Jalin Kerja Sama dengan Perusahaan Jasa Pesan Tiket Online, Benarkah Bandara Soekarno-Hatta Akan Berganti Nama? Begini Penjelasan Pengelolanya...

Selasa, 17 September 2019 | 06:36
Creative Commons - Gunawan Kartapranata

Bandara Soekarno-Hatta.

Fotokita.net -PT Angkasa Pura II (Persero)mengakui telah menjalin kerja sama dengan Pegipegi dan Traveloka, dua perusahaan jasa pemesanan hotel, tiket pesawat, dan tiket kereta api melalui jaringan internet papan atas.

Bahkan, di sejumlah titik penunjuk arah ke Bandara Soekarno Hatta telah ada tulisan Terminal 1 Pegipegi dan Terminal 2 Traveloka.

Pegipegi dan Traveloka dapat memanfaatkan ruang komersial di terminal untuk memperkenalkan produknya dengan tentu saja terlebih dahulu mendapat persetujuan dari Angkasa Pura II.

Baca Juga: Menhub Bilang Kabut Asap Tak Ganggu Penerbangan, Tapi Foto Ini Buktikan Bandara Riau Tampak Gelap

Andika Panduwinata/Warta Kota

Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.

Pegipegi dan Traveloka dapat memanfaatkan 80 persen dari ruang komersial yang ada di terminal. Strategi co-branding ini dinilai sudah lumrah di lakukan di bandara kelas dunia, dan ini menjadi salah satu upaya AP II dalam memanfaatkan aset secara maksimal untuk meningkatkanbrand equity dan turut berkontribusi dalam peningkatan pendapatan.

Namun kerja sama tersebut mendapat teguran dari Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang meminta kerja sama itu ditinjau kembali, dan menghapus penamaan Terminal 1 dan Terminal dua dari penambahan kata Pegi Pegi maupun Traveloka.

PT Angkasa Pura II (Persero) menegaskan tidak ada pergantian atau penambahan nama pada Bandara Internasional Soekarno-Hatta Terminal 1, Terminal 2, maupun Terminal 3 di bandara tersebut.

Baca Juga: Masihkah Bandara Kertajati Sesepi Kemarin? Foto-foto Ini Beri Kisahnya

Kompas Travel

Bandara Soekarno Hatta

Adapun kerja sama co-branding dengan Pegipegi di Terminal 1 dan Traveloka di Terminal 2 hanya sebatas pemanfaatan ruang komersial di terminal, karena tujuannya untuk meningkatkan brand equity seluruh pihak yang bekerja sama.

“Kami tegaskan bahwa tidak ada pergantian dan penambahan nama. Nama bandara tetap Bandara Internasional Soekarno-Hatta, dan nama terminal tetap Terminal 1, Terminal 2, dan Terminal 3," kata Executive General Manager Bandara Internasional Soekarno-Hatta Agus Haryadi, dalam keterangannya di Jakarta, Senin (16/9/2019).

Agus menyebutkan, seluruh kegiatan operasional di bandara tersebut dilakukan oleh Angkasa Pura II.

Baca Juga: Berbanding Terbalik, Nikita Mirzani Gemar Pamer Belanja Puluhan Juta, Orang-orang Kaya di New York Justru Lakukan Hal Ini Sehabis Beli Barang. Mengapa Begitu?

(KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERA )
(KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERA )

Suasana terminal keberangkatan dan kedatangan domestik Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (20/6/2017).

“Terkait kerja sama komersial melalui skema co-branding dengan dua perusahaan itu, saat ini masih dalam pembahasan lebih detail antara Angkasa Pura II dan pihak terkait untuk dilakukan di dalam Terminal 1 dan Terminal 2,” ucapnya.

Untuk itu dia menegaskan bahwa tidak ada pergantian atau penambahan nama di Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan terminal yang ada di bandara tersebut untuk sekarang dan ke depannya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "AP II Tegaskan Tak Ada Perubahan Nama Terminal Bandara Soekarno-Hatta"

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya