Ada 8 Kelompok Perusuh, Lihat Lagi Foto-foto TNI-Polri yang Beribadah Saat Aksi 21-22 Mei 2019

Jumat, 05 Juli 2019 | 19:05
ANTARA FOTO

Sejumlah personel kepolisian menunaikan ibadah shalat maghrib usai berbuka puasa di tengah mengamankan aksi unjuk rasa di depan kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi tengah di Palu, Sulawesi Tengah, Rabu (22/5/2019).

Fotokita.net - Pihak Kepolisian telah merilis perkembangan terbaru dari penyelidikan peristiwa kerusuhan seusai pengumuman hasil Pemilu 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum pada 21-22 Mei 2019. Dalam keterangan terbarunya, Polisi menyebutkan pelaku kerusuhan lalu terdiri dari beberapa kelompok.
Dalam keterangannya seperti dilansir dari Kompas.com, Direktur Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Suyudi Ario Seto menyebutkan, salah satu kelompok itu adalah oknum mengatasnamakan kelompok agama yang berasal dari sejumlah daerah.
Suyudi menekankan hal itu, "Beberapa kelompok yang sampai dengan hari ini kita ungkap, yang pertama adalah oknum, oknum saya katakan, dari kelompok Islam yang berasal dari beberapa daerah".
Baca Juga: Hilangkan Rindu Kampung Halaman, Perempuan Muslim Rohingya Merias Diri di Tengah Pengungsian. Foto-foto Ini Bikin Kita Elus Dada!
Ia pun melanjutkan, para pelaku itu berasal dari sejumlah daerah yakni Serang, Tangerang, Cianjur, Banten, Jakarta, Banyumas, Majalengka, Tasikmalaya, Lampung, dan Aceh. Ada juga kelompok oknum mengatasnamakan organisasi masyarakat dan relawan politik yang juga terlibat dalam kerusuhan tersebut.
"Ada juga oknum organisasi kemasyarakatan ini (inisialnya) GRS, FK, dan GR. Kemudian ada juga oknum relawan," ujar Suyudi.
Terlepas dari keterangan baru itu, tidak ada salahnya kita lihat lagi foto-foto yang mengungkapkan kegiatan ibadah di tengah tugas mengamankan Ibu Kota dari aksi anarkis dari massa yang terjadi pada 21 - 22 Mei itu.
Ragam kisah visual ini menunjukkan pasukan pengamanan, yang terdiri dari unsur Polri dan TNI, menunaikan kewajiban seperti warga kebanyakan.
Mereka menunaikan ibadah sesuai agama dan kepercayaannya masing-masing. Aparat keamanan itu juga melepaskan rindu pada keluarga di rumah.
Baca Juga: Bikin Bangga, Foto-foto Pahlawan Pemilu 2019 yang Berjibaku Menembus Pedalaman Kalimantan
ANTARA FOTO
ANTARA FOTO/SAPTONO

Sejumlah personel TNI AD menunaikan Sholat Zhuhur ketika berjaga di depan gedung Bawaslu, Jalan MH. Thamrin, Jakarta, Rabu (22/5/2019). Massa yang menolak hasil keputusan KPU pada Pilpres 2019 masih menggelar aksi mereka di tempat itu.

Seperti halnya manusia biasa, prajurit TNI dan Polisi juga terlihat menyempatkan diri
pada terlihat menyempatkan diri beristirahat, shalat, dan berbuka puasa saat adzan Maghrib tiba. Pada Rabu, (22/5/2019), mereka kedapatan melalukan sejumlah hal humanis melalui lensa juru foto.
Seperti terlihat di tengah aksi yang berujung ricuh di kawasan Slipi, Jakarta Barat. Personel polisi bergantian keluar dari barikade untuk menyempatkan beristirahat dan berbuka puasa.
Baca Juga: Karya Visual Humanis Ini Tercipta di Antara Aksi Anarkis di Jakarta
Tampak pula personel polisi yang membentuk barisan untuk melaksanakan shalat di tengah ruas jalan. Setelah shalat, mereka kembali bersiaga.
Hal sama juga terlihat pada aparat yang mengamankan aksi unjuk rasa di depan kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi tengah di Palu, Sulawesi Tengah, Rabu.
Sejumlah personel kepolisian tampak menunaikan ibadah shalat Maghrib dan berbuka puasa di tengah mengamankan aksi.
Baca Juga: Deretan Foto Aksi Anarkis dan Pembakaran Kendaraan di Asrama Brimob
Seperti diketahui, aksi unjuk rasa ini digelar pasca-pengumuman hasil Pemilu 2019 oleh KPU pada Selasa (21/5/2019) dini hari.
Massa menolak hasil rekapitulasi KPU yang memenangkan pasangan nomor urut 01, Joko Widodo-Ma'ruf Amin yang meraih perolehan suara 85.607.362 atau 55,50 persen.
Baca Juga: Deretan Foto-foto Ini Bikin Kita Sesak Napas Tentang Nasib Bumi Kita
Sementara itu, perolehan suara pasangan lawan, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno sebanyak 68.650.239 atau 44,50 persen. (DINO OKTAVIANO/Kompas.com)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya