Cintanya Kandas dengan Penyiar Radio Kondang Itu, Anak Pengusaha Terkaya Indonesia Ini Justru Akan Nikmati Gaji Bulanan Rp 51 Juta. Kerjanya Pun Tak Perlu Tiap Hari Ngantor!

Sabtu, 23 November 2019 | 14:41
Instagram | @putri_tanjung

Putri Tanjung dan kekasihnya, Ojido Stevanus.

Fotokita.net -Putri Tanjung adalah anak pertama dari pengusaha terkaya nomor 7 di Indonesia, Chairul Tanjung. Bapaknya itu tercatat sebagai orang yang memegang izin waralaba(franchise)Wendy’s, dan barang-barang mewah seperti Versace, Mango dan Jimmy Choo di Indonesia. Jadi semua yang ingin membuka cabang merek-merek dagang tadi harus melalui Chairul Tanjung dulu.

Karena kecerdasannya dalam manajemen uang, pria kelahiran 16 Juni 1962 pernah ditunjuk jadi Menteri Koordinator Perekonomian Indonesia saat masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhono. Ia menggantikan Hatta Rajasa yang saat itu naik jadi calon wakil presiden mendampingi Prabowo Subianto dari 19 Mei 2014 hingga 27 Oktober 2014.

Chairul Tanjung dikenal sebagai orang terkaya ke-568 dan ke-7 di Indonesia tahun 2018 versi Majalah Forbes. Kekayaan bersihnya mencapai Rp.56,4 triliun.

Baca Juga: Sempat Pede Bakal Dapat Tugas Lagi dari Jokowi, Rupanya Politikus yang Dekat Rizieq Shihab Ini Harus Gigit Jari. Namanya Tak Masuk dalam Daftar Staf Khusus Presiden

Chairul Tanjungpunya tiga perusahaan utama dari bidang media, layanan finansial, ritel, hingga properti dan sumber daya alam. Perusahaan-perusahaan tersebut adalah Mega Corp, Trans Corp dan CT Global Resources yang di bawahnya masih memiliki banyak anak perusahaan.

Kompas.com

Putri Tanjung (pegang mik) satu dari tujuh staf khusus presiden dari kalangan milenial.

Jauh sebelum namanya melanglang-buana, anak dari enam saudara ini pernah mengecap pahitnya kehidupan dan dijuluki sebagai Anak Singkong alias anak kampung yang serba kekurangan karena ayahnya di-PHK.

Chairul Tanjung adalah anak dari wartawan bernama Abdul Ghafar Tanjung. Saat zaman Orde Baru, tulisannya dianggap berbahaya dan menentang penguasa. Akibatnya, mereka sekeluarga jadi bangkrut. Mereka terpaksa menjual rumah dan tinggal di satu kamar sempit di gang Batu Tulis (saat itu adalah area kumuh yang jadi simbol kemiskinan Jakarta).

Baca Juga: Kerap Bergaya Cuek Depan Kamera, Dara Ayu yang Baru Ditunjuk Jokowi Sebagai Staf Khusus Milenial Ini Rupanya Bukan Orang Sembarangan. Bapaknya Adalah Anak Singkong yang Jadi Orang Terkaya No 7 di Indonesia dalam Usia Muda

Losmen sempit tersebut dipaksa untuk jadi tempat berteduh delapan orang. Rumah barunya tersebut bahkan tidak memiliki kamar mandi, sehingga mereka harus mandi di kali.

Instagram @putri_tanjung

Putri dan Chairul Tanjung

Beruntung, orang tua Chairul Tanjung mempunyai prinsip “pendidikan itu adalah langkah yang harus ditempuh dengan segala daya dan upaya agar bisa keluar dari jerat kemiskinan”. Dengan bekal ini, mereka menyekolahkan CT hingga ke bangku kuliah.

Nama Putri Tanjung menyita perhatian publik.Nama belakang Putri memang tidak asing. Ia merupakan anak pertama dari pengusaha Chairul Tanjung.

Alasannya ia baru saja ditunjuk Presiden Joko Widodo untuk menjadi staf khusus Presiden.

Baca Juga: Bongkar Kisah Kasihnya dengan Putri Konglomerat Indonesia yang Kini Jadi Staf Khusus Presiden, Sosok Penuh Tato Itu Marah Pada Satu Hal Ini. Cinta Bertepuk Sebelah Tangan?

Penunjukan Putri Tanjung sebagai Staf Khusus Presiden ini disampaikan oleh Jokowi langsung di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta pada Kamis (21/11/2019).

"Putri Indahsari Tanjung, masih sangat muda, umur 23 tahun," ujar Jokowi saat memperkenalkan Putri.

"Jebolan Academy of Art San Francisco, founder dan CEO Creativepreneur, Chief business of Creative," ucap Jokowi.

Instagram | @putri_tanjung

Putri Tanjung bersama kedua orangtuanya, Chairul Tanjung dan Anita Ratnasari Tanjung dan adik laki-lakinya, Rahmat Dwiputra Tanjung.

Cantik, mandiri dan pekerja keras rasanya sudah menjadi imej tersendiri dari salah satu anak konglomerat tanah air, Putri Tanjung.

Seperti yang dikutip dari Grid.ID, Belakangan, Putri Tanjung dikabarkan berpacaran dengan lelaki bernama Ojido Stevanus yang menamatkan kuliahnya di Amerika Serikat.

Namun, sebelum berpacaran bersama Ojido Stevanus, Putri Tanjung pernah berpacaran dengan seorang anak punk yang usianya 13 tahun lebih tua darinya.

Baca Juga: Dulu Bapaknya Tinggal di Kampung Kumuh Jakarta Hingga Jadi Pengusaha Terkaya Indonesia, Gadis Cantik Ini Juga Rasakan Getirnya Cari Duit. Kini Dia Jadi Orang Dekat Jokowi

Anak punk yang kini sukses menjadi pebisnis dan penyiar radio itu tak lain adalah Gofar Hilman, pemilik Lawless.

Dulu, saat Gofar Hilman masih memacari Putri Tanjung, tak sedikit yang memuji juga menghujat karena perbedaan status sosial mereka yang kelewat jauh.

Kini, mereka berdua memang sudah benar-benar putus cinta setelah lama berpacaran.

Meski sudah tak lagi menjadi pacar dari Putri Tanjung, rupanya, Gofar Hilman tak mau anti untuk membicarakan mantan pacarnya, Putri Tanjung.

Instagram

Kini Staf Khusus Presiden, Putri Tanjung Pernah Patahkan Hati Gofar Hilman si Anak Punk: Kalau Gue Terusin akan Menyakiti Dia

Padahal, Gofar Hilman sepertinya sadar kalau hubungannya dengan Putri Tanjung tak jarang menjadi candaan teman-temannya yang kebanyakan musisi indipenden.

Salah satunya adalah musisi asal Tangerang, Jason Ranti, yang kerap menciptakan lirik lagu sinis.

Dalam YouTube channel milik Gofar Hilman, dia dengan senang hati bercerita kepada Jason Ranti soal hubungannya dulu bersama Putri Tanjung.

Baca Juga: Kerap Bergaya Cuek Depan Kamera, Dara Ayu yang Baru Ditunjuk Jokowi Sebagai Staf Khusus Milenial Ini Rupanya Bukan Orang Sembarangan. Bapaknya Adalah Anak Singkong yang Jadi Orang Terkaya No 7 di Indonesia dalam Usia Muda

(Instagram)

Putri Indahsari Tanjung dan Gofar Hilman

“Menantunya raja media massa,” celetuk Jason Ranti.“Udeh kagak!” ceplos Gofar seraya tertawa.

“Gue turut berduka cita ya, ini ada cerita, boleh? Punten pisan,” kata Jason Ranti.

“Enggak apa-apa,” kata Gofar santai.

“Kalau gue prinsipnya gini cuy, ada sesuatu hal yang enggak bisa dipaksakan, dan memang tidak harus dipaksakan,” kata Gofar Hilman.

“Itu lu maksa kemaren?” tanya Jason Ranti.

“Oh bukan. Jadi ada beberapa kondisi yang kalau gue (jalani) terus, ini akan menyakiti dia,” kata Gofar Hilman.

“Nah, daripada kayak gitu, gue memilih untuk kehidupan lain,” kata Gofar Hilman.

“Rejeki, jodoh, mati di tangan Tuhan,” kata Jason Ranti.

“Udah gitu di beritanya gini cuy, ‘mantan anak punk’, yang gue marah itu, bukan ‘mantan’ (anak punk), masih! Yang gue marah cuma itu, kenapa nyebut ‘mantan’ (anak punk), masih!

Cuma dulu kemasannya generik, ha-ha-ha, sekarang kaos bandnya asli, dulu kan nyablon sendiri,” kata Gofar Hilman.

Baca Juga: Usai Resmi Diumumkan Sebagai Komisaris Utama Pertamina, Ahok Juga Bersiap Dapatkan Kabar Gembira Satu Lagi. Sosok Ini Sudah Kasih Bocorannya

Rupanya, perihal putusnya Gofar Hilman dan Putri Tanjung, masih membuat Jason Ranti penasaran.

Kocaknya, musisi yang akrab disapa Jeje Boy itu mengaku penasaran dengan sosok Putri Tanjung yang dikenal sebagai anak konglomerat di Indonesia.

“Kenapa (putus) Far? Udah wangi, mapan, punya gurita bisnis,” kata Jason Ranti. “Tapi gue boleh nanya enggak sih? Punten,” kata Jason Ranti.

Instagram Putri Tanjung

Dilantik Jadi Staf Khusus Jokowi, Gaya Sederhana Anak Pengusaha Tajir Putri Tanjung Curi Perhatian di Istana Presiden

“Putri konglomerat itu wanginya kayak apa sih Far? Gue penasaran deh, dari jarak 5 meter kecium gitu,” tanya Jason Ranti polos.

“Sama aja, dia enggak perawatan banget-banget bosque,” kata Gofar.“Wanginya biasa aja, tapi yang gue suka banget adalah humble-nya luar biasa.”

“Jadi kadang dia enggak nyadar gitu kalau dia orang kaya,” kata Gofar Hilman seraya tertawa.

“Ya seru lah, seru, orangnya menyenangkan kok, baik dan pintar, sangat!” kata Gofar Hilman. “Masa lalu itu.”

Baca Juga: Sempat Pede Bakal Dapat Tugas Lagi dari Jokowi, Rupanya Politikus yang Dekat Rizieq Shihab Ini Harus Gigit Jari. Namanya Tak Masuk dalam Daftar Staf Khusus Presiden

“Tapi gue seneng melihat orang lain bahagia, orang yang kita sayangi bahagia, bukannya cliche ya, asalkan ada alasan yang sangat-sangat logis,” kata Gofar Hilman.

“Gue orang yang mendewakan logika, man,” kata Gofar Hilman.

“Kadang rasa itu bisa gue kalahkan, karena gue orangnya gampang me-manage perasaan. Gampang banget mengubah mood,” kata Gofar Hilman.

“Tapi lu sedih enggak sih? (putus dari Putri Tanjung),” tanya Jason Ranti.

“Awalnya iya lah, parah,” kata Gofar Hilman.

Tribun/Seno Tri Sulitiyono

Putri Tanjung, staf khusus milenial Jokowi

Lepas dari itu, ini gaji yang akan diterima Putri Tanjung selama menjabat sebagai staf khusus Presiden Jokowi.

Gaji staf khusus Presiden

Tujuh staf khusus Presiden Joko Widodo dari kalangan milenial nantinya tidak akan bekerja penuh waktu atau full time setiap bulan.

Namun, seperti dilaporkan Kompas.com, mereka akan tetap mendapat gaji penuh.

Baca Juga: Pantas Saja Jokowi Restui Ahok Jadi Komisaris Utama Pertamina, Rupanya BPK Sudah Banyak Temukan Hal Janggal Ini Sejak Lama: Uang Negara Lenyap Tanpa Jejak?

Aturan soal gaji staf khusus ini tercantum dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 144 Tahun 2015 tentang Besaran Hak Keuangan bagi Staf Khusus Presiden, Staf Khusus Wakil Presiden, Wakil Sekretaris Pribadi Presiden, Asisten, dan Pembantu Asisten.

Berdasarkan beleid yang diterbitkan Jokowi pada 2015 itu, gaji Staf Khusus Presiden sebesar Rp 51 juta.

Gaji itu merupakan pendapatan keseluruhan dan sudah termasuk gaji pokok, tunjangan kinerja, dan tunjangan pajak penghasilan.

Tribunnews.com
Tribunnews.com

Staf Khusus Kepresidenan

Juru Bicara Presiden yang juga Staf Khusus Bidang Komunikasi Fadjroel Rachman membenarkan bahwa staf khusus dari kalangan milenial digaji berdasarkan Perpres 144/2015.

"Ya, kan mereka bekerja 1 x 24 jam," kata Fadjroel di Istana Kepresidenan, Jakarta, Sabtu (23/11/2019).

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyebutkan, para staf khusus milenial tersebut tidak bekerja full time di Istana.

Namun, Fadjroel berdalih bahwa pada dasarnya mereka bisa bekerja untuk membantu Presiden dari mana saja.

Mereka bisa memberi masukan kapan saja kepada Jokowi.

"Setiap stafsus itu boleh berikan masukan kepada Presiden 1 x 24 jam. Tapi tidak harus ketemu dengan Presiden, jadi kan enggak setengah-setengah. Kami bekerja 1 x 24 jam," kata Fadjroel.

Adapun ketujuh stafsus dari kalangan milenial itu ialah Putri Indahsari Tanjung (CEO dan Founder Creativepreneur), Adamas Belva Syah Devara (Pendiri Ruang Guru), dan Ayu Kartika Dewi (Perumus Gerakan Sabang Merauke).

Kemudian, Angkie Yudistia (Pendiri Thisable Enterprise, difabel tunarungu), Gracia Billy Yosaphat Membrasar (CEO Kitong Bisa, peraih beasiswa kuliah di Oxford), dan Aminuddin Ma'ruf (mantan Ketua Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia).

Baca Juga: Baru Naik Pangkat Tapi Dipastikan Bakal Segera Diberhentikan, Jenderal Bintang 3 Ini Malah Tenang-tenang Saja. Begini Fakta Sebenarnya Tentang Sosok Polisi Kontroversial Itu

Kompas.com
Kompas.com

Presiden Jokowi dan Staf Khusus Presiden

Selain itu, Andri Taufan Garuda Putra (Pendiri Lembaga Keuangan Amartha).

Presiden Jokowi sudah memperkenalkan mereka di teras Istana Merdeka pada Kamis (21/11/2019).

Presiden Jokowi meyakini ketujuh anak muda yang ditunjuknya sebagai staf khusus itu bisa menjadi teman diskusi untuk memberikan gagasan-gagasan segar dan inovatif.

Namun, Jokowi menyebutkan, para staf khusus milenial ini tidak perlu bekerja penuh waktu (full time) di Istana.

Jokowi paham, kebanyakan dari mereka adalah para pengusaha muda yang kini masih memimpin perusahaan masing-masing. Selain itu, ada juga yang masih berniat melanjutkan kuliah.

"Tidak full time, (karena) beliau-beliau sudah memiliki kegiatan dan pekerjaan," kata Jokowi.

Oleh karena itu, Jokowi tak mempermasalahkan jika mereka tak datang dan berkantor di Istana setiap hari.

Baca Juga: Disetujui Jokowi Sebagai Komisaris Utama, Ternyata Begini Alasan Ahok Tak Dipilih Sebagai Direksi di PT Pertamina

Instagram Putri tanjung

Dulu Hatinya Ditaklukan Mantan Anak Punk, Ini Dia Sosok Pacar Putri Tanjung yang Kini Sukses Menjadi Pengusaha Hingga Staf Khusus Presiden Jokowi

Menurut dia, pertemuan bisa dilakukan dalam skala mingguan.

"Minimal seminggu, dua minggu, pasti ketemu," kata Jokowi.

Selain itu, ketujuh staf khusus ini juga tak dibagi dalam pembidangan tertentu. Jokowi beralasan, dia ingin agar ketujuh stafsus milenial bekerja sama sehingga tak membatasi mereka dengan bidang-bidang tertentu. "Ini staf khusus saya yang baru, untuk bidang-bidangnya ini kerja barengan gitu," kata Jokowi.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya