Follow Us

Cara Mudah, Bikin Foto Long Exposure di Kamera Olympus yang Apik

Wahyu Subyanto - Senin, 21 Januari 2019 | 12:36
Olympus PEN E-PL7
Olympus

Olympus PEN E-PL7

Fotokita.net - Perkembangan teknologi digital makin memanjakan pehobi fotografi untuk menghasilkan karya visual nan apik.

Teknologi digital memang telah memungkinkan pengguna untuk membuat hasil karya fotografi yang berkualitas dengan lebih mudah. Salah satu teknik yang digemari adalah membuat long exposure karena bisa menyajikan hasil foto yang menakjubkan.Eksposur panjang memungkinkan untuk mengubah suasana malam yang gelap menjadi terang atau menghaluskan lautan badai menjadi kabur.Berkat fotografi digital, hal seperti itu menjadi seni fotografi yang sangat populer.

Baca Juga : Kabar Baik, Ada Update Terbaru Buat Kamera Hape Xiaomi Pocophone F1 Misalnya saja untuk memotret kembang api, keramaian lalu lintas (light trail), lukisan cahaya (light painting), air terjun yang sangat halus, gugusan bintang (star trail), petir, dan sebagainya.Dalam mode Live Composite, kamera memotret serangkaian gambar secara terus-menerus menggunakan waktu pencahayaan yang sama. Semua gambar digabungkan menjadi satu komposit, dalam kamera. Gambar pertama digunakan untuk merekam cahaya sekitar.

Baca Juga : Review Asus Max Pro M2, Hape Berkamera Bagus dan Tangguh Untuk Gaming

Setelah pemaparan pertama, hanya piksel yang lebih terang dalam gambar berikut yang digunakan. Jika tidak ada yang menjadi lebih cerah dalam frame, tidak ada yang berubah dalam gambar.Pada kamera konvensional, untuk membuat foto long exposure bukan perkara mudah. Kesalahan eksposure ketika mengukur kecepatan rana membuat hasil foto yang tidak menyenangkan.

Baca Juga : Intip Foto Apik Gerhana Bulan Super Blood Wolf Moon Nan LangkaSementara untuk membuat foto yang sesuai, bisa butuh waktu mulai beberapa menit hingga berjam-jam. Belum lagi proses editing di komputer yang memakan waktu.Olympus mempermudah pengguna untuk membuat foto long exposure melalui Live Composite di produk kameranya. Live Composite adalah fitur untuk menghasilkan gambar eksposur panjang secara mudah tanpa harus khawatir tentang paparan sinar berlebih (over exposure).

Baca Juga : Wow, Indonesia Nomor 4 dalam 25 Negara Paling Instagrammable di Dunia!

Kunci kegunaannya adalah memungkinkan pengguna untuk mengambil serangkaian foto dan menumpuknya bersama di dalam kamera. Metode ini akan membuat eksposur dasar, dan hanya akan mengubah kecerahan serta merekamnya ketika cahaya baru ditambahkan. Kemudian menghentikan pemotretan eksposur ketika hasilnya sudah sesuai dengan yang diinginkan.“Fitur Live Composite memungkinkan pengguna untuk menumpuk foto di dalam kamera untuk membuat foto dengan eksposur lama."Hal itu biasanya tidak dapat dilakukan pada kamera konvensional, atau dalam situasi pencahayaan dimana penggunaan teknik long exposure normal tidak berfungsi.

Baca Juga : Foto-foto Aksi Tukang Cukur Langganan Jokowi Saat Pangkas Massal Menggunakan live composite juga mengurangi pengeditan dengan tidak harus menumpuk gambar di Photoshop. Karena bisa langsung menunjukkan bangunan eksposur secara real time di layar kamera,” ungkap Harry Sebastian, Fotografer professional.Sandy Chandra, Marketing & Sales Manager Olympus Customer Care Indonesia (OCCI) secara gamblang mengatakan kepada Nextren.com, “Live Composite hanya ada di kamera Olympus.""Fitur ini sangat memudahkan Anda dalam pembuatan foto long exposure dengan singkat dan praktis."

Baca Juga : Foto Telur Rupanya Sudah Pecahkan Rekor Like Terbanyak di Instagram

"Proses pergerakan cahaya dapat terlihat secara live pada LCD.""Anda dapat membuat berbagai foto long exposure tanpa membuat gambar menjadi semakin terang, seperti yang terjadi pada saat Anda menggunakan fitur BULB atau live bulb.""Eksposur dasar/eksposur awal pada fitur Live Composite dapat Anda control sesuai keinginan.""Hal ini memungkinkan Anda untuk memotret fire works, lightning, star trail, light trail, dan foto-foto long exposure menakjubkan lainnya dengan mudah,” ungkap Sandy.

Source : nextren.grid.id

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest