Follow Us

Inpirasi Fotografi di Pulau Ayer, Tempat Wisata Para Tokoh Dunia

Gregorius Bhisma Adinaya - Selasa, 18 Desember 2018 | 22:47
Pulau Ayer.
pulauayer.com

Pulau Ayer.

Fotokita.net - Pesona dan keindahan Pulau Ayer, jangan sampai Anda lewatkan. Pulau Ayer merupakan salah satu resor di kompleks Kepulauan Seribu. Lokasinya paling dekat dengan pantai Marina Ancol–hanya membutuhkan waktu 25 menit untuk sampai ke sana menggunakan speedboat.

Pulau dengan luas wilayah lebih dari sepuluh hektar ini dijuluki Mutiara Kepulauan. Sejak 1950, ia sudah mulai dikunjungi banyak orang. Presiden RI pertama, Ir. Soekarno, pun sempat memilih Pulau Ayer sebagai tempat istirahatnya. Bapak Proklamator Indonesia ini bahkan pernah mengajak mantan presiden Yugoslavia, Josip Broz Tito, dan mantan Perdana Menteri Myanmar, U Nu, berkunjung ke sana.

Salah satu keunggulan dari pulau ini adalah cottage terapung (floating cottage) dengan ciri khas Papua. Sekilas, penginapan tersebut sangat mirip tempat tinggal warga Asmat di Papua. Semua bangunan di sini berbahan dasar kayu. Meskipun cottage terapung termasuk ke dalam bangunan lama, tetapi mereka masih bisa berdiri dengan baik karena perawatan dilakukan secara berkala.

Bersantai di cottage sambil menikmati deburan ombak dan semilir angin bisa Anda dapatkan di pulau ini. Rimbunnya pepohonan di sekitar pulau membuat suasana terasa nyaman dan sejuk. Yang lebih seru, Anda bisa menikmati laut sambil memancing langsung dari teras cottage terapung.

Cottage terapung di Pulau Ayer.
jakarta-tourism.go.id

Cottage terapung di Pulau Ayer.

Hiburan di Pulau Ayer tidak hanya terbatas di cottage saja. Anda bisa bermain di sekitar pantai–dengan beberapa pilihan olahraga air seperti jetski dan banana boat.

Sayang sekali, Anda tidak bisa snorkeling dan diving di pulau ini karena lokasinya yang dekat dengan Jakarta membuat airnya keruh sehingga sulit melihat keanekaragaman bawah laut. Namun, sebagai gantinya, Anda bisa berenang sepuasnya di kolam renang besar yang telah disediakan.

Pulau Ayer merupakan salah satu resor dengan fasilitas terlengkap di Kepulauan Seribu. Di sana, juga terdapat taman bermain untuk anak-anak yang cukup besar, lapangan untuk bermain sepak bola, voli, hingga outbound.

Jika ingin menyepi sejenak dari kesibukan, maka Pulau Ayer merupakan tempat yang cocok. Meski berada di tengah laut, tapi ia masih mudah dijangkau dari pusat kota. Datang lebih pagi agar Anda lebih puas mengeksplor pulau ini.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest