Rajin Bebersih Habis Makan, Cara Termudah Bikin Dapur Sempit Tetap Rapi, Fotonya Dijamin Apik

Sabtu, 18 Februari 2023 | 22:08
Instagram

Foto tampilan dapur sempit yang tetap terjaga rapi.

Fotokita.net - Tampilan dapur sempit harus selalu dijaga kerapiannya agar tak memberikan kesan yang sumpek. Salah satunya, rajin membersihkan wastafel, piring dan tempat sampah sehabis makan. Fotonya pun dijamin apik.

Sama dengan area ruangan lainnya, dapur sempit juga harus memiliki layout atau penataan yang tepat agar dapat melakukan kegiatan di ruang memasak menjadi lebih nyaman.

Merujuk ulasandari Homes to Love, Sabtu(18/2/2023), rajin membersihkan peralatan sehabis makan menjadi cara termudah untuk membikin dapur sempit tetap rapi. Fotonya pun dijamin apik.

Selain itu, berikut ada beberapa aturan yang saat mendesain dan menata layout area memasak.

1. Segitiga kerja

Aturan dasar di area dapur adalah penerapan segitiga kerja. Area segitiga kerja ini diisi oleh kompor, wastafel, dan kulkas.

Ketiga benda ini harus memiliki penataan yang sesuai dan memiliki jarak yang nyaman sehingga dapat dengan mudah beraktivitas di dalamnya.

Instagram

Ruang memasak sempit yang menjadi tempat sosial harus mempertimbangkan segitiga kerja.

2. Sosial dan fungsional

Dapur sempit adalah jantung rumah dan ruang yang secara alami disukai orang. Dengan mengingat hal ini, area berkumpul dan menghibur di ruang memasak harus terpisah dari segitiga kerja.

Dengan begitu, tamu dapat menikmati makanan pembuka, menikmati minuman, dan melihat seseorang yang sedang memasak tanpa mengganggu prosesnya.

Baca Juga: Puas Kan? Potret Dapur Sempit Tampak Lebih Terang, Ini Rahasianya

3. Pertimbangkan ruang gunamembuka pintu alat elektronik

Gambar arsitektur harus mencakup geometri pintu peralatan. Ini biasanya termasuk pintu kulkas, oven dan mesin pencuci piring dalam posisi terbuka, dan operasi penting lainnya seperti tempat sampah tarik.

Meski operasi ini kemungkinan besar akan tumpang tindih di beberapa area, penting untuk mengontrol mana yang tumpang tindih.

Misalnya, pintu oven dan pintu pencuci piring dapat memiliki operasi yang tumpang tindih karena keduanya biasanya digunakan pada waktu yang berbeda.

4. Bebersih sehabis makan

Wastafel, tempat sampah, dan mesin pencuci piring memiliki hubungan linier yang penting.

Desain dapur sempit harus mempertimbangkan urutan pembersihan makanan ini.

Selanjutnya, desain dapur sempit harus menempatkan tempat sampah, wastafel, dan mesin pencuci piring dalam urutan linier dengan tempat sampah paling dekat dengan area makan.

Instagram

Bebersih sehabis makan menjadi cara termudah agar tampilan dapur sempit tetap rapi.

5. Penataan barang belanjaan dengan mudah

Ergonomi dapur harus membahas lebih dari sekedar memasak. Bagaimana Anda memasuki rumah dan menurunkan bahan makanan adalah pertimbangan desain yang penting serta sering diabaikan.

Menempatkan kulkas di dekat pintu masuk dapur dan di dekat beberapa meja merupakan hal yang dapat memudahkan seseorang berkegiatan di dapur.

Baca Juga: Desain Dapur Sempit Ditata Pakai Cara Beda, Fotonya Gak Jadi Pengap

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya