Ayah Mereka Hadapi Ancaman Hukuman Mati, Istri Zul Zivilia Cuma Bisa Bilang Begini Saat Si Kecil Rindu Pada Sang Papa. Jawabannya Bikin Kita Elus Dada

Rabu, 06 November 2019 | 07:09
Kolase WARTA KOTA/ARIE PUJI WALUYO, tangkap layar Youtube Trans TV Official

Zul Zivilia, Retno Paradinah

Fotokita.net- Penyanyi Zul Zivilia ditangkap bersama tersangka karena kedapatan memiliki 50 kg sabu, 54.000 butir ekstasi. Kemudian, ditemukan juga barang bukti berupa uang tunai lebih dari Rp 300 juta.

Zul bersama beberapa rekannya diamankan di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, pada Maret lalu.

Kini, sidang tuntutan kasus kepemilikan dan penyalahgunaan narkoba dengan terdakwa penyanyi Zul Zivilia kembali ditunda. Padahal, sidang ini sedianya digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, pada Senin (4/11/2019).

Dikutip dari Tribunews.com, sidang ditunda hingga pekan depan, 11 November 2019. Lantaran berkas tuntutan untuk Zul Zivilia dan beberapa terdakwa lainnya belum lengkap.

Baca Juga: Licin Bagai Belut, 2 Kali Urusan dengan Polisi Terkait Narkoba Kini Vicky Nitinegoro Kembali Lolos. Kok Bisa?

"Berkasnya belum lengkap. Jadi, sabar ya sidang ditunda pekan depan," kata hakim ketua Tiares Sirait saat sidang.

Ditangkapnya Zul Zivilia tentu membawa perbedaan besar di dalam keluarga kecilnya. Berbeda dari kebanyakan artis ibu kota yang datang dengan kabar tentang betapa mahalnya biaya sekolah anak-anak mereka di hari pertama masuk sekolah kemarin, kesederhanaan tampak dari keluarga Zul Zivilia.

Zul Zivilia dan istrinya, Retno Paradinah, memiliki 3 orang putra bersekolah yang usianya tak terpaut jauh, sementara putri mereka belum bersekolah.

Instagram @retnoparadinah

Suami Terancam Hukuman Mati, Begini Sibuknya Istri Zul Zivilia yang Rela Jualan Kue Demi Menyambung Hidup

Maka, di hari pertama masuk sekolah, tampak Retno Paradinah sibuk mengurus ketiga putranya itu.

Melansir dari unggahan Youtube acara Status Selebtiris (15/7/2019), Sebelum berangkat di hari pertama masuk sekolah, ketiga anak Zul dan Retno terlebih dahulu sarapan.

Bukan menu yang istimewa, ketiga anak lelaki itu tampak menyantap setangkap roti tawar isi selai.

Baca Juga: Teringat Cerita Kelam Sebelum Nikahi Nagita Slavina, Raffi Ahmad Bongkar Sosok Jenderal Polisi yang Jadi Penyelamatnya Saat Terjerat Kasus Narkoba

Selesai sarapan, Retno dengan sigap memakaikan seragam sekolah ke putra bungsunya.

Seragam atasan batik warna hijau dan celana warna biru.

Sementara putra Retno lainnya telah siap dengan seragam merah putihnya memperhatikan sang ibu mengurus adiknya.

Instagram @retnoparadinah
Instagram @retnoparadinah

Hari pertama masuk sekolah Anak Zul Zivilia

Hanya dua anak Zul dan Retno yang hari itu berangkat sekolah, karena putra sulungnya masih libur hingga tanggal 17, hal itu disampaikan oleh Retno.

Saat kedua putranya sudah siap, Retno segera mengeluarkan sepeda motor untuk mengantar putranya yang duduk di bangku SD.

Sementara putra bungsunya dia antar belakangan karena jarak sekolahnya lebih dekat.

Baca Juga: Pernah Tersangkut Kasus Narkoba Bareng Vicky Nitinegoro, Artis Cantik Ini Kini Tinggal di Rumah Mewah Bak Istana. Begini Penampakannya

Bahkan, untuk menuju ke sekolah si bungsu, Retno memilih jalan kaki.

"Saya kan tadi abis nganter Yuki ke sekolah barunya, itu lumayan jauh, jadi butuh waktu sekitar 15 menit lah. Sekarang, giliran nganter yang TK ini," kata Retno.

"Sekolahnya dekat, jadi kita jalan aja ya," sambung Retno.

Retno pun mengantar putra bungsunya dengan berjalan kaki, Ia menggandeng tangan buah hatinya yang menggendong tas ransel warna merah.

Meski penuh kesederhanaan, Retno menyunggingkan senyum melihat anak bungsu yang berjalan di sebelahnya, kebahagiaan terpancar seperti orangtua lainnya yang mengantarkan anak di hari pertama masuk sekolah.

Instagram/ @hendrikmanalu_77

Illustrasi Zul Zivilia: Saya Mengunakan Narkoba Atas Kehendak Allah

Retno dan anak bungsunya pun sampai di sekolah, tak tampak kemewahan dari sekolah anaknya, tampak banyak orangtua mengantar anak-anak di halaman sekolah itu.

"Jadi, Yafi itu dari awal masuk sekolah dulu masih playgrup, engga minta ditemenin, malah (Retno) disuruh pulang," cerita Retno tentang anak keduanya.

Kini, Retno memag harus mengurus ketiga anaknya seorang diri tanpa sosok suami usai Zul Zivilia masuk bui.

Vokalis band Zivilia itu, tersandung kasus penyalahgunaan narkoba sejak Maret lalu.

Baca Juga: Enam Tahun Lalu Raffi Ahmad Pernah Ketahuan BNN Gunakan Bahan Narkoba Ini. Lihat Foto-foto Bahan Narkoba dari Tanaman yang Jadi Lalapan Favorit Orang Arab

Ditahannya Zul tentu membuat kehidupan keluarganya berubah.

Retno Paradina sang istri, mengaku bila kehidupannya kini sepi dan hampa.

Grid.ID/Annisa Dienfitri Awalia

Retno Paradinah, istri Zul Zivilia, saat Grid.ID jumpai di kawasan Tendean, Mampang, Jakarta Selatan, Kamis (17/10/2019).

Pasalnya, sebelum ditangkap, Zul Zivilia kerap menemani Retno Paradina di rumah bersama dengan anak-anaknya.

Alhasil, suasana sepi tanpa sosok suami atau ayah dirasakan sang istri selama tiga bulan belakangan ini.

"Beda banget karena emang baru pertama kali gak bareng-bareng ya. Di rumah itu benar-benar sepi banget. Zul juga menyesal karena sudah berbuat seperti ini," kata Retno Paradina ketika ditemui di gedung Trans TV, Jalan Kapten Tendean, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Senin (10/6/2019).

Baca Juga: Lama Tutup Mulut, Model Aduhai yang Ikut Dijerat Polisi Bareng Artis Cantik Itu Akhirnya Mau Bergaya di Depan Kamera Pekerja Media. Begini Foto Terkininya

Selain kesepian, Retno tidak menampik kalau ekonomi keluarganya menjadi goyang, karena memang tidak ada penghasilan setelah pria 37 tahun itu ditangkap aparat kepolisian.

Untuk membantu ekonomi keluarga, Retno mengaku kalau dirinya berusaha mencari pemasukan sendiri dengan berjualan kue-kue kering, agar bisa menghidupi anak-anaknya.

"Sekarang saya lagi usaha buka jasa titip dari pas puasa kemarin. Jasa titip sama bikin kue kering," ucapnya.

Usaha yang dilakukan oleh Retno setelah vokalis grup band Zivilia itu ditangkap, rupanya sudah dilakukan sebelum suaminya dibui.

Tangkap layar Youtube Brownis

Retno Paradinah, Istri Zul Zivilia

Namun, sebelum Zul ditangkap, Retno hanya menjalaninya iseng-iseng saja.

"Cuma kadang iseng-iseng bikin pisang ijo dan ada yang mau gitu kan. Tapi, karena kemarin kejadian, benar-benar sebulan puasa itu dibikin usaha buat catering. Jasa titip sama bikin kue. Jadi sebulan itu benar-benar berkah, alhamdulillah," jelasnya.

Retno memberitahukan pelantun 'Aishiteru' itu kalau dirinya menjadikan keisengannya berjualan itu, menjadi pekerjaan untuk mendapatkan uang agar bisa menghidupi anak-anaknya.

"Pas Zul tahu sih dia kemarin sempat nangis. Dia bilang, 'Kasian kamu capek, ngurusin aku dan ngurusin anak-anak. Maafin ya, ini karena saya' begitu," ungkapnya.

"Terus dia bilang lagi, 'ini semua gara-gara aku kamu jadi menderita' begitu. Ya saya juga sedih, cuman harus dijalani," tambahnya.

Lebih lanjut, Retno berharap proses hukum yang dijalani oleh Zul bisa berjalan dengan lancar dan suaminya bisa mendapatkan hukuman yang ringan, bukan tuduhan hukuman mati seperti yang beredar selama ini.

"Ya harapannya mudah-mudahannya semua keluarga diberikan kesabaran dan mudah-mudahan proses hukumnya berjalan lancar, sesuai harapan kami semua," ujar Retno Paradina.

Baca Juga: Kenapa Ya Setiap Posting Foto Liburan di Jepang Artis Cantik Ini Selalu Sebut Nama Kakek Itu? Tak Tahunya Ada Fakta Bikin Kita Melongo Di Baliknya

Instagram @retnoparadinah - WARTA KOTA/henry lopulalan
Instagram @retnoparadinah - WARTA KOTA/henry lopulalan

Terancam Hukuman Mati Hingga Istrinya Harus Banting Tulang Menghidupi Keluarga, Ini Alasan Zul Zivilia Jadi Pengedar Narkoba

Ia juga menyatakan bahwa anak mereka yang masih kecil tak mengetahui bahwa sang ayah kini tengah dipenjara. Retno mengaku tak bisa mengatakannya secara jujur pada sang anak.

"Kalau anak nggak banyak tanya. Kalau tanya, 'papa mana?'. Aku bilang lagi sekolah, nanti juga pulang," imbuhnya.

Saat di penjara, Zul tak bisa terus bertemu dengan kedua buah hatinya. Pasalnya, kedua anaknya itu tak bisa masuk ke ruang tahanan. Retno juga mengatakan karena pertemuan mereka yang sangat jarang, Zul merasa sangat rindu dengan anak-anaknya.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya