Follow Us

Jawaban Kelas 5 SD Tema 1 Ceritakan Fenomena Alam Angin Muson di Indonesia

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Selasa, 26 Juli 2022 | 23:52
Ini jawaban ceritakan fenomena alam angin muson di Indonesia yang menjadi salah satu soal dalam buku tematik kelas 5 SD Tema 1.
Istimewa

Ini jawaban ceritakan fenomena alam angin muson di Indonesia yang menjadi salah satu soal dalam buku tematik kelas 5 SD Tema 1.

Fotokita.net - Berikut ini jawaban ceritakan fenomena alam angin muson di Indonesia yang menjadi salah satu soal dalam buku tematik kelas 5 SD Tema 1 halaman 95.

Bentang alam wilayah Indonesia yang bervariasi tidak terlepas dari keadaan iklim di Indonesia. Iklim adalah keadaan rata-rata cuaca pada suatu wilayah dalam jangka waktu yang relatif lama.

Adapun cuaca adalah keadaan suhu udara, tekanan udara, curah hujan, angin, dan sinar matahari pada waktu pendek dan tempat tertentu.

Letak astronomis Indonesia yang berada di wilayah tropis membuat Indonesia beriklim tropis. Ciri iklim tropis adalah suhu udara yang tinggi sepanjang tahun, dengan rata-rata tidak kurang dari 18 derajat C, yaitu sekitar 27 derajat C.

Di daerah tropis tidak ada perbedaan yang jauh antara suhu pada musim hujan dengan suhu pada musim kemarau. Ciri iklim tropis lainnya adalah lamanya siang dan malam hampir sama, yaitu 12 jam.

Keadaan iklim di Indonesia secara umum sebagai berikut.

Iklim musim, dipengaruhi oleh angin musim yang berubah-ubah setiap periode waktu tertentu. Biasanya satu periode perubahan adalah enam bulan sekali.

Baca Juga: Jawaban Ide Pokok Paragraf Bacaan Posisi Sikap Duduk yang Benar dan Sehat Kelas 5 SD Tema 1

1. Iklim laut, terjadi karena Indonesia memiliki wilayah laut yang luas. Iklim Indonesia sangat dipengaruhi oleh laut dan lautan.

Laut dan lautan Indonesia mengakibatkan tingginya penguapan. Wilayah yang memiliki tingkat penguapan yang tinggi, juga akan memiliki curah hujan yang tinggi.

2. Iklim panas, terjadi karena Indonesia berada di daerah tropis. Suhu yang tinggi mengakibatkan penguapan yang tinggi dan berpotensi untuk terjadinya hujan

Berdasarkan penjelasan iklim di atas jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Latest