Tak Ingin Hidupnya Berakhir di Bui, Hati Raffi Ahmad Pun Luluh. Akhirnya Ia Mau Menuruti Permintaan Jenderal Polisi Ini

Sabtu, 02 November 2019 | 11:44
instagram/raffinagita1717

Raffi Ahmad, Rafathar, dan Nagita Slavina

Fotokita.net - Buat Raffi Ahmad kejadian pada27 Januari 2013 bikin trauma sepanjang hidupnya. Ketika itu pun publik dibikin terkaget-kaget lantaran tersiar kabarRaffi Ahmad dan 17 orang rekannya diamankan oleh pihak kepolisian di rumah Raffi, kawasan Lebak Bulus, Jakarta.

Dalam rilis resminya, polisi waktu itu menyebutkan adanyapenyalahgunaan narkotika Raffi Ahmad yang positif mengandung zat baru. Hasilnya, sebanyak delapan orang menjadi tersangka, tujuh di antaranya terbukti positif narkotika jenis methylone.

Berdasarkan temuan barang bukti, zat itu terdapat di 14 kapsul yang didapat BNN dari laci ruang bawah rumah Raffi.

Baca Juga: Enam Tahun Lalu Raffi Ahmad Pernah Ketahuan BNN Gunakan Bahan Narkoba Ini. Lihat Foto-foto Bahan Narkoba dari Tanaman yang Jadi Lalapan Favorit Orang Arab

Dari situlah BNN mengembangkan pengetahuan baru sekaligus dasar hukum baru tentang tanaman mengandung narkotika yang belum diketahui secara luas oleh masyarakat.

Dari rumah Raffi, petugas BNN menyita sejumlah barang bukti narkotika, yakni dua linting ganja di depan kamar atas serta 14 kapsul ekstasi yang disita dari dalam laci dapur lantai bawah.

Instagram/raffinagita1717

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina di Padang

Hasil tes menunjukkan Raffi positif mengonsumsi narkotika berbahan zat chatinone. Raffi yang sempat menjalani rehabilitasi di Unit Pelaksana Teknis Terapi dan Rehabilitasi BNN di Lido, Sukabumi, Jawa Barat, akhirnya dipulangkan.

Raffi diperbolehkan berkegiatan di Jakarta, berkait dengan penangguhan penahanannya hingga bebas.

Baca Juga: Di Balik Musibah Selalu Ada Hikmahnya. Biarpun Lamborghini Aventador Kesayangannya Hangus Terbakar, Raffi Ahmad Masih Bisa Bernapas Lega Gara-gara Perbuatan Si Sopir Ini

Raffi rupanya memetik pelajaran dari kasus narkoba yang menjeratnya itu.

Saat itu, Raffi kena prank YouTubers Atta Halilintar dalam konten video yang berjudul "PRANK RAFFI AHMAD! Di TANGKAP POLISI!! NAGITA NANGIS" pada kanal YouTube-nya yang dikutip pada 31 Mei 2019.

YouTube/TRANS7 OFFICIAL

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina seusai nangis mendengar pesan dari Rafathar.

Raffi mengatakan bahwa prank seperti ini membuatnya trauma. Ia teringat saat petugas Badan Narkotika Nasional (BNN) menggerebek kediamannya di kawasan Gunung Balong, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, pada 2013 lalu.

"Gue kayak ingat enam tahun lalu waktu itu dibawa ke BNN. Asli sih ini gua masih lemas. Gua ada traumatiknya lho enam tahun lalu digrebek. Asli deh gue pikir beneran kan padahal gue sudah bersih tahu sekarang nggak gitu-gitu lagi," kata Raffi.

Ditinggal sang ayah, Raffi Ahmad pun menjadi tulang punggung keluarga menghidupi ibu dan dua orang adik perempuannya.

Namun, siapa sangka Raffi Ahmad punya ayah angkat sejak mengalami peristiwa tak mengenakan dalam hidupnya ini loh. Siapa ya?

Sejak remaja Raffi Ahmad sudah ditinggal ayah kandung untuk selama-lamanya.

Sang ayah kandung yang bernama Munawar Ahmad meninggal pada tahun 2006, artinya kala itu pria yang lahir pada 17 Februari 1987 ini baru berusia 19 tahun.

Baca Juga: Teringat Cerita Kelam Sebelum Nikahi Nagita Slavina, Raffi Ahmad Bongkar Sosok Jenderal Polisi yang Jadi Penyelamatnya Saat Terjerat Kasus Narkoba

Niatan Raffi Ahmad untuk mengajak Nagita Slavina dan Rafathar untuk keliling Indonesia nyatanya bukan isapan jempol belaka.

YouTube Rans Entertainment

Raffi dan Nagita berikan klarifikasi

Pasalnya, Raffi Ahmad, Nagita Slavina, beserta Rafathar baru saja bertolak ke Sumatera Utara untuk mewujudkan keinginan mereka.

Kota Medan menjadi salah destinasi pilihan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina untuk mengawali rangkaian tur keliling Indonesia mereka.

Usai bertemu dengan YouTuber Arif Muhammad alias Mak Beti yang menjadi idola Rafathar, sang presenter ternyata melanjutkan tujuannya ke tempat tak terduga.

Baca Juga: Di Balik Musibah Selalu Ada Hikmahnya. Biarpun Lamborghini Aventador Kesayangannya Hangus Terbakar, Raffi Ahmad Masih Bisa Bernapas Lega Gara-gara Perbuatan Si Sopir Ini

Bukan tempat wisata maupun kediaman tokoh terkenal yang ia kunjungi, melainkan rumah polisi yang menangkap dirinya saat terjerat kasus narkoba.

Ya, tak terasa sudah 6 tahun berselang pasca Raffi Ahmad ditangkap Badan Narkotika Nasional (BNN).

Siapa sangka, ia belum bisa melupakan pengalaman pahitnya itu hingga kini.

Mengutip Tribun Bogor, Raffi Ahmad dibekuk BNN di kediamannya di Lebak Bulus, Jakarta Selatan pada 27 Januari 2013 silam.

Kompas.com/Andika Aditia
Kompas.com/Andika Aditia

Raffi Ahmad

Ketika digerebek, BNN menemukan 14 butir 3,4-MDC yang memiliki kandungan methylon, beserta dua linting ganja.

Methylon saat itu disebut-sebut sebagai narkoba jenis baru lantaran mengandung turunan dari zat katinon.

Siapa sangka, insiden ini turut menyeret kedua sahabatnya, Irwansyah dan Zaskia Sungkar yang tak tahu menahu soal barang haram yang dimiliki Raffi.

Irwansyah dan Zaskia Sungkar yang awalnya ingin menumpang sarapan di rumah sang presenter terpaksa ikut diinterogasi polisi.

Baca Juga: Cuti Sejenak dari Dunia Hiburan, Apa Rencana Khusus Raffi Ahmad untuk Nagita Slavina?

Begitu pula dengan aktris cantik Wanda Hamidah yang juga berada di kediaman Raffi Ahmad di hari penggerebekan.

Beruntung, mereka segera dibebaskan setelahnya usai terbukti negatif menggunakan narkoba.

Waktu berlalu, Raffi Ahmad nyatanya masih terkenang dengan pengalamannya tatkala digerebek BNN 6 tahun silam.

Alih-alih dendam pada polisi yang menangkapnya, presenter 32 tahun itu justru malah menganggapnya sebagai papa angkat.

Youtube/Rans Entertainment

Keluarga Raffi Ahmad dan Mak Beti

Ya, ini terbukti dari unggahan Instagramnya @raffinagita1717 pada Minggu (27/10/2019) lalu.

Mengunggah potretnya bareng sang istri Nagita Slavina, Raffi Ahmad tampak berpose akrab seorang anggota kepolisian bernama Atrial Tanjung.

Usut punya usut, Atrial Tanjung tak lain adalah salah satu polisi yang ikut menangkap Raffi Ahmad saat digerebek BNN 6 tahun lalu.

Bersama dengan unggahannya, Raffi Ahmad pun menuliskan pesan manis yang ia tujukan kepada sosok lelaki yang telah ia anggap sebagai papa angkatnya itu.

Baca Juga: Gara-gara Kelakuan Remeh Si Sopir, Kini Raffi Ahmad Pusing Hitung Kerugian Lamborghini Kesayangannya yang Hangus Terbakar

"Silaturahmi bersama Papa angkatku Pak @atrial_tanjung2965. Beliau adalah sosok berjasa dulu aku di BNN ditangkap beliau tapi itulah pembelajaran hidup manusia dan semua ada hikmah."

5 tahun tidak ketemu baru ketemu hari ini beliau sudah pindah BNNP Sumatera Utara. Silaturahmi harus tetap dijaga. Sehat selalu Pak Jenderal dan ibu @saryanti71," tulisnya di kolom caption.

Instagram/raffinagita1717
Instagram/raffinagita1717

Potret Raffi Ahmad bareng polisi yang menangkapnya saat kena kasus narkoba 6 tahun lalu.

Tak pelak unggahan Raffi Ahmad langsung dibanjiri pujian dari para netizen yang memenuhi kolom komentar.

Baca Juga: Sempat Dikabarkan Ikut Hangus, Rupanya Polisi Tak Temukan Nama Raffi Ahmad dalam STNK Lamborghini Aventador yang Terbakar di Sentul. Jadi, Siapa Sebenarnya Pemilik Mobil Mewah Itu?

"Aku jadi suka Raffi, ternyata dia yang tidak pernah lupa sejarah terutama kebaikan orang terhadapnya. Salah satu karakter manusia baik adalah tidak pernah melupakan kebaikan orang lain," puji @fathiyatididi.

"Luar biasa silaturahmi masih melekat di Raffi," puji @ratnawatilina_.

"Pembelajaran hidup yang membuat kita semakin dewasa. Setiap musibah pasti ada hikmah. Semangat terus aa @raffinagita1717. Jadikan pengalaman hitam dulu sebagai pembelajaran buat menjadi lebih baik ke depan. Tetap menjaga silaturahmi," puji @k_ariffin218. (*)

Artikel ini telah tayang di Grid.ID dengan judul Sambangi Polisi yang Pernah Menangkapnya Saat Kena Kasus Narkoba 6 Tahun Lalu, Raffi Ahmad: Silaturahmi Bersama Papa Angkatku

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya