Cara Foto Tanpa Efek Flare Berlebihan, Hasil Editannya Bikin Lega

Kamis, 09 Februari 2023 | 23:19
Istimewa

Foto dengan efek flare berlebihan tentu mengesalkan pemotretnya.

Fotokita.net - Buat pemburu foto aesthetic masalah flare pada gambar hasil jepretan tentu mengesalkan. Terlebih lagi, foto yang didapatkan saat berada di tempat estetik yang jauh dari kota.

Flare pada foto sendiri adalahkilauan warna membentuk bulatan tertentu yang akan muncul akibat subjek berhadapan langsung dengan sumber cahaya.

Dalam fotografi terdapat dua jenis flare yang perlu diperhatikan. Dengan mengetahui kedua jenis flare tersebut sedikit banyak akan membantu dalam cara foto tanpa efek flare yang berlebihan dalam sebuah ganbar.

Yang pertama disebut dengan specular flare yaitu flare yang akan muncul di sepanjang frame pada foto.

Sedangkan yang kedua disebut dengan veiling flare yang mana masuk ke bagian gelap dalam foto sehingga mengurangi kontras, ketajaman dan definishing detail.

Untuk jenis veiling flare lebih tersamar dan tidak terlalu mencolok. Nah, lantas bagaimana sih cara foto tanpa efek flare yang berlebihan?

Masalah flare ini sendiri sebenarnya tidak hanya terjadi pada fotografer yang masih awam saja melainkan bisa juga terjadi pada orang yang sudah profesional sekalipun.

Namun, flare biasanya juga terjadi tergantung dari kualitas optik maupun coating lensa yang dipakai.

Dalam dunia fotografi, tips mengurangi flare pada foto sangatlah penting pasalnya flare sangat mengganggu.

Sebab, dapat menutupi objek yang sedang difoto namun untuk dunia sinematografi efek flare lensa justru menjadi daya tarik sendiri.

Nah, untuk menghindari flare pada fotografi sebaiknya mengusahakan agar cahaya tidak langsung menabrak bagian depan lensa.

Baca Juga: Cara Foto Keren Saat Main di Tempat Wisata Luar Negeri, Mudah Ditiru

Mengurangi Flare dengan Tangan

Jika objek yang akan kita potret berada tepat berhadapan dengan lensa kamera, tips mengurangi flare pada foto yang dapat kamu lakukan adalah dengan memanfaatkan tangan.

Kita bisa menggunakan ibu jari kamu untuk menutupi cahaya matahari. Tenang saja, ibu jari yang muncul pada foto bisa kawan hapus dengan pengolahan gambar. Menggunakan ibu jari agar mengurangi flare bisa kita lakukan dengan cara berikut:

- Atur pengambilan foto sesuai dengan angle yang kitainginkan.

- Kemudian setting kamera pada pengaturan ideal mulai dari shutter speed, aperture dan ISO-nya.

- Setelah sudah menyetting kamera dengan benar, selanjutnya gunakan ibu jari kitauntuk menghalangi matahari pada frame.

- Agar tidak kesulitan saat mengobntro kamera dengan mengangkat jari maka gunakan hitungan mundur 2 detik caranya dengan mengubah Drive Mode kamera kita.

Mengubah Posisi

Tips mengurangi flare pada foto lainnya yang cukup mudah dilakukan adalah mengubah posisi angle atau mengubah sudut pandang lensa kamu.

Namun cara ini akan menghasilkan frame tidak sesuai dengan yang kamu inginkan. Namun, jika cara kamu dalam mengambil posisi tepat maka objek gambar akan tetap terlihat menarik.

Baca Juga: Cara Foto yang Lebih Tajam, Pakai Settingan Begini Plus Alat Khusus

Gunakan Lensa Hood

Lensa hood atau tudung lensa sangat tepat untuk mengatasi flare pada foto. Biasanya lensa hood ini dipasang pada ujung lensa semacam pelindung bagian optik lensa.

Lensa hood ini berfungsi seperti layaknya kita sedang menggunakan topi ketika di bawah teriknya sinar matahari sehingga bisa menangkal sinar matahari yang jatuh ke permukaan optik lensa kamera kamu.

Sayangnya cara dengan lensa hood ini dinilai tidak begitu efektif jika digunakan pada lensa dengan sudut yang lebar notabene sangat rentan terkena flare.

Pilih Coating Lensa yang Berkualitas Baik

Seperti yang telah disinggung di atas bahwa flare bisa muncul karena kualitas coating lensa yang kurang baik.

Biasanya lensa yang sudah modern sudah dirancang dengan bagian optik dilapisi dengan teknik tertentu sehingga bisa mengurangi adanya flare pada gambar.

Maka dari itu, sebelum memilih lensa sebaiknya untuk memastikan bahwa lensa tersebut menggunakan teknik yang sudah mereduksi flare.

Baca Juga: Fotografer Siap-siap Nganggur, Ini Cara Foto Makanan Pakai Aplikasi AI Lunchbox, Gampang Banget!

Rawat Lensa Agar Tidak Kotor dan Berembun

Kadangkala kita lupa untuk merawat lensa kamera ketika sudah digunakan. Untuk itu, cara foto tanpa efek flare tergolong mudah namun jarang diperhatikan adalah melakukan perawatan terhadap lensa dengan rutin agar tidak menimbulkan flare pada gambar ketika digunakan.

Hal ini bisa terjadi jika berada di tempat yang lembab maka dari itu, sebaiknya untuk menggunakan silica gel agar lensa pada kamera tidak mudah berembun atau berminyak.

Selain itu, kita juga dapat membersihkan secara rutin dengan kain pembersih kaca yang seperti digunakan untuk membersihkan lensa pada kacamata.

Beberapa tips mengurangi flare pada foto di atas bisa mengatasi flare yang kerap kali mengganggu tampilan gambar hasil jepretan.

Pastikan untuk melakukannya dengan benar dan penggunaan lensa yang tepat agar foto yang dihasilkan terlihat jernih.

Baca Juga: Trik Memotret Wajah, Nomor 3 Bikin Hasil Fotonya Jadi Tajam

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya