Pejabat di Polres Bekasi, Ini Potret Istri Purnawirawan Polisi yang Tabrak Mahasiswa UI

Minggu, 29 Januari 2023 | 12:38
Istimewa

Purnawirawan polisi Eko Setio atau ESBW yang menabrak mahasiswa UI sampai tewas.

Fotokita.net - Purnawirawan polisi Eko Setio BW atau ESBW yang menabrak mahasiswa UI M Hasya hingga tewas terus menjadi perbincangan. Sebab, korban malah ditetapkan sebagai tersangka dalam kecelakaan lalu lintas itu.

AKBP (Purn) Eko Setio ternyata memiliki seorang istri yang juga berprofesi sebagai polisi. Namanya, Telly Bahute. Pada Oktober 2021, istri purnawiran polisi yang tabrak mahasiswa UI itu menyandang jabatan mentereng, Kasat Lantas Polres Metro Bekasi.

Sebelum mengenal potret istri Eko Setio, kita terlebih dahulu menyimak penjelasan polisi mengenai kecelakaan yang merenggut nyawa Hasya.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman mengatakan saat itu korban Hasya tengah melaju dari arah selatan menuju utara dengan kecepatan 60 km/jam. Berdasarkan keterangan saksi yang merupakan temannya korban, ada sebuah kendaraan yang tiba-tiba berbelok.

Saat itu korban Hasya menghindari hal tersebut dengan menghentikan kendaraannya secara mendadak. Akibatnya, korban tergelincir dan memasuki ruas jalan lainnya.

"Jadi temannya dia sendiri menerangkan, pada saat itu tiba-tiba ada kendaraan di depannya (korban) mau belok ke kanan, sehingga si korban melakukan pengereman mendadak," kata Latif dalam jumpa pers, Jumat (27/1/2023).

Dari arah berlawanan, datang mobil Pajero dikemudikan ESBW yang disebut melaju dengan kecepatan 30 km/jam. ESBW tak bisa menghindari kecelakaan hingga mengakibatkan Hasya tertabrak.

"Nah, Pak Eko dalam waktu ini sudah tidak bisa menghindari karena sudah dekat. Jadi memang bukan terbentur dengan kendaraan Pajero, tapi jatuh ke kanan diterima oleh Pajero, sehingga terjadilah kecelakaan," tutur Latif.

Dari sketsa yang ditayangkan polisi dalam jumpa pers, TKP kecelakaan disebutkan di Jalan Srengseng Sawah, tepatnya di depan kios counter dan servis handphone.

Baca Juga: Senang Bagi-bagi Bansos, Ini Profil Purnawirawan Polisi Eko Setio yang Tabrak Mahasiswa UI, Potretnya Beredar

Istimewa

Istri purnawirawan polisi Eko Setio atau ESBW ternyata menyandang jabatan mentereng di Polres Metro Bekasi.

Versi Keluarga

Keluarga Hasya juga menjelaskan kronologi kecelakaan versi mereka. Kecelakaan terjadi pada Kamis (6/10/2022) malam di Jalan Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Hasya saat itu diketahui baru pulang dari kampus UI Depok hendak menuju rumah temannya.

"Alm Hasya pada malam kejadian hendak pergi ke kost salah satu temannya. Dalam perjalanan, tiba-tiba sebuah motor di depannya melaju lambat," ujar tim kuasa hukum keluarga korban, Gita Paulina, dalam keterangan resmi yang diterima, Jumat (27/1).

Secara refleks, Hasya menghindar, kemudian mengerem mendadak. Motor Hasya kemudian terjatuh ke sisi kanan.

"Tidak lama setelah terjatuh, dari arah berlawanan, sebuah mobil SUV yang dikemudikan oleh seorang pensiunan aparat penegak hukum (terduga pelaku) pun melintas, dan melindas Hasya," imbuh dia.

Gita menambahkan, setelah kecelakaan tersebut, Hasya kemudian dibawa ke rumah sakit. Gita mengatakan ESBW sempat diminta membantu membawa Hasya, namun menolak.

"Tidak lama setelah kejadian, salah satu orang yang berada di TKP mendatangi terduga pelaku pelindasan dan meminta agar terduga pelaku membantunya untuk membawa Hasya ke rumah sakit, namun terduga pelaku menolaknya, sehingga Hasya tidak bisa cepat dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan," paparnya.

Setiba di rumah sakit, Hasya dinyatakan meninggal dunia. Keluarga kemudian melakukan visum, namun pihak rumah sakit tak memberi bukti pembayaran.

"Tidak lama setelah Hasya tiba di RS, Hasya dinyatakan meninggal dunia. Orang tua Hasya kemudian membawa Hasya ke RS lain untuk dilakukan visum dan membayar sebesar hampir Rp 3.000.000 (tiga juta rupiah)," papar Gita.

"Namun pihak rumah sakit tidak mau memberi kuitansi atas pembayaran biaya visum tersebut. Hingga hari ini, hasil visum juga tidak diberikan ke keluarga, meski visum dilaksanakan atas permintaan keluarga," jelas dia.

Baca Juga: Polres Cianjur Ungkap Foto Audi A8 Hitam, Keluarga Korban Tabrak Lari Punya Bukti Sudutkan Polisi

Sementara itu, istri purnawirawan polisi yang menabrak mahasiswa UI memiliki jabatan mentereng di Polres Metro Bekasi.

Separuh usianya lebih, Telly Bahute mengabdikan dirinya untuk Polri. Selama puluhan tahun itu, Polisi Wanita atau Polwan yang kini menyandang pangkat Komisaris Polisi (Kompol) ini banyak menjalani penugasan di satuan kerja Lalu Lintas (Lantas) khususnya di Polda Metro Jaya.

Dalam pengabdiannya tersebut, Polwan berusia 57 tahun yang sekarang menjabat Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Metro Bekasi ini dikenal sebagai sosok yang tegas. Namun dibalik sikap tegas tersebut, siapa sangka terselip kesederhanaan seorang Telly Bahute.

Hal itu terungkap dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang disampaikannya kepada pihak terkait.

Merujuk pada situs resmi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di laman https://elhkpn.kpk.go.id, Telly terakhir kali menyampaikan LHKPN-nya pada 8 Februari 2021.

Pada masa itu, Telly diketahui sedang menjabat Kepala Satuan Wilayah Lalu Lintas Jakarta Timur.

“Pengumuman Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (tanggal penyampaian/jenis laporan – Tahun: 8 Februari 2021/khusus – awal menjabat) bidang eksekutif, lembaga Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) unit kerja Kepolisian Daerah Metro Jaya. Data pribadi, nama Telly Bahute, jabatan Kasatlantas, NHK 805785,” tulis informasi LHKPN.

Istimewa

Kompol Telly Bahute istri purnawirawan polisi Eko Setio atau ESBW yang tabrak mahasiswa UI hingga meninggal.

Masih berdasarkan LHKPN, total harta kekayaan yang dimiliki Telly senilai Rp 172.500.000. Terdiri dari harta berupa alat transportasi yakni Mobil Honda HR-V tahun 2018 yang diperoleh dari hasil sendiri Rp 160.000.000 lalu harta bergerak lainnya sejumlah Rp 5.000.000 kemudian kas dan setara kas Rp 7.500.000.

Sekadar informasi, Polwan kelahiran 1964 ini merupakan keluarga polisi. Sang suami dan putranya juga bagian dari Korps Bhayangkara.

Suaminya yakni Kompol Eko Setio Budi Wahono saat ini menjabat Kepala Seksi Laka Subdit Gakkum Ditlantas Polda Metro. Sedangkan putranya, AKP Theodorus Echeal Setiyawan sebagai Kasat Reserse Narkoba Polres Pinrang Polda Sulawesi Selatan yang beristrikan anak dari mantan Kapolda Bali Irjen (Purn) Ronny Sompie.

Baca Juga: Kapolri Selidiki Foto Viral Mahasiswi Korban Tabrak Lari Pejabat Polisi, Keluarga Buka Suara

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya