis handal.

Ia pun menggeluti karir sebagai Designer Musik di Indonesia (baik sebagai Produser, Arranger, Komposer, Musik Programmer, dan Musisi).

Tahun 1990 Andy makin serius mengeluti bisnis musik rekaman. Ia meluncurkan album synth-pop atau electronic.

Di situ ia menyanyi, membuat lagu, membuat arransemen, programming hingga memainkan berbagai perangkat keyboard/synthesizers .Meskipun tampil tunggal, ia dibantu Arie Ayunir (cymbal), Dewa Budjana (gitar),Doddy Soekaman (programming) serta Noor Bersaudara (penyanyi latar).

Baca Juga: Jadi Istri Raja Jam Tangan Indonesia, Penyanyi Kondang Ini Pamer Foto Makan Daun Emas 24 Karat Telur Ikan Termahal di Dunia: Aman Buat Kesehatan?

Andy telah berkarya dalam sejumlah album penyanyi maupun band terkenal, seperti Titi Dj, Ruth Sahanaya, Anggun, KLA Project, Humania, Vonny Sumlang, Padi, Ada Band, GiGi, Cool Colors, Potret, Melly Goeslaw, ME, Denada , Shelomita, Eka Dili, Dewi Sandra, Rotor, Stenly Sagala, Ahmad Albar, Harry Moekti, Sophia Latjuba, Nia Zulkarnaen, SOG, Andri Satrio, Stingky Andri, EdanE, Terapi Post, Dewi Gita, Ipang, Vivi, /rif, dan banyak lainnya.

Pada tahun 2002, ia juga membuat beberapa iklan untuk Nescafe, Telkomsel, Cocacola, Walls, Minta segar, dan banyak lainnya.

Ia juga tercatat pernah bergabung dengan kelompok band CYNO (Cyber Technologie Band) bersama Todung Pandjaitan, Syaharani, dan Didit Sa’ad.

Saat ini ia masih aktif berkolaborasi untuk pembuatan musik bersama Anggun, Melly Goeslaw, Shanty, Electra (Electric Orchestra).

Baca Juga: Foto Berjemurnya di Tengah Pandemi Bikin Mata Netizen Terbelalak, Rupanya Wulan Guritno Pernah Kebablasan Saat Jalin Asmara dengan Aktor Ganteng Ini: Begini Kabarnya Sekarang

Setelah menilai pementasan musik Smiling Ramadhan berjalan dengan sukses pada Bulan Puasa lalu di Jakarta, kini penyelenggara yang sama menjadwalkan untuk menggelar pertunjukan musik Hits Makers Live: Let The Legend Shine On di Jakarta, Sabtu (31/8/2013) mulai pukul 19.00 WIB. Let The Legend Shine On, yang akan diadakan di Beyond Bar & Lounge, akan menampilkan kerja sama antara vokalis Melly Goeslaw dengan pemain keyboard Andy Ayunir.

"Pada dasarnya, acara Hits Makers Live, Melly GoeslawfeaturingAndy Ayunir: Let The Legend Shine On kelanjutan dari acara yang digelar di bulan Ramadhan kemarin dalam tema Smiling Ramadhan di beberapahot spotJakarta dengan hasil yang memuaskan," ungkap Marketing Manager PT General Motors Indonesia (Chevrolet), Daryl Zulfikar, selaku sponsor, di Jakarta, Kamis (29/8/2013). "Hits Makers Live, Melly Goeslaw featuring Andy Ayunir: Let The Legend Shine On adalah tema berikutnya dan dilakukan di kafe atauloungeyang jadihot spotdi Jakarta," lanjutnya. Dalam Hits Makers Live Melly GoeslawfeaturingAndy Ayunir: Let The Legend Shine On, penampilan bareng antara Melly dengan Andy diharapkan bisa memuaskan penonton dengan memainkan total 18 lagu milik Melly dalam berbagai aransemen yang berbeda dari setiap lagunya.

Baca Juga: Kirim Pesan Lancang yang Bikin Geram Bukan Kepalang, Ternyata Sosok Inilah yang Tawari Luna Maya Uang Ratusan Juta Buat Jadi Teman Jalan-jalan Pengusaha: Sorry Gue Nggak Jualan

"Ada lagu utuh, setengah lagu, semi medley, medley,beatboxing, kolaborasi, dan kompilasi. Semuanyahitbesar, seperti 'Ada Apa Dengan Cinta?', 'Cinta Sejati', 'Tegar' yang dipopulerkan oleh Rossa, dan masih banyak lagihitlainnya," kata pihak The Show Factory, Erick Turangan, selaku promotor pementasan tersebut. Musiknya, menurut Erick, sebagian besar bernuansa elektronik, karena acara berlangsung di Beyond Bar & Lounge, dengan kombinasi hip-hop dan pop. "Semuanya akan didukung tata suara hebat berkat beberapa peralatan suara tambahan untuk membuatnya lebih sempurna. Efek panggungnya pun terlihat sempurna," kata Erick. Masih kata Erick, untuk konsep tata cahaya, pihaknya akan menciptakan suasana yang berbeda dengan pencahayaan khusus untuk masing-masing segmen dengan memaksimalkan tempat kecil ruang bar.

Baca Juga: Undangan Nikah Sudah Siap Disebarkan, Tiba-tiba Artis Cantik Ini Harus Gigit Jari Gara-gara SMS dari Sang Calon Mempelai. Begini Foto Terkininya

"Sebanyak 32 buah lampu dan beberapa peralatan laser bersama beberapa peralatan tahap efek. Kerja keras terbayar karena hasilnya mengejutkan dan tampak berbeda saat Melly tampil membawakan hits luar biasa miliknya di depanfanssetianya. Kami percaya acara ini akan menggairahkan dan menampilkan sesuatu yang berbeda bagi yang menonton," terangnya. "Penonton diharapankan memenuhi acara sesuai dengan target. Penonton pun bisa menikmati dan ikut menyanyikan hits milik Melly," lanjutnya. Diagendakan, Melly akan hadir dengan tiga penampilan berbeda selama pertunjukan tersebut, dengan gaya baru yang berbeda. Sementara itu, Andy akan mengenakan pakaian futuristiknya sambil memainkan musik digital, keyboard, dangadgetmusik berteknologi canggih.

Baca Juga: Bolak-balik Datangi Kantor Polisi, Kehidupan Baru Pasangan Artis Ini Mulai Terasa Getir: Jual Koleksi Barang Mewah Hingga Jualan Donat "Sesuatu yang membedakan adalahsound-nya. Aku dan Melly siap menampilkan sesuatu yang wah dengan konsep yang dipikirkan secara matang. Kepenginnya sih seperti itu," kata Andy. "Senangnya, Melly progres dan mau menerima sesuatu yang baru. Dari Melly yang aku suka, dia banyak mau mencoba sesuatu yang baru, dengan tambahan sesuatu dari dia. Dia enggak bulat-bulat menerima, karena kami berargumen dan kami akhirnya bisa berkolaborasi, termasuk untuk proyek ini," imbuhnya.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya