Ubah Desain Dapur Mungil Agar Fotonya Terasa Lebih Nyaman, Laci Lemari Dibuat Begini

Kamis, 02 Februari 2023 | 08:20
Instagram

Desain dapur mungil dapat diubah dengan cara begini agar fotonya terasa lebih nyaman.

Fotokita.net - Mengubah desain dapur mungil telah diakui sebagai pekerjaan runah yang menghabiskan biaya besar. Karena itu, kegiatan ini harusdirencanakan dengan baik dan sangat fungsional. Fotonya pun terasa lebih nyaman.

Walaupun setiap dapur mungil disesuaikan dengan kebutuhan pemilik rumah, adabeberapa cara terbaik yang harus diikuti guna memastikan ruang memasak dapat lebih nyaman dan fungsionalitas, baik berencana mengubah maupun membangun ruangan impian dari awal.

Nah, merujuk informasi dariArchitectural Digest, Kamis, (2/2/2023), berikut cara untuk mengubah desain dapur mungil agar fotonya terasa lebih nyaman dan fungsional. Salah satunya, laci lemari dibuat begini.

1.Identifikasi bagaimana ruang digunakan

Saat mendesain dapur mungil, kita harus memutuskan bagaimana keluarga akan menggunakan ruang dan merencanakan tata letaknya yang sesuai.

Pilih dapur tertutup atau terbuka yang memungkinkan berinteraksi dengan keluarga serta tamu.

Ada tata letak area masak yang berbeda, termasuk ruang memasak satu dinding, berbentuk L, berbentuk U, dapur pulau, dan dapur kecil.

Instagram

Untuk mengubah desain ruang memasak ukuran mungil, kita harus mengidentifikasi area agar fotonya nyaman.

2. Rencanakan zonasi

Batasi dapur menjadi zona berbeda untuk fungsi berbeda seperti persiapan makanan serta penyimpanan memasak. Zona basah harus mencakup wastafel dan mesin pencuci piring.

Gunakan lemari untuk penyimpanan perkakas serta integrasikan dapur untuk menyimpan perlengkapan memasak dan bahan habis pakai. Ini adalah cara bagus membuat dapur teratur dan rapi.

Baca Juga: Ogah Kena Masalah, Jangan Mengecat Dinding Dapur Mungil Pakai 3 Warna Ini, Foto Hasilnya Jadi Sorotan

3.Gabungkan segitiga kerja

Segitiga kerja menghubungkan tiga area kerja penting di dapur, yakni kompor tanam, wastafel, dan kulkas.

Area ini tidak boleh terhalang dan jarak antara setiap zona harus berkisar antara satu hingga tiga meter sehingga seseorang dapat berpindah secara efisien di antara tugas-tugas seperti memasak, membersihkan, serta menyiapkan makanan.

4.Membuat ketentuan untuk peralatan

Tata letak dapur harus membuat ketentuan untuk outlet listrik dan peralatan listrik seperti mesin pencuci piring, kulkas, microwave, kompor, dan sebagainya pada tahap perencanaan.

Pastikan pintu kulkas atau mesin pencuci piring tidak menghalangi gerakan apa pun di dapur.

Instagram

Peralatan area memasak harus dibuat ketentuannya agar foto dapur ukuran mungil terasa lebih nyaman.

5.Pilih aksesori dapur modular

Tingkatkan efisiensi dapur dengan aksesori dapur modular seperti pengatur peralatan makan, keranjang tarik, tempat botol tarik, unit tinggi, dan unit sudut untuk dapur berbentuk L dan U.

6. Menggabungkan pencahayaan berlapis

Terangi dapur dengan pengaturan pencahayaan berlapis.

Pencahayaan umum secara keseluruhan harus terdiri atas lampu yang dipasang pada plafon dan lampu gantung.

Baca Juga: Bukan Rahasia, 6 Trik Bikin Permak Dapur Mungil Makin Luas, Foto Interiornya Dijamin Aesthetic

Harus ada penerangan tugas di atas kompor tanam dan penerangan di bawah kabinet dengan lampu strip LED untuk menerangi meja.

7. Pastikan ventilasi baik

Dapur harus memiliki bukaan jendela untuk ventilasi alami. Selain itu, gunakan exhaust fan untuk mengekstrak asap dan polutan udara dalam ruangan yang dilepaskan saat memasak.

8. Berinvestasi dalam bahan berkualitas

Gunakan bahan tahan lama untuk dapur. Bahan seperti granit dan kuarsa adalah pilihan kuat untuk meja dapur. Gunakan kayu lapis tahan air mendidih daripada MDF untuk kabinet dan perangkat keras yang tidak berkarat.

9. Rencanakan penyimpanan yang memadai

Sediakan laci lemari berukuran berbeda untuk penyimpanan yang dalam dan dangkal. Di dapur kompak, manfaatkan ruang vertikal dengan lemari setinggi plafon.

Kita juga dapat memasang sistem tengah, yang mencakup rak yang dipasang pada dinding dan rak untuk menyimpan barang-barang yang sering digunakan.

10.Simpan peralatan listrik bersama

Karena peralatan listrik membutuhkan ruang berharga, disarankan mengelompokkan barang-barang seperti pemanggang roti, juicer, dan blenderserta menyimpannya dalam satu lemari.

Baca Juga: Modal Pasang Elemen Kayu, Desain Dapur Mungil Bikin Mata Terpana, Foto Tampilannya Buru-buru Ditiru

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya