Mengenang Sutopo Purwo Nugroho, Rajin Bikin Cuitan yang Raih Dua Penghargaan Sekaligus

Minggu, 07 Juli 2019 | 08:27

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nu

Fotokita.net- Sutopo Purwo Nugroho, sosok yang begitu lekat dengan warganet lantaran rajin mengunggah konten ke akun media sosial pribadinya itu telah meninggal dunia. Sutopo yang juga rajin meluruskan berita hoax itu meninggal duniadiGuangzhou, China, Minggu (7/7/2019), pukul 02.20 waktu setempat atau 01.20 WIB.

Kabar itu telah dapat konfirmasi dariKepala Subbagian Tata Usaha Pusdatinmas BNBP, Yahya Djunaid. "Iya, benar (informasi yang menyebutkan Bapak Sutopo meninggal dunia)," katanya.

Hingga saat ini, Yahya mengaku masih menunggu informasi lebih lanjut dari pihak keluarga Sutopo. "Mungkin setelah Subuh baru ada informasi (lengkapnya)," kata Yahya.

Baca Juga: Hilangkan Rindu Kampung Halaman, Perempuan Muslim Rohingya Merias Diri di Tengah Pengungsian. Foto-foto Ini Bikin Kita Elus Dada!

Kini, kita kembali mengenang penggemar penyanyi Raisa yang pernah bertemu Presiden Joko Widodo secara khusus itu. ApalagiKepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ini telah memperoleh dua penghargaan terkait perannya sebagai sosok komunikatif di lembaga pemerintah.

Sutopo Purwo Nugroho dianugerahi sebagai tokoh teladan anti-hoaks Indonesia dari Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo).

Selain itu, ia juga mendapatkan penghargaan sebagai tokoh komunikasi kemanusiaan dan dinobatkan sebagai Communicator of The Year 2018 dari Kementerian Komunikasi dan Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia.

Baca Juga: Bikin Geli Sendiri, Iklan Jadul Unik Ini Pernah Menjadi Perbincangan Warga. Lihat Foto Dokumentasinya!

Instagram/sutopopurwo

Unggahan terakhir Sutopo sebelum meninggal

Ketua Presidium Mafindo, Septiaji Eko Nugroho menyampaikan, Sutopo dipilih sebagai tokoh teladan anti-hoaks dikarenakan kesigapannya dalam meluruskan informasi bohong atau hoaks terkait bencana.

Baca Juga: Sutopo Purwo Nugroho Meninggal Dunia, Rajin Unggah Konten di Media Sosial Hingga Bertemu Jokowi dan Raisa. Lihat Foto-fotonya Lagi!

FITRIA CHUSNA FARISA

Sutopo Purwo Nugroho di ruang kerjanya di Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kamis (4/10/2018)

Sutopo tetap sigap sekalipun dalam kondisi sakit dan dalam perawatan akibat mengidap kanker paru stadium IV.

"Di tengah maraknya hoaks yang memecah belah masyarakat, membuat kepanikan massal, kita membutuhkan figur yang memberikan keteladanan bagaimana seharusnya sikap kita terhadap kabar bohong," kata Aji saat dihubungi Kompas.com, Selasa (16/10/2018) malam.

Baca Juga: Ada 8 Kelompok Perusuh, Lihat Lagi Foto-foto TNI-Polri yang Beribadah Saat Aksi 21-22 Mei 2019

Sutopo dianugerahi sebagai tokoh teladan anti-hoaks Indonesia dari Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo)

Sebagai informasi, Mafindo baru kali ini memberikan penghargaan. Adapun penghargaan perdana ini diberikan kepada Sutopo Purwo Nugroho. Menurut Aji, penghargaan ini merupakan apresiasi atas kiprah Kepala Pusdatinmas BNPB ini yang dinilai luar biasa.

Baca Juga: Pilot Punya Hobi Fotografi, Lihat Pemandangan Misteri Udara yang Bikin Kita Bergidik!

Kepala Sub-Bidang Pemeliharaan Sistem Jaringan BNPB Ario Akbar Lomban mewakili Sutopo menerima penghargaan dari Mafindo

"Upaya meluruskan fakta di tengah isu kebencanaan itu misi kemanusiaan. Dan relevan dengan situasi media sosial kita yang masih berserak hoaks dan fitnah," kata Aji.

"Beliau yang sakit parah saja masih tergerak untuk meluruskan informasi, tentunya yang masih sehat harus lebih giat," ujar dia.

Baca Juga: Bakal Dibanderol di Atas Rp 15 Juta, Ketahui Fungsi Canggih di Kamera Samsung yang Dirilis Bulan Depan

Saat ini, Aji menambahkan, salah satu musuh besar adalah bencana informasi dan hoaks. Bangsa besar dengan latar belakang keberagaman yang sangat tinggi seperti bumi pertiwi, patut menjadikan hoaks sebagai lawan besar di abad informasi ini.

Twitter @Sutopo_PN

Cuitan Sutopo Purwo Nugroho, pada Selasa (21/05/2019).

"Semoga semangat kuat melawan hoaks dari beliau bisa menjadi teladan dan ditiru segenap masyarakat Indonesia," ujar Aji.

Namun, Sutopo tidak dapat menghadiri acara penghargaan dikarenakan sehari sebelumnya ia menjalani proses kemoterapi, sehingga kondisi fisiknya belum memungkinkan untuk hadir.

Kepala Sub-Bidang Pemeliharaan Sistem Jaringan BNPB Ario Akbar Lomban ditunjuk sebagai perwakilan penerimaan penghargaan tersebut.

Baca Juga: Mengapa Orang Jadul Ogah Senyum Sewaktu Difoto? Sejarah Fotografi Ini Berhasil Mengungkapnya!

Tanggapan Sutopo

Sutopo sendiri menyampaikan rasa syukur atas penghargaan yang diterimanya ini.

Meski demikian, Sutopo menilai penghargaan ini tidak senilai jika dibandingkan dengan perjuangan manusia dalam menghadapi dan membantu kebencanaan.

"Penghargaan ini tentu merupakan kehormatan bagi saya. Namun, semua penghargaan ini tidak ada artinya dibandingkan dengan perjuangan insan kemanusiaan kebencanaan," kata Sutopo dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (16/10/2018).

Baca Juga: Jokowi Jadi Model Sampul Majalah Amerika dan Arab Saudi, Foto Cover Mana yang Jadi Favorit Anda?

Ungkapan kebahagiaan atas penghargaan yang diperolehnya ini juga ia sampaikan melalui akun resmi Twitternya, @Sutopo_PN.

Twitter/Sutopo_PN

Sutopo bagikan kabar banjir dan longsor di Bengkulu

Baca Juga: De Tjoloamdoe, Destinasi Wisata Sejarah yang Instragamable. Tertarik?

Sutopo menyampaikan, penghargaan yang ia peroleh tersebut didedikasikan untuk semua pimpinan dan staf BNPB yang selalu berjuang dalam menangani bencana di Indonesia.

Selain itu, lanjut dia, penghargaan diberikan kepada seluruh pelaku insan kemanusiaan, di mana mereka semua bergerak atas panggilan kemanusiaan untuk membantu korban bencana.

Instagram @sutopopurwo

Pujian Sutopo Purwo Nugroho terhadap salah satu rumah sakit

"Kepada TNI, Plori, BPBD, Basarnas, Tagana, PMI, kementerian/lembaga, NGO, media, relawan dan semanya, yang selalu berada di garis terdepan saat bencana," ujarnya.

Seperti pemberitaan sebelumnya, saat ini Sutopo tengah berjuang melawan kanker paru-paru. Meskipun begitu, ia memang masih aktif memberikan informasi mengenai perkembangan seputar kebencanaan yang terjadi di Indonesia.(Mela Arnani)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sutopo BNPB, Tokoh Anti-Hoaks yang Sigap Meluruskan Isu Kebencanaan".

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya