Giorgio Ramadhan Siapa Sih? Foto Ulah Sopir Fortuner Sampai Jadi Perhatian Dubes Ukraina

Rabu, 15 Februari 2023 | 12:54
Istimewa

Siapa sih Giorgio Ramadhan? Foto sosok sopir Fortuner arogan sampai dikomentari Dubes Ukraina.

Fotokita.net - Sosok Giorgio Ramadhan banyak dicari. Publik bertanya siapa sih sopir Fortuneryang viral karena mengamuk dan merusak mobil Brio di Senopati, Jakarta Selatan. Bahkan, foto ulahnya sampai menjadi perhatian Dubes Ukraina,Vasyl Hamianin.

Akibat ulahnya yang membuat heboh jagat maya, Giorgio akhirnyaresmi menjadi tersangka. Anak muda bertubuh gempal inimerusak mobil Brio milik Ari Widianto menggunakan senjata tajam.

Giorgio pun disebut telah meminta maaf dan mengaku menyesali perbuatannya. Ia pun berjanji kooperatif selama menjalani pemeriksaan oleh polisi.

Setelah menjadi pesakitan di kantor polisi, pria berkacamata itumeminta maaf atas perbuatannya yang mengamuk dan merusak mobil Brio. Ia mengucapkan maaf kepada Ari Widianto, sopir mobil Brio.

"Saya ingin minta maaf sebesar-besarnya ke Bapak AW selaku pemilik mobil Brio yang telah saya rugikan dan saya minta maaf atas perbuatan saya yang luar biasa kepadanya," ujar pria yang memiliki latar belakang pendidikan hukum ini.

Giorgio meminta maaf kepada keluarga dan teman-temannya yang terdampak atas ulahnya. Ia juga meminta maaf kepada masyarakat luas atas tindakannya itu.

"Saya minta maaf kepada keluarga saya, teman-teman saya dan teman-teman sehobi yang terdampak akibat perbuatan sembrono saya. Saya minta maaf kepada masyarakat Indonesia yang syok akibat video saya yang viral," ujarnya.

Istimewa

Giorgio Ramadhan sopir Fortuner arogan ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan polisi.

Pria yang sempat disebut buronan militer Ukraina ini mengaku tidak berniat melakukan aksi perusakan tersebut. Ia menyebut dirinya terpancing emosi.

"Saya tidak ada niat untuk melalukan hal tersebut. Saya hanya terpancing emosi," katanya.

Di akhir permintaan maafnya, Giorgio Ramadhan berjanji akan bersifat kooperatif. Ia mengaku siap menjalani proses hukum.

Baca Juga: Siapa Pemilik Asli Fortuner Hitam yang Dipakai Giorgio Tabrak Brio di Senopati? In Foto Wajahnya

"Di sini saya berjanji akan kooperatif pada proses hukum ini dan segalanya," tambahnya.

Lantas, Giorgio Ramadhan itu siapa sih? Bahkan, foto ulah sopir Fortuner arogan ini sampai mendapatkan perhatian dari Dubes Ukraina.

Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Ade Ary Syam mengungkapkan sosok GR, pelaku perusakan mobil Brio di Senopati. GR atau Giorgio Ramadhan diketahui berusia 24 tahun

"Sampai dengan saat ini, data yang kami punya adalah namanya GR (24)," kata Ade Ary Syam Indradi kepada wartawan, Senin (13/2/2023).

Di samping itu, Giorgio ternyata baru lulus S1. Polisi mengatakan jika Giorgio sedang menjalani magang di perusahaan.

Kompascom

Giorgio sopir Fortuner meminta maaf dalam acara jumpa pers di Polrea Metro Jakarta Selatan.

"Pekerjaan sedang magang di sebuah perusahaan, baru lulus S1," kata Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Ade Ary Syam, Senin (14/2/2023).

Beredar informasi jika Giorgio Ramadhan disebut sebagai 'musuh Ukraina'. Tim kuasa hukum Giorgio, Arif Fadillah, membenarkan bahwa kliennya pernah melakukan pertukaran pelajar ke luar negeri.

Namun, dia belum bisa berkomentar terkait kabar Giorgio yang disebut 'musuh Ukraina'.

"Kalau dia ke sana benar, tapi kalau sejauh mana keterlibatannya atau sejauh mana, apa ya, ya keterlibatannya di sana kita tidak tahu," kata Arif Fadillah saat dihubungi, Selasa (14/2/2023).

Giorgio Ramadhan disebut sebagai 'musuh Ukraina'. Giorgio masuk dalam daftar hitam situs Myrotvorets.

Baca Juga: Terlanjur Diamuk Giorgio Sopir Fortuner, Pengemudi Brio Sengaja Dicegah Keluar Mobil, Foto Wajahnya Muncul

Istimewa

Ulah Giorgio sopir Fortuner arogan yang mendapatkan perhatian dari Dubes Ukraina.

Situs Myrotvorets merupakan situs lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang didirikan oleh politikus dan aktivis Ukraina Georgy Tuka.

Situs tersebut menuding Giorgio secara sengaja melanggar perbatasan negara Ukraina dengan tujuan menembus wilayah Ukraina yang diduduki oleh formasi geng teroris Rusia di Donbass. Giorgio dianggap berpartisipasi dalam propaganda anti-Ukraina.

Situs itu juga memuat foto wajah Giorgio Ramadhan yang tampak memakai baju militer Rusia dan berdiri berjejer dengan seorang pria yang menenteng bendera Rusia. Selain itu, situs ini juga memuat komentar Giorgio yang dianggap mendukung Rusia. Begini komentar Giorgio tersebut.

"Saya seorang mahasiswa di bidang yurisprudensi, belajar di pertukaran di Belanda. Dia datang ke Luhansk untuk mengikuti konferensi antifasis dan mengungkapkan solidaritasnya kepada masyarakat Donbass.

Istimewa

Foto tampang Giorgio Ramadhan dalam daftar orang yang dicari pemerintah Ukraina.

Indonesia dari mana saya berasal, pada tahap ini dalam keadaan semikolonial, dan demonstrasi pada 1 Mei adalah protes terhadap pemerintah, hari penderitaan rakyat, ketika banyak polisi yang menyerang orang-orang yang berpartisipasi dalam demonstrasi. Dan saya di sini untuk mendukung Anda," kata Giorgio seperti dikutip Myrotvorets.

Duta Besar Ukraina untuk Indonesia memberikan konfirmasi soal Giorgio yang disebut sebagai 'musuh Ukraina'. Ia menyebut jika Giorgio pernah masuk wilayah Ukraina yang diduduki Rusia.

"Berdasarkan peraturan Ukraina, adalah hal ilegal untuk mengunjungi teritori Ukraina yang diduduki. Dia pernah pergi ke sana," kata Dubes Ukraina untuk RI, Vasyl Hamianin, kepada awak media detik, Selasa (14/2/2023).

Berdasarkan catatan pemberitaan yang dikumpulkan Vasyl Hamianin, Giorgio mendukung pendudukan Rusia atas wilayah Ukraina, serta mendukung kemerdekaan Republik Rakyat Donetsk dan Republik Rakyat Luhansk.

Pada 2019, dia menyampaikan kepada Lugansk Media Centre bahwa penerbitan paspor Rusia untuk warga di area tersebut bakal membebaskan warga setempat dari isolasi.

Kini, Giorgio sudah menjadi tersangka. Ia menjadi tersangka bukan karena kasus invasi Rusia terhadap Ukraina, tetapi karena dirinya yang mengamuk di jalanan dan merusak mobil Brio di Senopati, Jakarta Selatan.

"Saya sangat menghormati hukum dan peraturan di RI, dan saya percaya dengan keadilan," kata Vasyl Hamianin menanggapi penangkapan Giorgio.

Baca Juga: Kicep! Tampang Culun Giorgio Sopir Fortuner Arogan Disorot, Fotonya Diborgol Polisi Beredar

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya