Cara Foto yang Bagus dari Jendela Pesawat, Cocok Buat Kamera HP

Senin, 30 Januari 2023 | 19:51
Istimewa

Memotret saat melakukan penerbanban tentu menyenangkan. Ini cara foto yang bagus dari balik jendela peswat.

Fotokita.net - Perjalanan udara dengan pesawat tentu amat menyenangkan. Sebab, kita dapat melihat lanskap secara aerial. Panorama indah ini tentu amat sayang dilewatkan apabila kita tidak memotretnya.

Selain dapat mengusir kejenuhan ataupun kegelisahan, mengambil gambar dari jendela pesawat juga cukup menarik dilakukan.

Saat kita terbang menggunakan pesawat, ada beberapa objek yang tidak bisa kita dapatkan dari daratan. Untuk itu agar dapat menghasilkan gambar terbaik, cara foto yang bagus dari jendela pesawat patut dipahami dengan baik.

Meskipun tidak sebanyak di daratan, namun objek-objek yang dapat kita jepret dari dalam jendela pesawat terbilang cukup unik.

Dengan beberapa trik memotret dari jendela pesawat yang kita ulas di artikel ini bisa digunakan untuk menghasilkan foto dari jendela pesawat yang menarik.

Objek sayap pesawat dan awan memang menjadi objek yang peling sering dijepret dari jendela pesawat. Meskipun sebenarnya masih banyak objek lain yang juga menarik.

Nah, untuk menghasilkan gambar yang sempurna beberapa cara foto dari jendela pesawatpatut kita coba! Selain itu, cara ini juga cocok buat kamera HP lho.

Ada beberapa cara foto yang bagusdari jendela pesawat untuk bisa kita coba, di antaranya sebagai berikut:

1. Pilih tempat duduk strategis

Tips foto dari jendela pesawat yang pertama adalah lokasi tempat duduk. Jika kita ingin memotret dari balik jendela pesawat, pastinya kita harus memilih tempat duduk yang berada di dekat jendela.

Baca Juga: Cara Foto Makro yang Bagus dengan Kamera HP, Ini Trik Mudahnya

Istimewa

Sebelum terbang, kita dapat memilih tempat duduk yang strategis. Sebab, posisi akan menghasilkan foto yang bagus.

Usahakan memilih tempat duduk yang sedikit jauh dari sayap pesawat agar pemandangan di luar tidak terhalang.

Jika memang terpaksa kita mendapatkan view tersebut, ikutkan sekalian sayap pesawatnya.

2. Sejajarkan dan dekatkan ujung lensa dengan kaca jendela pesawat

Trik foto dari atas pesawat yang kedua dan cukup penting adalah hindari menempelkan lensa kamera ke kaca.

Sebab, pesawat memiliki getaran dan akan membuat hasil foto menjadi kurang tajam karena terjadi guncangan saat membidik.

Posisikan ujung lensa agar sejajar mungkin dengan jendela dan sedekat mungkin dengan permukaan kaca namun jangan sampai menempel.

3. Kurangi pantulan dari kaca jendela

Ketika kita ingin memotret melewati kaca jendela, tentunya kita harus mencoba mengurangi refleksi dari kaca agar foto lebih kontras dan tajam.

Untuk meminimalisir pantulan, cara memotret dari balik jendela pesawat yang dapat kita coba adalah pasang lensa hood dan dekatkan dengan kaca jendela.

Jika lens hood tidak tersedia, gunakanlah satu tangan untuk menutup sekeliling ujung depan lensa.

Baca Juga: Cara Foto yang Terhapus di HP Android Bisa Dikembalikan Lagi

Istimewa

Cara foto dari balik jendela pesawat juga cocok untuk kita aplikasikan dengan kamera HP. Gambar ini contohnya.

4. Jangan memakai filter CPL

Lepaskan filter CPL dari ujung lensa ketika kamu akan membidik dari jendela pesawat juga menjadi salah satu trik memotret dari balik jendela pesawat.

Hal ini bertujuan agar kamu tidak mendapatkan foto dengan pelangi palsu seperti ketika kamu nekat memasang CPL.

5. Gunakan manual fokus

Gunakanlah manual fokus atau set titik fokus ke infinity untuk mendapatkan hasil gambar lebih baik.

Trik motret dari balik jendela pesawat yang satu ini sangatlah penting, karena mengunci fokus menggunakan auto fokus sangat susah saat harus melewati dua lapis jendela pesawat.

6. Matikan flash

Flash tidak akan berguna untuk menerangi awan, gunung, atau apapun yang jaraknya puluhan meter sampai kiloan meter sehingga jika kita menggunakan flash akan sia-sia.

Itu sebabnya, mematikan flash juga menjadi salah satu cara foto dari balik jendela pesawat.

Baca Juga: Cara Foto yang Terhapus di HP Android Bisa Dikembalikan Lagi

7. Untuk memotret ke bawah, tunggu sampai pesawat menukik atau miring

Di saat moment landing atau sesaat setelah take off, pesawat dalam kondisi miring sehingga kita dapat membidik ke bawah dengan sempurna.

Perlu diingat juga bahwa pada saat pesawat berada di ketinggian maksimalnya, seringkali kaca jendela menjadi berembun atau terkadang malah tertempel es.

Nah, kita harus mulai membidik ketika pesawat masih berada di ketinggian rendah.

8. Rekomendasi setting exposure

Meski pesawat jet memiliki getran yang lebih lembut dan ada beberapa lensa kamera yang telah dilengkapi dengan fitur IS/VR.

Namun, ada baiknya kita menggunakan shutter speed yang lumayan cepat yang mengikuti aturan focal length, yaitu paling aman gunakan speed diatas 1/250 dan semakin cepat saat kita harus memotret tanah di bawah.

Cara foto dari balik jendela pesawat yang dapat digunakan adalah setting aperture di angka aman f/8, ISO tinggi (tapi jangan terlalu tinggi agar tidak terjadi noise). Sebab, kita akan mencari foto dengan resolusi sempurna dari dalam jendela pesawat.

Itulah cara foto yang bagusdari jendela pesawat yang juga cocok buat kamera HP. Tentunya dapat membantu kawan-kawan untuk dapat menghasilkan gambar yang menawan dan sempurna.

Yang perlu dicatat adalah, kabin pesawat merupakan tempat umum yang di dalamnya juga terdapat penumpang lain. Sehingga penting untuk dicatat bahwa kawan-kawan untuk tetap menjaga ketenangan di dalam kabin.

Baca Juga: Cara Foto Wajah Blur di Aplikasi PicsArt, Cocok Buat Konten Instagram

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya