Baru Beberapa Hari Makamkan Ibu Rizky Febian, Sule Tampak Bersungut-sungut di Depan Kamera Gara-gara Keputusan Sepihak Teddy: Selalu Bawa-bawa Amanah Almarhumah

Selasa, 07 Januari 2020 | 12:37
Kolase wiken.id

Teddy Ungkap Anaknya Akan Diasuh oleh 'Soulmate' Lina, Sule Justru Heran Kenapa Bayi Itu Tidak Diasuh oleh Keluarga, 'Kenapa Mesti ke Orang Lain?'

Fotokita.net - Awal tahun 2020 lara menyapa keluarga komedian kondang Sule. Sehabis keriaan malam pergantian tahun, komedian kondang Sule tak menyangka ditinggal pergi mantan istri, Lina Zubaedah secara mendadak.

Rupanya bukan hanya Sule yang berduka. Keempat anak-anaknya dari hasil pernikahan dengan mendiang Lina kedapatan sedih bukan kepalang.

Komedian kondang Sule dan mendiang Lina Zubaedah menikah pada tahun 1997. Tetapi, pernikahan mereka kandas pada 2018. Beberapa bulan setelah bercerai, Lina diketahui menikah dengan Teddy dan dikaruniai seorang anak.

Baca Juga: Pernah Tinggal Seatap Selama 21 Tahun Hingga Tak Punya Firasat Apa-apa, Hati Sule Hancur Sewaktu Lihat Kondisi Terakhir Mendiang Mantan Istri di Rumah Sakit: 'Udah Biru-biru'

Setelah Lina Zubaedah meninggal dunia pada 4 Januari 2020, rupanya ada masih banyak pertanyaan yang mengganjal bagi komedian Sule yang berstatus mantan suami almarhumah.

Sedikit demi sedikit mulai, Sule mulai mempertanyakan keputusan Teddy yang adalah suami sah dari mendiang Lina.

Sule bahkan dibuat heran dengan keputusan Teddy untuk menitipkan buah hatinya dengan Lina pada orang lain yang tak memiliki hubungan darah.

Baca Juga: Sule Dibikin Naik Pitam Soal Hak Asuh Anak, Suami Mendiang Lina Malah Tanggapi Santai Terkait Nasib Si Kecil. Sambil Tersenyum, Dia Bilang Begini

Komedian 43 tahun ini pun mempertanyakan soal keputusan sepihak Teddy terkait tempat pemakaman dan tahlilan, seperti apa? Berikut rangkumannya.

1. Sule batal makamkan Lina di dekat Abah

Meski telah menyiapkan tanah pemakaman untuk Lina di samping kuburan Abah, almarhum ayah Sule, komedian kelahiran Cimahi ini akhirnya terpaksa mengalah dengan kemauan Teddy.

"Ini dia (Teddy) mau keukeuh (kukuh) di situ. Dari pihak keluarga penginnya di Ciputra, Iky ( Rizky Febian) inginnya di Cimahi, di tempat saya. Karena saya sudah menyiapkan tempat di sana," kata Sule dalam video Cumicumi.

Bagi Sule, yang terpenting adalah jenazah Lina dimakamkan dengan baik terlebih dahulu.

"Untuk saat ini yang penting sudah (dikuburkan). Kasihan sama almarhum, yang penting bisa disemayamin dulu," kata Sule.

Baca Juga: Anak-anaknya Turuti Keinginan Terakhir Sang Ibunda Sewaktu Malam Tahun Baru, Rupanya Sule Malah Lakukan Hal Ini Pada Saat yang Sama: 'Iya Permintaan dari Lina Sendiri'

TRIBUN JABAR/FASKO DEHOTMAN
TRIBUN JABAR/FASKO DEHOTMAN

Keluarga menghadiri acara pemakaman mantan istri komedian Sule, Lina Zubaedah, di Bandung, Sabtu (4/1/2020). Lina dinyatakan meninggal dunia saat berada di RS Al Islam, Bandung, setelah menderita sakit lambung dan darah tinggi. TRIBUN JABAR/FASKO DEHOTMAN

2. Teddy menyebut lokasi pemakaman amanah Lina

Teddy membuat keputusan untuk menguburkan Lina di pemakaman keluarganya adalah keputusan terbaik, sesuai amanah Lina.

"Pemakaman tadi itu kan yang berhak sebetulnya saya, karena suaminya," kata Teddy.

Baca Juga: Hatinya Hancur Ditinggal Lina yang Meninggal Dunia Mendadak, Rupanya Inilah Keinginan Rizky Febrian yang Belum Kesampaian Buat Ibunda: 'Ya, Belum Bisa Nerima Aja'

"Bundanya (Lina) sendiri tadi juga masalah tempat juga kan, pengin amanahnya enggak usah di taman pahlawan atau di tempat lain," kata Teddy dalam kanal YouTube Cumicumi seperti dikutip Kompas.com, Senin (6/1/2020).

Baca Juga: Anak-anaknya Turuti Keinginan Terakhir Sang Ibunda Sewaktu Malam Tahun Baru, Rupanya Sule Malah Lakukan Hal Ini Pada Saat yang Sama: 'Iya Permintaan dari Lina Sendiri'

Tribun Jabar/Mega Nugraha
Tribun Jabar/Mega Nugraha

pemakaman Lina

3. Tahlilan di tempat teman

Tak hanya soal pemakaman, Sule juga dibuat heran dengan keputusan Teddy soal lokasi tahlilan. Teddy memutuskan untuk menggelar tahlilan di daerah Banjaran, rumah teman yang disebut bernama teh Pupung.

Keputusan Teddy itu sempat membuat Sule tak habis pikir, meski akhirnya pasrah juga atas keputusan Teddy.

"Mamanya nanya, 'mau tahlilan di mana?' mau tahlilan di Banjaran (jawab Teddy). Lah di Banjaran tempat siapa? tempatnya Pupung itu, temannya. Mau tahlilannya di temannya?," kata Sule dalam vlog.

Baca Juga: Sedih Bukan Kepalang Gara-gara Sang Istri Pergi Mendadak, Ingatan Suami Lina Begitu Membekas Pada 2 Hal yang Dilakukan Ibunda Rizky Febrian Sebelum Ajal Menjemput

Teddy bahkan mempersilakan mama mertuanya untuk menggelar tahlilan di mana saja, karena semakin banyak yang mendoakan semakin baik.

"Kalau teh Pupung kan sudah di sana saja, jadi saya pikir banyak yang mendoakan di beberapa tempat, di Cirebon juga ada, di keluarganya, di Subang juga ada, di Panyawangan ada, terus di Banjaran ada. Ya, banyak yang mendoakan, ya alhamdulillah," ujar Teddy.

Youtube Sule Channel

Sule mencuci kaki orang tuanya dan Lina

4. Teddy titipkan anak di tempat sahabat

Tak cuma perihal tahlilan, Teddy rupanya pilih menitipkan anaknya dengan Lina yang masih berusia dua bulan kepada temannya dibandingkan keluarga dari mendiang sang istri.

Tetapi, Teddy mengaku miliki alasan menitipkan anaknya pada teh Pupung. Pria yang menikahi Lina di awal tahun 2019 itu mengatakan bahwa dia sudah percaya dan menganggap teh Pupung sebagai keluarga sendiri.

Baca Juga: Jarang Muncul di Depan Kamera Hingga Dituding Tinggalkan Ibunda Rizky Febian, Rupanya Suami Baru Lina Itu Justru Terima Firasat Terakhir Sewaktu Sang Istri Meninggal Dunia: 'Si Kecil Menjerit'

"Tadi kebetulan si kecil dibawa ke Banjaran (rumah Teh Pupung)," kata Tedy dalam video Cumicumi, seperti dikutip, Senin (6/1/2020).

"Saya enggak mungkin, ibaratnya tamu banyak yang datang, gendong bayi atau repot, di sana Teh Pupung telaten juga, saya percaya," kata Teddy yang mengaku tetap akan mengasuh anaknya.

Kolase Tangkap layar YouTube
Kolase Tangkap layar YouTube

Sule Siap Asuh Bayi Lina, Teddy Berurai Air Mata Sambil Gendong Dek Bintang, 'Saya Keberatan'

5. Sule bersedia asuh anak hasil pernikahan kedua mantan istrinya

Mendengar rencana Teddy untuk menitipkan anaknya pada teh Pupung, Sule akhirnya buka suara. Sule mengatakan bahwa ia bersedia merawat anak dari mantan istrinya itu.

"Sebetulnya kalau diizinkan mau saya bawa. Kalau diizinkan," kata Sule menegaskan.

Ia tak habis pikir dengan keputusan Teddy yang memilih untuk menitipkan bayinya pada orang lain, sementara mendiang Lina masih memiliki ibu dan juga saudara.

"Walaupun itu ada amanat atau apa pun, kenapa mesti ke orang lain? Menantunya enggak komunikasi bagaimana baiknya," kata Sule.

Baca Juga: Sekalipun Sudah Bercerai, Inilah Bakti Terakhir Komedian Kondang Ini Pada Sang Mantan Istri Sebelum Jenazahnya Menuju Liang Lahat

Sama seperti ayahnya, anak sulung Sule dengan Lina, Rizky Febian mengaku siap jika harus merawat adik hasil dari pernikahan kedua ibunya.

Kolase tangkap layar Youtube KH Infotainment dan Putri Delina

Sule bersedia rawat anak Lina dan Teddy

"Kalau aku mah mau. Aku juga ada obrolan sama Putri (Putri Delina) kalau mau urus segala macam," kata Rizky.

Tetapi, Teddy tak setuju dengan ide tersebut. Terlebih jika harus membawa anaknya ke Jakarta.

"Kalau buat membesarkan atau membawa ke Jakarta, saya sendiri keberatan. Cuma kalau misalkan support, misalkan nengokin adeknya, silaturahim (silakan)," kata Teddy juga dalam video Cumicumi.(Rintan Puspita Sari/Kompas.com)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya