10 Cara Membersihkan Bau Kencing Tikus di Rumah, Dijamin Ampuh!

Kamis, 23 Februari 2023 | 10:31
Instagram

Bau kencing tikus di rumah membuat penghuni jijik. Begini cara membersihkannya.

Fotokita.net - Berikut cara jitu untuk mrmbersihkan bau kencing tikus di rumah minimalis kesayangan. Trik menghilangkan aroma tak sedap ini dijamin ampuh memakai campuran bahan-bahan alami.

Masalah tikus di rumah lebih dari sekadar ketidaknyamanan kecil, karena hewan pengerat kecil ini merusak bagian rumah dan meninggalkan limbahnya.

Kontak dengan kotoran tikus dapat menularkan bakteri dan penyakit berbahaya, dan urin tikus meninggalkan bau di rumah. Temukan cara membersihkanbau kecingtikus di rumah dan membuat hunian harum kembali.

Jika tidak yakin mencium urin tikus, Anda dapat menguji dengan lampu hitam adalah salah satu cara untuk mengenali urin mereka. Namun, sinar UV juga menyinari zat lain, sehingga memisahkan urine tikus dari detergen atau pelumas mungkin sulit dilakukan.

Bau kencing tikus bisa berbeda-beda, dan meskipun tidak sekuat kencing kucing, baunya sangat busuk. Jika Anda berurusan dengan bau tikus yang kuat di rumah, kemungkinan ada serangan tikus di belakangnya karena tikus individu hanya meninggalkan tetesan urine.

Temukan urin tikus di dekat tempat bersarang dan di sepanjang jalur yang dilewati tikus di malam hari.

Instagram

Jangan pusing, ini cara jitu menghilangkan bau kencing tikus di rumah.

Cara Membersihkan Bau Kencing Tikus

Seekor tikus meninggalkan ratusan tetes urin di sekitar rumah dalam sehari. Karena tikus menempuh rute yang sama, urin mereka menumpuk di tempat yang sama dari waktu ke waktu.

Jika Anda memiliki karpet atau permadani di area yang dilalui tikus, menghilangkan bau urin tikus mungkin memerlukan metode pembersihan tembus untuk menghilangkan urin dari serat yang menyerap bau dan membersihkan noda urin dari permukaan yang tidak berpori.

Baca Juga: Tikus Dijamin Ngacir dari Plafon Rumah, Pakai Cara Murah dengan Komposisi Bahan Alami

Mengeluarkan Sumber Urine Tikus

Tikus dan hewan pengerat yang lebih besar menikmati bersarang di ruang tertutup di mana mereka tetap tidak terganggu. Lokasi ideal di rumah termasuk laci, bagian belakang lemari dapur, dan bagian belakang lemari.

Jika Anda menemukan kotoran hewan pengerat, yang lebih mudah dikenali, kemungkinan besar area yang sama memiliki urin hewan pengerat.

Meskipun membersihkan kotoran hewan pengerat sebaiknya diserahkan kepada profesional, Anda dapat membersihkan ruangan dengan peralatan yang tepat.

Mengatasi bau tikus di rumah Anda terlebih dahulu melibatkan menemukan, membuang, atau membersihkan apa pun yang menjadi tempat buang air kecil tikus.

Kenakan pakaian pelindung yang menutupi semua kulit yang terbuka, termasuk sarung tangan, masker wajah atau respirator, dan pelindung mata.

Gunakan handuk kertas untuk mengumpulkan kotoran tikus dan membuang semua sampah di tempat sampah. Cuci semua pakaian secara terpisah dari sisa cucian dan cuci tangan Anda secara menyeluruh setelah dibersihkan.

Instagram

Masalah bau kencing tikus di rumah memang menyebalkan. Ini cara menghilangkannya.

Mencuci Kain untuk Menghilangkan Bau yang Menempel

Setelah membersihkan rumah Anda untuk menghilangkan bau urin tikus, Anda mungkin merasa bau tersebut berkeliaran di sekitar rumah Anda.

Bahkan jika hewan pengerat tidak buang air kecil di sana, itu tidak menghentikan kain lembut seperti tirai, bantal, tempat tidur, dan bahkan pakaian berbau seperti kencing karena bau di udara.

Untuk mendisinfeksi, cuci kain ini dengan pemutih yang aman untuk warna dan air panas. Jika Anda tidak dapat memastikan barang-barang tertentu telah dikencingi, tangani dengan menggunakan sarung tangan pelindung dan cuci tangan sesudahnya.

Baca Juga: Gak Digerayangi Tikus Lagi, Coba Taruh Tempat Kotoran Kucing di Bagian Ini, Rumah Bebas Pengerat

Cara Menghilangkan Bau Urine Tikus dengan Cuka Putih

Saat Anda membersihkan sumber bau busuk di rumah, penting untuk menyegarkan permukaan yang mungkin menyimpan bau busuk. Cuka adalah bahan rumah tangga biasa yang efektif membersihkan dan menghilangkan bau.

Campurkan air dan cuka dalam botol semprot delapan ons untuk membersihkan dan menyegarkan area aktivitas tikus. Kain semprot dan permukaan berlapis kain yang menangani pembersih berbahan dasar air.Catatan: Sertakan minyak esensial favorit untuk menambah aroma segar di sekitar rumah.

Menggunakan Baking Soda Sebagai Cara Menghilangkan Bau Tikus

Saat membersihkan noda urin tikus dari karpet atau kain, Anda harus memecah urin dan menariknya dari bahan untuk menghilangkan baunya. Soda kue adalah barang sehari-hari yang berfungsi ganda sebagai bahan pembersih dan penghilang bau.

Tuang soda kue ke area tersebut, atau campur dengan air atau cuka untuk membuat pasta. Diamkan soda kue semalaman sebelum disedot atau diseka.

Karena soda kue dapat mencerahkan warna, hindari menggunakannya pada kain berwarna tanpa mengujinya terlebih dahulu di area kecil.

Instagram

Gunakan campuran bahan-bahan alami untuk membersihkan bau kencing tikus di rumah. Dijamin ampuh.

Menyerap Bau Busuk di Sekitar Rumah

Jika sedang berupaya menghilangkan bau urin tikus, mungkin bermanfaat bagi Anda untuk tidak menggunakan ampas kopi untuk membantu menyerap dan menghilangkan bau di udara.

Aroma bubuk kopi segar sangat kuat, dan bila digunakan sebagai pewangi, bubuk kopi efektif menghilangkan bau busuk.

Tinggalkan semangkuk bubuk kopi di tempat-tempat di sekitar rumah Anda yang masih berbau urin tikus untuk mengatasi sisa bau. Jika baunya bertahan lebih dari tiga hari, ganti mangkuk dengan bubuk segar.

Baca Juga: Bau Bahan Dapur Ini Dibenci Tikus, Potret Dekorasi Ruang Masak Jadi Makin Estetik

Membuat Sachet Penyegar Udara

Jika sulit untuk menghilangkan bau urin hewan pengerat dari rumah Anda, menggunakan filter udara untuk menjebak dan menghilangkan bau bisa membantu.

Banyak penyegar udara hanya menutupi bau, tetapi kantong udara yang dirancang untuk menarik masuk dan menjebak partikel bau menghilangkan bau alih-alih menutupinya.

Arang aktif atau arang yang diolah dengan oksigen untuk membuka ruang mikroskopis di dalam arang adalah alat yang sempurna untuk menyerap bau urin.

Potong lingkaran dari kain dengan diameter setidaknya delapan inci. Tuang satu atau dua sendok makan arang aktif di tengah lingkaran kain dan satukan ujung-ujungnya untuk merekatkan atau mengikatnya. Tinggalkan sachet ini di sekitar rumah di area yang membutuhkan penyegaran.

Catatan: Metode ini sangat baik untuk menetralkan bau tikus mati dengan cepat.

Penghilang Bau Tikus Buatan Sendiri

Jika Anda menemukan jejak urin tikus di karpet dan ingin menghilangkan baunya, buatlah pembersih rumahan dengan hidrogen peroksida dan soda kue. Kedua bahan ini adalah pembersih yang sangat baik yang memecah dan menghilangkan bau dari kain.

Campurkan bahan-bahan ke dalam botol semprot atau mangkuk 16 ons, dan desir perlahan untuk menggabungkan. Metode mana yang Anda gunakan tergantung pada bahan apa yang Anda bersihkan.

Botol sangat ideal untuk menyemprot furnitur, tetapi menggunakan spons dengan semangkuk campuran adalah cara terbaik untuk menghilangkan bau urin tikus di karpet.

Baca Juga: Pantes Banyak Ditiru, Ini yang Bikin Foto Dapur Mungil Bebas dari Kecoak dan Tikus

Gunakan Lemon untuk Mengatasi Bau Urine

Lemon dikenal karena rasa asamnya yang kuat dan baunya yang khas, yang sangat cocok untuk menghilangkan bau tak sedap. Untuk menyerap bau urin tikus, rendam spons dalam jus lemon hingga jenuh. Peras kelebihan cairan dan tinggalkan spons di area target di sekitar rumah Anda untuk menyerap bau tak sedap.

Untuk mengisi rumah dengan aroma segar, kupas lemon dan didihkan kulitnya dalam panci berisi air panas. Jika lalat buah tidak menjadi perhatian, tinggalkan beberapa irisan lemon untuk menyerap bau yang kuat dari urin tikus.

Hilangkan Bau Urin dari Kayu dengan Pembersih Enzim

Jika melihat tanda-tanda aktivitas tikus atau kotoran di meja rias atau meja kayu, kita dapat menggunakan pembersih enzim untuk menghilangkan bau urine setelah mendisinfeksi area tersebut.

Pembersih enzim membunuh bakteri penyebab bau dan menggunakan bahan alami seperti jeruk untuk melakukan tugasnya.Untuk membuat pembersih urin tikus, tambahkan bahan-bahan Anda ke dalam wadah dan kocok hingga gula benar-benar larut. Biarkan tutup wadah ini agar gas alam bisa keluar.

Biarkan campuran selama 2 minggu atau lebih, lalu saring cairan ke dalam botol semprot. Oleskan campuran ini ke noda urin tikus dan gosok permukaannya dengan kain untuk menghilangkan baunya.

Serap Bau dengan Baking Soda

Untuk membuat pembasmi bau pasif, gunakan soda kue dan minyak esensial untuk menyerap bau busuk. Soda kue menetralkan bau tak sedap; soda kue dengan zat penyegar seperti minyak esensial membantu menghilangkan bau tak sedap.

Isi wadah dengan baking soda dan tambahkan selusin tetes minyak esensial favorit. Tutupi wadah dengan penutup sebelum dikocok untuk mencampur soda kue dan minyak. Tutupi dengan bungkus plastik dan gunakan garpu untuk melubangi bagian atasnya.

Tinggalkan penyerap di sekitar rumah di ruang yang sangat berbau urin tikus. Ganti wadah karena kehilangan efektivitasnya.

Baca Juga: 6 Cara Ampuh Membasmi Tikus di Plafon Rumah Kita, Ternyata Segampang Ini

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya