Satu Indonesia Gak Bisa Dikibuli, Rahasia Penerima Bansos Covid Jadi Pemilik Rubicon Mario Dandy Terbongkar

Sabtu, 04 Maret 2023 | 15:01
istimewa

Rahasia warga penerima Bansos jadi pemilik Jeep Rubicon Mario Dandy akhirnya terbongkar.

Fotokita.net - Seorang warga Gang Jati, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan yang tercatat sebagai penerima Bansos Covid ternyata menjadi pemilik Jeep Rubicon Mario Dandy Satriyo. Rahasia namanya ditulis di surat-surat mobil mewah ini akhirnya terbongkar.

Ayah Mario Dandy, Rafael Alun Trisambodo menjadi sorotan setelah anaknya, menjadi tersangka kasus penganiayaan David Ozora. Korban penganiayaan Mario Dandy itu merupakan anak salah satu pengurus pusat GP Ansor.

Penganiayaan yang dilakukan Mario Dandy pada Senin (20/2/2023) itu membuat David harus menjalani perawatan intensif di RS Mayapada Jaksel. David sempat koma, tapi kondisinya semakin baik.

Harta Rafael senilai Rp 56 miliar kemudian disorot. Salah satunya terkait ketiadaan mobil Rubicon dan motor Harley dalam LHKPN Rafael. Padahal, Mario Dandy kerap memamerkan Rubicon dan Harley di media sosialnya.

Rafael kemudian dicopot dari jabatannya di Ditjen Pajak. Rafael juga mengajukan pengunduran diri dari ASN. Pengunduran dirinya tersebut telah ditolak.Rafael juga telah dimintai klarifikasi oleh KPK terkait hartanya.

Pemilik Jeep Rubicon Mario Dandy beralamatdi Gang Jati, RT 1/RW 1, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Adapun rumah pemilik Jeep Rubicon bernama Ahmad Saefudin terbilang sempit dan tampak tidak muat untuk kendaraan seperti mobil atau roda empat.

Berdasarkan pantauan awak media di lokasi, dalam gang tersebut tampak dipenuhi parkir motor di setiap bahu jalannya. Bahkan, jika kendaraan motor sudah masuk dengan berlawanan arah pasti gang tersebut langsung tersendat.

Salah satu dari kendaraan motor pun terpaksa harus mengalah jika tidak ingin tersendat. Gang tersebut diketahui hanya memiliki luas kurang lebih 2meter.

Namun, ketika masuk ke dalamGang Jati 1, ternyata rumah Saefudin tidak berada di sejajar jalan Gang Jati. Lantaran ada di sebuah jalan yang menyerupai lorong sempit.

Bangunan rumah Saefudin tampak berwarna ungu dengan dilengkapi pintu rumah berwarna putih. Rumahnya tepat ada di pojok jalan yang menyerupai lorong tersebut.

Baca Juga: Dibocorin Pak RT, Sosok Ini Bikin Penerima Bansos Covid Jadi Pemilik Rubicon Mario Dandy

Lalu, di depan rumah Saefudin terdapat sejumlah perabotan bahkan jemuran pakaian pun tampak dijembreng di depan rumahnya.

Suasana di sekitar rumah kontrakan itu terasa begitu lembab. Halamannya juga sangat sempit, hanya muat untuk parkir satu sepeda motor. Kemudian VIVA pun coba mencari tahu diman lokasi yang luas dan mumpuni untuk memparkirkan sebuah mobil mewah.

Namun, tak ada lahan yang luas untuk parkir sebuah mobil bahkan mobil mewah seperti Jeep Rubicon.

Ternyata setelah didalami pemilik rumah itu, ia tak mengetahui hal apapun. Pasalnya pemilik rumah itu merupakan orang yang menempati rumah mirip kontrakan setelah Ahmad Saefudin.

Ketua RT Gang Jati, Kamso Badruddin mengatakan bahwa Ahmad Saefudin bekerja sebagai pegawai honorer di Infis Polri. Kamso menyebut hal tersebut lantaran informasi itu langsung diucap Saefudin sebelum pindah rumah.

"Pekerjaan terakhir dia bekerja di inafis di Mabes Polri. Itu yang saya dapat info dari AS. Sebagai honorer bukan yang sifatnya penting banget," kata Kamso ssat ditemui di lokasi, Jumat 3 Maret 2023.

Kamso mengatakan bahwa sebelum bekerja di Inafis Polri, Saefudim sempat bekerjasebagai cleaningservice dan juga berjualan kopi.

"Kalau dulu sebelum apa namanya kerjanya sekarang dia OB, penjual kopi," bebernya.

Namun demikian, Kamso mengatakan bahwa saat ini Saefudin pun tela berpindah tempat tinggal yang semulanya adalah warga Gang Jati RT 01 RW 01, Mampang Prapatan.

"Betul data masih tercatat warga saya. KTP dan KK nya masih saya pegang. Karena waktu tinggal di saya dia masih bujangan," kata dia.

Baca Juga: Dibongkar Tetangga Rumah, Nama di STNK Rubicon Mario Dandy Kerja di Mabes Polri, Ini Profesi Aslinya

Kristianto Purnomo/Kompascom

Rafael Alun Trisambodo, ayah Mario Dandy saat berada di Gedung KPK untuk memberikan klarifikasi atas hartanya.

"Persisnya kurang tahu karena belum memberikan alamat pasti ke saya. 'Pak RT sayasekarang tinggal di daerah Cipinang'," lanjut Kamso seraya menirukan ucapanSaefudin.

Kamso sendiri merasa 'tak masuk akal' Ahmad Saefudin bisa memiliki Jeep Rubicon yang terbilang mewah. Apalagi, sehari-hari, Ahmad Saefudin mengendarai motor.

"Saya sampaikan bahwa warga saya yang berinisial AS adalah memang warga saya yang beralamat di RT 1 RW 1 kelurahan Mampang Prapatan, Jaksel. Terkait masalah unit mobil Rubicon itu, yang kita juga tahu harganya sangat fantastis.

Saya sekali lagi menyatakan itu tidak masuk akal bahwa Saudara AS memiliki satu unit Rubicon karena kesehariannya saja dia mengendarai kendaraan roda dua," kata Kamso.

Ada dugaan, Ahmad Saefudin dimanfaatkan orang yang tidak bertanggung jawab untuk membeli Rubicon itu. Kamso menduga KTP Ahmad Saefudin ini dipakai seseorang untuk membeli Rubicon tersebut.

"Jadi kemungkinan untuk memiliki Rubicon itu nggak mungkin, tapi ada kemungkinan identitas dia, KTP dia, digunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Artinya apa? Bisa diinfokan dari kerabatnya kenapa KTP dan identitas Saudara AS bisa digunakan untuk kepemilikan Rubicon tersebut," kata Kamso.

Informasi yang diterima Kamso, Ahmad Saefudin pernah meminjamkan KTP-nya kepada seseorang berinisial A."Infonya bahwa mobil Rubicon itu atau KTP itu saya dapat info ini ya, dipinjamkan kepada si A KTP-nya. Itu yang saya dapat info," imbuhnya.

Dia tak bicara banyak terkait hubungan A dengan Ahmad Saefudin. Dia mengatakan terakhir bertemu dengan Ahmad Saefudin saat pengambilan bansos COVID pada 2022.

"Kurang paham A ini siapa, semoga dapat info lebih akurat lagi si A itu siapa dan kaitannya apa AS meminjamkan KTP ke Saudara A," ujarnya.

Kamso lantas menyebut Ahmad Saefudin kini bekerja sebagai honorer di Inafis Mabes Polri. Menurutnya, ekonomi Saefudin tak masuk dalam kategori menengah ke atas."Pekerjaan terakhir dia bekerja di Inafis di Mabes Polri. Itu yang saya dapat info dari AS," tutur Kamso.

Baca Juga: Se-Indonesia Ngakak! Pemilik Rubicon Mario Dandy Ternyata Masih Terima BLT Pemerintah

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya