Fotonya Terlanjur Dibully Satu Indonesia, Pesawat yang Dipakai Pejabat Bea Cukai Yogya Ternyata Berasal dari Sini

Kamis, 02 Maret 2023 | 16:36
Istimewa

Eko Darmanto pejabat Bea Cukai Yogya yang menjadi korban bully netizen. Pesawat yang dipakai berasal dari sini.

Fotokita.net -Eko Darmanto seorang Kepala Kantor Bea Cukai Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dibully netizen satu Indonesia. Sebab, pejabat Bea Cukai ini kerap pamer barang mewah.Salah satu yang menjadi perhatian adalah foto berpose dengan pesawat terbang.

Aksi pamer harta Eko Darmanto kerap dia bagikan di akun Instagram miliknya, yaitu @eko_darmanto_bc. Walau kini akun itu sudah lenyap, ada salah satu postingan dengan foto Eko menaiki motor gede (moge) Harley Davidson. Dalam postingan itu, netizen menuliskan tagar #BeaCukaiHedon.

"Eselon III Bea Cukai punya koleksi mobil antik dan moge Harley serta beberapa barang branded. #BeaCukaiHedon," cuitnya.

Akibat aksi pamer harta itu, kini Eko harus berurusan dengan Kementerian Keuangan. Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara menegaskan, Eko Darmanto dibebastugaskan dari jabatannya untuk memudahkan pemeriksaan.

"Dalam rangka memudahkan pemeriksaan, saya telah menginstruksikan kepada Direktorat Jenderal Bea Cukai agar yang bersangkutan segera dibebastugaskan secepat mungkin," kata Suahasil kepada wartawan, Rabu (1/3/2023).

Instagram

Gaya hidup mewah pejabat Bea Cukai Eko Darmanto membuat netizen murka.

Karena itu, dirinya telah menginstruksikan Inspektorat Jenderal Kemenkeu bersama DJBC untuk melakukan investigasi dan penelitian.

Investigasi itu dilakukan sebagai buntut aksi pamer barang mewah di media sosial milik Eko seperti moge, mobil antik, hingga pesawat Cessna.

Eko Darmanto pernah mengunggah foto saat dirinya menunggang moge di media sosial miliknya dan ramai jadi sorotan netizen.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, Eko menyebut moge yang ditampilkannya di media sosial bukan milik pribadi, melainkan pinjaman.

"Dari pemeriksaan yang dilakukan Direktorat Kepatuhan Internal di DJBC, motor besar yang ditampilkan di akun media sosial yang bersangkutan adalah pinjaman," tuturnya.

Baca Juga: Nasi Sudah Jadi Bubur, Foto YouTuber Soul Kuta Lombok Terlanjur Digeruduk Adam Deni, Klarifikasi Tim Ducati Ungkap Reaksi Tak Terduga

Eko Darmanto mengakui memiliki moge, namun tidak dilaporkan dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Dia hanya melaporkan kepemilikan 9 mobil dengan total nilai Rp 2,9 miliar yang diklaim merupakan hasil sendiri.

"Namun saudara ini mengaku memiliki harta motor besar yang tidak dilaporkan dalam LHKPN," ujar Suahasil kemarin, Rabu, 1 Maret 2023.

Suahasil mengatakan, moge yang tidak dilaporkan di LHKPN itu tetap akan diinvestigasi dan diteliti.

Hal itu diperlukan untuk mengetahui kecocokan harta dan utang Eko dalamLHKPN, dengan laporan SPT pajak, serta mendalami pelanggaran etika dan disiplin.

Dalam unggahannya di Instagram, Eko juga pernah pamer foto di depan pesawat Cessna. Menurut pengakuan Eko, kata Suahasil, pesawat Cessna yang dipamerkan di media sosial bukanlah milik Eko, melainkan milik Federasi Aero Sport Indonesia (FASI). Foto itu diambil saat ingin latihan terbang.

"Foto yang bersangkutan di depan pesawat terbang, menurut yang bersangkutan foto tersebut diambil dalam rangka latihan terbang.

Penelusuran dari tim DJBC mengkonfirmasi pesawat tersebut adalah milik FASI," kata Suahasil.

"Terkait unggahan foto yang berlebihan atau pamer, yang bersangkutan telah mengakui kesalahan dan berjanji akan memperbaiki," tambahnya.

"Terkait dengan hal ini kami dapat sampaikan Dirjen Bea Cukai melalui Direktorat Kepatuhan Internal dan Sekretaris DJP, dapat disampaikai berikut, foto yang bersangkutan di depan pesawat terbang, menurut yang bersangkutan (Eko Darmanto-red) foto tersebut diambil dalam rangka latihan terbang. Penelusuran dari tim DJBC konformasipesawatitu milik Aerosport Indonesia atau FASI,” ujar dia.

Baca Juga: Pantes Fotonya Dihujat Se-Indonesia, Kelakuan Anak Pejabat Pajak di Sekolah David Dibongkar, Aksinya Dicuekin

Dikutip dariadira,biaya latihan terbang untuk menjadi pilot ternyata fantastis, mulai dari puluhan juta hingga mendekati Rp 1 miliar. Harga sekolah pilot tersebut tergantung dari lisensi pilot yang akandidapatkan.

Sementara itu, Deputi Pencegahan dan Monitoring Komisi Pemberantasan Korupsi, Pahala Nainggolan, mengatakan pihaknya akan melakukan pemeriksaan terhadap Eko Darmanto.

Dia menyebut KPK akan secepatnya mengirim tim ke Yogyakarta. Tujuannya, kata dia, untuk mengklarifikasi harta kekayaan Eko Darmanto.

"Sudah dan besok akan keluar surat tugas pemeriksaannya," kata Pahala seperti dikutip dari pemberitaan Tempo, 1 Maret 2023.

Baca Juga: Terlanjur Dibully Satu Indonesia, Ternyata Harta Pejabat Pajak Rafael Berasal dari Sini, KPK Kasih Kode Gini

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya