5 Cara Foto Bokeh dengan Modal Smartphone, Bisa Pakai Fitur Khusus

Jumat, 17 Februari 2023 | 23:59
Instagram

Foto bokeh dengan bermodalkan smartphome. Begini cara membuatnya.

Fotokita.net - Foto bokeh selalu dicari pemburu gambar estetik. Untuk membuatnya, kita bisa menggunakan beberapa cara ini dengan bermodalkan smartphone kesayangan. Salah satunya, pakai fitur khusus.

Bokeh background atau efek bokeh adalah sebuah efek dalam dunia fotografi yang tidak pernah gagal untuk membuat kagum para pecinta dan penikmat fotografi.

Hal itu karena efek ini mampu memberikan kedinamisan, estetika, serta pesona yang indah dari sebuah foto.

Namun, tahukah Anda apa itu bokeh? Serta kapan foto bokeh dilakukan dan diaplikasikan serta tema fotografi seperti apa yang Anda inginkan. Sebelum itu, Anda perlu mengetahui pengertian bokeh terlebih dahulu.

Apa Itu Efek Bokeh

Tahukah Anda berasal dari mana kata bokeh itu? Bokeh atau boh-keh merupakan kata yang populer di kalangan pecinta dan penikmat fotografi. Bokeh sendiri berasal dari bahasa Jepang yang berarti kabur atau kabut.

Efek bokeh adalah efek yang lebih menonjolkan kualitas estetika dari latar belakang yang buram dan berada di area luar fokus gambar Anda.

Karena itu, semakin sempit depth of field, atau semakin besar aperture-nya, maka akan semakin besar pula area yang berada di luar fokus yang bisa Anda dapatkan.

Mengingat yang ditonjolkan pada foto ini adalah kualitas estetikanya, maka foto bokeh cenderung bersifat subjektif sehingga tidak ada kata benar maupun salah pada efek ini.

Namun yang menjadi tolok ukurnya dapat dilihat dari sejauh mana Anda dapat membuat background yang terlihat terpisah dari subjek fotonya sehingga didapatkan kesan mendalam yang unik.

Baca Juga: 5 Cara Foto Bokeh di Smartphone Android, Cuma Pakai 1 Kamera

Waktu Penggunaan Efek Bokeh

Foto bokeh dapat diaplikasikan ke dalam berbagai tipe dan tema fotografi. Namun, para pecinta dan penikmat fotografi meyakini bahwa tema night photography sangat cocok untuk foto bokeh karena akan menampilkan foto yang indah dan mempesona.

Hal ini terjadi karena saat malam hari, kamera mampu menciptakan sorotan di luar fokus gambar yang indah serta menghasilkan sebuah efek yang diberi nama blurry light effects yang dapat membuat siapapun yang melihatnya akan berdecak kagum.

Namun bagi para pecinta fotografi alam liar atau wildlife photography, efek bokeh justru akan menampilkan foto yang menawan karenamenampilkan foto yang berfokus kepada subjek, yaitu margasatwa dengan memberikan sedikit sentuhan blur ke pemandangan alam yang terdapat di sekitarnya sehingga dihasilkan foto yang dramatis dan berkelas

Cara Foto Bokeh dengan Smartphone

Selain menggunakan kamera DSLR, ternyata membuat foto bokeh juga dapat dilakukan menggunakan kamera smartphone Anda.

Terdapat beberapa trik yang dapat Anda lakukan untuk membuat foto bokeh menggunakan kamera smartphone, antara lain yaitu:

1. Dekatkan dengan Objek Foto

Salah satu syarat foto bokeh adalah dengan memenuhi frame. Karena itu, Anda perlu mendekatkan objek yang hendak Anda ambil.

Selain tiu, pastikan jarak kamera smartphone Anda mulai dari 1,5 hingga 2,5 meter. Selanjutnya, atur jarak objek dengan latar belakang agar mendapatkan foto bokeh yang sempurna.

Baca Juga: Cocok Buat Kaum Hawa, Ini Cara Foto Agar Terlihat Lebih Tinggi

Instagram

Cara membuat foto bokeh dengan modal smartphone ternyata mudah saja.

2. Hindari banyak objek foto serta latar belakang yang ramai

Agar foto bokeh Anda tampak lebih estetik dan menarik, maka Anda harus menghindari terlalu banyak objek dalam satu frame.

Selain itu, pastikan seluruh objek yang ingin Anda tangkap berada dalam posisi sejajar. Jika ingin melakukan foto grup, maka sangat disarankan untuk melakukannya dalam jumlah kecil saja.

3. Gunakan fitur tap objek dan fokus manual

Agar hasil foto bokeh lebih optimal, maka sangat disarankan untuk mengatur fokus objeknya terlebih dahulu.Caranya adalah dengan melakukan tap pada objek yang ingin dijadikan fokus terlebih dahulu.

Selain itu pada beberapa smartphone, Anda juga dapat menggunakan fitur fokus manual yang tentunya memudahkan Anda dalam mengatur tingkat blur serta jarak fokus smartphone.Anda juga dapat mengatur komposisi foto dengan fitur grid yang biasanya terdapat pada layar smartphone Anda sebagai acuan.

4. Menggunakan fitur lens blur pada Google Camera

Jika smartphone Anda menggunakan aplikasi Google Camera, maka Anda dapat memanfaatkan fitur Lens Blur untuk memudahkan Anda dalam membuat foto bokeh.Namun, Anda perlu mengambil jarak sejauh 1,5 meter dari objek foto agar hasilnya maksimal.

5. Menggunakan aplikasi pihak ketiga

Cara termudah dalam membuat foto bokeh adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga mengingat saat ini hampir seluruh smartphone Android telah disematkan dengan kamera yang mumpuni yang mampu menangkap gambar dengan lebih baik layaknya kamera DSLR.

Beberapa aplikasi pihak ketiga yang dapat memudahkan Anda dalam mengambil foto bokeh, seperti AfterFocus, PicsArt, serta Lens Blur.

Baca Juga: Cara Buat Foto Bokeh yang Estetik, Tinggal Ikuti 4 Langkah Mudahnya

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya