Penampakan Bangkai Heli Kapolda Jambi di Hutan Kerinci, Tubuh Sang Jenderal Diselimuti

Senin, 20 Februari 2023 | 12:23
Istimewa

Tubuh Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono yang mengalami luka-luka diselimuti.

Fotokita.net - Penampakan bangkai dan reruntuhan helikopter yang membawa rombongan Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono beredar di jagat maya. Tubuh sang jenderal yang mengalami luka diselimuti dengan kain tebal warna merah.

Rusdi Hartono terlihat dalam kondisi terbaring di tengah lebatnya Hutan Kerinci setelah helikopter yang ditumpanginya jatuh. Posisi Rusdi dan rombongan sudah diketahui, tetapi situasi masih belum memungkinkan untuk evakuasi.

Dalam foto yang beredar di media sosial, helikopter rombongan Kapolda Jambi terlihat sudah menjadi bangkai. Kondisinya rusak berat. Foto itu juga menunjukkan reruntukan heli yang terserak di lantai hutan Kerinci.

Kepala Pos Basarnas Kerinci Jambi Bambang Hermawan mengatakan proses evakuasi rombongan Kapolda Jambi via udara terkendala cuaca.

Evakuasivia udara rombongan helikopter Kapolda Jambi yang jatuh di hutan Kerinci, Jambi, belum bisa dilakukan. Sebab, kondisi perbukitan di lokasi dalam kabut tebal.

"Dari udara itu sekitar jam 09.00 WIB, itu tim sudah sampai udara sekitar lokasi. Tim mengalami kendala kabut yang cukup besar dan tebal sehingga kita tidak bisa lakukan hovering di lokasi tersebut," kata Humas Basarnas Jambi, Lutfi, Senin (20/2/2023).

Istimewa

Penampakan bangkai helikopter rombongan Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono di hutan Kerinci.

Dengan kondisi kabut itu, tim SAR dalam helikopter tersebut kembali ke Bangko, Merangin. Mereka sekaligus melakukan pengisian bahan bakar. Sementara itu, tim SAR yang melalui jalur darat sedang mendekat.

"Tim dari darat itu terdengar suara. Kemungkinan jarak sudah dekat 300 sampai 500 meter. Kita masih menunggu informasi selanjutnya," ujarnya.

"Artinya sedikit lagi, apalagi suara juga sudah terdengar," lanjut dia.

Tim evakuasi jalur darat ini dipimpin langsung oleh Kapolres Kerinci AKBP Patria Yuda Rahadian dengan diikuti tim gabungan lainnya. Perjalanan Tim SAR melalui jalur darat itu tidak mudah lantaran harus melalui kondisi yang terjal pada malam hari.

Baca Juga: Dzikir Berkumandang, Kapolda Jambi Bermalam di Hutan, Ini Potret Kondisi Kecelakaan Heli

Istimewa

Penampakan bangkai helikopter yang ditumpangi Kapolda Jambi. Heli mendarat darurat di hutan Kerinci yang terjal.

"Lokasinya ini kan terjal ya, namun alhamdulillah sudah mulai mendekat untuk proses evakuasi di sana," ujar Lutfi.

Tim SAR yang menggunakan helikopter lantas mendistribusikan logistik terlebih dahulu agar Rusdi dan rombongan tidak kekurangan bahan makanan sebelum nantinya dievakuasi.

Dari video yang beredar, Senin (20/2/2023), tampak momen-momen dramatis ketika tim SAR berkomunikasi dengan Rusdi.

Dalam video berdurasi 1 menit 9 detik, terlihat kru helikopter Polri mendistribusikan logistik berupa bahan-bahan makanan yang dikemas dalam bentuk kotak ke arah titik keberadaan Rusdi dan rombongan. Tim SAR meminta Rusdi bertahan.

Istimewa

Potret reruntuhan heli yang ditumpangi Irjen Rusdi Hartono.

"Mohon izin, bertahan, Jenderal. Hati-hati ranting pohon bisa patah kena angin heli. Mohon diantisipasi ranting pohon, dahan pohon bisa kena angin heli," ujar pilot helikopter Polri tersebut.

Setelah melakukan distribusi bahan makanan, kru helikopter ini kembali ke Jambi. Pilot berkali-kali meminta Irjen Rusdi untuk bertahan.

"Mohon izin, Jenderal, kami kembali ke Jambi, Jenderal. Bertahan, Jenderal, Komandan, mohon izin," seru pilot heli itu lagi.

Baca Juga: Pantas Kapolri Sampai Kirim 2 Heli, Begini Kondisi Lokasi Kecelakaan Kapolda Jambi, Fotonya Beredar

Istimewa

Salah satu korban kecelakaan heli yang membawa rombongan Kapolda Jambi.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya